Cara Pasang Antena TV Digital Outdoor

Cara Pasang Antena TV Digital Outdoor

Antena tv digital outdoor merupakan salah satu peralatan elektronik yang pasti banyak digunakan oleh masyarakat. Penggunaan pesawat televisi ini memberikan format siaran yang sudah menggunakan frekuensi digital lebih berkualitas. 

Tidak hanya itu, penggunaan pesawat televisi ini juga bisa memberikan detail warna yang jernih tanpa noise. Untuk resolusi gambarnya minimal setara dengan high definition. Jadi, apa alasan orang lebih memilih menggunakan antena outdoor?

Alasan Memilih Antena TV Digital Outdoor

Hadirnya siaran tv digital yang menggantikan tv analog ini mendapatkan antusiasme yang cukup signifikan dari masyarakat. Pada dasarnya, pesawat televisi ini berfungsi untuk menampilkan konten berupa gambar dan suara saja. 

Sementara untuk penangkapan frekuensi UHFnya berkaitan langsung dengan komponen antena sebagai penerima sinyal yang berasal dari pemancar. Perlu Anda ketahui, bahwa antena UHF digital terbagi menjadi 2 kategori, yakni indoor dan outdoor. 

Pemilihan tipe antena ini akan berpengaruh terhadap kualitas siaran TV dan jumlah channel yang bisa Anda dapatkan nantinya. Sebagian besar orang akan lebih memilih antena tv digital outdoor dengan beberapa alasan. 

  • Sangat cocok bagi para pengguna yang tinggal di daerah perkotaan maupun pedesaan. 
  • Mampu menerima sinyal dengan baik, meski lokasi pemancar cukup jauh. 
  • Intensitas sinyal yang diterima jauh lebih kuat dan stabil daripada antena tv digital indoor. 
  • Jumlah saluran yang bisa Anda tangkap relatif banyak dan lebih lengkap. 

Baca juga: Cara Beralih ke TV Digital untuk Tontonan Lebih Baik

Cara Pasang Antena TV Digital Outdoor

Cara Pasang Antena TV Digital Outdoor

Berikut ini akan dijelaskan proses instalasi dari antena TV outdoor. Hal ini dilakukan agar tidak ada kesalahan dalam pemasangannya. Sebab, hal ini akan mempengaruhi hasil penangkapan dari sinyal UHFnya. Untuk itu, simak bagaimana cara pasang antena TV digital outdoor berikut ini.

1. Siapkan Peralatan

Pada dasarnya, semua antena UHF bisa menangkap frekuensi DVB-T2. Meskipun memang hal ini tidak ada kaitannya dengan digital. Namun, perlu Anda ketahui bahwa tipe antena tv outdoor ini dirancang khusus untuk memiliki kepekaan yang tinggi dengan aluminium terbaik. 

Sebelum Anda memasang tv antena outdoornya, maka siapkan terlebih dahulu semua peralatan yang dibutuhkan. 

  • Antena UHF outdoor. 
  • Kabel antena coaxial. 
  • Tiang penyangga dari besi. 
  • Booster tv digital (optional).

Baca juga: Cara Mendapatkan Set Top Box (STB) TV Digital Kominfo

2. Rakit Antena TV Digital

Anda bisa merakit antena UHF outdoor dengan mengikuti gambar yang sudah ada pada brosur. Pasang driver sesuai dengan posisi yang tepat. Sambungkan kabel ke port antena dan kunci baut dengan baik. 

3. Pasang Tiang Antena

Silahkan Anda cari lokasi terbaik untuk memudahkan Anda dalam pemutaran dan pengaksesan tiang antena nya. Untuk tiang antena ini Anda bisa menggunakan media bambu atau besi yang lebih kuat dan memiliki daya tahan yang cukup baik. 

Tempelkan saja antena UHF outdoor yang berisikan kabel ke ujung atas tiangnya. Berdirikan tiang hingga posisinya benar-benar tegak. Pada proses ini, silahkan Anda meminta bantuan orang lain untuk menancapkan tiang ke media yang sudah disiapkan sebelumnya. 

4. Hubungkan ke TV

Jika tiang antena tv digital outdoor sudah terpasang, maka tarik kabel antena ke pesawat tv. Sambungkan ke port yang ada pada bagian belakang bodi tv, dan pastikan listrik tidak dalam keadaan menyala. 

Usahakan juga untuk tidak menggunakan booster tv bagian atas maupun bawah terlebih dahulu. Sebab, frekuensi digital tidak membutuhkan booster.

Baca juga: Cara Setting dan Cara Pasang Set Top Box

5. Scan dan Tonton Siaran

Apabila kabel antenanya sudah tersambung, maka Anda bisa menghidupkan pesawat tv melalui tombol power yang ada pada remote kontrolnya. Tekan menu hingga jendela baru terbuka. Masuk ke bagian pencarian otomatis untuk memindai saluran digital. 

Pastikan bahwa arah antena sudah tepat menghadap ke pemancar. Tujuannya adalah agar hasil penangkapan sinyal bisa lebih maksimal. 

Dengan begitu, maka Anda pun sudah bisa menikmati tontonan siaran tv digital yang berkualitas dan gambar jernih. Inilah cara pasang antena tv digital outdoor yang bisa Anda coba dirumah. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.