5+ Aplikasi Edit Video Android Profesional Terbaik di Play Store

  • Bagikan
Aplikasi Edit Video Android Profesional

Play Store menyediakan puluhan aplikasi edit video Android yang bisa digunakan untuk beragam keperluan. Mulai dari level pemula sampai editor professional, semua bisa diunduh secara gratis.

Banyaknya pilihan kerap membingungkan pengguna dalam memilih aplikasi terbaik sesuai kebutuhan dan kemampuan mereka.

Untuk mengatasi hal ini, Play Store mencantumkan jumlah unduhan, rating, dan komentar di setiap aplikasi. Informasi tersebut menjadi bahan pertimbangan penting bagi pengguna dalam membandingkan aplikasi satu sama lain.

Cara ini tentu lebih mudah daripada harus mengunduh dan mencoba aplikasi satu-per-satu.

Namun rating dan komentar saja biasanya kurang memuaskan. Aplikasi yang dinilai baik oleh orang lain belum tentu cocok dengan selera Anda.

Developer hanya menampilkan screenshot dan video singkat untuk menunjukkan isi aplikasi Ketika sedang dijalankan. Sedangkan Anda membutuhkan informasi lebih lengkap mengenai fitur dan keunggulan aplikasi sebagai bahan pertimbangan.

Karena itulah kami merangkum review beberapa aplikasi terbaik untuk editing video di Android.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC Terbaik

5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Android Terbaik

Aplikasi Edit Video Android

1.  Adobe Premiere Rush

Kalau Anda sudah terbiasa menggunakan Premiere di PC, sekarang Anda juga bisa menikmati semua fiturnya di smartphone Android. Adobe Premiere Rush adalah salah satu rekomendasi terbaik kami di bidang video editing.

Target utama dari Premiere Rush adalah konten sosial media. Saat membuat lembar kerja baru, Anda bisa memilih template video dengan ukuran sesuai standar konten di beberapa platform sosial media terpopuler seperti Instagram, TikTok, dan YouTube. Tak heran jika Adobe mengatakan bahwa aplikasi ini ditujukan untuk para editor video online.

Premiere Rush memiliki Tools yang dibutuhkan untuk mengedit video seperti efek, warna, transisi, judul animatif, dan sebagainya. Hebatnya, semua fitur canggih tersebut bisa Anda gunakan hanya dengan sepasang ibu jari di layer smartphone.

Meskipun gratis, Adobe Premiere Rush tidak mencantumkan watermark di video hasil edit. Anda juga bisa lebih focus bekerja karena aplikasi ini tidak menampilkan iklan  sama sekali.

2.  Kinemaster

Kalau Anda mencari aplikasi edit video Android dengan tampilan pengguna yang simple dan praktis, Kinemaster adalah opsi terbaik untuk Anda pilih. Software ini mengutamakan kemudahan penggunaan dengan sasaran utama editing video level dasar.

Tak heran jika aplikasi ini banyak direkomendasikan untuk pemula dan pengguna umum.

Untuk mengimport media, yang perlu Anda lakukan hanyalah drag and drop dari file manager ke editor. Begitu juga dengan fitur-fitur lainnya, Anda bisa memberikan efek transisi antar adegan serta menambahkan teks hanya dalam beberapa Langkah praktis. Meskipun terkesan sederhana, hasil edit di Kinemaster bisa disejajarkan denggan video professional.

Kinemaster menampilkan watermark di sudut bawah video di versi gratis. Jika Anda ingin mengedit video tanpa watermark, Anda harus membeli Kinemaster edisi professional. Selain tanpa watermark, Kinemaster Profesional juga memiliki lebih banyak fitur yang tidak bisa Anda dapatkan di versi gratis.

Related Post: Download KineMaster Pro Mod Apk

3.  VivaVideo

Untuk mengedit video dengan konsep modern dan kekinian, VivaVideo adalah aplikasi edit video  terbaik Android yang cocok untuk Anda pakai.

VivaVideo menyertakan ratusan efek meliputi filter, stiker, klip, dan subtitle. Semuanya bisa Anda gunakan dengan mudah dan gratis.

Fungsi editing video dasar juga tersedia. Anda bisa memotong dan menggabungkan video dengan drag and drop dan swipe. Setiap fungsinya dirancang agar mudah digunakan oleh pengguna dari berbagai segmen dan level keahlian.

VivaVideo juga disertai dengan editor slow-motion bawaan. Anda bisa menggunakan efek slow motion untuk segala jenis video tanpa harus mengunduh efek tambahan.

Keunggulan lainnya adalah collage maker untuk menggabungkan beberapa video ke dalam satu file sekaligus.

4.  PowerDirector

Untuk hasil yang lebih memuaskan, PowerDirector patut untuk Anda coba. Editor yang satu ini memiliki lebih dari 30 efek dan transisi.

Tampilannya mungkin agak rumit dan membingungkan karena aplikasi ini memang dirancang untuk keperluan video editing professional.

Tapi jika Anda sudah familiar dengan tampilan dan cara kerjanya, PowerDirector bisa Anda pakai untuk menghasilkan video berkualitas tinggi hanya dalam hitungan menit.

PowerDirector juga menyediakan tutorial yang lengkap sebagai panduan bagi pengguna pemula. Tidak tanggung-tanggung, Anda bisa mendapatkan petunjuk dan cara kerja hampir setiap fungsi dan fitur yang ada di aplikasi ini.

Sumber informasi yang lengkap seperti inilah yang paling dibutuhkan pengguna untuk mengenali dan memahami cara kerja aplikasi.

Sebagian besar fitur editing di PowerDirector bisa diakses secara gratis. Sebagai gantinya, sebuah watermark akan ditambahkan ke sudut bawah video.

Anda bisa menghilangkan watermark dengan membeli PowerDirector full version. Tidak hanya tentang watermark, versi berbayar aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengekstrak video dalam resolusi 1080 dan 4K.

Dengan semua keunggulan di atas, PowerDirector layak disebut sebagai aplikasi edit video Android terbaik.

Baca juga: Daftar Aplikasi Edit Foto Android Terpopuler

5.  Quik

Dalam list ini, Quik agaknya layak untuk disebut sebagai salah satu aplikasi edit video di Android. Quik menyediakan fitur editing otomatis yang akan memudahkan dan mempercepat pekerjaan Anda.

Hanya dalam beberapa langkah, Anda bisa mengedit video dan membuatnya selaras dengan lagu latar belakang.

Quik juga memiliki Tools editing yang lengkap. Anda bisa melakukan cropping, menambahkan teks, dan membuat efek transisi dengan interface yang praktis dan intuitif.

Setelah selesai mengedit, Anda bisa menyimpan video dalam berbagai format dan resolusi, atau membagikannya langsung ke sosial media. Integrasi ini memudahkan pengguna dalam mengedit dan mengunggah video ke berbagai platform.

Fitur menarik lain yang dimiliki Quik adalah fasilitas untuk menyimpan pekerjaan sebagai draft. Anda membutuhkan fitur ini saat harus menghentikan pekerjaan sebelum video selesai diedit.

Dengan format draft, Anda bisa menyimpan hasil pekerjaan Anda dan melanjutkannya lagi tanpa harus mengulang proses editing dari awal.

Aplikasi Edit Video Android untuk Konten Sosial Media

Tren konten digital kini sedang terfokus pada sosial media. Editing video pun banyak disesuaikan dengan ukuran, resolusi, dan gaya video kekinian.

Memilih video editor yang tepat untuk keperluan ini sangatlah penting agar Anda mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jika Anda hanya mengedit video untuk keperluan pribadi, tidak masalah menggunakan aplikasi gratis sekalipun Anda harus menampilkan watermark di video Anda.

Tapi jika Anda melakukan editing video untuk level bisnis dan professional, Anda membutuhkan aplikasi edit video Android tanpa watermark yang menyediakan fitur lengkap.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Foto PC Terbaik 2021

Harga aplikasi premium pun cukup bervariasi. Anda bisa memeriksa dan membandingkan harga lisensi premium antara aplikasi yang satu dengan yang lain di Play Store. Biasanya, tersedia opsi langganan mingguan, bulanan, dan tahunan.

Sebelum membeli fitur premium, kami sarankan untuk mencoba versi trial terlebih dahulu. Selama periode trial, Anda bisa mencoba semua fungsi dan fitur premium aplikasi tanpa harus membayar sama sekali.

Manfaatkan waktu ini untuk menilai fungsi dan kualitas aplikasi premium yang hendak Anda beli. Jika Anda menemuukan apa yang Anda cari, barulah kemudian Anda bisa memutuskan untuk membeli aplikasi edit video Android versi premium.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.