22 Aplikasi Wajib Anak Roleplayer dan Tips Bermain RP Buat Pemula

Aplikasi Wajib Anak Roleplayer

Aplikasi Roleplayer | Roleplayer atau yang biasa disingkat RP adalah salah satu jenis permainan online yang biasanya dilakukan oleh anak-anak muda zaman sekarang yang menyukai k-pop atau anime. Ringkasnya cara kerja dari roleplayer ini.

Kamu akan berperan sebagai karakter atau tokoh tertentu dengan cara membuat akun sosial media namun menggunakan foto profil dan perilaku seakan menjadi karakter atau tokoh tertentu. Untuk memulai permainan roleplayer biasanya kamu harus memiliki beberapa aplikasi wajib anak roleplayer yang akan dibahas dalam artikel ini.

Karakter atau tokoh yang paling sering dimainkan oleh para anak roleplayer biasanya karakter idol atau artis korea, ada juga yang berperan sebagai tokoh anime bagi para wibu yang menyukai anime jepang. Bermain roleplayer itu biasanya mempunyai dunia tersendiri sama seperti ketika kamu berada pada komunitas tertentu.

Dengan berperan sebagai orang lain dalam menggunakan aplikasi wajib anak roleplayer, biasanya akan lebih membuat para roleplayer menjadi lebih percaya diri dan bisa mengekspresikan kreativitasnya.

Permainan dunia roleplayer sebenarnya bukan hal yang baru dan semakin berkembang di era digital seperti saat ini, namun terkadang beberapa kelakuan anak roleplayer yang diluar batas wajar membuat permainan RP ini menjadi viral di media sosial.

Dan membuat orang-orang penasaran apa sih sebenarnya kegiatan roleplayer itu dan bagaimana cara kerjanya. Bahkan sudah beberapa kali roleplayer menjadi viral dan masuk ke tv nasional.

Kumpulan Aplikasi Wajib Anak Roleplayer

Sebelum bermain roleplay kamu harus memilih beberapa platform media sosial yang ingin digunakan sebagai pembuatan akun yang digunakan bermain peran nantinya.

Untuk itu ada beberapa aplikasi yang wajib dimiliki roleplayer dan menjadi beberapa aplikasi wajib anak roleplayer yang baru pertama kali bermain.

Baca juga: Aplikasi Pengolah Kata Terbaik

1. Whatsapp

Bermain roleplayer itu bisa dilakukan pada berbagai media sosial, asalkan ada komunitas yang aktif di dalamnya, misalkan dengan bermain aplikasi wajib anak roleplayer whatsapp.

Biasanya roleplayer whatsapp itu bertemu dan mencari teman dengan bergabung pada grup whatsapp khusus tertentu, kemudian dari situlah kamu bisa mulai bermain peran sebagai tokoh atau karakter yang dipilih caranya dengan membuat menggunakan foto profil atau membuat status yang berhubungan dengan tokoh yang diperankan.

Di dalam dunia RP itu ada yang ada yang disebut dengan RL atau real life dan dunia RP atau roleplay, dan sebenarnya ada batasan-batasan tertentu di dalam dunia RL dan dunia RP yang harus dipisahkan karena biasanya banyak orang yang risih ketika melihat ada penampakan dunia RL di dunia RP.

Namun saat ini zaman sudah berubah dan banyak yang terbuka bahwa dunia real dan dunia RP itu bisa saja berdampingan sehingga membuat karakter yang dimainkan itu menjadi OOC atau Out Of Character.

Jika menggunakan aplikasi wajib anak roleplayer whatsapp untuk bermain roleplayer sebaiknya kamu mempunyai dua whatsapp berbeda, satu untuk digunakan sebagai permainan roleplay dan satu lagi untuk dunia asli atau real life, hal ini dilakukan agar kegiatan bermain dan kegiatan di dunia nyata tidak terganggu satu sama lain dan tidak bercampur.

Sehingga dalam bermain RP nantinya bisa lebih nyaman dan lebih fokus tidak akan terganggu oleh kehidupan begitu juga dengan sebaliknya.

Aplikasi wajib anak roleplayer di whatsapp caranya setelah bergabung di grup roleplay yang berisi anak roleplayer semua nanti kamu harus berkenalan dengan orang-orang yang ada di sana sebagai peran yang kamu gunakan,  jangan sebagai nama sendiri.

Lalu kamu bisa mulai berteman dengan orang-orang yang ada di grup roleplayer dan melakukan chatting seperti biasa, kamu bisa membangun hubungan misalnya sebagai couple atau bestie atau membuat keluarga dan lain sebagainya didalam dunia roleplay.

2. Facebook

Didalam aplikasi wajib anak roleplayer facebook kamu juga bisa bermain roleplay dengan berbagai fitur facebook yang lebih lengkap pastinya dibandingkan dengan whatsapp, menggunakan facebook sebagai media untuk bermain RP bisa membuat permainan menjadi lebih.

Biasanya untuk memulai roleplay di facebook ini kamu harus bergabung dalam grup roleplay tertentu dan kemudian melakukan intro peran yang kamu mainkan.

Seperti biasa kamu juga harus membuat profil picture sesuai karakter yang diperankan dan membuat bio yang memang sesuai karakter tersebut jangan gunakan profil pribadi, sebaiknya kamu juga memisahkan profil akun pribadi dengan akun facebook roleplay agar tidak bertabrakan.

Kamu juga tidak bisa sembarangan untuk berteman dengan orang lain karena jika akun roleplay maka sebaiknya kamu berteman dengan anak-anak roleplay juga yang bisa kamu dapatkan kontaknya melalui grup yang diikuti.

Setelah itu kamu bisa mulai melakukan berbagai kegiatan roleplay seperti membuat status yang berkaitan dengan peran atau berteman dengan anggota di member grup dan membuat hubungan lainnya. Ketika melakukan roleplay menggunakan aplikasi wajib anak roleplayer.

Sebaiknya kamu menjaga tutur bahasa dan sikap karena akan berpengaruh pada karakter yang dimainkan terkadang orang melihat karakter yang dimainkan sebagai karakter asli dari para anak roleplayer.

3. Instagram

Aplikasi wajib anak roleplayer yang selanjutnya yaitu Instagram, ketika bermain roleplayer di instagram, fitur-fitur instagram sangat memudahkan anak-anak roleplayer bermain kreatifitas dan menunjukan skill dan bakat seninya, biasanya anak-anak di instagram itu menyukai postingan-postingan yang estetik dan kekinian sehingga membuat anak-anak itu mempunyai banyak followers.

Namun memang ketika melakukan roleplay di instagram itu sebaiknya kamu juga harus mengikuti beberapa aturan seperti tidak mem-follow anak-anak yang selain anak roleplay dan memposting hal-hal yang berkaitan dengan karakter yang dimainkan.

4. Twitter

Sama halnya dengan peran media sosial lain banyak juga anak roleplayer yang menggunakan twitter sebagai media sosial bermain roleplay. Di twitter juga hampir sama dengan platform media sosial lain caranya yaitu pertama kali dengan bergabung bersama grup atau komunitas tertentu khusus roleplay, setelah itu mulai mencari teman sebagai peran yang dimainkan.

5. Telegram

Kalian pasti sudah tahu beberapa hal tentang aplikasi telegram bukan?

Bagi yang belum tau kami akan jelasin sedikit, Jadi telegram merupakan sebuah aplikasi layanan pengirim pesan instan multiplatform mirip dengan WhatsApp. Hanya saja di Telegram ada banyak fitur yang mendukung seseorang untuk memainkan Roleplayer dengan lebih baik dan praktis.

Salah satunya yang bisa kamu temukan di Telegram fitur Grup dan Channel yang bisa menampung keanggotaan lebih dari ratusan ribu orang dalam satu Grup atau Channel. Hal ini tentunya sangat penting bagi pemain RP untuk menjangkau orang-orang di luar sana.

Baca juga: Apa itu RP (Roleplayer) Kpop?

6. Messenger

Jika kamu menggunakan aplikasi facebook untuk bermain Roleplayer, Maka aplikasi yang satu ini juga gak boleh kalian abaikan. Messenger dan Facebook keduanya merupakan aplikasi yang berhubungan kalian bisa sambungin Messenger ke aplikasi FB untuk mempermudah kamu dalam berkomunikasi.

7. Line

Tahukah kamu bahwa LINE: Calls & Messages merupakan Aplikasi lain yang bisa digunain buat Main Roleplayer Ini mirip dengan Aplikasi Media Sosial Facebook dan Instagram. LINE mengubah cara orang dalam berkomunikasi dengan keluarga, teman dan orang yang dicintai secara daring.

Banyak yang menggunakan Line untuk memainkan Roleplayer, Kamu tahulah di RP ada banyak fitur dan juga sumber daya yang keren seperti Stiker, Font dan lain sebagainya yang bisa buat Tampilan dan cara kamu berekspresi jauh lebih indah dari Aplikasi semcamnya.

8. PicsArt

Aplikasi Wajib Anak Roleplayer lainnya ialah PicsArt yang merupakan keberadaan aplikasi edit gambar yang sudah cukup populer di Dunia. Buat anak rp pasti tahulah kenapa aplikasi ini wajib ada karna bakal sering dipake untuk mengedit foto.

Cara menggunakannya juga gampang dan gratis pula untuk di unduh oleh semua orang.

9. FilmoraGo

Buat kalian yang mungkin saat ini sedang resah dn bingung ingin membuat penanda video untuk event? author kasih tau ini aplikasi buat kalian yang kebingungan seperti itu atau yang pen iseng bikin. Aplikasi tersebut ialah Filmora baik di PC atau Versi android kamu bisa mendapatkannya gratis.

Baca juga: Istilah dan Singkatan RP

10. Cute Cut

Jika mungkin kalian merasa Aplikasi edit video sebelumnya terlalu berat untuk ponsel yang digunakan kamu bisa menggunakan aplikasi yang lebih ringan yaitu Cute Cut. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk bikin pick video yang keren langsung.

11. Adobe Lightroom

Adoe Lightroom merupakan aplikasi edit video yang cukup popuper dan memiliki popularitas yang cukup tinggi di Dunia. Bahkan kamu bisa menggunakan Versi yang profesional untuk ini. Mau yang pro??? Kamu bisa menggunakan Adobe Lightroom untuk menghasilkan Foto yang keren dan indah untuk dibagikan.

12. Aplikasi Lainnya

Selain beberapa aplikasi diatas yang disarankan masih ada banyak aplikasi anak roleplayer yang bisa jadi pertimbangan untuk kamu yang suka banget dengan jenis permainan satu ini. Apa sajakah aplikasi yang dimaksud? Berikut beberapa diantaranya.

  • Canva: Design, Photo & Video
  • Pick Pic – Cut Out
  • Text Font Generator
  • Pinterest
  • Wattpad3
  • IbisPaint9
  • VSCO
  • Inshoot
  • Viva Video
  • Vn: Video BlogNow
  • Tiktok
  • Dan lain sebagainya.

Tips Bermain Roleplayer

Dalam bermain roleplayer menggunakan aplikasi wajib anak roleplayer, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui, pertama ada beberapa jenis roleplay dalam memerankan tokoh atau karakter yang dimainkannya, misalnya ada karakter orang yang memang bermain itu dengan membawa konsep original character atau OC.

Artinya mereka benar-benar menerapkan sifat dan kepribadian asli dari karakter yang diperankan itu sebagaimana yang dibawakan dan dilakukan sehari-harinya melalui media sosial.

Contohnya jika seserang berperan sebagai Jisoo blackpink secara OC maka dia harus melakukan tutur bahasa dan menjaga karakter agar sama seperti Jisoo dan ikut menjaga nama baik Jisoo.

Selain itu biasanya orang yang bermain sebagai peran OC harus mengupdate berita terbaru mengenai peran yang dimainkan agar membuat peran menjadi lebih dekat dengan penggemarnya.

Sementara untuk karakter lain yaitu OOC atau out of character yang berarti kebalikan dari OC, peran ini menjadi jenis peran yang paling banyak dimainkan, karna biasanya orang yang memainkan karakter OOC bisa bebas bermain roleplay tanpa harus menjaga image dan bebas melakukan apapun didalam dunia roleplay. Jadi tidak ada kewajiban bagi pemeran roleplay mengikuti keseharian tokoh yang diperankan.

Dalam bermain roleplayer memang ada beberapa aplikasi wajib anak roleplayer yang biasa dan banyak digunakan oleh anak-anak roleplayer. Dalam bermain roleplay juga ada beberapa aplikasi lain seperti edit foto atau edit video yang biasanya diperlukan untuk mengikuti event-event tertentu pada permainan roleplay.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.