BerandaInformasiAplikasiAplikasi Edit Foto Android

Aplikasi Edit Foto Android

Saat mencari aplikasi edit foto Android di Play Store, Anda akan dihadapkan pada puluhan aplikasi yang menonjolkan bermacam-macam fitur.

Memilih salah satu aplikasi di antara sekian banyak pilihan tidaklah mudah. Tetapi mencoba semua aplikasi satu-per-satu juga tidak efisien.

Karena itulah kami mengulas beberapa aplikasi terbaik untuk mengedit foto di Android. Sebagai sistem operasi mobile terpopuler di dunia, Android memiliki daftar aplikasi terlengkap untuk mempercantik foto.

Dari yang instan sampai yang manual, dari yang gratis sampai yang berbayar.

5 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik

1. Adobe Photoshop Express

Siapa yang tidak kenal dengan Adobe? Perusahaan ini sudah lama mendominasi pasar aplikasi multimedia jauh sebelum ponsel pintar diciptakan.

Keunggulan Adobe sebagai aplikasi multimedia di OS Windows kini diperluas untuk perangkat mobile. Adobe Photoshop Express adalah salah satu aplikasi untuk mengedit foto yang bisa diunduh gratis di Play Store.

Sesuai namanya, aplikasi ini memiliki fungsi utama untuk express editing, proses edit foto cepat dengan fitur-fitur instan.

Anda bisa mengatur contrast, white balance, exposure, dan menghilangkan red-eye pada foto wajah hanya dalam beberapa langkah. Tidak perlu berkutat dengan tools rumit untuk mendapatkan foto yang instagrammable.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh pemula karena cara pakainya yang sangat mudah. Sayangnya, untuk level profesional, Photoshop Express saja tidak akan cukup. Fitur instannya kurang mendukung untuk mengedit foto hingga detail yang spesifik.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Foto PC Terbaik 2021

2. PicsArt

Menghasilkan foto yang artistik dengan smartphone Android tidaklah sulit. PicsArt adalah aplikasi edit foto Android terbaik untuk menyalurkan kreativitas dan jiwa seni Anda.

Tidak hanya menyediakan fungsi editing dasar, PicsArt juga memiliki banyak fitur menarik yang sulit ditemukan di aplikasi lain.

Anda bisa mengubah makeup, warna kulit, hingga warna rambut dengan aplikasi ini. Tidak hanya itu, PicsArt juga bisa digunakan untuk menggambar dengan fitur brush, mask, dan layer.

Menggabungkan foto dengan drawing dalam satu aplikasi tentu sangat menarik.

Untuk memudahkan editing foto, PicsArt menyediakan lebih dari 1000 backround dan lebih dari 100 template siap pakai.

Sayangnya, banyak fungsi PicsArt yang jarang digunakan dan hanya membuat tampilan terlihat kompleks. Anda juga harus bersabar dengan banyaknya iklan yang muncul selama proses editing.

Related Post: Download PicsArt Pro Mod Apk Terbaru (Gold Unlocked)

3. Pixlr

Ada aplikasi edit foto terbaik Android yang cocok untuk pemula, ada juga yang ideal untuk profesional. Pixlr adalah gabungan dari dua segmen ini.

Fitur instannya memudahkan pengguna umum untuk memperbaiki kualitas foto dan mengaplikasikan filter-filter cantik. Untuk pengguna profesional, tersedia banyak tools canggih guna memfasilitasi kebutuhan editor.

Salah satunya adalah Color Splash Tool yang digunakan untuk memilih bagian warna tertentu di dalam foto. Cara pakainya mirip dengan Magic Wand di Photoshop.

Tool ini selalu dibutuhkan oleh editor profesional untuk mempercantik foto sampai ke detail terkecil.

Untuk editing cepat, ada Automatic Fix yang akan menyeimbangkan warna-warna dalam foto Anda secara otomatis. Tersedia juga fitur editing umum seperti Focal Blur, Double Exposure, dan galeri filter.

Pixlr hampir memenuhi semua kriteria editor foto terbaik. Kekurangannya terletak pada interface yang kerap membingungkan pengguna baru. Fiturnya yang sangat kaya perlu disusun dan disajikan secara user-friendly agar memudahkan pengguna.

Untuk menggunakan semua fungsi Pixlr, Anda harus mengunduh file tambahan yang akan memakan cukup banyak ruang penyimpanan. Ini akan membuat kinerja smartphone dengan spesifikasi standar terasa semakin berat.

4. Snapseed

Snapseed adalah aplikasi edit foto terbaik Android buatan Google. Aplikasi ini layak disebut sebagai salah satu editor foto terbaik di Play Store berkat fungsinya yang lengkap dan cara pakainya yang mudah.

Snapseed cocok digunakan untuk editing cepat seperti foto selfie dan foto wisata. Aktivitas umum seperti memotong, memutar, dan menajamkan foto bisa dilakukan hanya dalam beberapa swipe dan klik.

Tetapi fungsinya tidak hanya terbatas pada segmen ini. Snapseed juga menyediakan fitur profesional untuk editing foto tingkat lanjut. Salah satunya dengan Selective Adjust yang berfungsi untuk mengedit bagian tertentu dari sebuah foto.

Guna menghasilkan foto yang lebih artistik, Anda bisa mengaplikasikan bermacam-macam filter seperti vintage, drama, grunge, dan frames.

Kekurangan Snapseed hanya terletak pada beberapa bug minor di tampilan dan proses mengunduh.

Baca juga: Cara Kompres Gambar dengan Mudah di HP Ataupun PC

5. Instasize

Instagram adalah sosial media terpopuler untuk berbagi konten multimedia. Inilah alasan di balik pembuatan Instasize, aplikasi edit foto Android dengan spesialisasi untuk konten Instagram.

Aplikasi ini menyediakan hampir semua fitur populer yang banyak ditemukan di Instagram. Anda bisa memanipulasi foto dengan banyak macam filter untuk selfie, travelling, vintage, dan masih banyak lagi.

Tools editing dasar seperti crop, text, dan layer juga tersedia. Instasize sangat ideal untuk mempersiapkan foto Anda sebelum diunggah ke Instagram.

6. Fotor Photo Editor

Dari sekian banyak aplikasi edit foto di Android yang tersedia di Play Store, Fotor layak menempati posisi top-list. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 10 fungsi dasar untuk memfasilitasi kebutuhan editing foto. Diperkaya dengan efek dan filter yang lengkap, Fotor menjadi aplikasi andalan untuk menghasilkan foto yang siap dipublikasikan.

Proses editing di Fotor dirancang sedemikian rupa agar dapat dijalankan secara instan. Otomatisasi adalah salah satu keunggulan yang selalu dicari pengguna dari setiap aplikasi edit foto.

Fotor juga mengintegrasikan sosial media Anda langsung ke dalam aplikasi. Ini memudahkan Anda dalam membagikan foto hasil edit secara langsung melalui Fotor.

Fotor menerapkan sistem Freemium. Sebagian besar fitur dasarnya bisa Anda gunakan secara gratis. Untuk mendapatkan fitur lengkap dari aplikasi ini, Anda harus menjadi premium user dengan membayar terlebih dahulu.

2 Hal Penting dalam Memilih Aplikasi Edit Foto Android

Kalau Anda sedang mencari aplikasi untuk mengedit foto, ada 2 hal penting yang harus Anda pertimbangkan.

Yang pertama adalah kebutuhan. Jika Anda hanya memerlukan fitur editing sederhana seperti filter dan auto correction, lebih baik memilih aplikasi instan seperti Photoshop Express agar Anda tidak dibingungkan dengan metode manual.

Tapi jika Anda hendak mengedit foto untuk kebutuhan yang lebih penting, maka yang harus Anda pilih adalah aplikasi profesional. Pilihlah Snapseed atau Pixlr yang bisa digunakan untuk mengedit bagian tertentu dari sebuah foto.

Yang kedua adalah spesifikasi. Pastikan smartphone Anda memiliki kapasitas penyimpanan dan memori yang cukup untuk menjalankan aplikasi yang Anda pilih. Bila aplikasi terasa terlalu berat, cobalah menghapus beberapa aplikasi lain yang jarang Anda pakai.

Dengan mempertimbangkan 2 hal di atas, Anda akan mendapatkan pengalaman editing foto yang memuaskan dengan hasil maksimal. Cobalah menerapkan lebih banyak konsep foto untuk menemukan gaya ideal sesuai selera Anda.

Apa pun aplikasi edit foto Android yang Anda pilih, ingatlah untuk selalu menggunakan aplikasi resmi dari Play Store agar terhindar dari virus dan malware.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Rekomendasi :