Cara Membuat Whatsapp Bisnis

Keunggulan Whatsapp bisnis bikin usaha makin untung. Orderan via whatsapp makin ramai dan mudah dikelola. Tertarik mencoba whatsapp business? Yuk, mari disimak cara pembuatan akun dan keunggulan fitur dari whatsapp business.

Saat ini banyak bisnis lokal yang mulai berkembang di Indonesia. Unit usahanya pun beragam mulai dari produk di hulu hingga jasa di hilir.

Tapi apakah anda sadar bahwa ada satu aplikasi yang wajib dimiliki para pemilik usaha ini? Yup! Whatsapp Business.

Apa perbedaan Whatsapp dan Whatsapp Bisnis

Whatsapp business merupakan aplikasi yang diluncurkan Whataspp Inc. untuk memenuhi kebutuhan para pelaku usaha.

Terdapat fitur pendukung bisnis yang bisa dimanfaatkan seperti katalog, auto respon, hingga cart dan pemabayaran. Tentu saja fitur-fitur tersebut tidak akan ditemukan pada whatsapp regular.

Mengingat banyaknya manfaat yang didapatkan dari fitur ini, tidak hanya pelaku usaha saja yang memanfaatkan, publik figur pun banyak menggunakan whatsapp business.

Lalu, bagaimana sih cara membuat whatsapp bisnis untuk mengoptimasi usaha yang dimiliki? Berikut tahapannya.

Baca juga: Cara Mengatasi Telegram Stuck Connection

Cara Membuat Akun Whatsapp Bisnis Sangat Mudah

Saat ini internet menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam berbagi aspek terutama dalam hal Komunikasi. Seperti halnya jika anda menggunakan whatsapp baik untuk kebutuhan pribadi maupun usaha yang anda jalankan saat ini.

Mungkin hal inilah yang membuat lebih banyak orang akhirnya tertarik dan memutuskan untuk menggunakan whatsapp business, jika anda membutuhkan tutorial cara membuat whatsapp bisnis dibawah ini adalah panduan yang bisa anda ikuti.

1. Download aplikasi Whatsapp Business

Anda bisa mengunduh whatsapp business pada aplikasi play store maupun apple store. Pada device yang sama, aplikasi Whatsapp dan Whatsapp Business dapat diinstall bersamaan.

Keduanya pun dapat dioperasionalkan dalam satu waktu dengan dua nomor whatsapp yang berbeda.

2. Log in kontak usaha dengan Whatsapp Business

Seperti pada aplikasi umumnya, user akan diminta untuk melakukan log in pada Whasapp Business.  Jika anda sudah memiliki akun maka akan dikirimkan verification code melalui sms.

Sedangkan bagi bagi yang belum memiliki akun dapat mendaftarkan nomor barunya di platform Whatsapp.

3. Lengkapi profil bisnis Anda

Selanjutnya anda tinggal melengkapi profil bisnis usaha yang dijalankan pada Whatsapp Business. Isi profil yang perlu diisi meliputi nama usaha, jenis usaha, alamat lokasi usaha, jam operasional usaha, nomor telepon, dan website jika ada.

Cara Membuat Whatsapp Bisnis
Gambar 1. Contoh profil bisnis pada Whatsapp Business (dokumentasi pribadi/intansyn)

Profil bisnis ini sebaiknya dilengkapi dengan benar. Agar customer potesial anda dapat melihat dan mengetahui informasi dasar mengetahui usaha yang anda jalankan.

Selain itu, hal tersebut akan meringkan anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar seperti lokasinya dimana dan buka jam berapa.

Baca juga: Kelebihan Telegram yang Menjadikannya Lebih Unggul dari WhatsApp

Cara Membuat Whatsapp Bisnis Lebih Efektif dengan Fitur Bisnis

Tentu saja terdapat banyak perbedaan fitur yang dimiliki Whatsapp Business. Berikut adalah fitur-fitur Whatsapp Business yang perlu kamu ketahui:

Cara Membuat Whatsapp Bisnis

Gambar 2. Fitur bisnis pada Whatsapp Business (dokumentasi pribadi/intansyn)

Baca juga: Cara Membuka Wa Web Login

1. Fitur Katalog

Sudah terbayang apa itu katalog? Yup. Katalog merupakan sekumpulan informasi mengenai produk-produk sedang di highlight. Jika biasanya membuat katalog membutuhkan modal besar untuk mencetak, di Whatsapp Business anda bisa membuat katalog online, yang berada langsung di whatsapp anda.

Pada fitur katalog anda bisa memaksimalkan 10 foto untuk diupload, judul katalog, harga produk, dan deskripsi produk. Anda bisa membuat katalog produk, katalog jasa, katalog testimoni, dan katalog-katalog lainnya yang bisa dikategorikan.

Cara Membuat Whatsapp Bisnis

Gambar 3. Fitur katalog pada Whatsapp Business (dokumentasi pribadi/intansyn)

Selain itu, tersedia fitur share katalog. Anda tidak perlu lagi kirim banyak foto ke setiap kontak yang anda miliki. Cukup melakukan share katalog untuk cara membuat whatsapp bisnis lebih menjangkau customer dengan efektif dan efisien.

2. Fitur Respon Cepat

Anda sering mendapat pertanyaan yang sama berulang kali dari customer? Mungkin fitur respon cepat bisa menjadi pilihan anda untuk mengoptimasi layanan whatsapp bisnis yang dimiliki. Fitur ini menawarkan fasilitas auto text melalui keywords yang sudah ditentukan. 

 Contoh kasusnya seperti pertanyaan di bawah ini:

‘min, barangnya dikirim pakai ekspedisi apa?’

‘min, apakah bisa request pengiriman dengan jasa kargo?’

‘min, ongkos kirimnya berapa ya?’

Anda bisa membuat satu template jawaban yang bisa menjawab secara general, seperti contoh di bawah:

‘Terkait jasa kirim barang, kami sudah bekerja sama dengan ekpedisi POS Indonesia, JNE, JnT, Sicepat, Ninja, dan Wahana. 

Sebaagai gambaran ongkos kirim, kamu bisa dicek terlebih dahulu pada laman ekspedisi yang diinginkan dengan pengiriman dari Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Tentunya kami akan memberikan pelayanan terbaik. Kakak bebas menentukan ekpedisi apa yang ingin digunakan. Terima kasih😊’

Lalu sematkan keywords yang sesuai topik seperti /ongkir /ekspedisi ataupun /pengiriman. Pesan panjang seperti contoh di atas pun akan siap dalam waktu dua detik anti tribet dengan fitur respon cepat.

Cara Membuat Whatsapp Bisnis

Gambar 4. Fitur respon cepatpada Whatsapp Business (dokumentasi pribadi/intansyn)

3. Fitur Pesan di Luar Jam Kerja

Fitur pesan di luar jam kerja merupakan fitur yang dapat membalas mempesan secara otomatis ketika anda sedang mengaktifkan ‘jam tutup toko’. Tentu saja fitur ini menjadi cara membuat whatsapp bisnis lebih interaktif. Pasalnya 80% potensial customer akan melihat first impression penjual melalui kecepatan anda merespon pesan dan pertanyaannya.  

Gambar 5. Fitur Pesan di Luar Jam Kerja pada Whatsapp Business (dokumentasi pribadi/intansyn)

4. Fitur Salam

Selain itu, anda bisa memanfaatkan fitur ini juga sebagai welcome greetings untuk customer yang baru pertama kali menghubungi nomor usaha anda. Fitur ini bisa menjadi standar greetings dalam menyapa customer pada fase awal.

Gambar 6. Fitur salam pada Whatsapp Business (dokumentasi pribadi/intansyn)

Selain menyapa customer baru, fitur ini juga akan bekerja secara otomatis pada kontak yang sudah tidak aktif dalam 14 hari terakhir. Anda bisa mengatur penerimaannya kepada semua, semuaorang yang tidak terdapat di kontak, atau pun hanya beberao apihak tertentu.

5. Fitur Label

Fitur ini berguna untuk mengorganisasi chat-chat yang masuk ke whatsapp bisnis anda. Hal ini akan sangat membantu jika ketika orderan melalui whatsapp business membludak. Anda bisa mengelompokan pesan tersebut dengan label format order, label konfirmasi pembayaran, dan label resi. 

Gambar 7. Fitur label pada Whatsapp Business (dokumentasi pribadi/intansyn)

Dengan terorganisirnya chat tersebut, anda bisa membalas pesan berdasarkan tingkat prioritas tanpa perlu ribet mengescroll ribuan chat yang masuk. Label pada masing-masing pesan pun bisa diganti untuk kategori lainnya ataupun dihapus.

Cara menyebarkan kontak whatsapp bisnis agar mudah dijangkau

Hari gini rasanya agak sedikit rumit ya, jika harus memasukan kontak whatsapp secara manual. Apalagi kalau kontak online shop yang dimasukin belum tentu cocok atau sebatas untuk tanya-tanya di awal. Bisa-bisa potensial customer enggan duluan untuk menghubungi anda sebagai pemilik usaha.

Tapi jangan khawatir, ada dua cara untuk memudahkan customer menghubungi whatsapp bussines usaha anda:

1. Melalui share link

Cutomer tidak perlu repot-repot memasukan nomor ke kontak ereka untuk bisa menghubungi anda. Anda bisa memanfaatkan share link contact whatsapp business mu. Anda bisa k mencantumkan link ini di bio media promosi usaha anda lainnya seperti Instagram, facebook, dan tiktok.

2. Melalui QR code

Sama seperti share link, anda juga bisa melakukan share barcode untuk memudahkan customer menghubungi anda. Hanya saja barcode ini akan lebih optimal jika dicantumkan pada promosi media gambar maupun cetak.

Tersedia barcode langsung dari whatsapp yang dapat digunakaan. 

Anda juga bisa membuat barcode sendiri dengan link kontak yang anda gunakan pada laman barcode-generator.org Banyak sekali kan manfaat dari penggunaan whatsapp business?

Yuk, silakan dicoba cara membuat whatsapp bisnis anti ribet dengan cara-cara di atas. Udah saatnya meningkatkan omset penjualan dengan menggunakan whatsapp business.