4 Cara Transfer Pulsa XL ke Sesama dan Beda Operator

4 Cara Transfer Pulsa XL ke Sesama dan Beda Operator

Ada beragam metode yang bisa digunakan sesama pengguna XL untuk berbagi pulsa. Bahkan ada juga cara transfer pulsa XL ke lain operator sehingga makin memudahkan pengguna XL untuk berbagi ke banyak orang.

Para pengguna XL kerap menjadi sasaran untuk dimintai pulsa karena biaya pemakaian pulsa XL terbilang irit. Sehingga jika pengguna operator lainnya sudah kehabisan pulsa, untuk pengguna XL ini keseringan masih memiliki sisa pulsa bahkan sampai akhir bulan.

Keuntungan lainnya adalah biaya transfer pulsa XL tergolong murah. Biayanya mulai dari Rp1.000 sampai dengan Rp12.500. Biaya itu tergantung dengan nominal pulsa yang akan dikirimkan.

Menariknya lagi XL bukan hanya menyediakan jasa untuk transfer pulsa melainkan juga bisa meminjam jika perlu pulsa dadakan. Hal ini menjadi solusi terbaik ketika pengguna XL sedang di luar ruangan namun membutuhkan pulsa darurat.

Cara Transfer Pulsa XL

Untuk melakukan transaksi transfer pulsa XL ada dua cara yang bisa dilakukan lewat kode dial, sms atau lewat aplikasi MyXL. Pilihan cara di atas harus disesuaikan dengan kondisi misal sedang tidak memiliki kuota maka pilihan menggunakan sms atau dial akan lebih baik.

Cara di bawah ini berlaku untuk pengiriman pulsa sesama pengguna XL. Untuk tarif dan syarat mengirimkan pulsa ke sesama akan dijelaskan dalam pembahasan lanjutan.

1. Aplikasi MyXL

Tahapan transfer pulsa paling mudah memang menggunakan aplikasi MyXL namun kelemahannya aplikasi hanya bisa dipakai jika masih tersambung jaringan internet. Caranya akan dijelaskan di bawah ini:

Aplikasi MyXL
  • Instal aplikasi MyXL baik di PlayStore atau App Store
  • Login ke aplikasi yang sudah terinstal menggunakan nomor yang sudah terdaftar
  • Jika belum pernah mendaftarkan nomor maka pilih daftar terlebih dahulu dan ikuti instruksi pengaktifan nomor di aplikasi
  • Masuk ke bagian halaman utama, pilih menu Bagi-Bagi 
  • Pilih bagian pulsa
  • Masukkan nomor telepon nomor penerima pulsa lalu lanjutkan
  • Tulis berapa nominal yang harus dibagikan selanjutnya pilih  kirim
  • Masukkan PIN yang sudah diatur ketika mendaftarkan nomor

Baca juga:

2. SMS

Cara Transfer Pulsa XL

Opsi mengirim pulsa menggunakan sms biasanya dipilih jika lokasi tidak menyediakan jaringan internet yang memadai. Pasalnya membuka aplikasi MyXL membutuhkan jaringan yang kuat dan stabil yang harus terkoneksi dengan telepon.

  • Ketik sms dengan menggunakan format BAGI (spasi) Nomor Penerima (spasi) Nominal Pulsa
  • Kirim format di atas ke 168
  • Jika menerima sms konfirmasi balas dengan mengetik Y

Bukan hanya pengirim saja yang harus menyelesaikan tahapan namun juga penerima bisa juga melakukannya. Berikut ini cara transfer menggunakan sms yang mengharuskan penerima terlibat.

  • Kirim sms ke nomor penerima dengan format BAGI (spasi) Nominal Pulsa
  • Nantinya ada sms konfirmasi yang masuk
  • Balas Y dan transaksi selesai

3. Kode Dial

Cara Transfer Pulsa XL Lewat Kode Dial

Transfer pulsa XL selanjutnya bisa dengan menggunakan kode dial. Cara ini menjadi solusi terakhir jika kedua cara diatas tidak berhasil atau mengalami kendala sistem.

  • Pilih menu panggilan atau telepon
  • Ketik *123*168# dan lakukan panggilan
  • Balas panggilan dengan mengisi nomor penerima pulsa
  • Balas lagi dengan mengisi nominal pulsa yang akan dibagi
  • Masukkan angka untuk melakukan verifikasi
  • Jika transaksi transfer pulsa berhasil maka akan muncul notifikasi

4. Beda Operator

XL bisa melakukan transfer beda operator dengan ketentuan yang berbeda pula dengan ketentuan transfer sesama operator. Operator yang bisa ditransfer oleh XL adalah Axis dengan biaya dan syarat transfer yang sama.

Baca juga:

Tarif Transfer Pulsa XL dan Syarat Supaya Bisa Transfer

Sudah dijelaskan sebelumnya sedikit jika biaya transfer tidaklah gratis atau berbayar dan dibebankan kepada pengirim pulsa. Untuk syarat pengirim pulsa salah satunya adalah punya saldo pulsa tersisa dan maksimal transfernya Rp 2 juta.

Untuk melakukan transaksi pengiriman pulsa setiap harinya juga dibatasi maksimal Rp 2 juta. Transaksi transfer pulsa XL dibatasi 20 kali sehari ini baik untuk pengirim maupun penerima pulsa. 

Selain itu juga untuk transaksi transfer pulsa ini tidak akan menambah masa aktif dari nomor penerima pulsa agar bisa lebih panjang. Jadi berbeda dengan isi pulsa biasa yang dilakukan di tempat isi pulsa biasanya.

Berbicara soal tarif mengirim pulsa ke sesama XL ini akan disesuaikan dengan masa berlaku pulsa. Misalnya satu hari masa aktif maka tarif yang harus dibayarkan adalah Rp 1.000 dengan nominal Rp 1 sampai Rp2.999.

Angka ini berlanjut sampai di angka tarif pengiriman pulsa Rp 12.500 sampai dengan Rp 15.000 yang masa berlakunya 60 hari. Kategori pulsa yang ditransfer ada di angka Rp 300.000 sampai dengan Rp 500.000.

Jika berniat ingin transfer ke orang lain atau sesama pengguna XL maka syarat paling pentingnya adalah punya minimal pulsa Rp5.000. Biasanya transaksi transfer pulsa yang gagal membuat seseorang bingung padahal kesalahan terletak pada dirinya sendiri.

Hematnya kartu XL bukan satu-satunya keunggulan yang menjadikan seseorang tergerak memilih provider ini. Ada beberapa alasan lain yang menjadikan kartu XL jadi pilihan terbaik, yaitu:

  • XL memiliki kecepatan akses internet yang bagus hingga 3,6 Mbps yang juga mendapat dukungan sinyal kuat. Bahkan kekuatan sinyal menjangkau beberapa pelosok negeri di Indonesia.
  • Harga paket data XL masih masuk kategori terjangkau namun punya kualitas jaringan yang cukup baik dan stabil.
  • Ada banyak variasi paket mulai dari harian, mingguan sampai dengan bulanan. Harganya juga tidak membuat kantong jebol.
  • Ada satu keunggulan dari kartu XL untuk bisa menjadi pengguna XL Prioritas. Para pengguna kartu ini akan mendapat penawaran khusus yang tidak diberikan kepada sembarang pengguna. Ibaratnya pengguna Prioritas adalah VIP atau VVIP.

Tak bisa dipungkiri jika banyaknya manfaat positif dari kartu XL di atas tak menutup adanya kekurangan dari kartu XL. Salah satunya adalah biaya telepon seluler yang mahal apalagi jika ke operator lain begitu juga kesan kuota yang cepat habis.

Meski masuk ke beberapa wilayah pedesaan ada sejumlah wilayah yang jaringannya kurang stabil. Namun XL masih tetap jadi pilihan karena layanan yang disediakan cukup lengkap dan memudahkan bagi para penggunanya.

Itu dia cara transfer pulsa XL dengan berbagai langkah mulai dari SMS, nomor dial atau bisa dengan aplikasi MyXL. Sebenarnya jika internet memadai bisa lewat website resmi XL juga.

Tinggalkan komentar