Cara Setting dan Cara Pasang Set Top Box

Cara Pasang Set Top Box

Cara pasang set top box ini harus Anda perhatikan dengan baik agar bisa mendapatkan siaran televisi digital secara maksimal. Alat ini sangat penting, terutama bagi Anda yang ingin menikmati siaran tv digital namun belum memiliki fitur DVB T2. 

Perlu Anda ketahui, bahwa set top box ini sudah banyak dijual dengan berbagai merek dipasaran. Biasanya, STB ini akan dijual dengan kisaran harga 200 ribu hingga 300 ribuan saja. Anda bisa mendapatkan di toko elektronik terdekat maupun melalui marketplace kesayangan Anda. 

Kelengkapan Set Top Box

Kelengkapan Set Top Box

Setelah Anda membeli set top boxnya, maka Anda bisa melihat dala satu paket tersebut terdapat beberapa alat. Berikut ini adalah elemen-elemen yang ada dalam satu paket set top box. 

  • Unit set top box.
  • Kabel antena. 
  • Charger atau adaptor. 
  • Kabel auto video. 
  • Kabel LAN dan WLAN. 
  • Kabel HDMI. 
  • Remote beserta baterai dan buku petunjuk. 

Baca juga: Cara Mematikan Timer AC Midea

Selain itu, pada set top boxnya terdapat beberapa slot yang bisa Anda manfaatkan nantinya. 

  • Port ANT IN dan OUT. 
  • Port adaptor. 
  • Port RCA. 
  • Port HDMI. 
  • Port USB. 
  • Port LAN. 

Cara Pasang Set Top Box

Setelah Anda mengetahui apa saja kelengkapan yang ada pada set top boxnya. Maka Anda juga perlu memahami bagaimana cara pasang set top box dengan baik dan benar, baik pada tv analog maupun tv digital. 

1. TV Analog

TV Analog
  1. Siapkan terlebih dahulu kabel antenanya. 
  2. Sambung pada bagian antena dan ujung satunya bisa Anda pasangkan pada port ANT IN STB. Kemudian, untuk Port ANT OUT-nya tidak perlu Anda gunakan pun tidak jadi masalah. Namun, apabila Anda masih sesekali menggunakan TV analog. Maka, port antena yang ada pada tv pun bisa Anda sambungkan kembali pada port ant out tersebut. 
  3. Jika sudah, maka siapkan kabel RCA pada unit set top box. Kabel RCA ini biasanya memiliki tiga soket dengan warna yang berbeda-beda. Pasangkan kabel RCA pada lubang RCA belakang STB sesuai dengan warnanya. 
  4. Silahkan cek lubang AV pada TV analog. Colokkan sesuai dengan warna yang berasal dari kabel RCA tersebut. 
  5. Pasangkan jack kabel adaptor pada STB. 
  6. Colokkan adaptor ke stop kontak. 
  7. Nyalakan tombol power yang ada pada set top boxnya. Pastikan semuanya menyala dengan baik. 

Baca juga: Rekomendasi 4 Set Top Box Untuk TV Tabung yang Tepat dan Berkualitas

Jika sudah, maka silahkan Anda nyalakan televisi dan pindah progamnya ke mode AV. Perlu Anda ketahui, bahwa jika pemasangan kabel RCA benar, maka akn muncul menu dari set top box yang Anda gunakan. 

Jika belum, itu artinya ada pemaangan kabel yang salah atau tertukar. Anda bisa merubahnya terlebih dahulu hingga muncul gambar dan suaranya. Jadi, semua tergantung dari pemasangan kabel RCA Anda sudah benar atau belum?

2. TV LED dan LCD

TV LED dan LCD

Cara pasang set top box pada TV LED dan LCD memang hampir sama antara satu dengan lainnya. Namun, jelas akan lebih mudah dilakukan apabila Anda menggunakan kabel HDMI. Dengan kebl HDMI ini, kesalahan pemasangan kemungkinan akan kecil terjadi. Selain itu, kabel HDMI akan menghasilkan gambar berkualitas HD yang sudah pasti jernih. 

Jika semuanya sudah terpasang dan TV dinyalakan. Maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memindahkan program ke mode HDMI. Jika memang HDMI 1 tidak muncul, itu artinya ada di HDMI yang ke-2, dan seterusnya.

Baca juga: 8 Rekomendasi Set Top Box TV Digital Murah Terbaik

Cara Setting Set Top Box

Pada tampilan set top box akan ada petunjuk panduannya. Silahkan Anda pilih bahasa yang ingin Anda gunakan, dan pilih negara sesuai domisili Anda. Jika sudah, pilih opsi chanel dan pilih search otomatis. Tekan ok maka set top box akan melakukan pencarian secara otomatis. 

Jika cara pasang set top box ini sudah selesai, maka akan muncul stasiun televisi dan radio yang terjangkau di wilayah Anda tersebut. Dengan begitu, maka Anda bisa menikmati siaran digital dengan kualitas gambar dan suara yang jernih. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.