5+ Aplikasi Edit Foto PC Terbaik 2021

  • Bagikan
Aplikasi Edit Foto PC

Daftar aplikasi edit foto pc terbaik 2021 untuk pengguna umum dan profesional di sistem operasi Windows, Linux, dan Mac, free dan premium

Banyak hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum memilih aplikasi edit foto PC. Dengan semakin banyaknya aplikasi baru yang dirilis, mendapatkan editor foto terbaik adalah sebuah tantangan.

Begitu mendengar kata edit foto, pasti yang pertama kali terlintas di benak Anda adalah Adobe Photoshop.

Dominasi Photoshop memang masih bertahan hingga sekarang. Software ini sudah lama dikenal sebagai aplikasi edit foto terbaik PC. Sayangnya, keunggulan ini justru menjadi kesulitan tersendiri bagi pemula.

Begitu membuka Photoshop, banyak orang dibingungkan dengan begitu banyaknya Tools dan Menu yang tersaji di interface.

Padahal yang paling banyak dibutuhkan pengguna adalah fitur editing sederhana seperti crop, brightness, contrast, dan filter instan. Task sederhana seperti ini bukanlah spesialisasi Photoshop.

Kabar baiknya, saat ini tersedia banyak aplikasi alternatif yang menawarkan berbagai fitur menarik. Ada yang berusaha menyaingi Photoshop dengan menyajikan tools editing tingkat tinggi, ada juga yang lebih fokus pada kemudahan penggunaan dengan mengandalkan filter instan dan koreksi foto otomatis.

Ada yang gratis, ada juga yang berbayar. Tergantung kebutuhan dan kemampuan Anda, beberapa aplikasi di bawah ini layak untuk dicoba.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto PC Terbaik

1. Adobe Photoshop Express Editor

Adobe Photoshop tidaklah selalu rumit. Express editor adalah salah satu versi Photoshop dengan desain tampilan yang lebih rapi dan modern. Tools disusun secara terorganisir dengan ikon dan tooltip yang intuitif.

Adobe Photoshop Express Editor berbasis Flash. Sebagian besar perangkat dan browser modern sudah tidak menanamkan Flash, jadi Anda harus melakukan instalasi secara manual.

Tak perlu khawatir, aplikasi ini juga tersedia di perangkat mobile untuk kebutuhan editing foto di smartphone dan tablet.

Untuk versi PC, Adobe Photoshop Express Editor tersedia untuk platform Windows dan macOS. Anda juga bisa menjalankannya di Linux via browser yang didukung.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah batasan format dan ukuran file. Adobe Photoshop Express Editor hanya bisa digunakan untuk manipulasi foto dalam format JPG dengan ukuran di bawah 16MB.

Sangat cocok untuk mengedit foto yang diambil dari perangkat mobile, tapi belum cukup untuk editor profesional yang bekerja dengan ukuran gambar yang lebih tinggi.

2. GIMP

GIMP banyak dikenal sebagai versi gratisnya Photoshop. Anggapan ini tidak sepenuhnya salah karena GIMP juga menawarkan fitur editing tingkat tinggi, dan memang gratis.

GIMP adalah aplikasi edit foto PC open source yang dikembangkan oleh komunitas global. Misi utama di balik pembuatan GIMP adalah memfasilitasi editor foto individual dan bisnis kecil yang belum mampu menjangkau harga lisensi Photoshop.

Walaupun gratis, kegunaan GIMP sangat luas. Fungsinya tidak kalah dari Photoshop. GIMP menyediakan hampir semua fitur yang biasa Anda temukan di aplikasi edit foto profesional.

GIMP juga didukung dengan banyak plugin yang terus dikembangkan oleh komunitas. Bahkan Anda bisa menginstall plugin Photoshop ke GIMP.

Aplikasi ini bersifat cross-platform, bisa digunakan di Windows, Linux, dan macOS. Bagi editor profesional, GIMP adalah pilihan tepat untuk manipulasi foto hemat biaya.

Tapi untuk pemula, fitur lengkap GIMP mungkin terlalu rumit untuk dipelajari, apa lagi kalau tujuannya hanya untuk editing dasar.

Baca juga: 7+ Aplikasi Desain Rumah Android Terbaik

3. Pixlr X

Pixlr X adalah pengembangan dari Pixlr Editor, salah satu aplikasi edit foto PC ringan berbasis web yang sudah sangat populer. Salah satu inovasi terbaru yang ditanamkan di Pixlr X adalah HTML5 sebagai basis pengembangan, menggantikan Flash di versi pendahulunya.

Dengan HTML5, Anda bisa menjalankan Pixlr X di semua web browser modern. Ini adalah respon Pixlr terhadap penghentian dukungan untuk Flash di sebagian besar browser.

Perlahan-lahan, semua aplikasi berbasis Flash dituntut untuk bermigrasi ke HTML5. Pixlr X adalah salah satu produk migrasi ini.

Software ini menawarkan fungsi edit foto yang umum ditemukan seperti colors, saturation, frames, effects, dan borders. Jangan khawatir, semua fiturnya disajikan dengan cara penggunaan yang praktis.

Salah satu keunggulan menarik dari Pixlr X adalah dukungan layers, fitur yang jarang ditemukan di aplikasi edit foto gratis lain.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah batasan resolusi foto sebesar 3.480 pixel. Resolusi ini lebih besar dari rata-rata kamera smartphone, tapi masih jauh di bawah resolusi hasil jepretan kamera profesional.

4. Paint.NET

Begitu mendengar nama Paint, Anda pasti langsung teringat pada aplikasi drawing sederhana bawaan Windows. Paint.NET memang tampak seperti Paint, tampilannya juga mirip, namun fungsinya jauh berbeda.

Paint.NET dilengkapi dengan fitur edit foto profesional seperti layer, filter, plugin, bahkan rotasi 3 dimensi. Paint.NET bahkan kerap disejajarkan dengan GIMP karena fiturnya yang tidak kalah lengkap, dan keduanya sama-sama gratis.

Aplikasi ini bisa Anda gunakan di sistem operasi Windows.

5. Photo Pos Pro

Photo Pos Pro pantas disebut sebagai aplikasi edit foto PC all-in-one. Fiturnya lengkap untuk memenuhi kebutuhan profesional, fungsinya praktis untuk memudahkan editor pemula.

Tidak seperti interface GIMP yang terlihat kompleks, Photo Pos Pro menyusun tools dan menu dalam susunan yang lebih cerdas. Aplikasi ini bahkan menawarkan 2 mode interface.

Mode ‘novice’ untuk pemula dengan titik fokus pada penggunaan filter instan, mode ‘expert’ untuk profesional dengan dukungan tools dan layers.

Menariknya, semua fitur di atas bisa Anda gunakan secara gratis. Inilah yang menjadikan Photo Pos Pro salah satu rival terberat GIMP. Tapi ada satu hal yang membuatnya kurang menarik.

Versi gratis Photo Pos Pro membatasi ukuran export file maksimal 1024×1024 pixel. Ukuran ini ideal untuk publikasi digital, misalnya untuk membagikan foto ke sosial media.

Tapi jika Anda membutuhkan editor foto untuk media cetak, Photo Pos Pro bukan pilihan yang tepat.

Baca juga: 7+ Aplikasi Desain Rumah PC Terbaik

3 Langkah Memilih Aplikasi Edit Foto PC

Anda bingung memilih editor foto terbaik? Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Rencanakan task apa saja yang perlu Anda kerjakan. Ini sangat penting untuk memilih aplikasi dengan fitur yang sesuai. Kalau Anda berniat mengedit foto untuk dicetak di spanduk berukuran besar, menggunakan Photo Pos Pro hanya akan menghasilkan foto pecah. Kalau Anda hanya butuh aplikasi edit background foto PC, memilih GIMP hanya akan membuang-buang waktu. Jadi, tentukan dulu jenis tugas yang hendak Anda kerjakan.
  2. Setelah menentukan task, cari aplikasi yang menyediakan fitur-fitur yang Anda butuhkan. Pilih yang dapat dijalankan di OS Anda. Untuk perangkat Windows, semua rekomendasi di atas bisa Anda coba. Tapi untuk OS lain, perhatikan dulu kompatibilitasnya. Pelajari juga spesifikasi perangkat minimal yang dibutuhkan oleh tiap aplikasi.
  3. Setelah Anda mendapatkan opsi yang lebih kecil, tahap terakhir adalah mencari harga yang tepat. Kalau budget Anda masih terbatas, gunakan saja editor gratis seperti GIMP. Tapi kalau Anda siap mengeluarkan biaya lebih, tidak ada salahnya membeli aplikasi edit foto PC premium.

Dan itulah tadi beberapa aplikasi edit foto terbaik untuk PC lengkap dengan beberapa tips memilih aplikasi terbaik sesuai dengan pekerjaan editing kamu.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.