Apa Itu TV Digital? Pengertian, Keunggulan, Kebijakan, dan Harga Terupdate 2022

Apa itu TV Digital

Beredar isu bahwa perkembangan TV analog akan disuntik mati oleh pemerintah Indonesia. Program peralihan TV Analog ke TV digital rencananya akan dilaksanakan mulai 17 Agustus 2021. Namun, pelaksanaan di lapangannya akan berlangsung mulai April – Juni 2022. Kira-kira apa itu TV digital? Kenapa sampai pemerintah melakukan program ini?

Apa Itu TV Analog? 

TV analog merupakan jenis televisi yang menggunakan modulasi sinyal analog. Jenis TV analog di Indonesia sendiri sudah digunakan lebih dari 60 tahun. 

Dikutip dari Wikipedia, TV analog melakukan pengkodean informasi gambar dan variasi voltase dari sinyal. Sinyal tersebut dapat ditangkap menggunakan antena. Modulasi sinyal analog diterjemahkan oleh tuner menjadi gambar dan suara yang dapat anda saksikan di layar kaca.

Modulasi sinyal analog yang ditangkap oleh sinyal sangat bergantung pada jarak stasiun pemancar televisi. Semakin jauh jangkauannya maka akan berpengaruh pada kualitas gambar yang disiarkan pada televisi. Ini lah salah satu alasan kenapa tampilan siaran TV di televisi anda bisa mengalami gangguan.

Apa Itu TV Digital?

TV Digital merupakan siaran televisi yang menggunakan sinyal digital. Konversi gambar dan suara dari sinyal digital jauh lebih baik dibandingkan sinyal analog. Hal ini dikarenakan TV Digital hanya memiliki dua status, yaitu terima atau tidak.

Jika pada televisi analog, anda akan melihat layar kaca yang buram dan kresek-kresek ketika sinyal melemah. Pada TV digital anda tidak akan menemukan kualitas gambar yang rusak. Tampilan layar hanya akan menunjukan gambar dengan kualitas baik atau blank berwarna hitam. Tampilan hitam blank terjadi ketika sinyal tidak dapat dijangkau.

Kedua hal tersebut dapat timbul dipengaruhi jenis tuner pada televisi. TV analog memiliki tuner analog, yang tidak mampu menangkap sinyal digital. Sebaliknya, TV Digital memiliki tuner yang mampu menangkap sinyal digital dan sinyal analog.

Baca juga: 7 Cara Mematikan Timer AC Panasonic Paling Ampuh

Perbandingan TV Digital dan TV Analog

Perbandingan TV Digital dan TV Analog

1. Jenis Sinyal

Perbedaan mendasar TV analog dan apa itu TV digital terletak pada jenis sinyal. Terlepas dari 2 jenis sinyal yang berbeda, keduanya dapat menggunakan antena UHF yang sama. Antena UHF dapat dipasang secara outdoor maupun indoor. 

2. Keterkaitan Jarak Stasiun Pemancar

Kualitas gambar dan suara pada TV analog bergantung pada jarak sinyal pemancar. Dimana ketika jarak sinyal pemancar terlalu jauh dan di luar jangkauan maka kualitas gambar yang dihasilkan akan buram atau rusak.

Kualitas gambar dan suara pada TV digital bergantung pada cakupan area siaran. Jika lokasi anda tidak terjangkau oleh area siaran maka tidak akan ada gambar sekali atau peluang untuk mengintip tampilan siaran tersebut. 

3. Kualitas Gambar dan Suara

Kualitas gambar dan suara pada TV analog sangat bervariasi. Jika antenna berada dekat sinyal pemancar maka kualitas gambar dan suara akan baik. Sedangkan jika sinyal melemah, tampilan akan redup dan rusak.

Kualitas gambar dan suara TV Digital sangat bagus. Anda tidak akan menemukan kualitas yang buruk dari tampilan dan suara. Hanya saja jika lokasi anda tidak terjangkau sinyal digital, tampilan akan hilang (blank).

4. Jenis Televisi

Secara umum, masyarakat kerap menganggap bahwa TV analog identik dengan TV tabung. Hal tersebut bisa dikatakan benar adanya. Namun, apa itu TV digital selalu dalam bentuk TV slim? Jawabannya belum tentu. 

Hal ini dikarenakan belum seluruh TV slim menggunakan tuner digital. Lalu bagaimana cara mengecek jenis TV Digital?

Anda dapat mengecek pada laman siaran digital kominfo. Anda dapat memilih kolom kategori, lalu pilih ‘Televisi’. Selanjutnya masukan merek dan model atau type televisi. Jika televisi anda TV Digital maka akan tertera mereka dan tipe dalam layar. 

Sedangkan jika TV analog maka akan muncul tulisan ‘Mohon maaf, perangkat yang anda cari tidak terdaftar pada database kami atau belum memiliki sertifikasi perangkat’.

5. Fitur Pelengkap

TV Analog beroperasi secara manual tanpa informasi tambahan. Sedangkan ciri apa itu TV Digital sudah dilengkapi dengan fitur pelengkap meliputi layanan interaktif dan electronic program guide. Fitur tersebut berfungsi sebagai informasi penayangan jadwal siaran

Keunggulan TV Digital

Keunggulan TV Digital

Setelah melihat perbandingan apa itu TV digital dan TV analog maka dapat disimpulkan bahwa TV Digital memiliki banyak keunggulan. Keunggulan tersebut meliputi:

1. Kemampuan Menangkap Sinyal Analog dan Digital

TV Digital sudah dibekali kemampuan untuk menangkap sinyal analog dan sinyal digital untuk saluran TV. Mengingat kebutuhan saat ini berfokus pada sinyal digital, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk membeli TV Digital.

2. Kualitas Gambar Jernih dan Suara Jelas

Sudah disampaikan sebelumnya, kualitas gambar dan suara TV Digital yang berasal dari sinyal digital sangat baik. Kualitas gambar akan sejernih air. Kualitas suara semerdu angin. Anda bisa katakan selamat tinggal pada gambar tidak berkualitas pada layar televisi anda yang lama.

3. Hemat Frekuensi Gelombang Radio

Perlu diketahui, bahan kondisi arus komunikasi radio di Indonesia sedang tidak baik-baik saja. Arus frekuensi radio sangat padat. Dengan menggunakan TV Digital, anda turut serta dalam penyelesaian permasalahan ini.

Pada TV analog, satu saluran televisi dapat mengonsumsi 8MHz. Sementara siaran dengan sinyal digital, 8MHz dapat digunakan hingga 12 saluran program siaran. Hal ini tentu akan menjadi salah satu solusi mengurai permasalahan yang terjadi di Indonesia

4. Fitur Pencarian Siaran Digital (DTV)

Peningkatan teknologi pada TV digital sangat pesat. Pencarian siaran digital dapat anda lakukan pada menu setting. Anda dapat mendeteksi berapa banyak siaran analog dan siaran digital yang dapat diakses di area anda.

Melihat perbandingan apa itu TV Digital dan TV Analog dapat disimpulkan bahwa TV digital jauh lebih unggul. TV digital memiliki kualitas gambar dan suara yang jernih. Hemat ruang pada jalur spektrum frekuensi radio. Serta peningkatan teknologi yang digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Daftar Produk dan Harga TV Digital 

Sebagai gambaran lebih lanjut mengenai apa itu TV digital, harga, dan spesifikasi TV digital di Indonesia. Berikut 5 TV digital pilihan lengkap dengan harga terbaru.

1. Polytron PLD 32TV1855

Produk TV Digital

Polytron PLD 32TV1855 memiliki layar 32” dan resolusi HD. Fitur DVB-T2 sudah terpasang ditemani dengan tower speaker melengkapi pengalaman menonton televisi lebih menyenangkan. Polytron PLD 32TV1855 dijual seharga Rp 2.599.000

Tersedia 8 mode gambar. Noise reduction juga mempertajam kualitas gambar yang dihasilkan. Pada bagian port sudah dilengkapi 2 port HDMI, AV Input, audio, dan SPDIF output. Polytron memfasilitasi garansi panel LED hingga 5 tahun.

2. Samsung 32T4001

Produk TV Digital

Apa itu TV digital produksi negeri gingseng? Samsung 32T4001 salah satunya. Televisi dengan ukuran layar 32” kualitas HD siap menampilkan siaran digital di Indonesia. Fitur clean view dari Samsung mampu meningkatkan kontras dan ketajaman warna. 

Pengalaman menonton akan semakin menarik dengan fitur Dolby Digital Plus untuk suara jernih. Harga televisi ini senilai Rp 2.399.000

3. LG 32LK500 32

Pilihan TV digital dengan teknologi DVB T2 dari pabrikan Korea Selatan. Layar berukuran 32” beresolusi HD ready 1366 x 768. TV digital ini juga dibekali teknologi panel layar IPS. Harga TV digital ini dibandrol dengan harga Rp 1,8 juta. 

4. TV Aqua 32AQT6000T

Jika anda berminat membeli TV digital produksi Jepang, TV Aqua 32AQT6000T bisa jadi pilihan utama. Fitur unggulan eco-friendly dan digital noise reduction (DNR) sudah sangat tersemat dengan baik. LED Aqua 32AQT6000T dapat menjawab kebutuhan apa itu TV digital dengan harga Rp 1,7 juta.

5. TCL 32B3

TCL 32B3 seharga Rp 2,3 Juta bisa menjadi pilihan TV digital anda berikutnya. Layar TV dengan ukuran 32” dan bezel tipis memberikan kesan luxury. Kualitas gambar HDR memberikan tampilan gambar lebih detail dan hidup.

Pada bagian suara, TCL 32B3 dilengkapi Dolby Audio surround 5.1. Didukung juga dengan teknologi Fitur Smart Volume. Fungsi smart volume dapat menyesuaikan volume pemrograman secara otomatis ketika ada fluktuasi suara ketika anda memindah saluran siaran ataupun ketika iklan televisi mengudara.

Baca juga: 4 Cara Memasukan Kode Remot TV Universal Lengkap

Cara Mengubah TV Analog Menjadi TV Digital

Lalu, bagaimana dengan nasib TV analog yang ada saat ini? TV analog yang ada saat ini dapat diubah menjadi apa itu TV Digital dengan menggunakan Set Top Box. Set Top Box (STB) dikenal sebagai alat untuk mengubah sinyal digital yang diterima antenna. 

Sinyal digital yang diterima akan diterjemahkan menjadi sinyal analog yang akan ditampilkan di TV Analog. Set Top Box standar TV digital di Indonesia sudah mampu mendukung digital video broadcasting-second generation terrestrial (DVB T2).

Jadi, tidak harus beli televisi digital ya jika anda merasa keberatan. Biaya Set Top Box juga lebih murah. Jika anda masih merasa keberatan, pemerintah juga memberikan layanan subsidi Set Top Box. Baca terus artikel ini untuk tahu program subsidi Set Top Box gratis.

Mengenal Cara Kerja Set Top Box

Apa itu TV digital dan kaitannya dengan Set Top Box? Mengingat fungsi Set Top Box untuk mengonversi sinyal digital untuk menampilkan gambar di TV analog. Berikut mekanismenya 

Sinyal digital diterima dari antena seperti parabola, antenna UHF, dan antenna VHF.  Sinyal akan masuk melalui port input HDMI. Port HDMI menyalurkan kualitas video dengan kualitas video beresolusi tinggi dan kualitas audio sampling tinggi.

Setelah tuner menangkap sinyal digital, berikutnya sinyal akan diterjemahkan oleh demodulator. MPEG2 TS Demux mengantarkan data kepada CPU yang kemudian diserahkan kembali ke MPEG 2 AvV Decoder untuk memberikan output audio video secara jernih.

Harga Set Top Box Standar Kemenkominfo

Set Top Box yang sudah distandarisasi oleh Kementerian Kominfo ditandai tulisan DVB-T2. Berdasarkan informasi yang dikutip dari gugus siaran digital, berikut beberapa pilihan apa itu TV digital dan Set Top Box yang sudah tersertifikasi.

  • Nexmedia (NA 1300/ DVB-T2 MOEG4 HD)
  • Polytron (PDV 600T2)
  • Ichiko (8000HD)
  • Akari (ADS-2230, ADS-168, dan ADS-210)
  • Venus (Brio)
  • Tanaka (T2)
  • Matrix (Apple)
  • Evercoss (STB1)

Anda bisa temukan produk tersebut di berbagai platform e-commerce. Set Top Box dijual mulai dari Rp 150.000. Berikut beberapa referensi produk dan harga yang berada di e-commerce.

Shopee

Produk STB TV Digital

Tokopedia

Blibli

Set Top Box Subsidi Pemerintah

Gerakan beralih dari TV analog ke TV digital menjadi perhatian khusus pemerintah. Peralihan ini dianggap sebagai suatu tantangan merubah pola kebutuhan hiburan masyarakat. Terlebih peralihan ini memaksa masyarakat untuk mengeluarkan dana untuk membeli converter STB.

Pemerintah telah mengalokasikan anggaran hingga Rp 300 miliar untuk pengadaan STB demi mendukung program apa itu TV digital. Tersedia 6,8 juta perangkat Set Top Box subsidi untuk keluarga miskin pada tahun 2022. Peralihan tahap satu direncanakan selesai pada bulan April 2022.

Bantuan tersebut akan didistribusikan melalui PT POS untuk keluarga miskin yang datanya sudah tercatat. Selain itu, tersedia jalur undangan door to door untuk masyarakat miskin yang tidak terdaftar.

Adapun persyaratan untuk mendapatkan STB gratis dari pemerintah meliputi WNI dengan KTP elektronik, rumah tangga miskin yang memiliki televisi, terdaftar di data terpadu kesejahteraan sosia (DTKS), dan lokasi rumah berada di cakupan siaran televisi yang akan terdampak ASO. 

Baca juga: Daftar Kode Remot TV TCL Tabung, LCD/LED Terlengkap

Cara Cek Siaran Digital Berdasarkan Daerah 

Program apa itu TV digital perlu diimbangi dengan cakupan area siaran digital. Ada baiknya anda melakukan pengecekan saluran TV digital yang sudah menjangkau area anda. Hal ini perlu anda lakukan sebelum memutuskan untuk membeli tv digital atau pun Set Top Box.

Ada dua cara untuk mengetahui saluran TV Digital yang berada di lokasi anda. Melalui halaman website Siaran Digital dan aplikasi Sinyal TV Digital di smartphone anda. 

Aplikasi Smart TV Digital

Anda dapat mengunduhnya melalui Google Play Store dan Apple Store. Setelah aplikasi berhasil terunduh sempurna, buka aplikasi dan aktifkan izin akses lokasi ponsel anda. Tampilan peta akan menyesuaikan titik lokasi anda. 

Tahap berikutnya anda dapat meng-klik ikon layer di bagian kanan atas tampilan. Posisinya berada dekat dengan ikon zoom in dan zoom out. Cek warna yang muncul pada peta lokasi anda. Warna merah menunjukan kondisi sinyal terkuat. Sedangkan warna putih menunjukan kondisi sinyal terlemah.

Lalu bagaimana jika lokasi anda belum termasuk dalam jangkauan saluran siaran digital? Apakah harus tetap mengganti ke TV digital? Jawabannya, betul. Anda tetap perlu mengganti TV analog ke TV digital. Sebab jangkauan saluran digital akan diperluas secara bertahap. Pada akhirnya di akhir 2022 ini, seluruh jaringan TV analog akan dimatikan.

Akhir Kata

Itulah kumpulan informasi yang berkaitan dengan apa itu TV digital. Semoga informasi ini dapat membantu anda untuk lebih memahami alasan kuat terkait program pemerintah saat ini. Jangan lupa sebar luaskan informasi TV digital ini ke sekitarmu agar semakin banyak orang yang tercerahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.