Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

55+ Istilah Roleplayer Beserta Artinya Yang Harus Kamu Tahu!

12 min read

Istilah RP

Mengetahui apa saja istilah dan singkatan Roleplayer beserta artinya wajib untuk diketahui oleh anak RP. Memang, ssuatu hal yang penting karena sebenarnya permainan ini bukan hal yang baru ini adalah game seru yang sudah ada sejak beberapa lama dan memiliki sejarah yang panjang. Namun, karena semakin viral maka akhirnya kian banyak yang mengenalnya.

Didalamnya ada banyak sekali istilah dan singkatan unik dan gaul oleh Anak RP yang biasanya digunakan untuk memulai suatu pembicaraan. Dengan bermain roleplayer, seseorang mencoba memerankan diri sebagai tokoh atau idola di dunia maya.

Contohnya, mengenai kisah cinta antara adora dan Hilman yang dalam beberapa waktu banyak diperbincangkan di Twitter. Untuk kamu yang memang tidak awam dengan RP, perlu mengetahui sejumlah istilah dan singkatan yang ada di sana.

Salah satu media sosial yang banyak digunakan sebagai tempat bermain roleplayer yaitu Instagram. Di sana banyak sekali akun-akun maupun fambest mengenai roleplay dan jumlahnya pun cukup banyak. Kebanyakan, roleplay memerankan tokoh-tokoh Korea maupun lainnya.

Istilah dan Singkatan Roleplayer Yang Wajib Kamu Tahu

Ada Beberapa istilah dan singkatan RP beserta artinya yang umum ditemui di dalam permainan RP, berikut ini sejumlah diantaranya:

RP, Roleplayer, Roleplaying

Sebenarnya, istilah RP atau role-playing tidak hanya memfokuskan spesifik kepada sebuah permainan. Arti roleplay cakupannya luas, namun memang lebih terkenal dimainkan di dunia game. Terutama, mereka yang bermain game online pasti mengetahui salah satu jenis genre yaitu RPG atau role play game.

Formatnya ada bermacam-macam. Ada yang berbentuk simulasi, board game, video game dan sebagainya. Dalam permainan RP yang sekarang ini sedang viral, caranya dengan mengambil identitas dan beRPeran sebagai mereka. Kata-kata serta interaksi juga dilakukan dengan sesama pemain lain.

Baca juga: Apa itu RP (Roleplayer) Kpop?

Fams/Bestie

Istilah rp selanjutnya ialah Fams/Bestie. Di dalam dunia roleplayer merupakan orang-orang atau karakter lainnya yang dapat berinteraksi dengan kamu sebagai pemain RP. Ada yang beRPeran menjadi teman kerja, tetangga, keluarga, teman sekolah, dan sebagainya. Sama halnya dengan simulasi di kehidupan sehari-hari namun menggunakan identitas karakter yang dimainkan.

Dengan berjalannya waktu, karakter dalam roleplayer akhirnya bisa menjalin persahabatan maupun kekeluargaan anda dengan karakter yang lain. Bahkan, bisa saja berlanjut kepada hubungan saudara. Tergantung bagaimana pemilik karakter tersebut untuk mengarang ceritanya saja.

CP atau Couple

Istilah roleplayer selanjutnya adalah CP. Selain bisa memperoleh keluarga atau saudara, karakter yang dimainkan bisa saja juga memperoleh pasangan. Apakah itu memang sejak awal sudah dijodohkan, maupun karena berjalannya waktu tumbuh rasa cinta di antara pemain roleplayer tersebut. Namun, hubungan itu hanya sebatas di RP saja dan tidak berlanjut ke dunia nyata.

Misalnya, kisah viral tentang Adora dan Hilman yang memasangkan karakter g-dragon dan Dara sehingga menjadi couple. Akan tetapi, di dalam kehidupan yang sebenarnya bahkan kedua artis tersebut tidak punya hubungan spesial satu dengan yang lain.

Bucin

Istilah RP lainnya yaitu bucin atau budak cinta. Seringkali, karena terlalu asyik para pemeran RP sampai lupa bahwa yang sebenarnya mereka lakukan hanyalah permainan. Akhirnya, timbul perasaan atau baper yang membuat kehidupan di roleplay sampai dibawa perasaan kehidupan sehari-hari di dunia nyata.

Banyak juga yang akhirnya bertukar kontak seperti halnya pacar sebenarnya. Atau, mereka memperlihatkan hubungan mesra di media sosial berupa chatting maupun media yang lain contohnya kakao talk, line, maupun board forum. Inilah yang dinamakan dengan budak cinta.

Menfess

Istilah berikutnya yaitu menfess atau mention confess. Di masa lalu, ada saat-saat mengirim salam ke pacar atau gebetan lewat radio. Berikutnya, beralih ke status di sosial media maupun SMS yang tayang di TV.

Fungsi dari media mention confess juga begitu. Kerap kali juga digunakan anonim layaknya surat kaleng dalam penyampaian pesan maupun perasaan ke karakter lainnya. Bahkan, juga dilakukan secara langsung terang-benderang.

Deact

Istilah selanjutnya di dalam RP yaitu deact atau kependekan dari deactivate. Istilah ini dilakukan saat mematikan karakter RP. Seperti dalam permainan lain, di sini juga ada ujung atau titik akhirnya. Seorang pemain yang sudah ngambek atau bosan, biasanya melakukan deactivate. Kalau di kehidupan sebenarnya seperti ini eutanasia. Jadi, jangan heran juga kalau banyak yang baper saat ada karakter yang deact.

OOC

Istilah selanjutnya yaitu OOC atau out of character. Istilah ini merujuk kepada kondisi kalau sebuah karakter yang diperankan terlalu berbeda dari aslinya. Contohnya karakter Taemin yang selama ini punya karakter baik, tapi saat diperankan oleh pemain RP jadi kata-katanya toksik dan kotor.

Tentunya, sangat tidak masuk akal dan bisa dinamakan dengan out of character. Jika ada pemain yang terlalu melenceng jauh dari karakter asli, bisa mendapatkan banyak teguran. Alasannya, hal tersebut bisa mencemarkan nama baik tokoh yang diperankannya tersebut. 

Newbie

Seperti halnya pada hal yang lain, istilah newbie merujuk kepada seseorang yang baru melakukan atau pendatang baru. Di dalam dunia roleplay, ini juga berlaku. Mereka yang baru saja membuat akun RP bisa disebut sebagai newbie dan harus banyak belajar.

Open Agency

Istilah roleplayer selanjutnya adalah agency. Pengertiannya memang sudah ada semenjak permainan RP hadir. Agensi tersebut dibuat untuk menjadi rumah bagi para pemain RP dan masing-masing punya aturan yang Harus dipatuhi. Di dalamnya, mereka juga bisa saling berinteraksi dan berhubungan dekat dengan chara lainnya. 

Baca juga: Cara Bermain RP di Telegram

Hiatus, Leave, Dan Rest

Kalau seorang pemain ingin menghentikan kegiatannya sementara, maka hal ini dinamakan dengan hiatus. Lalu, jika membutuhkan waktu lebih panjang untuk beristirahat maka hal tersebut dinamakan rest. Sementara itu, jika ingin sepenuhnya berhenti di dunia roleplayer, maka istilahnya adalah leave.

Upchar

Istilah upchar merupakan singkatan update chara. Artinya sendiri para pemain roleplayer harus sering kali meng-update Apa saja kegiatan yang sudah dilakukan karakternya. Contohnya, posting mengenai sebuah merek terkenal yang tengah di endorse oleh karakter aslinya. Tujuannya supaya karakter yang dimainkan semakin terkenal dan diketahui banyak orang.

Bilingual RP

Istilah dan singkatan RP beserta artinya ini menjadi salah satu yang sekarang banyak sekali disukai. Bilingual RP yaitu roleplayer memakai dua bahasa sekaligus dalam aktivitasnya. Contohnya, mereka memakai bahasa Inggris dan Korea. Bahasa yang dipakai pemain bilingual RP ini biasanya lebih rapi daripada yang lainnya.

Event

Istilah event di dalam roleplayer punya arti yang sama di kehidupan nyata. Artinya, acara yang diselenggarakan untuk sebuah tujuan yang umumnya diselenggarakan agency. Tujuannya supaya anggotanya tetap berhubungan akan dan melakukan kegiatan seru.

RL

RL singkatan dari Real Life artinya kenyataan hidup.

Atau bisa diartiin kehidupan nyata, asli, no fake..  intinya kebalikan dari apa yang sedang kamu lakukan saat ini dengan memerankan Sebuah peran atau tokoh idola.

Contoh:

“Ini rp kamu bukan rl!”

Artinya dia bilang kalau ini itu rp, jadi ga boleh bawa-bawa rl.. alias kehidupan dari dunia nyata, sebagai pemain roleplayer kamu harus peka untuk bedain mana yang real life dan mana yang palsu.

Adm

Adm adalah singkatan dari Admin artinya seseorang yang memiliki kuasa untuk mengatur anggotanya.

Buat di rp adm bertugas sebagai moderator atau yang memiliki tanggung jawab mengurus grup di RP (misal : ngatur event, bikin party, dll) selain itu adm yang punya gc , Jadi otomatis admin tersebut memiliki hak paling tinggi atas anggotanya.

Contoh:

“Eh masa si admin gc 1 jjkp”

Berarti yang punya grub 1 itu jjkp:v

LRP

LRP singkatan dari Left RolePlaying artinya keluar dari Roleplayer.

Dari artinya aja udah keliatan kan?
Jadi lrp adalah sebutan buat orang yang keluar dari rp karena alasan pribadinya.

Contoh kata:

“Gausah p.s gua udh lrp!”

Artinya orang yang bersangkutan itu udah ga main rp.. dan dia nolak p.s apapun dalam bentuk Roleplayer.

Booking

Booking artinya memesan.

Istilah booking di Roleplayer jangan sampai disalah artikan yah! Yang jelas istilah tersebut itu buat sebutan kalau ada yang mau join ke gc tapi masih belum bisa join waktu itu. Mungkin saja karena Slodnya penuh jadi dia  pesen chara dulu biar ga kepake sama yang lain nantinya.

Contoh :

“Min booking chara lisaa”

Artinya orang itu ingin dia pesen chara lisaa dulu.

Gc

Gc singkatan dari Grub Chat artinya Grup Perpesanan.

Grub chat adalah suatu forum yang didirikan seorang ADM dimana anggotanya dapat ngobrol dengan banyak orang yang masuk ke lingkup yang sama dalam hal ini permainan Roleplaying.

Contoh Kata:

“Bantu ramaikan gc dong!”

Artinya seseorang meminta kepada orang untuk meramaikan GCnya yang lagi sepi.

Pc

Pc singkatan dari Pribadi Chat artinya adalah Pesan Pribadi, Rahasia.

Ini kebalikannya dari gc yah! kalau gc itu forum obrolan dengan banyak anggota, pc itu lebih ke pesan antara 2 jalur saja, dalam hal ini kamu dan si TS.

Contoh Kata :

“Yg mau di svb pc!”

Artinya yang mau disave balik sama orang bersangkutan disuruh pesan pribadi dulu, biar simpan nomor whatsapp atau kontak telegramnya.

Cp

Cp adalah singkatan dari Couple yang artinya pasangan.

Di dalam roleplayer kamu bisa temukan pasangan antar chara yang dimainkan, Ini akan menjadi pasangan kamu di Duna palsu ini.

Kacang

Kacang adalah Peanut / Tak dianggap.

Ini merupakan istilah yang dipakai apabila seseorang tidak dianggap, tidak mendapat respon, dan tidak terlihat oleh individu lain di game Roleplayer.

Contoh Kata :

“Gua dari tadi di kacang disini!”

Artinya orang itu dari tadi berusaha berbaur, nimbrung tapi ga ada yang ngerespon dia sama sekali.

Left

Left arinya dalam bahasa indonesia adalah Keluar.

Istilah ini digunakan jika seseorang ingin meninggalkan GC RP.

Contoh Kata :

“ADM izin left”

Artinya dia sedang meminta izin ke admin kalau dia mau keluar dari grup yang bersangkutan.

Krisan

Krisan adalah singkatan dari Kritik Saran.

Penjelasan: Ini merupakan singkatan yang mengungkap sebuah permintaan untuk mengkritik, mengomentari atau menyuarakan pendapat pribadinya terhadap sesuatu hal, dan saran sebagai masukan untuk hal yang dikritik tadi.

Contoh Kata :

“Min minta krisar dong buat editan saya”

Artinya ada seseirang yang minta karya editannya di kritik oleh orang lain yang memiliki pengaruh dan penilaian yang objektif tentang bidang tersebut. Yang jelas yang mengkritik harus setidaknya menguasai bidang tersebut.

Togel

Apa itu Togel? Togel diartikan sebagai permainan judi angka, Sedangkan di Roleplayer artinya adalah Angka.

Togel adalah sebutan untuk kontak seseorang yang belum di simpan. Kamu tahukan bagaimana kelihatannya seseorang dengan kontak yang belum di Simpan mengirim pesan kepada kamu. Yang pasti hanya terlihat bentuknya angka gitu kan? Nah itulah yang disebut togel.

Contoh :

“Banyak yg togel”

Berarti di aplikasi messengernya banyak kontak anak rp yang belum di simpen sama orang bersangkutan.

War (Perang)

Apa itu WAR? War adalah perang/rusuh/ribut.

War adalah periode perang atau waktu untuk ribut atau berantem, Anak rp sering banget banget berantem ada kalanya karena cekcol atau sedikit perbedaan seseorang tidak bisa menahan nafsunya dan akhirnya terjadilah WAR RP.

Contoh Kata:

“War yok!”

Artinya ada seseorang mau ngajak berantem.

Ganchar

Ganchar adalah singkatan dari Ganti Chara.

Dari namanya udah bisa nalar lah yah! ganchar adalah istilah untuk menyebut orang yang sudah atau akan mengganti chara alias tokoh yang diperankan sebelumnya.

Contoh Kata :

“Min gua mau ganchar jadi Jaeemin”

Artinya orang bersangkutan ingin mengganti chara dia menjadi jaeemin.

Numchar

Numchar sngkatan dari Numpang Chara.

Numchar adalah sebutan untuk seseorang yang menumpang chara doang. Artinya dia join ke gc orang tapi dia ga nimbrung sama sekali. Cuma nyimak saja kerjaannya!

Contoh Kata :

“Yang numchar gua kick!”

Artinya siapapun yang  numchar alias numpang chara bakalan di keluarin dari grub. Ini dilakukan oleh seorang admin Grup dengan melihat aktifitasnya di Grup.

Yj

Yj adalah singkatan dari Yeoja artinya perempuan, wanita atau cewe.

Yeoja itu bahasa korea nya cewe guys!

Contoh Kata :

“sTAR itu yj apa nj si?”

Artinya orang itu tanya sebenernya chara sTar itu cewe apa cowo?

Nj

Nj adalah singkatan dari Namja artinya Laki-laki, Cowok.

Namja adalah bahasa korea yang artinya cowok. Karena keberadaan RP sangat terikat dengan Idola Kpop dan hal berbau Korea jadi beberapa istilah banyak yang menggunakan Kata dalam bahasa korea.

Contoh :

“Ai itu nj ap yj si?”

Artinya orang itu tanya sebenernya chara Ai itu cowo apa cewek?

Awards

Awards adalah Penghargaan.

Awards sendiri merupakan salah satu penghargaan pada setiap event wajib di rp yang diadakan setiap sebulan sekali. Award ini ditujukan untuk beberapa nominasi setiap satu bulan sekali kepada seseorang anggota atas pencapaiannya.

Contoh Kata :

“Eh kemaren taehyung menang awards namja ter ngardus”

Artinya orang itu bilang kalau yang memerankan si taehyung itu menang pas ada awards nominasi namja ter ngardus.

Ysj

Ysj adalah singkatan dari Ya SaJa.

Ysj itu singkatan kata yang digunakan ketika situasinya lagi canggung dan tidak ingin menggunakan banyak kata yang akhirnya akan menjadi gejolak emosi yang tidak sepatutnya di katakan.

Contoh :

“Ysj.”

Artinya dia menjawab pertanyaan dengan respon Ya SaJa atau Terserah.

Riddle

Riddle adalah Teka-teki

Ini merupakan istilah yang digunakan untuk membuat Event atau acara dengan Task yang akan diselenggarakan, Permainan teka-teki memang selalu menarik untuk dimainkan.

Contoh Kata :

“Task 1 selesaikan riddle dibawah ini!”

Aartinya tugas pertama adalam mengerjakan teka-teki dibawah ini.

TOD

TOD adalah singkatan dari Truth Or Dare

Ini adalah permainan jujur atau tantangan dari segala umat. Di RP ibaratnya TOD adalah aktivitas sehari-hari yang wajib banget buat dilakukan antar anggota.

Contoh Kata :

“Dare for jimin = jedor orang yang ga dikenal di lpm!”

Artinya seseorang ngasi dare buat jimin untuk nembak orang yang jimin sendiri ga kenal di lpm.

Slr

Slr adalah singkatan dari Slow Responding. Responnya lambat.

Ini istilah yang dipake khusus ditujuakn buat orang sibuk atau so sibuk. dan ga bisa bales/respon tepat waktu, Jadi orang yang balesnya lelet itu adalah SLR.

Contoh Kata :

“Gua sibuk jd slr”

Aartinya ia sedang memiliki kesibukan jadi responnya mungkin akan lama.

Fsr

Fsr adalah Fast Responding balasnya cepet.

Kalau slr balesnya lambat, fr kebalikannya dari SLR.

Contoh Kata :

“Fsr dong. Penting Nih !”

Artinya seseorang nyuruh orang lain buat bales pesannya cepet karena ada kepentingan.

Jjkp

JJKP adalah sebutan bagi seseorang yang terlalu memaksakan kehendaknya untuk punya pacar couple di Roleplayer kebanyakan CAP JJKP diperoleh cewe cewe yang main rp.

Tolep

Tolep adalah singkatan Togel lep / Togel Left

Ini adalah sebutan untuk seseorang yang melihat Togel atau Angka TLP yang keluar dari Grup tanpa diketahui dengan jelas siapa identitasnya.

Misal :

“Tolep”

Arinya ada angka Telp yang keluar dari grup pada periode waktu itu.

Kurbel

Kurbel adalah singkatan dari Kurang Belaian.

Istilah ini digunakan buat seseorang yang bersikap jjkp (ngebet punya pacar) karena terkesan kurang belaian dari orang lain.

Contoh Kata :

“Kurbel dia”

Artinya ada seseorang yang ngatain anak rp lain bahwa dirinya kurang belaian.

SOD

SOD adalah singkatan dari Spill Or Drink.

Ini semacem hukuman permainan tod tapi itu main ss. jadi nanti mainnya tuh ss’an trus kalau ga drink. buat ss nya itu bisa ss rc, ss ld, dkk

Misal :

“Suho ss rc”

Artinya si Suho harus nge ss roomchat dia trus dikasi liat.

Put Bio

Put Bio adalah Ambil Identitas.

Biasanya yang main rp traine mereka akan disuruh ambil indentitas grup bersangkutan untuk memberi tanda bahwa seseorang sedang dalam masa trainee agency dan sebagainya.

Contoh Kata :

“Put Bio di Desc”

Artinya seseorang menyuruh untuk ngambil bio/identitasnya di desc untuk dipakai.

NN

NN adalah singkatan dari Nick Name artinya nama panggilan.

Itu istilah untuk nama rp yang kita gunakan di Grup. berbeda dengan chara, karena dia pake nama karangan.

Contoh Kata:

“Nn lu sp?”

Artinya dia tanya nama rp kamu siapa? Kamu tidan boleh menjawab nama chara tapi nama NN kamu.

Chara

Chara adalah Character.

(Info selengkapnya silahkan baca artikel berikut “Saran CHR RP“).

Wb

Wb adalah singkatan dari Welcome Back.

Yaitu ucapan selamat kepada seseorang yang baru kembali, mungkin setelah sebelumnya keluar atau tidak aktif lagi.

Contoh :

“Wb”

Artinya seseorang mengucapkan selamat datang kembali.

UR

UR adalah singkatan dari Un Read artinya tidak dibaca.

Itu istilah yang biasanya digabungin pas lagi setor notif. artinya seseorang sedang menunjukkan ada berapa banyak pesan yang tidak terbaca olehnya. yang menunjukkan bahwa keatifannya di RP patut untuk dipertanyakan.

Contoh :

“6969ur”

Artinya banyaknya pesan yang tidak terbaca adalah 6969.

SVB

SVB adalah singkatan dari Save Back artinya simpan kembali.

Istilah satu ini di gunakan untuk meminta orang buat menyimpan kotak ia kembali, Munkin ceritanya kontak yang digukana sudah di hapus entah di sengaja atau tidak.

Contoh :

“Daniel svb rose”

Artinya si rose minta daniel buat ngesave kontak nya lagi.

TG

TG adalah singkatan dari Transgender.

(Info selengkapnya cek bagian artikel “Apa itu TG di RP Telegram?“)

Gen

Gen adalah singkatan dari Generasi / Angkatan.

Istlah ini digunakan pada saat periode waktu sistem traine diberlakukan. Seperti halnya senioritas ini diberlakukan dalam Gen.

Contoh Kata :

“Lu gen keberapa di disana?”

Aartinya orang itu tanyakalian itu generasi keberapa disana (grub bersangkutan)?

Twins

Twins adalah Ganda / double.

artinya semua hal yang saling berkaitan misal nama twins kembar, chara twins dan sebagainya.

Contoh :

“Chara mingyu twins”

Artinya yang chara mingyu ada dua alias double.

Bestie

Bestie adalah Sahabat.

Di RP ada juga istilah teman biasa, deket dan sahabat. Ya meskipun kamu tidak tahu akan bagaimana jadinya ia di dunia nyata karena yang sedang kamu mainkan saat ini adalah Fake World.

Contoh Kata :

“Si Tzuyu kan bestienya Mina”

Artinya yang ngecharain Tzuyu itu sahabatnya yang ngecharain Mina:”

CKK

CKK adalah singkatan dari Chukae artinya selamat.

CKK itu singkatan dari bahasa korea chukae yang artinya selamat. Biasanya digunakan untuk memberi apresiasi selamat kepada seseorang.

Contoh :

“Ckk wb”

Artinya selamat untuk notif yang disetor dan selamat juga telah datang kembali ke grup.

Squad

Squad adalah forum Perkumpulan / kelompok.

Jadi squad adalah istilah yang dipakai untuk menyebut sebuah perkumpulan.

Contoh kata :

“Gc sistem squad”

Artinya gc bersangkutan itu sistem mainnya kelompok gitu seperti keluarga dan lain sebagainya.

Yaoi

Yaoi adalah Laki-Laki X Laki-Laki

SI HOMO: Suka sesama burung.

Contoh :

“Chanyeol sama Baekhyun yaoi”

Artunya yang ngecaharin Chanyeol sama Baekhyun itu deket lebih dari sewajarnya padahal gendernya sama-sama cowok.

Yuri

Yuri adalah Perempuan X perempuan

Sama seperti yaoi, Yuri adalah hubungan perempuan dengan perempuan yang melampaui batas wajar.

Contoh :

“Lisaa sama jenniee Yuri”

Artinya yang ngecarain lisa sama jenniee punya hubungan lebih dari temen.

LPM

LPM =adalah singkatan dari Lapak Promot.

(Info selengkapnya cek part “LPM?”)

On-Ts

On-Ts adalah singkatan dari On-Temporary Swap / mengganti chara non permanent.

Jadi istilah satu ini digunakan untuk mengganti chara, seperti ganchar tapi hanya berlaku sesaat sementara saja.

Contoh :

“Min gua jungkook, on-ts joshua 1 minggu”

Artinya si chara jungkook ini mengganti chara dia jadi joshua selama 1 minggu kedepan, nah kalau udah habis waktunya, dia kudu balik lagi jadi jungkook:”

OOC

OOC adalah singkatan dari Out Of Character.

Yang dimaksud OOT adalah seseorang yang sudah keluar dari karakter chara yang dimainkan.

Contoh :

“Kayanya si jenii ooc deh. Ga pas banget sama aslinya”

Artinya orang bersangkutan bilang kalau yang ngecharain jenii itu ga sesuai sama sifat asli idol yang dia peranin.

NC

NC adalah singkatan dari Need Couple.

Istilah ini digunakan untuk seseorang yang membutuhkan pasangan.

Contoh :

“NC yang mau pc YAH!”

Artinya ada saya membutuhkan pasangan yang mau pesan private yah!

Deacc

Deacc adalah Delete Account / deak.

Istilah ini digunakan untuk menyebut aktivitas hapus akun telegram.

Contoh :

“Delete aja kontak gua. Gua deacc”

Artinya hapus ada kontak saya, saya akan menghapusny.

Menfees

Menfees adalah Mention Confees.

Tijel

Tijel adalah singkatan dari Tidak Jelas.

Istilah itu digunakan untuk menyebut orang yang berbicara dan berbuat secara acak tanpa arah dan tujuan. Orang seperti itulah yang disebut Tijel.

Contoh :

“Tanya sendiri jawab sendiri tijel lu jen”

Artinya tanya sendiri dijawab sendiri gak jelah kamu jen.

Tikel

Tikel adalah Stiker.

Contoh :

“Jgn spam tikel. Pending nih!”

Artinya semua orang kesel pesannya pending karena banyak yang spam kirim stiker.

LN

LN adalah singkatan dari Luar Negeri.

Contoh :

“Gua kemarin baru aja balik dari LN, nge spa dulu dong biar cantek”

Artinya si dia baru saja balik dari luar negeri katanya.

Fotbar

Fotbar adalah singkatan dari Foto Bareng.

Vidbar

Vidbar adalah singkatan dari Video Bareng

Contoh :

“Vidbar gua yuk”

Artinya Video Bareng gua yuk.

TJ

TJ adalah singkatan dari Terima Jadi.

Contoh :

“Gua ikut fotbar. Tp tj”

Artinya dia mau ikutan fotbar, tapi.. dia cuma terima jadinya aja.. gamau repot-repot.

.gg /.g

.gg / .g artinya engga.

Contoh :

“Gua cantik.gg”

Berarti dia becanda soal dia yg cantik:v

HP

HP adalah singkatan dari Help Promote.

Intinya minta bantuan buat promosi.

Contoh :

“Daniel hp in kontak gua dong”

Artinya orang bersangkutan minta tolong ke si Daniel buat nge promotin kontak dia.

Hiat

Hiat adalah Hiatus / break / istirahat

Sebutan untuk anak rp yang ninggalin aktivitasnya sementara untuk istirahat.

Contoh :

“Min izin hiat 3hari. Ada urusan rl”

Artinya orang bersangkutan izin sama admin kalau dia mau hiat selama 3 hari karena ada kepentingan real lifenya.

Pansos

Pansos adalah Panjat Sosial.

Istilah untuk mencap seseorang yang suka panjat sosial dengan memanfaatkan popularitas orang lain.

Contoh :

“Lu pansos bgt si na”

Artinya orang bersangkutan ngatain si na kalau dia itu pansos.

PB

PB adalah singkatan dari Promote Back.

Biasanya kan orang kalau dimintain tolong mesti minta minta dibales. IBratnya Follow to Follow ada timbal balik dari si peminta bantuan kepada penerima bantuan dalam hal ini mempromosikan orang itu kembali.

Contoh :

“Oke udah gua p.in . Pb y”

Artinya orang bersangkutan udah nge promotin seseorang.. dan dia minta buat di promotin juga:v

Selir

Selir adalah Selingkuhan / Simpanan.

Contoh :

“Bangchan udah cp an sama Chungha nyelir sama Lisa”

Artinya chara Bangchan itu sebenernya udah cp an sama si Cungha, tapi dia juga deket sama si Lisa.. dapat dikatakan Lisa itu kekasih bayangan si Bangchan.. sederhananya selingkuhan.

Dkk.

Dkk adalah singkatan dari Dan Kawan Kawan.

Contoh :

“Kai, baekhyun, chanyeol dkk noh kang ngerdus semua”

Artinya dia bilang kalau kai, baekhyun, dan kawan-kawan nya mereka tukang ngerdus semua.

Nobar

Nobar adalah singkatan dari Nonton Bareng.

NSA RP

NSA RP adalah kependekan dari No Strings Attached yang artinya seseorang yang menginginkan adanya suatu relevansi hubungan lebih jauh daripada sekadar berteman. Tapi biasanya istilah ini digunakan untuk aktifitas seksual, dimana Roleplayer ini hanya ingin ‘bermain’ dengan siapa saja tanpa sebutan untuk partner sebuah hubungan dimana kalian tidak boleh terlibat perasaan di dalamnya.

Akhir Kata

Sejumlah istilah dan singkatan yang telah dijelaskan di atas, tentu harus dipahami. Sebenarnya, masih banyak sekali istilah di dalam dunia roleplay yang diketahui dan cara penggunaannya juga harus tepat. Kalau pemakaian istilah dan singkatan saja salah, bisa-bisa kamu banyak dikomentari saat memerankan karakter RP tertentu.

Itulah beberapa Istilah dan singkatan RP beserta artinya. Permainan ini memang sangat mengasyikkan, tetapi jangan sampai juga melupakan waktu di kehidupan nyata. Jadi, yang jika kamu sudah siap bermain RP, bisa mulainya di salah satu platform, contohnya telegram.

Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.