Apa itu Aplikasi Pengolah Angka? Pengertian, Fungsi dan Rekomendasi

  • Bagikan
Aplikasi Pengolah Angka

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, semakin banyak pula bermunculan sejumlah aplikasi yang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia, Salah satunya adalah aplikasi pengolah angka.

Keberadaan program aplikasi untuk mengolah angka ini menjadi hal yang sangat penting dan memudahkan pekerjaan manusia terutama yang berkaitan dengan angka-angka dan juga pengolahan data lainnya.

Keberadaan aplikasi yang dikembangkan lewat perangkat komputer ini merupakan sebuah faktor pembantu yang sangat penting dalam menunjang pekerjaan banyak sektor.

Berbekal adanya aplikasi untuk melakukan pengolahan angka-angka ini Anda tidak perlu membuat laporan secara manual yang bisa memakan waktu cukup lama.

Ketika bekerja dalam dunia industri, semisal dalam sektor keuangan, perbankan, akuntasi, analisis data, dan lain sebagainya, keberadaan  program aplikasi pengolah angka memainkan peranan yang sangatlah penting dan juga signifikan.

Berbekal dengan menggunakan aplikasi ini, akan membuat pekerjaan Anda menjadi semakin maksimal dan juga optimal.

Pengertian Aplikasi Pengolah Angka

Sebelum berbicara lebih lanjut tentang macam macam aplikasi pengolah angka tidak ada salahnya jika terlebih dahulu akan diulas tentang pengertian dari aplikasi yang satu ini.

Memahami pengertian dari aplikasi yang bersangkutan ini untuk selanjutnya akan lebih memudahkan bagi para pembaca sekalian untuk bisa lebih menyelami dan memahami mengenai makna dan bahkan fungsi-fungsi dari aplikasi yang bersangkutan ini.

Aplikasi untuk mengolah angka atau yang lebih populer dikenal dengan sebutan Spreadsheet pada dasarnya merupakan suatu aplikasi atau program komputer yang secara umum digunakan untuk melakukan manipulasi, menangkap, perhitungan, dan bahkan juga menampilkan data-data yang disusun ke dalam bentuk kolom dan juga baris sehingga lebih mudah dilakukan pengaturan dan penyesuaian.

Aplikasi pengolah angka atau spreadsheet ini sendiri dapat digunakan untuk berbagai macam pekerjaan mulai dari membuat laporan keuangan, laporan penjualan, pembelian, perhitungan rumus, tabel lembar kerja, analisis data, dan masih banyak kegunaan lainnya yang bisa menggunakan aplikasi ini.

Apakah aplikasi untuk mengolah angka ini sama dengan aplikasi basis data? Tidak. Pada dasarnya kedua hal di atas merupakan dua hal yang berbeda.

Terlebih jika menilik dari pengertian aplikasi pengolah angka atau spreadsheet yang telah disampaikan di atas, dapat diketahui bahwa kedua entitas tersebut merupakan dua hal yang berbeda dan tidak saling berhubungan.

Baca juga: Cara Membuka File Zip Yang Terkunci di Android

Spreadsheet tidak menawarkan keberadaan fungsi kueri untuk basis data. Selain itu, spreadsheet juga tidak menyediakan item data dan struktur data yang dapat diberi label sebagai basis data.

Berangkat dari hal ini, dapat dinyatakan bahwa aplikasi untuk mengolah angka dan juga basis data merupakan dua hal yang berbeda.

Sebagai salah satu aplikasi komputer yang sangat berguna, mungkin tidak sedikit diantara Anda yang bertanya-tanya mengenai siapakah penemu dari aplikasi untuk mengolah angka ini. Sebagai informasi, pengembang pertama aplikasi untuk mengolah angka (Spreadsheet) adalah Bob Frankston dan juga rekan kerjanya yang bernama Daniel Bricklin. Kedua tokoh ini adalah pelopor pengembangan spreadsheet lewat aplikasi yang disebut dengan VisiCalc.

Paska pengembangan tersebut, keberadaan berbagai program pengolah angka pun terus mengalami perkembangan. 

Pada akhirnya semakin banyak bermunculan aplikasi-aplikasi untuk mengolah angka yang dikembangkan oleh sejumlah developer.

Kehadiran macam-macam aplikasi pengolah angka ini semakin memudahkan pekerjaan manusia terkait dengan urusan kantor dan juga hal-hal yang melibatkan data, grafik, dan analisisnya.

Fungsi Aplikasi Pengolah Angka

Setelah memahami pengertian aplikasi pengolah angka, bagian berikutnya yang tidak kalah penting untuk Anda ketahui adalah mengenai fungsi dari aplikasi yang satu ini.

Secara umum, aplikasi untuk mengolah angka memiliki fungsi utama untuk memproses data-data yang telah disajikan dalam bentuk angka-angka.

Sebagai gambaran secara spesifik, berikut adalah beberapa fungsi dari program aplikasi pengolah angka yang perlu Anda ketahui dan juga cermati.

1. Membuat Tabel Data

Seperti yang sudah Anda ketahui, pada beberapa sektor bisnis dan industri perlu membuat berbagai macam hal seperti laporan dan lain sebagainya.

Biasanya, salah satu bentuk yang digunakan untuk menyajikannya adalah menggunakan tabel data. Agar bisa menyajikan berbagai macam jenis tabel data dengan mudah, maka salah satu yang digunakan adalah aplikasi pengolah angka atau yang juga dikenal sebagai spreadsheet ini.

2. Mengolah dan Membuat Grafik

Fungsi penting aplikasi yang selanjutnya perlu Anda ketahui adalah dapat digunakan sebagai sarana untuk mengelola angka dan menyajikannya dalam bentuk grafik.

Tidak bisa dipungkiri bahwa angka-angka dan data-data adalah dua hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. Berbekal dengan entitas-entitas tersebut, Anda bisa menyajikan berbagai macam hal penting termasuk yang berkaitan dengan bisnis dan industri yang Anda kelola.

Dengan menggunakan program aplikasi pengolah angka maka Anda bisa mengelola angka-angka secara lebih mudah dan juga menyajikannya dalam bentuk grafik sehingga membuatnya terlihat lebih menarik dan juga mudah untuk dipahami bahkan oleh orang-orang awam sekalipun.

Fungsi ini sangat penting jika Anda memiliki pekerjaan atau profesi yang sering bersinggungan dengan penyajian grafik, diagram, dan ataupun hal-hal yang lainnya.

3. Membantu dalam Dunia Statistik

Berbicara tentang angka, data, grafik, dan lain sebagainya tentu tidak akan bisa dilepaskan dari yang namanya statistik. Pasalnya, beberapa entitas yang telah disebutkan di atas juga memiliki keterkaitan dengan dunia statistik. Ketika Anda bekerja dalam ranah dunia statistik, tentu  tidak akan bisa dilepaskan dari yang namanya aplikasi pengolah angka.

Pasalnya, dengan keberadaan aplikasi-aplikasi ini akan membuat Anda menjadi semakin mudah dalam proses untuk mengelola dan juga mengolah berbagai macam angka dan data-data yang telah disajikan.

Berbekal dengan adanya aplikasi ini, Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk membuat aneka macam pengolahan dan penyajian data secara manual karena telah hadir teknologi digitalisasi yang akan semakin memudahkan pekerjaan Anda.

4. Membuat Laporan yang Rapi

Fungsi dari program aplikasi pengolah angka yang selajutnya adalah dapat digunakan untuk membuat lembar kerja yang rapi dan juga terorganisir.

Spreadsheet adalah sebuah lembar kerja yang berbentuk baris dan kolom. Dengan bentuk yang seperti ini, Anda bisa membuat berbagai jenis lembar kerja dan kemudian menyimpannya secara lebih rapi dan teratur dalam bentuk file-file yang mudah diakses dan digunakan.

Lembar kerja yang lebih rapi dan terorganisir ini akan membuat pekerjaan Anda dalam mengelola dan mengolah data-data dan angka-angka menjadi semakin mudah dan juga maksimal. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi untuk mengolah angka ini, proses pengerjaannya pun menjadi semakin mudah dan praktis untuk dilakukan.

5. Membantu Kajian Ilmiah

Program aplikasi pengolah angka memiliki fungsionalitas yang cukup luas. Lembar kerja yang satu ini bisa digunakan pada berbagai macam bidang mulai dari instansi perkantoran, akuntasi, bisnis, dan lain sebagainya. Bahkan aplikasi untuk mengolah angka ini bisa juga digunakan dalam ranah kajian ilmiah.

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa dalam bidang ilmiah biasanya melibatkan proses-proses penelitian yang menghasilkan berbagai macam data dan juga angka-angka.

Data hasil penelitian yang biasanya disajikan dalam bentuk angka-angka ini, bisa diolah secara lebih mudah, praktis, dan juga efisien dengan menggunakan aplikasi untuk mengolah angka.

Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah menyajikan hasil penelitian ilmiah dalam bentuk hasil olahan datanya.

6. Membuat Perencanaan

Sebelum melakukan atau membangun segala sesuatu, ada baiknya jika Anda terlebih dahulu membuat perencanaan-perencanaan yang matang agar apa yang ingin Anda kerjakan tersebut bisa berjalan secara lancar dan juga maksimal.

Kini dengan berbekal program aplikasi pengolah angka maka Anda pun bisa membuat berbagai macam perencanaan secara lebih mudah, praktis dan juga efektif.

Selain digunakan untuk mengolah angka-angka, sejumlah aplikasi pengolahan angka ini juga bisa ditambahkan dengan teks-teks maupun unsur dan ornamen lainnya.

Hal inilah yang membuat aplikasi yang satu ini bisa digunakan untuk membuat perencanaan terhadap berbagai aktivitas maupun kegiatan yang ingin Anda lakukan.

7. Analisis Data

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya bahwa fungsi utama dari aplikasi pengolah angka adalah untuk memproses data-data dan angka-angka, maka program ini bisa digunakan sebagai sarana untuk melakukan analisis data.

Lewat program aplikasi yang satu ini, Anda bisa melakukan berbagai macam analisis data-data untuk mendapatkan informasi penting dari data-data tersebut.

Dengan menggunakan aplikasi program untuk mengolah angka, proses analisis data yang Anda lakukan bisa berjalan secara lebih maksimal dan efektif.

Selain itu, dengan memanfaatkan berbagai macam jenis fitur maupun rumus (formula) yang ada di dalam aplikasi tersebut maka proses analisis data yang Anda lakukan bisa berjalan semakin mudah.

Selain beberapa fungsi penting yang telah disampaikan di atas, tentu masih ada lagi fungsi-fungsi lainnya yang bisa didapatkan dari aplikasi tersebut.

Keberadaan aplikasi ini memiliki fungsi utama untuk memudahkan proses dan pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang untuk berbagai macam keperluan dan penggunaan.

Baca juga: 14 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik Untuk PC & Android

Jenis-jenis Program Aplikasi Pengolah Angka

Setelah mengetahui tentang pengertian dan juga fungsi dari aplikasi pengolah angka, bahasan lainnya yang tidak boleh diabaikan adalah mengenai jenis-jenis program aplikasi untuk mengolah angka.

Hal ini bertujuan agar pemahaman seputar program aplikasi ini menjadi semakin maksimal dan optimal tanpa mengalami banyak kekurangan.

Bagi Anda yang masih penasaran dengan macam-macam aplikasi pengolah angka, berikut adalah beberapa contoh jenis program aplikasi yang cukup populer dan bisa digunakan sebagai sarana untuk mengolah data dan angka-angka.

1. Lotus 123

Aplikasi pertama yang bisa digunakan sebagai sarana untuk mengolah angka adalah Lotus 123. Aplikasi ini merupakan pengolah angka besutan dari perusahaan komputer IBM.

Aplikasi ini dikeluarkan satu paket bersama dengan program office lainnya yang dikenal dengan sebutan Lotus SmartSuite.

Aplikasi milik IBM ini bekerja dibawah kendali sistem operasi MS DOS. Pada awalnya, aplikasi yang dikembangkan oleh IBM ini menggunakan serangkaian perintah-perintah yang diketikkan dengan menggunakan keyboard.

Namun seiring dengan digunakannya Program Lotus pada perangkat Windows, aplikasi ini pun mulai mengalami perkembangan dan penyesuaian.

Khusus untuk penggunaan di sistem operasi Windows, aplikasi ini dikenal dengan sebutan Lotus 123 for Windows.

Aplikasi pengolah angka bernama Lotus 123 ini memiliki beberapa karakteristik yang menjadi keunggulan dari aplikasi besutan IBM tersebut. Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa karakteristik yang dimiliki oleh Lotus 123.

  • Aplikasi ini kompatibel dengan teks, fungsi, rumus, dan bahkan juga grafik dari file Excel.
  • Lotus 123 juga memiliki fungsi-fungsi analisis yang kompatibel dengan excel.
  • Kemudahan dalam melakukan copy dan memindahkan lembar kerja.
  • Dilengkapi dengan fasilitas berupa fitur SmartLabel yang berfungsi untuk membuat rumus secara lebih mudah dan juga cepat.
  • Dapat digunakan hingga 65.356 baris sehingga membuatnya menjadi aplikasi yang cukup bisa diandalkan.

2. KSPREAD

Ada cukup banyak macam-macam aplikasi pengolah angka. Salah satunya yang bisa Anda pertimbangkan adalah KSPREAD. Aplikasi ini merupakan spreadsheet yang bersifat open source dan juga multi-platform sehingga bisa digunakan pada berbagai macam platform.

Aplikasi ini bersifat Open Source yang artinya adalah dapat diunduh secara gratis di internet dan juga bisa digunakan secara bebas.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda hanya perlu mengunduh kemudian menginstalnya pada perangkat komputer yang Anda miliki.

Secara sekilas, tampilan aplikasi pengolah angka ini agak mirip dengan Microsoft Excel yang dilengkapi dengan fasilitas baris juga kolom.

Aplikasi KSPREAD ini dilengkapi dengan berbagai macam jenis karakterisrik dan keunggulan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Aplikasi yang satu ini memiliki tampilan yang sangat menarik karena dilengkapi dengan menu-menu dan juga sejumlah tombol (tab) sehingga membuatnya menjadi semakin mudah digunakan.
  • Memiliki kemampuan yang bisa digunakan untuk mengurutkan data-data.
  • Anda tidak perlu bingung dengan masalah grafis karena aplikasi ini dilengkapi dengan cukup banyak format grafik yang memukau.
  • Anda bisa bekerja secara lebih maksimal dan optimal karena aplikasi ini bisa digunakan untuk banyak table dan juga lembar kerja dalam satu dokumen.

Berbekal dengan banyaknya karakteristik yang dimiliki oleh KSPREAD, Anda bisa menggunakan aplikasi ini sebagai salah satu alternatif pilihan untuk mengolah angka dan juga data-data yang Anda miliki.

3. StarOffice Calc

Program aplikasi pengolah angka yang bisa Anda pertimbangkan selanjutnya adalah StarOffice Calc. Aplikasi ini dikembangkan oleh Sun MicroSystem yang bersifat multi-platform. Artinya aplikasi ini bisa digunakan pada berbagai macam sistem operasi baik itu Windows, Linux, Solaris, dan ataupun juga Unix.

Seperti aplikasi pada umumnya, aplikasi besutan dari Sun MicroSystem ini pun dibekali dengan sejumlah fitur dan karaketristik penting yang dapat digunakan untuk semakin memudahkan Anda dalam bekerja dengan data dan angka-angka.

Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa karakteristik yang dimiliki oleh StarOffice Calc.

  • Aplikasi ini dilengkapi dengan 275 fungsi dan juga formula yang bisa dibuat sendiri oleh para pengguna aplikasi yang bersangkutan.
  • Dilengkapi dengan fitur Function Wizard yang dapat digunakan untuk membantu menambahkan penulisan sejumlah rumus-rumus yang sulit.
  • Aplikasi ini juga memiliki fasilitas grafik atau chart yang berfungsi untuk menampilkan data-data dalam bentuk wakilan grafik yang sesuai dengan format yang diinginkan oleh para pengguna aplikasi.
  • Dibekali juga dengan fasilitas data manipulation dan Presentation yang digunakan untuk mengatur dan mengelola data serta menampilkannya ke dalam bentuk wakilan grafik sehingga bisa lebih mudah untuk dipahami.

Dengan banyaknya fitur dan keunggulan ini, apakah Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi pengolah angka yang satu ini?

4. Program Aplikasi Pengolah Angka Open Office Calc

Open Office Calc adalah aplikasi untuk mengolah angka yang sifatnya Open Source sehingga bisa dibuka dan digunakan pada berbagai macam jenis sistem operasi.

Aplikasi Open Office ini dapat digunakan untuk mengelola data dalam bentuk angka-angka dengan menggunakan banyak sheet.

Anda bisa jugamenggunakan rumus untuk menghitung data dan menampilkannya ke dalam bentum grafik yang menarik.

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, tidak mengherankan kalau aplikasi ini menjadi salah satu primadona terutama dikalangan pengguna sistem operasi berbasis Linux.

5. Microsoft Excel

Mendengar nama aplikasi pengolah angka yang satu ini rasanya banyak yang sudah tidak asing lagi. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang dikembangkan dan dikeluarkan oleh Microsoft bersama dengan program Office lainnya seperti Word, Power Point, dan lain sebagainya.

Mengingat bahwa Windows menjadi salah satu sistem operasi yang banyak digemari, maka tidak mengherankan apabila Excel menjadi aplikasi yang juga banyak digunakan oleh berbagai kalangan.

Microsoft Excel ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang bisa digunakan untuk melakukan kalkulasi termasuk di dalamnya untuk pembuatan grafik. Mengingat tampilannya yang terbilang user friendly dan juga kemudahan dalam penggunaan membuat aplikasi yang satu ini semakin populer digunakan oleh berbagai kalangan.

Sebagai salah satu keunggulan dari program aplikasi pengolah angka besutan Microsoft ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas dan kemampuan seperti pengolahan data, tabel, rumus, grafik, dan bahkan bisa juga digunakan untuk database.

6. GNOME – Office Gnumeric

Aplikasi yang bisa digunakan untuk mengolah angka selanjutnya adalah GNOME – Office Gnumeric. Aplikasi yang satu ini juga termasuk ke dalam jenis Open Source sehingga bisa digunakan pada berbagai macam platform sistem operasi.

Aplikasi pengolah angka yang satu ini dilengkapi dengan tampilan yang ramah pengguna. Tampilannya yang ramah pengguna ini membuat GNOME – Office Gnumeric ini relatif cukup mudah digunakan oleh banyak kalangan. Selain itu, keberadaan bentuk-bentuk menu aplikasi yang berisikan bilah alat akan semakin menambah kemudahan dalam proses penggunaan aplikasi yang satu ini.

7. Program Aplikasi Pengolah Angka Spreadsheet Abacus

Aplikasi berikutnya yang bisa digunakan untuk melakukan pengolahan angka adalah Abacus. Spreadsheet pengolah angka yang satu ini sedikit  agak berbeda dengan beberapa aplikasi yang telah disebutkan di atas.

Jika aplikasi pengolah angka pada umumnya memiliki kebutuhan memori penggunaan yang relatif cukup besar, tidak demikian dengan aplikasi yang satu ini. Abacus merupakan aplikasi untuk mengolah angka yang membutuhkan ukuran memori cukup kecil dan juga mudah digunakan.

Kebutuhan memori yang cukup kecil ini membuat Anda tidak perlu khawatir mengenai kebutuhan penggunaan memori pada komputer Anda. Aplikasi ini pada awalnya merupakan sebuah project akademik di Universitas IST, Portugal.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai program aplikasi pengolah angka yang perlu Anda ketahui. Dengan adanya ulasan lengkap pada artikel ini, diharapkan akan semakin memberikan pengetahuan dan juga wawasan kepada para pembaca sekalian terkait dengan aplikasi untuk mengolah angka dan berbagai ragam seluk-beluk yang menyertainya.

Mengingat bahwa aplikasi yang satu ini merupakan salah satu yang cukup penting di era kehidupan modern ini, tidak ada salahnya jika Anda mengenal dan bahkan juga menguasai salah satunya.

Dengan menguasai satu atau beberapa aplikasi pengolah angka diharapkan bisa meningkatkan kapasitas dan juga kompetensi diri serta bisa lebih memudahkan Anda dalam bekerja dengan angka dan data-data.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.