BerandaArtikel8+ Penyebab HP Lemot dan Cara Mengatasinya Paling Ampuh!

8+ Penyebab HP Lemot dan Cara Mengatasinya Paling Ampuh!

Memiliki hp yang lemot bisa mengurangi kenyamanan dalam penggunaannya. Kini dengan mengetahui penyebab hp lemot maka Anda bisa mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya. 

Mungkin banyak diantara Anda yang mengalami bahwa semakin lama hp yang dimilikinya menjadi terasa semakin lemot.

Sebenarnya ada cukup banyak penyebab hp lemot yang mungkin terjadi pada perangkat ponsel Anda. Kinerja hp yang lemot tentu akan sangat mengganggu dan juga mengurangi tingkat kenyamanan ketika digunakan.

Terkadang meski hp sudah memiliki spesifikasi yang bagus namun tetap saja terasa lemot ketika digunakan.

Jika Anda merasakan yang demikian, tentu sangat penting untuk mencari tahu penyebabnya sehingga dapat dilakukan langkah yang sesuai untuk mengatasi kendala yang terjadi pada lemotnya ponsel yang Anda miliki.

Baca juga: Aplikasi Boros Kuota Yang Bisa Bikin Jebol Kuota Anda

Penyebab HP lemot, Macet Dan Cara Mengatasinya

Kinerja hp yang terkesan cenderung lemot sebenarnya bisa diakibatkan oleh sejumlah faktor.

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab mengapa hp yang Anda miliki menjadi terasa lebih lemot ketika digunakan dan juga cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kinerja hp yang lemot.

1. Terlalu Banyak Memasang Aplikasi

Penyebab Hp Lemot

Disadari ataupun tidak, memasang aplikasi yang terlalu banyak pada perangkat ponsel Anda bisa menjadi salah satu penyebab hp lemot ketika digunakan.

Perlu dicatat bahwa setiap Anda memasang aplikasi baru maka ketersediaan ruang penyimpanan pada ponsel Anda pun akan menjadi semakin berkurang.

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan dibelakang layar akan membuat konsumsi RAM ponsel Anda menjadi semakin besar.

Dengan demikian, ketersediaan kapasitas RAM pun akan menjadi semakin kecil. Semakin kecil kapasitas RAM yang tersedia maka akan membuat kinerja hp Anda menjadi lemot karena ia tidak bisa beroperasi secara optimal.

Untuk mengatasi hal ini maka ada baiknya jika Anda membatasi jumlah aplikasi yang terpasang pada perangkat telepon pintar Anda.

Sebaiknya Anda hanya memasang aplikasi-aplikasi yang memang dibutuhkan agar kapasitas penyimpanan tersedia cukup besar dan RAM pun tidak akan terlalu banyak terkonsumsi oleh aplikasi yang berjalan di belakang layar.

2. Pembaruan Aplikasi Ataupun Sistem Berjalan Secara Otomatis

Penyebab hp lemot yang berikutnya adalah fitur pembaruan aplikasi dan sistem yang berjalan secara otomatis.

Sudah menjadi hal yang lumrah apabila ponsel android tiba-tiba melakukan upgrade pada aplikasi maupun sistem yang digunakan.

Ketika Anda terkoneksi ke internet, secara otomatis ponsel tersebut akan melakukan update ke aplikasi maupun sistem versi terbaru.

Aktivitas upgrade yang berjalan secara otomatis ini bisa membuat konsumsi RAM ponsel menjadi membengkak.

Dan tidak jarang hal ini mengakibatkan smartphone yang Anda miliki menjadi lemot dan kurang nyaman ketika digunakan.

Terlebih jika hp Anda memiliki RAM yang cukup kecil maka hal ini akan semakin tidak nyaman untuk digunakan.

Untuk mengantisipasi hal ini, ada baiknya jika Anda mematikan fitur update otomatis yang ada di perangkat Anda. Jika ingin melakukan hal ini, Anda bisa langsung melakukannya sesuai dengan tipe ponsel yang Anda miliki. 

Jika ingin menggunakan fitur update aplikasi dan sistem secara otomatis, ada baiknya jika perangkat Anda tersebut memiliki kapasitas RAM dan penyimpanan yang cukup besar agar tidak terjadi hambatan selama proses update sistem dan aplikasi tersebut.

Baca juga: 6+ Cara Mengatasi Telegram Stuck Connection

3. Banyak Aplikasi di Belakang Layar Bisa Menjadi Penyebab HP Lemot

Penyebab hp lemot yang terkadang tidak banyak disadari adalah StartUp atau aplikasi yang berada di belakang layar.

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar akan membuat kinerja RAM dan juga CPU ponsel pintar Anda menjadi terganggu. Kemudian hal ini bisa menyebabkan kinerja ponsel yang menurun dan membuatnya menjadi lemot.

Untuk mengatasi hal ini Anda perlu memastikan bahwa sebisa mungkin Anda perlu meminimalisir jumlah aplikasi yang berjalan di belakang layar.

Terlebih jika Anda memiliki ponsel dengan RAM terbilang kecil maka mematikan aplikasi di belakang layar bisa memberikan peningkatan kinerja hp yang cukup signifikan.

4. Spesifikasi Ponsel Yang Terbilang Rendah

Ponsel dengan spesifikasi yang rendah juga bisa menjadi salah satu penyebab hp lemot.

Maka dari itu, ketika memiliki hp dengan kinerja yang cenderung lemot dan lambat, tidak ada salahnya jika terlebih dahulu Anda mengecek mengenai spesifikasi yang dimiliki perangkat tersebut. Spesifikasi yang kurang memadai biasanya akan menjadikan perangkat lemot ketika digunakan.

Sebagai informasi bahwa spesifikasi yang dimaksud bukan hanya masalah RAM dan kapasitas penyimpanan saja. Namun ada sejumlah faktor lain yang perlu dipertimbangkan ketika berbicara tentang spesifikasi ponsel. Beberapa diantaranya adalah jenis prosesor, GPU, CPU, dan jeroan lainnya juga patut dipertimbangkan ketika memilih ponsel pintar.

Jika hp Anda mengalami lemot karena memiliki spesifikasi yang rendah maka pilihan terbaik yang bisa diambil adalah menggantinya dengan hp baru yang memiliki spesifikasi lebih tinggi agar kinerjanya menjadi semakin optimal dan maksimal.

5. Widget Yang Berlebihan Pada Ponsel

Penyebab Hp Lemot

Widget yang berlebihan pada perangkat telepon android juga bisa menjadi penyebab hp lemot. Salah satu contoh widget yang biasanya banyak digunakan adalah animasi wallpaper hp yang membuat tampilan ponsel menjadi lebih keren dan juga menarik.

Namun menggunakan widget yang terlalu berlebihan dapat menguras kapasitas RAM yang dimiliki. Pada akhirnya hal ini akan membuat kinerja ponsel yang Anda miliki menjadi lemot dan lambat ketika digunakan. Bahkan terkadang bisa terjadi force close ketika digunakan untuk mengakses suatu aplikasi.

Untuk mengatasi hal ini ada baiknya jika Anda membatasi penggunaan Widget pada ponsel yang Anda miliki. Bahkan jika memang tidak terlalu dibutuhkan sebaiknya tidak digunakan karena bisa mengurangi kinerja RAM di perangkat Anda.

6. Tidak Menghapus Junk File Yang Menumpuk

Rasanya tidak sedikit yang pernah menghapus atau uninstall aplikasi pada perangkat telepon pintar yang dimiliki. Namun uninstall aplikasi tidak serta-merta menghapus file-file sampah yang ada di perangkat Anda.

Hal ini dikarenakan file junk sisa aplikasi tersebut kemungkinan masih tersisa di ponsel yang Anda miliki.

Semakin banyak file sampah yang tidak dihapus maka akan semakin besar pula kapasitas penyompanan internal yang dikonsumsinya.

Hal ini bisa membuat space ponsel Anda menjadi berkurang dan lama-lama akan menjadi habis. Hal inilah yang akan menjadi penyebab hp lemot dan tidak bisa bekerja secara optimal.

Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya jika Anda rutin menghapus file-file sampah pada perangkat Anda. Menghapus file sampah yang tidak terpakai merupakan solusi terbaik untuk membebaskan lebih banyak ruang untuk membuat kinerja hp Anda semakin optimal. Untuk membersihkan file sampah, bisa menggunakan salah satunya aplikasi pembersih android semacam Clean Master.

7. Ada Masalah dengan Baterai Hp

Penyebab Hp Lemot

Penggunaan Hp secara berlebihan dapat menurunkan performanya apalagi jika anda menyadari anda telah menggunakannya sangat lama sampai pada titik dimana Baterai anda tidak lagi bekerja dengan baik.

Baterai juga berpengaruh terhadap performa Hp Android, biasanya ada beberapa tanda dimana Baterai bocor atau dalam kondisi yang tidak Normal setelah dua sampai tiga tahun digunakan. Untuk itu anda mungkin perlu menggantI Baterai ponsel anda jika memungkinkan dan merawatnya.

8. Ram dan Rom Penuh

Ram (Random Acces Memory) adalah sebuah perangkat yang fungsinya menyimpan data bersifat sementara dalam sebuah Smartphone. Agar Hp bisa berjalan dengan lancar terkadang menghapus aplikasi yang berjalan dan memakan Slod penyimpanan ram perlu dilakukan.

Hal ini untuk menjaga performa Hp anda tetap baik, jika suatu saat Ram yang ada di Ponsel telah digunakan sepenuhnya hal ini akan mempengaruhi performa dari ponsel anda. Itulah kenapa memastikan tersedia cukup Ram sangatlah penting untuk menjaga agar Hp anda tidak macet.

Kemudian Rom (Read Only Memory) sebuah perangkat yang fungsinya menyimpan dan membaca data secara permanen, dengan menginstall beberapa aplikasi dengan file besar terkadang anda perlu menyimpan beberapa data tambahan dan jika ini tidak dilakukan pastinya akan mempengaruhi performa dari aplikasi dan Hp itu sendiri.

Itulah kenapa menyiapkan Rom yang cukup sangat penting khususnya jika anda menginstall beberapa aplikasi dengan Kapasitas besar.

Demikianlah beberapa penyebab hp lemot dan cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui. Agar bisa mengatasi kinerja hp yang lemot maka penting untuk terlebih dahulu mengetahui penyebab hp menjadi lemot. Dengan beberapa kemungkinan penyebab hp lemot di atas, Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin mencari cara mengatasi kinerja hp yang mulai lambat dan juga lemot.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Rekomendasi :