8 Rekomendasi Set Top Box TV Digital Murah Terbaik

Set Top Box TV Digital Murah Terbaik

Artikel dibawah ini akan mengulas secara lengkap mengenai Rekomendasi Set Top Box TV Digital Murah Terbaik sebagai acuan anda saat migrasi dari Televisi analog ke digital. Televisi sebagai sarana menjangkau informasi berupa berita dan hiburan baik di tingkat daerah, nasional, atau internasional. Gangguan pada televisi mengakibatkan pemirsa hanya bisa menonton hiburan berupa kumpulan semut abu-abu sebab sinyal siaran tersebut tidak menjangkau beberapa daerah.

Permasalahan tersebut tidak jarang terjadi karena susahnya sinyal yang sampai pada daerah dimana televisi tersebut berada. Dengan menggunakan set top box atau STB dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah rekomendasi Set top box untuk tv digital murah terbaik versi 2022!

Merk Set top box apa saja yang sesuai dengan standar kominfo? Bagaimana STB dapat melakukan pekerjaan yang luar biasa tersebut pada siaran televisi? Inilah penjelasannya untuk Anda! 

Set Top Box Adalah?

Ketika berbicara tentang tv digital, orang awam mengetahui bahwa tayangan yang ditampilkan oleh tv tersebut memiliki kualitas yang sangat baik atau Ultra High Definition. Kemampuan dari tv digital tersebut karena antena penangkap sinyal atau saluran siaran akan menampilkan grafik dalam bentuk bit-bit data. 

Berbeda dengan televisi analog yang mengandalkan antena sebagai penangkap sinyal untuk membantu dalam penayangan siaran. Sebab semakin jauh letak antena dari stasiun pemancar maka sinyal yang diterima akan melemah dan muncul titik-titik abu pada tayangan televisi. 

Untuk membantu televisi analog mengubah bentuk tampilan televisi lama menjadi bit-bit data tersebut dibutuhkan suatu alat yang disebut dengan STB atau set top box. Set top box vs parabola terkadang sering disandingkan, set top box yang pada dasarnya menggunakan antena televisi UHF-VHF adalah paket lengkap menangkap sinyal digital tanpa memerlukan parabola khusus.

Baca juga: Daftar Frekuensi TV Digital di Semua Satelit

Bagaimana Set Top Box Bekerja?

Cara kerja dari STB adalah menerima sinyal yang telah ditangkap oleh antena UHF-VHF dan mengolah sinyal tersebut sebagai input. Kemudian sinyal yang telah diproses oleh STB akan masuk pada port input televisi dan menampilkan visualisasi yang lebih baik dari segi gambar dan suara sesuai standar tv digital. 

Jenis STB berbeda-beda sesuai dengan variasi penyiaran televisi. Jenis-jenis tersebut berupa STB DVB-C yang berbentuk kabel, DVB-S berbentuk satelit, DVB-IPTV berupa internet protocol TV. Namun umumnya untuk TV digital sering menggunakan STB DVB-T2. 

Ciri-Ciri Televisi Analog Dapat Menangkap Sinyal Digital

Sesuai dengan aturan KOMINFO, dinyatakan bahwa tayangan televisi analog akan perlahan dihentikan secara total paling lambat adalah tanggal 2 November 2022. Saat ini daerah ujung barat Indonesia yaitu Aceh telah dilakukan penghentian total siaran tv analog pada beberapa daerah atau dalam tahap pertama. 

Dengan begitu artinya bahwa migrasi tayangan tv analog ke tv digital harus segera dilakukan sebelum siaran tv analog dihentikan secara total. Namun sebelum melakukan migrasi dengan pemasangan set top box, beberapa televisi perlu untuk dicek ulang kemampuannya untuk menangkap sinyal digital nantinya. 

1. Stiker Pada Kode-Kode Televisi

Pada bagian bodi belakang televisi, masyarakat dapat memperhatikan ada atau tidaknya stiker-stiker khusus yang terpasang. Jika tertera tulisan ATSC, HD Ready, HDTV, Digital Tuner, Digital Tuner Built-In, Integrated Digital, DTV, atau Digital Receiver maka televisi yang Anda miliki telah siap untuk menangkap siaran digital.  

2. Periksa Spesifikasi TV

Apabila stiker penanda kode-kode televisi digital tersebut tidak ditemui di belakang bodi televisi maka cara pengecekan kedua dapat dilakukan dengan memastikan melalui toko tempat pembelian perangkat tersebut. Apabila ingin lebih sederhana, Anda juga dapat membuka website merek televisi yang terpajang di rumah Anda saat ini. 

Pengecekan melalui website dapat dilakukan dengan memasukkan nomor model televisi pada halaman website resmi merek TV yang bersangkutan. 

3. Pastikan Lewat Siaran TV

Cara ketika melalui pengecekan siaran TV yang tersedia. Televisi yang mampu menerima siaran digital adalah televisi yang memiliki siaran digital sub-channel contohnya adalah channel A-1 dan Channel A-2. 

Contohnya seperti channel utama TVRI yang memiliki beberapa sub-channel berupa TVRI Nasional, TVRI 3 Budaya, dan TVRI Sport HD. 

4. Pastikan Lewat Website Kominfo

Cara terakhir pengecekan dapat dilakukan dengan mengakses halaman resmi Kominfo. Pengecekan dilakukan dengan memasukkan merek dan model yang sama dengan televisi yang ada di rumah Anda. Jika merek dan model tv yang Anda miliki tertera di website KOMINFO maka televisi tersebut siap untuk tayangan digital. 

Baca juga: Frekuensi Nex Parabola C Band dan Ku Band Telkom 4

Cara Menyambungkan Set Top Box

Memasang STB ke tv analog terbilang mudah, langkah-langkah yang dapat Anda lakukan diantaranya adalah: 

  1. Perhatikan panel serta port pada bagian belakang STB, sedangkan pada televisi perhatikan panel bagian belakang tv. 
  2. Sambungkan kabel penghubung antena  dari perangkat televisi
  3. STB yang Anda miliki kemudian dapat langsung dihubungkan ke televisi menggunakan kabel Audio Video ataupun HDMI 
  4. Apabila semua kabel telah yakin terhubung, tekanlah tombol on pada STB dan TV. Remot khusus untuk STB dapat Anda gunakan untuk mengoperasikan saluran pada STB 
  5. Pada menu saluran otomatis dan tunggu hingga pencarian saluran tv dan radio digital selesai. 
  6. Hasil dari pencarian akan muncul pada layer televisi apabila instalasi telah berhasil. 

Rekomendasi Set Top Box TV Digital Murah Terbaik

Dalam mendukung program yang diluncurkan oleh pemerintah khususnya KOMINFO berupa migrasi tayangan televisi digital ke televisi analog maka penggunaan set top box menjadi solusi yang tepat dalam pemenuhan tayangan  yang lebih baik. 

1. Polytron (PDV 600T2)

Set Top Box TV Digital Murah Terbaik

Dipasarkan dengan harga Rp160.000-300.000, STB Polytron menyediakan fitur DVB-T2 receiver, HDMI Output, hingga USB Input. Daya yang digunakan berupa daya AC dengan jumlah sebesar 100-240V atau 50-60 Hz. Sehingga daya penggunaan maksimal adalah sebesar 6 watt. USB multimedia yang dapat kompatibel sangat beragam mulai dari berbagai format movie, music, foto, video, dan PVR. 

Set top box polytron memiliki kemampuan dalam menangkap siaran televisi digital dimana di dalamnya terdapat fitur standar Early Warning System sebagai alat peringatan dini. Penggunaan STB Polytron juga dilengkapi dengan panduan jadwal program siaran yang akan datang dalam waktu 7 hari kedepan. 

Apabila Anda memiliki tayangan televisi yang sangat disukai, merekam tayangan tersebut untuk diekspor ke penyimpanan eksternal sangat mungkin dilakukan karena STB Polytron memiliki fitur PVR atau Personal Video Recorder. Fitur-fitur menarik dan user experience lebih lengkap mengenai STB Polytron dapat diakses melalui review set top box Polytron

2. Nexmedia (NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD)

Set Top Box TV Digital Murah Terbaik

STB dengan merek Nexmedia dibanderol pada harga terendah Rp216.00-an. Khusus pada daerah Jabodetabek, jumlah sinyal atau saluran penayangan yang mampu diterima oleh Nexmedia bisa mencapai 30-an sinyal.

Pada instalasinya, STB Nexmedia membutuhkan komponen tambahan seperti adaptor DC 12 volt, konektor kabel HDMI atau kabel RCA sesuai input pada tv, serta scan otomatis ulang di menu instalasi juga diperlukan bila perlu. 

3. Ichiko (DVB 8000HD)

Set Top Box TV Digital Murah Terbaik

STB Ichiko memiliki harga pasaran mulai Rp180.000. memiliki fitur berupa full HD 1080P, memori 32 Mbit, dapat digunakan dengan Wifi, hingga support IP TV. Uniknya Ichiko menyertakan youtube dan tiktok sebagai program utama yang sesuai dengan masa kini.  

Set top box Ichiko memanfaatkan antena UHF untuk memperbaiki antena televisi analog yang lama. Penggunaannya tidak dibebankan biaya bulanan sehingga hanya dibebankan biaya investasi pembelian awal untuk menikmati layanan televisi yang lebih jernih seumur hidup. 

Port yang disediakan pada STB Ichiko berupa empat port yang terdiri dari HDMI, RCA, RGB, dan USB. Kemampuannya untuk merekam siaran televisi agar dapat ditayangkan ulang sangat mudah hanya dengan mencolokkan flashdisk atau HDD eksternal ke port yang sesuai. 

Untuk format yang dapat ditampilkan melalui STB Ichiko sangat beragam. Diantaranya adalah MKV, AVI, MP4, MPG, VOB, TS, TRP, DAT, JPEG, JPG, BMP, MP3, WAV. 

Baca juga: Frekuensi MNCTV di Semua Satelit dan Telkom 4

4. Matrix Apple

Set Top Box TV Digital Murah Terbaik

Hadir dalam dunia elektronik sebagai vendor yang bergerak dalam penyedia parabola, mini Matrix semakin berinovasi untuk ikut serta dalam pembuatan set top box untuk mengubah tayangan televisi analog menjadi televisi digital. 

Set top box Matrix Apple ini hanya mampu dihubungkan ke antena UHF saja dalam menangkap siaran televisi digital. Kelebihan yang diberikan oleh Matrix Apple adalah kemampuannya atau kepekaannya yang cukup tinggi dalam menangkap sinyal dibandingkan dengan perangkat-perangkat set top box lainnya. 

Dipasarkan dengan rentang harga mulai dari Rp200.000-an, fitur yang diberikan sebanding dengan jumlah biaya yang dikeluarkan. Matrix Apple dilengkapi dengan dua port output berupa HDMI dan RCA di dalamnya. 

Produk STB keluaran Matrix memiliki tiga variasi dengan sebutan Matrix DVBT-2 Apple HD Merah, HD Silver, dan Kuning. Receiver Matrix Merah merupakan STB yang memiliki fitur paling lengkap bahkan dibandingkan dengan merek-merek lainnya. Variasi Matrix Merah memiliki beberapa fitur seperti MeeCast yaitu kemampuan untuk melakukan share screen baik dari HP, Tablet, maupun Laptop ke layar televisi. Terdapatnya EWS untuk peringatan dini dan terpasangnya CPU tahan panas pada Matrix merah menjadi kelebihan yang istimewa. 

Sedangkan untuk variasi Matrix Silver disediakan kabel HDMI gratis. Fitur didalamnya adalah Apple Cast yang kurang lebih sama dengan MeeCast pada Matrix Apple Merah yang digunakan untuk menampilkan share screen tayangan ke layer televisi layaknya proyektor. Memori penyimpanan pada Matrix silver terbatas hingga 4 MB, namun besarnya penyimpanan tersebut sudah dapat dikatakan cukup. 

Terakhir untuk versi Matrix Kuning, spesifikasi yang dimiliki adalah adanya Chipset Sunplus 1509C dengan memori sebesar 512 MB dan Flash 4 MB. Aplikasi online bawaan yang dimiliki oleh Matrix Kuning adalah Youtube Kids, Vidio.com, serta WeTV untuk melihat tayangan beragam yang diinginkan. 

5. Xtreamer BIEN 3

Kemampuan Xtreamer BIEN 3 dalam menangkap tayangan televisi digital dikarenakan sudah tersedianya dukungan DVBT2, maka itulah Xtreamer BIEN 3 termasuk ke dalam rekomendasi STB sesuai standar KOMINFO. 

Xtreamer BIEN 3 juga dapat difungsikan sebagai media player yang dapat memutar file media seperti film, foto, bahkan music. Ditambah dengan adanya fitur Private Video Record, Xtreamer BIEN 3 memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk dapat menarik siaran ke dalam rekaman televisi sehingga tayangan dapat ditonton berulang kali. 

Pemasangan Xtreamer BIEN 3 sebagai set top box juga terbilang lebih fleksibel. Hal ini karena untuk mengkoneksikannya ke televisi dapat dilakukan dengan menggunakan kabel HDMI atau AV. Meskipun terbilang cukup dihargai dengan nominal yang besar yaitu Rp300.000-an, Xtreamer BIEN 3 sebanding dengan fitur-fitur yang diberikan. 

6. Visat U1

Memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan beberapa set top box lainnya, Visat U1 sebagai set top box yang direkomendasikan sesuai standar KOMINFO dibanderol dengan harga Rp190.000-an di pasaran. 

Fitur yang dimiliki oleh Visat U1 utamanya adalah mendukung DVB-T2 yaitu bagian dari variasi penyiaran televisi yang banyak dan umum digunakan untuk televisi digital. Terpasangnya standar H.264, MPEG-4, dan MPEG-2 yang merupakan standar koding untuk audio dan video serta teknologi yang berhubungan dengan hal tersebut untuk tampil lebih maksimal. 

Visat U1 juga mendukung fungsi Private Video Record yang memungkinkan Anda untuk menikmati tayangan favorit secara berulang karena kemampuannya untuk direkam dan disimpan ke flashdisk atau hardisk portable. 

Resolusi pada Visat U1 mendukung hingga tampilan Full HD. Fitur tambahan seperti Electronic Program Guide sangat membantu penggunanya untuk melihat jadwal tayangan yang akan datang dalam 7 hari kedepan. Visat U1 juga memiliki kapasitas penyimpanan Channel hingga 1000 buah yang disertai dengan program radio. 

7. Venus Cabe Rawit

Konsep yang diusung oleh Venus sendiri tidak jauh-jauh seperti produk Matrix Apple. Hal ini karena pengubahan televisi analog ke televisi digital disediakan oleh vendor pembuat peralatan parabola. 

Pemasangan dari Venus Cabe Rawit dilakukan dengan cara menghubungkan alat ekstensi tersebut dengan antena UHF yang dapat dilakukan di dalam maupun di luar ruangan untuk menangkap siaran digital. 

Sama halnya dengan set top box merk lain yang distandarkan dengan peraturan KOMINFO, Venus Cabe Rawit juga memiliki fitur perekaman tayangan atau siaran televisi. Kelebihan lainnya adalah pengguna dapat menikmati tayangan video dari platform Youtube dan IPTV melalui televisi digitalnya. 

Dipasarkan dengan harga mulai dari Rp200.000-an, set top box Venus Cabe Rawit dapat difungsikan sebagai media player untuk menonton film, foto, maupun music sekaligus. 

8. Nextron (NT2000D dan TR 1000) 

Pada dasarnya PT Nextron merupakan suatu perusahaan teknologi yang bergerak dalam penyediaan factory movement, Wi-Fi Mesh, dan AMP. Meluncurkan produk Nextron sebagai salah satu produk STB, fitur yang dimiliki berupa HEVC, H.246, dan MPEG-2 untuk mendukung upgrade teknologi dalam audio dan grafik. 

Nextron juga men-support adanya USB PVR. Penambahan channel pada Nextron dapat menampung penyimpanan dengan kapasitas sangat besar mencapai 5000 channel dan 1000 transponder. Terdapatnya fitur unik dan jarang muncul pada STB lain adalah fungsi mengunci channel terfavorit serta parental lock menjadikan adanya batasan beberapa channel yang hanya boleh ditonton pada kalangan usia tertentu. 

Spesifikasi yang dimiliki oleh Nextron berupa adanya SOC utama MS2231. Dilengkapi dengan memori 16MB NOR dan RAM 123 MB DDR3. Direkomendasikan sesuai dengan standar KOMINFO karena Nextron NT2000D dan TR1000 telah memiliki sertifikat SDDPI/SNI MNC sehingga sangat dipercaya klaim yang dimiliki oleh masyarakat yang menggunakan. 

Televisi digital adalah suatu media penayangan yang beresolusi tinggi, saat ini tidak hanya untuk memberikan kenyaman dalam menonton tayangan namun juga sangat direkomendasikan oleh KOMINFO tentang adanya migrasi televisi analog ke televisi digital. Migrasi tayangan ke tampilan yang lebih mumpuni tersebut dapat dilakukan dengan mudah melalui pemahaman rekomendasi set top box tv digital murah terbaik. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.