9 Aplikasi Edit Video Youtuber Terbaik, Cocok Untuk Pemula!

Aplikasi Edit Video Youtuber

Situs berbagi video Youtube saat ini semakin digemari orang-orang untuk mengunggah konten video mereka. Para pengguna youtube yang rajin mengunggah konten mendapat sebutan youtuber. Banyak sekali yang tertarik menjadi seorang youtuber karena peluang untuk mendapat komisi yang besar. Berikut rekomendasi aplikasi edit video youtuber yang cocok untuk Anda.

Sebagai seorang youtuber, kebutuhan akan mengedit video menjadi penting karena videolah merupakan konten utama mereka. Hingga saat ini, banyak bermunculan aplikasi editing video baik di perangkat komputer maupun smartphone

Daftar Rekomendasi Aplikasi Edit Video Youtuber

Jika Anda menanyakan, edit video youtubers pakai aplikasi apa? Maka daftar berikut akan sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat menyesuaikan preferensi dan kompatibel perangkat sebelum mulai menggunakan. Berikut daftar rekomendasinya.

1. FilmoraGo

Aplikasi Edit Video Youtuber

Aplikasi pertama datang dari penyedia jasa editing di smartphone Android dan iOS Anda. FilmoraGo sebagai aplikasi editing mobile memiliki fitur yang lengkap. Selain itu, filter-filter yang beragam dan penggunaan yang sangat mudah bagi pemula menjadikan aplikasi ini banyak digunakan.

FilmoraGo dapat membuat video dengan resolusi maksimal 1280×720 dan 720×1280, dimana sangat cocok untuk Youtube yang menggunakan format landscape. Anda dapat membeli FilmoraGo Pro seharga $6 per bulan untuk menghilangkan watermark dan mendapat akses fitur yang lebih banyak.

Selain menggunakan aplikasi pada smartphone, Anda dapat mengunduh FilmoraGo dan mengedit melalui emulator komputer untuk penggunaan yang lebih leluasa.

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Video TikTok Terbaik

2. VivaVideo

Aplikasi Edit Video Youtuber

Aplikasi edit video youtuber di HP selanjutnya adalah VivaVideo. Aplikasi yang ringan ini dapat membantu Anda untuk melakukan tugas editing dengan mudah dan cepat. Pemula dapat menggunakan aplikasi ini secara leluasa tanpa takut kebingungan karena informasi pada interface-nya yang simpel.

Untuk editing seperti memotong klip, menambahkan subtitle, memasukkan audio, atau menambahkan filter dapat Anda lakukan dengan aplikasi ini. Secara umum, Anda bisa mengedit apapun itu menggunakan aplikasi ini. VivaVideo juga menyediakan berbagai tema untuk digunakan.

Anda dapat mengekspor video sampai kualitas HD, jika terlalu besar maka ornamen kecil seperti subtitle akan turun kualitasnya. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya secara gratis di Play Store atau pun App Store.

3. Kinemaster

Aplikasi Edit Video Youtuber

Kinemaster adalah sebuah aplikasi edit video youtuber pemula karena penggunaannya yang sangat mudah. Kelebihan lain adalah banyaknya layer yang memudahkan Anda untuk menambahkan berbagai audio, teks, ataupun gambar dari fitur di dalamnya.

Fitur lain yang menjadi kelebihan Kinemaster adalah kemampuan merekam video secara Real-time, sehingga Anda tidak perlu menunggu video selesai. Setelah video selesai, Anda dapat secara langsung membagikannya ke Youtube, TikTok, atau media sosial lain.

Aplikasi ini meninggalkan watermark bawaan yang hanya bisa dihilangkan dengan membeli layanan premiumnya seharga $4.99 per bulan. Untuk mengunduhnya, Anda cukup mencari Kinemaster di store perangkat Android atau iOS.

4. VSDC Free Video Editor

Aplikasi Edit Video Youtuber

Aplikasi selanjutnya adalah VSDC, yang merupakan software editing video di perangkat PC Windows. VSDC dapat membaca segala jenis format video dengan beragam resolusi dan ukuran. Anda juga dapat meng-export video ke format codec H.265 untuk mendapatkan format yang lebih baik dan universal.

Fitur untuk edit video di aplikasi ini sangat lengkap, mulai dari chrome key. Fitur ini memudahkan Anda untuk mengedit latar belakang video dan menggantinya dengan gambar atau warna lain. Namun untuk editor pemula mungkin akan sedikit kesusahan dengan banyak fitur yang tersedia di interface-nya.

Anda dapat mengunduh VSDC secara gratis di perangkat komputer dengan mengunjungi situs www.videosoftdev.com. Sebelum mengunduh, harap perhatikan system requirements apakah cocok dengan perangkat Anda atau tidak.

Baca juga: 8 Aplikasi Edit Video Jedag Jedug Terbaik

5. Corel Video Studio

Aplikasi Edit Video Youtuber

Anda mungkin telah mengenal CorelDraw sebagai software desain grafis yang telah berpengalaman. Ternyata Corel juga mengeluarkan aplikasi editing video dengan fitur yang lengkap bernama Corel Video Studio. Aplikasi ini menjadi pilihan banyak youtuber untuk mengedit video.

Corel Video Studio memiliki interface yang menarik namun tetap sederhana, sehingga bagi Anda editor pemula tidak perlu khawatir dalam menggunakannya. Aplikasi ini telah mendukung video dari kamera 360. Untuk sementara aplikasi ini hanya tersedia pada sistem operasi Windows.

Untuk menggunakan aplikasi edit video Youtuber ini, Anda dapat 30 hari percobaan secara gratis, dengan pilihan layanan berbayar seharga $39.99. Namun layanan berbayar ini disarankan hanya untuk penggunaan profesional saja. Fitur-fitur editing sederhana sudah dapat Anda rasakan pada versi gratisnya.

6. Adobe Premiere Pro

Apa aplikasi edit video terbaik? Maka jawabannya akan jatuh kepada Adobe Premiere Pro. aplikasi ini selalu bertengger di posisi puncak untuk software editing video terbaik. Ada beberapa alasan kenapa Premiere Pro menjadi yang terbaik.

  • Empat fitur utama yang menjadi kunci editing video
  • Lembar kerja yang dapat diatur secara leluasa sehingga memudahkan Anda bekerja
  • Keyboard shortcut yang sederhana namun lengkap dan tidak membingungkan
  • Kecepatan software dan dukungan pada format video yang luas

Sebelum Anda membeli layanan Adobe Premiere Pro secara penuh, Anda dapat mengunduh trial full version dari software ini dengan durasi 7 hari. Versi berbayar dari aplikasi ini dapat Anda beli mulai dari $19.99 per bulan.

7. DaVinci Resolve

Setelah melihat banyak software editing berbayar, maka daftar selanjutnya adalah software editing video komputer yang gratis. DaVinci Resolve menghadirkan fitur yang lengkap, seperti edit video, warna, audio, dan juga penambahan efek pada video.

DaVinci Resolve memiliki keunggulan pada editing gradasi warna video dan juga lembar kerja yang simpel namun tetap lengkap. Software ini dapat menggabungkan dan mengedit 2000 trek secara bersamaan dan real time, dilengkapi dengan fitur audio yang lengkap.

Tentu saja DaVinci Resolve juga memiliki versi berbayar yang disarankan untuk penggunaan profesional. Anda dapat membeli layanan premium mulai dari harga $295 untuk layanan seumur hidup.

Baca juga: 15 Aplikasi Edit Video Terbaik di HP Android

8. Windows Movie Maker

Salah satu software editing video gratis yang merupakan bawaan dari sistem operasi Windows adalah Windows Movie Maker. Anda dapat memeriksa pada program komputer Anda apakah terdapat aplikasi ini atau tidak.

Windows Movie Maker adalah aplikasi sederhana yang sudah cukup untuk mengedit video Youtube Anda. fitur memotong, menyisipkan, dan juga menambahkan subtitle tersedia di sini. Aplikasi ini juga cukup ringan daripada aplikasi editing video lain.

Anda dapat menambahkan transisi yang kekinian, efek, filter, atau mengatur audio. Anda juga dapat mengatur hasil video menjadi format yang diinginkan. Sayangnya, Windows Movie Maker hanya bisa dijalankan hanya pada perangkat Windows PC saja.

9. Lightworks

Akhir tapi bukan yang terakhir, software Lightworks memberikan fitur-fitur berkualitas walaupun Anda menggunakannya secara gratis. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk memotong video dengan kualitas potongan yang bagus, sehingga transisi menjadi tidak kaku.

Selain itu, Anda dapat menambahkan banyak video dari sumber berbeda dan menyatukannya melalui format yang sama di sini.

Dari kesembilan aplikasi edit video youtuber tersebut, mana yang ingin Anda coba? Pastikan perangkat Anda sudah mendukung sistem aplikasi tersebut, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.