7+ Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik 2022

Antena TV Digital Terbaik

Belakangan ini, Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan terkait penghentian siaran TV analog dan beralih ke tv digital. Seiring dengan kebijakan tersebut, banyak masyarakat yang antusias lalu mencari rekomendasi pilihan antena tv digital terbaik untuk digunakan.

Penggunaan tv digital dinilai bisa menghasilkan kualitas siaran dan tontonan yang lebih jernih bila dibandingkan tv analog biasa. Sehingga diharapkan bisa meningkatkan keamanan dan kenyamanan para penonton selama menyaksikan siaran televisi digital tersebut.

Apa Itu Antena TV Digital? 

Sebelum membahas secara lebih jauh terkait dengan beberapa rekomendasi antena televisi digital, terlebih dahulu perlu diketahui apa itu antena tv digital. Tujuannya tentu saja adalah untuk mengetahui secara lebih detail terkait dengan seluk-beluk dunia siaran televisi digital di Indonesia.

Ringkasnya, antena tv digital merupakan sebuah jenis antena generasi terbaru yang secara khusus dibutuhkan untuk menangkap siaran televisi digital. Mengingat bahwa siaran yang diterima adalah gelombang digital maka kualitas dan kejernihannya pun akan lebih maksimal.

Ketika menggunakan antena televisi digital, maka jangkauan penerimaan siaran pun bisa lebih luas dan juga stabil. Hal inilah yang kemudian membuat penggunaan siaran televisi digital menjadi semakin efektif dan efisien dalam dunia penyiaran.

Agar bisa menangkap siaran tv digital, Anda membutuhkan set top box khusus di dalamnya. Mengingat bahwa program beralih ke siaran tv digital ini digagas oleh pemerintah, maka pihak Kominfo pun menyediakan sejumlah set top box gratis pada masyarakat.

Secara umum, cara mendapatkan set top box tv digital kominfo pun terbilang cukup mudah yakni dengan mendaftarkan diri sebagai calon penerima Set Top Box (STP). Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa langsung mengunjungi situs kementerian terkait program tersebut.

Baca juga: Cara Mematikan Timer AC Midea

Cara Tepat Memilih Antena TV Digital

Seperti pada antena tv analog pada umumnya, saat ini tersedia banyak sekali jenis dan model dari antena tv digital. Sehingga proses pemilihannya pun harus dilakukan secara cermat dan bijak agar bisa mendapatkan antena dengan model dan kualitas terbaik.

Bagi Anda yang tertarik beralih ke siaran tv digital, berikut adalah beberapa cara yang bisa dipertimbangkan saat ingin memilih antena tv digital terbaik.

1. Pilih Antena Berdasarkan Ukuran yang Sesuai Kebutuhan

Antena TV Digital Terbaik

Salah satu cara terbaik yang bisa digunakan untuk memilih antena televisi digital adalah melihat ukurannya. Sebisa mungkin Anda perlu memilih antena yang ukurannya sesuai dengan lokasi penempatan antena tersebut.

Jangan memilih antena yang terlalu besar apabila ukuran tempat pemasangan antena tersebut relatif kecil. Selain mempersukar dalam proses pemasangan maka akan membuat antena tersebut bisa mengalami kerusakan akibat pemasangan yang kurang tepat.

Jadi pastikan terlebih dahulu Anda mengetahui lokasi tempat pemasangan antena tersebut agar bisa memperkirakan ukuran yang sesuai. Hal ini nantinya akan meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan akibat pemasangan antena televisi digital yang kurang tepat.

2. Pilih Antena yang Sesuai Jenis Televisi

Seiring perkembangan teknologi, sekarang ini ada banyak jenis televisi yang bisa didapatkan di pasaran. Mulai dari tv tabung, tv LED ataupun juga TV LCD dengan tampilan layar yang tentu saja lebih optimal.

Sebelum memilih antena televisi digital, tidak ada salahnya kalau terlebih dahulu Anda perlu mempertimbangkan jenis televisi ini sebagai indikatornya. Tujuannya tentu saja adalah agar bisa mendapatkan jenis antena yang paling sesuai dengan televisi Anda.

Sebagai contoh, kalau Anda memiliki televisi LED atau LCD sebaiknya pilih antena berukuran agak besar karena jenis tv ini tidak mudah dalam menangkap sinyal. Semakin besar ukuran antena tentunya akan memperbesar peluang untuk meningkatkan penangkapan sinyal gelombang siaran tv.

Kemudian jika Anda memiliki tv tabung, maka ukuran antena televisi yang disarankan adalah berukuran lebih kecil. Pasalnya, tv tabung cenderung lebih responsif dan lebih mudah dalam menangkap sinyal gelombang siaran televisi.

Namun karena tidak semua tv tabung sudah mendukung penangkapan siaran tv digital, maka Anda perlu mengetahui cara pasang set top box terlebih dahulu. Agar nantinya tv tabung tersebut bisa digunakan untuk menangkap siaran berbasis digital.

3. Pertimbangkan Memilih Antena dengan Kabel Coaxial

Tips berikutnya yang perlu dipertimbangkan saat ingin memilih antena televisi digital adalah dengan mempertimbangkan penggunaan kabel coaxial. Meskipun televisi digital bisa menangkap siaran secara lebih jernih, namun Anda tetap membutuhkan tools pendukung yang optimal.

Salah satu caranya adalah dengan memilih antena yang memiliki kabel coaxial di dalamnya. Pasalnya, kabel coaxial akan bisa membuat proses transmisi siaran gelombang menjadi semakin maksimal. Imbasnya, penerimaan gelombang siaran pun akan semakin jernih.

4. Tidak Ada Salahnya Menggunakan Booster Sebagai Pelengkap

Jika Anda merasa penerimaan sinyal gelombang di wilayah Anda kurang begitu optimal, tidak ada salahnya menggunakan booster pada antena tersebut. Ringkasnya, booster adalah sebuah alat khusus yang berfungsi untuk menguatkan sinyal yang akan diterima oleh antena televisi.

Jadi fungsi utama dari alat ini adalah untuk membuat pancaran sinyal menjadi semakin lengkap dan juga jelas. Sehingga kualitas siaran dan tayangan yang didapatkan oleh televisi digital pun menjadi semakin jernih.

Baca juga: Rekomendasi 4 Set Top Box Untuk TV Tabung

Rekomendasi Produk Antena TV Digital Terbaik 2022

Sebenarnya, cara beralih ke tv digital tidaklah sesulit yang dibayangkan oleh banyak orang. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk beralih ke siaran televisi digital adalah menggunakan Set Tool Box (STB) digital pada tv non-digital Anda.

Selain itu, cara mudah lainnya yang bisa digunakan adalah dengan membeli seperangkat set televisi yang sudah mendukung siaran digital di dalamnya. Bagi Anda yang sudah memiliki televisi digital dan sedang membutuhkan antena, berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa dipertimbangkan.

1. Antena Tv Digital Terbaik : Sanex Antena TV Digital

Antena TV Digital Terbaik

Salah satu rekomendasi produk antena tv digital terbaik yang patut untuk dipertimbangkan adalah Sanex Antena TV Digital SN-889 DG. Produk antena yang dikembangkan oleh Sanex ini dibuat dari bahan alumunium berkualitas tinggi sehingga durabilitasnya pun terbilang sangat maksimal. Bahkan, pihak produsen mengklaim antena ini mampu bertahan hingga 15 tahun.

Sanex Antena Digital ini memiliki kekuatan impedansi hingga 75 Ohm sehingga memiliki kekuatan yang sangat optimal dalam menangkap sinyal siaran televisi. Selain itu, antena dengan panjang sekitar 95 cm ini juga dilengkapi dengan kabel sepanjang 10 meter untuk menunjang pemasangannya.

Bagi Anda yang tertarik menggunakan antena dari Sanex ini maka kisaran banderol harga yang beredar di pasaran adalah Rp 80-90 ribuan per unit. Harga yang terjangkau dan kualitas yang prima membuat Sanex menjadi salah satu produk antena yang cukup banyak peminatnya.

2. PX DA – 1201 NP Indoor TV Digital

Antena TV Digital Terbaik

Kalau Anda sedang mencari rekomendasi antena tv digital indoor terbaik maka PX DA – 1201 NP Indoor TV Digital adalah salah satunya. Sebagai antena televisi indoor, PX DA – 1201 NP Indoor TV Digital memiliki desain tampilan berupa kotak memanjang yang menyerupai smartphone.

Pada bagian sisi kanan dan kirinya terdapat antena yang berfungsi untuk menangkap gelombang sinyal pancaran siaran televisi digital. Sementara itu, pada bagian belakang antena terdapat kaki penyangga yang berfungsi sebagai tumpuan untuk meletakkan antena PX ini.

Sebagai salah satu antena televisi digital terbaik, PX ini dilengkapi dengan beberapa fitur penting di dalamnya. Mulai dari Low Noise Amplifier yang berfungsi untuk menghalangi wireless sinyal yang bisa menghalangi siaran gelombang televisi Anda.

Selain itu antena ini juga menggunakan arus DC 2V yang tentunya akan bisa menghemat penggunaan antena ini. Kalau Anda tinggal di kawasan perkotaan, antena digital indoor ini bisa menjadi pertimbangan yang tepat karena harganya yang juga relatif terjangkau.

 3. AOKI Antena 2 TV Digital AT3000

Antena TV Digital Terbaik

Rekomendasi pilihan antena televisi digital yang bisa dipertimbangkan selanjutnya adalah AOKI Antena 2 TV Digital AT3000. Bisa dikatakan kalau jenis antena ini cukup fleksibel karena bisa digunakan secara indoor maupun juga seccara outdoor.

Secara tampilan, antena besutan AOKI ini memiliki desain yang terbilang cukup modern dan juga menarik. Tampilannya yang simple membuatnya sangat cocok digunakan untuk para pemilik rumah bergaya minimalis di dalamnya.

Ketika membeli set antena ini, Anda akan bisa mendapatkan beberapa tools kelengkapan seperti main unit, fixed seat, support foot, adapter, dan juga kabel coaxial sepanjang 10 meter. Kalau Anda tertarik menggunakan antena jenis ini, harganya di pasaran berada pada kisaran Rp 200 ribuan.

4. OASE Antena Indoor TV Digital IT-A1

Antena TV Digital Terbaik

Pilihan jenis antena untuk televisi digital yang berikutnya adalah OASE Antena Indoor IT-A1. Sesuai namanya, antena ini termasuk ke dalam jenis antena dengan penggunaan khusus untuk wilayah indoor saja.

Produk antena yang dikembangkan oleh OASE ini memiliki desain keseluruhan yang tipis dan juga ringan. Bahkan, Anda bisa saja menempatkan antena ini di meja ataupun menempelkannya di dinding ruangan di rumah Anda.

Jika Anda menempatkan antena ini menempel di dinding maka tidak perlu khawatir bahwa antena tersebut akan jatuh. Pasalnya, antena tersebut pun sudah dilengkapi dengan perekat yang kuat sehingga akan menempel pada dinding dengan baik dan lebih maksimal.

Baca juga: 6 Aplikasi Trading Aman Berlisensi OJK dan BAPPEBTI

 5. Intra Zeus Outdoor Antena Digital

Kalau Anda berencana mencari antena tv digital outdoor dengan kualitas yang cukup maksimal maka Intra Zeus Outdoor Antena Digital adalah salah satunya. Akan tetapi perlu diketahui bahwa jenis antena ini hanya bisa diaplikasikan untuk TV LED dan juga LED saja dalam pemasangannya.

Sebagai salah satu antena outdoor terbaik, Intra Zeus ini diklaim memiliki jangkauan tangkapan yang terbilang sangat jauh yakni mencapai 125 km. Produk antena dari Intra Zeus ini dibuat dari bahan alumunium berkualitas terbaik untuk menunjang kualitas dan kekuatan daya tangkap yang dimiliki.

Dalam satu set antena televisi digital ini, nantinya Anda akan bisa mendapatkan jack serta kabel RG6 dengan panjang sekitar 13 meter. Bagi Anda yang tertarik membeli antena Intra Zeus Outdoor Antena Digital maka harga yang beredar di pasaran adalah sekitar Rp 150 ribuan.

6. Arashi Antena Digital

Pilihan berikutnya yang bisa dipertimbangkan kalau Anda mencari antena tv digital terbaik adalah Arashi Antena Digital. Antena ini memiliki desain yang cukup unik dan bisa digunakan baik pada lingkungan indoor maupun juga outdoor.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh antena ini adalah sudah memiliki lisensi IPX4 sehingga antena tersebut tahan panas, air, dan bahkan juga sinar UV. Selain itu, kebutuhan daya operasional antena ini pun terbilang sangat rendah. Sebab secara rata-rata hanya mengkonsumsi sekitar 3 Watt saja untuk daya operasionalnya.

Meskipun termasuk jenis antena yang sangat hemat energi namun kualitas penangkapan sinyalnya sangat optimal. Antena ini mampu menerima sinyal kuat hingga 28 dBi sehingga kualitas dan hasil gambar yang didapatkan pun akan semakin maksimal.

7. Toyosaki Aio 220 Antena Digital TV Booster Outdoor

Pilihan jenis antena yang bisa Anda pertimbangkan selanjutnya adalah Toyasaki Aio 220 Antena Digital TV Booster Outdoor. Sesuai dengan namanya, antena ini memang secara khusus digunakan sebagai antena televisi untuk luar ruangan.

Perlu diketahui bahwa antena ini memiliki desain berbentuk kotak dan pada bagian belakangnya terdapat pipa serta pengunci. Pipa dan pengunci tersebut nantinya bisa digunakan untuk memasang antena secara kokoh dan sesuai kebutuhan.

Sebagai antena luar ruangan, Toyosaki Aio 220 Outdoor ini memiliki kekuatan dan kemampuan menerima gelombang sinyal secara lebih maksimal. Berbekal daya operasional sebesar 3 Watt, antena ini bahkan bisa menangkap sinyal dengan kekuatan hingga 22 dB.

Sebagai antena televisi luar ruangan, Toyosaki Aio 220 ini memiliki sifat tanah air dan juga tahan panas. Sebagai penunjang, antena ini juga dilengkapi dengan booster pelengkap yang akan membuat gambar siaran menjadi lebih jernih dan bersih.

 8. Antena Taffware DVB-T2 4K

Antena untuk televisi digital yang juga tidak kalah populer selanjutnya adalah Antena Taffware DVB-T2 4K. Jenis antena ini terbilang cukup laris di pasaran karena harganya yang terjangkau dan kualitas daya tangkap sinyalnya yang bagus.

Dilihat dari bentuk tampilan desainnya antena ini sangatlah sederhana dengan bentuk utama berupa kotak tipis. Ukuran antena tersebut adalah sebesar 21 x 12 cm atau kurang lebih hampir sama dengan ukuran mousepad yang Anda miliki di meja kerja.

Selain desainnya yang minimalis, antena ini juga sangat mudah dipasang karena dibagian belakangnya ada fitur penyangga untuk merekatkan antena. Dengan demikian, Anda bisa meletakkan antena ini pada dinding ataupun tembok di dalam rumah.

Jika dipasang pada posisi yang tepat maka antena ini bisa menangkap sinyal hingga 25 dB sehingga bisa menghasilkan kualitas gambar dengan cukup jernih. Namun sayangnya, antena ini hanya memiliki kabel sepanjang 3 meter sehingga Anda harus cermat dan pandai dalam mencari posisi yang tepat.

Bagi Anda yang tertarik menggunakan antena ini, harganya pun relatif cukup terjangkau. Di pasaran, antena ini dibanderol dengan harga pada kisaran Rp 80 ribuan. Di tempat Anda mungkin bisa saja lebih tinggi atau lebih rendah sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya di lapangan.

Kesimpulan

Memilih produk antena untuk siaran tv digital memang harus dilakukan secara cermat dan teliti. Tujuannya tentu saja adalah agar bisa mendapatkan tangkapan siaran tv yang bagus dan jernih untuk meningkatkan kenyamanan dan pengalaman menonton siaran televisi di rumah.

Itulah beberapa rekomendasi pilihan antena tv digital terbaik yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya beberapa ulasan tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin mencari antena untuk televisi digital berkualitas terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.