BerandaArtikelIphone vs Android: Mana Yang Terbaik Untuk Kebutuhan Anda?

Iphone vs Android: Mana Yang Terbaik Untuk Kebutuhan Anda?

Perdebatan mengenai mana yang lebih baik antara Iphone vs Android bukanlah hal baru dalam dunia smartphone. Jadi benarkah Iphone lebih baik dari pada Android?

Pertarungan gengsi antara Iphone vs Android memang bukan hal yang baru lagi di kalangan pengguna telepon pintar.

Perkembangan teknologi telepon genggam yang terus mengalami perkembangan membuat banyak orang yang terus membandingkan antara kedua jenis perangkat telepon pintar tersebut.

Bahkan tidak jarang yang mencoba membandingkan mana yang lebih unggul antara android vs iphone.

Mungkin Anda juga termasuk yang demikian, membandingkan kedua jenis perangkat telepon pintar tersebut untuk kemudian memilih mana yang lebih cocok dan sesuai dengan kebutuhan untuk perangkat gawai Anda.

Waspadai Aplikasi Boros Kuota Yang Bisa Bikin Jebol Kuota Anda, Lebih lengkapnya silahkan baca artikel disamping!

Perbandingan Keunggulan Antara Iphone vs Android Yang Perlu Anda Ketahui

Sebelum mengulas secara lebih lanjut tentang Iphone vs Android tidak ada salahnya jika terlebih dahulu Anda perlu mengetahui sisi baik atau kelebihan yang dimiliki oleh perangkat besutan Apple tersebut. Sebagai gambara, berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Iphone.

1. Dari Segi Tampilan User Experience

Android vs Iphone

Jika diperhatikan, Iphone cenderung memiliki tampilan yang sangat ramah pengguna apabila dibandingkan dengan perangkat dengan sistem OS Android. Perangkat telepon pintar berbasis Android cenderung mengoperasikan cukup banyak versi sistem OS dan masing-masing diproduksi oleh perusahaan yang berbeda-beda sehingga menghasilkan tampilan yang berbeda.

Lain halnya dengan Iphone yang diproduksi secara ekslusif hanya oleh Apple saja sehingga tampilan user experience yang dimilikinya cenderung bisa lebih konsisten dan juga memudahkan bagi para pengguna Iphone dalam berbagai versi. Jika membandingkan antara Iphone vs Android dari segi tampilan user experience maka secara umum Iphone lebih baik ketimbang Android.

2. Tingkat Keamanan (Security)

Keamanan Android Vs Iphone

Perbandingan berikutnya antara android vs iphone yang perlu dipertimbangkan adalah berkaitan dengan masalah tingkat ke-aman-an atau security. Salah satu kesenjangan yang cukup kentara antara perangkat Iphone dan android adalah pada masalah tingkat keamanan atau security yang dimiliki oleh keduanya.

Sebagai produk ekslusif yang hanya diproduksi oleh Apple, tiap-tiap aplikasi yang ada di perangkat Iphone dicek terlebih dahulu terkait dengan keberadaan kode yang ‘aneh’ dan jika sudah teruji baru kemudian dirilis. Proses seleksi yang terbilang cukup ketat ini membuat tingkat keamanan aplikasi di Iphone cenderung relatif lebih aman.

Hal ini sangat bertolak-belakang dengan perangkat Android. Perangkat telepon pintar berbasis android mengizinkan siapa pun untuk menginstal aplikasi dari pihak ketiga yang terkadang belum teruji keamanannya. Jika Anda tidak cermat dan berhati-hati maka memasang aplikasi secara sembarangan bisa membuat perangkat Anda menjadi rusak.

3. Segi Penyimpanan Tambahan

Perkembangan berkas digital yang cukup cepat dan pesat terkadang membuat perangkat penyimpanan telepon Anda menjadi cepat habis. Maka dari itu banyak diantara Anda yang membutuhkan kapasitas penyimpanan eksternal tambahan untuk memenuhi kebutuhan storage tersebut.

Jika Anda menggunakan perangkat Android maka hal ini sebenarnya bukanlah masalah yang terlalu besar karena hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan tambahan slot SD Card tambahan. Pasalnya hampir setiap ponsel yang menggunakan sistem OS Android menyediakan slot tambahan ini untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan.

Namun tidak demikian halnya dengan pengguna Iphone. Perangkat besutan Apple ini tidak menyediakan slot tambahan SD Card sehingga jika Anda kehabisan space penyimpanan maka untuk mengatasinya adalah ganti ke model terbaru yang memiliki kapasitas lebih besar.

Jadi ketika membandingkan antara Iphone vs Android dengan melihat kapasitas penyimpanan tambahannya maka Android menjadi pihak yang lebih unggul bila dibandingkan denga Iphone.

4. Iphone vs Android Dari Sisi Kapasitas RAM dan Dapur Pacu

Berbicara tentang perangkat telepon pintar rasanya tidak akan bisa dilepaskan dari yang namanya pembahasan tentang sistem dapur pacu yang digunakan terutama dari segi RAM. Jika dicermati, secara umum Iphone tidak memiliki kapasitas RAM seperti halnya pada perangkat Android. Hal ini dikarenakan Apple melakukan optimasi pada sistem dan aplikasi yang dimilikinya.

Lain halnya dengan Android yang hampir selalu meluncurkan perangkat baru dari berbagai pabrikan dengan kapasitas RAM yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Peningkatan kapasitas RAM ini membuat Android dapat digunakan secara lebih cepat dan juga lebih smooth untuk mengakses berbagai macam apliaksi dan juga sistem operasi.

Jadi ketika berbicara tentang peningkatan kapasitas RAM antara android vs iphone maka bisa dikatakan bahwa Android adalah pemenangnya. Namun mengingat bahwa performa telepon pintar tidak hanya dipengaruhi oleh kapasitas RAM maka Anda juga perlu cermat dalam memilih jenis ponsel yang tepat untuk kebutuhan Anda.

5. Fleksibilitas Transfer File

Tidak jarang para pemilik telepon pintar akan saling melakukan transfer file penting antara satu dan yang lainnya. Salah satu faktor yang perlu Anda pertimbangkan ketika mengulas masalah perbandingan antara Iphone vs Android adalah terkait dengan fleksibilitas transfer file.

Perangkat telepon berbasis Android memiliki kemampuan untuk transfer dari satu perangkat ke perangkat lainnya dengan lebih mudah dan juga smooth. Dikombinasikan dengan sistem manajemen file yang baik maka perangkat android dapat terhubung dengan PC berbasis Windows untuk memudahkan transfer file dengan menggunakan aplikasi.

6. Kinerja Dan Performa Perangkat

Performa Keamanan Android Vs Iphone

Meskipun memiliki kapasitas RAM yang tidak terlalu besar seperti pada perangkat Android namun berkat adanya penggunaan bahasa program berbasis Swift, penyimpanan SSD NVMe, Cache Prosesor yang besar, performa core-tunggal yang tinggi, dan juga optimasi sistem membuat Iphone menjadi perangkat yang terbebas dari lag.

Lain halnya dengan perangkat berbasis Android. Meski memiliki RAM yang besar namun terkadang performa yang ditunjukkan kurang memuaskan. Pasalnya bisa saja RAM yang besar tersebut tidak dibarengi dengan jenis prosesor generasi terbaru yang memiliki performa lebih baik.

Jadi ketika berbicara tentang kinerja dan performa perangkat dalam debat antara Iphone vs Android, Iphone tidak kalah dari perangkat Android.

Hp Anda Lemot Sering Macet Baca Artikel Berikut Tentang Penyebab HP Lemot dan Cara Mengatasinya Paling Ampuh

Benarkah Iphone Lebih Baik Dari Pada Android?

Beberapa perbandingan di atas hanyalah sedikit dari sekian banyak parameter yang biasa digunakan untuk membandingkan antara android vs iphone mana yang lebih baik. Sebenarnya masih ada cukup banyak parameter lainnya yang bisa digunakan sebagai landasan untuk menentukan penilaian mengenai ‘perseteruan’ diantara pengguna dua jenis telepon pintar ini.

Meskipun banyak yang berpendapat bahwa Iphone lebih baik bila dibandingkan dengan Android, namun hal ini sebenarnya juga berganting pada kebutuhan masing-masing pengguna. Jika anda membutuhkan performa dan ingin mendapatkan kualitas terbaik dari suatu aplikasi maka Iphone adalah pilihan yang tepat untuk Anda pertimbangkan.

Namun jika Anda lebih lementingkan kapasitas space tambahan dan juga fleksibilitas dalam melakukan instalasi aplikasi maka menjatuhkan pilihan pada perangkat Android adalah langkah yang sangat tepat untuk Anda.

Maka dari itu, ada baiknya jangan terlalu mempertimbangkan mengenai perbandingan antara iphone dan android karena masing-masing perangkat memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Mengingat bahwa kebutuhan tiap-tiap orang berbeda-beda maka Anda pun perlu memilih perangkat yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda.Demikianlah ulasan mengenai perbandingan antara Iphone vs Android yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: Kelebihan MacBook Pro dari Laptop Lainnya

Kini dengan berbekal beberapa ulasan perbandingan di atas, Anda bisa memilih produk yang lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda terhadap telepon seluler.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Rekomendasi :