3 Cara Memasukan Voucher XL dan Penyebab Kegagalannya

3 Cara Memasukan Voucher XL dan Penyebab Kegagalannya

Bagi sebagian orang cara memasukan voucher XL dianggap rumit, terutama para orang tua atau pengguna baru. Terkadang yang membuat bingung adalah kode angka yang tidak tahu harus dibagaimanakan.

Sebenarnya tata cara penggunaan voucher xl sudah tertulis di belakang voucher. Namun, jika Anda adalah salah satu pengguna yang membutuhkan penjelasan lebih lengkap terkait cara memasukan voucher XL. Anda perlu menyimak ulasan berikut.

Cara Memasukan Voucher XL Melalui Aplikasi myXL

Cara memasukan voucher XL yang pertama dapat melalui aplikasi myXL. Ada beberapa keunggulan jika Anda menggunakan aplikasi ini ketika akan mengisi kuota. Selain lebih mudah Anda juga akan mendapatkan bonus aktivasi hingga 2 GB pada aplikasi tertentu.

Ada dua cara yang dapat Anda coba untuk mengisi kuota dengan voucher melalui myXL.

1. Melalui Scan Voucher

Cara Memasukan Voucher XL Melalui Scan

Sebenarnya, cara memasukan voucher XL melalui scan ini adalah yang paling mudah. Tetapi mungkin, bagi Anda yang tidak terbiasa dan baru mencoba cara ini cukup membingungkan. 

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk memasukan kuota melalui scan voucher.

  1. Gosok bagian silver voucher hingga Anda dapat melihat kode angka dengan jelas. Bisa menggunakan koin atau benda lain yang berbahan logam namun tidak tajam. Biasanya ada 16 digit kode unik yang hanya bisa digunakan sekali.
  2. Setelah kode Anda dapatkan, kemudian Anda perlu membuka aplikasi myXL. Pada menu cepat pilih scan voucher.
  3. Selanjutnya setelah menu scan voucher terbuka, pilih aktifkan voucher.
  4. Arahkan kamera pada kode voucher, pastikan space kamera menangkap semua angka.
  5. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi memproses. Setelah sukses, Anda akan langsung mendapatkan bonus dari 1GB hingga 2GB. Anda dapat langsung mengaktifkan bonus dan menikmatinya. 

Meskipun cenderung mudah, namun cara ini sering kali mendapat kendala terutama jika jaringan kurang bagus. Proses pengaktifan akan lama bahkan gagal. Jika hal itu terjadi, Anda jangan panik Anda dapat menggunakan cara lainnya.

Baca juga:

2. Cara Memasukan Voucher XL Manual

Cara Memasukan Voucher XL Manual

Kedua, jika Anda memiliki kendala dalam memasukan voucher dengan cara scan. Anda dapat melakukannya dengan cara manual di aplikasi myXL. Langkah-langkahnya tidak jauh berbeda, hanya di bagian akhir Anda harus menginput secara manual. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut.

  1. Periksa bagian belakang voucher lalu gosok bagian silver hingga Anda dapat melihat kode angka dengan jelas. Bisa menggunakan koin atau benda lain yang berbahan logam namun tidak tajam. Biasanya ada 16 digit kode unik yang hanya bisa digunakan sekali.
  2. Setelah kode Anda dapatkan, kemudian Anda perlu membuka aplikasi myXL. Pada menu cepat pilih scan voucher.
  3. Selanjutnya setelah menu scan voucher terbuka, pilih aktifkan voucher.
  4. Di bagian bawah space kamera Anda pilih input manual. Lalu anda ketik semua kode voucher di kolom yang sudah tersedia, kemudian tekan aktifkan voucher.
  5. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi memproses, setelah sukses Anda akan langsung mendapatkan bonus aktivasi yang dapat langsung Anda aktifkan dan nikmati. 
  6. Anda dapat memilih untuk menggunakan bonus tersebut pada aplikasi Instagram, Youtube, Facebook, TikTok, dan lainnya. 
  7. Cara mengaktifkan bonus scan voucher cukup mudah. Klik notifikasi pada myXL pilih pemberitahuan bonus, klik redemption center, bonus scan voucher, lalu pilih aplikasi yang diinginkan kemudian pilih aktifkan, konfirmasi dan  selesai.

Jika Anda menggunakan cara ini Anda harus memastikan bahwa kode angka yang Anda ketik tidak ada yang salah atau kurang.

3. Cara Memasukan Voucher XL Melalui Telepon

Cara Memasukan Voucher XL Melalui Telepon

Bagi Anda yang tidak bisa mendownload aplikasi myXL karena memory smartphone Anda tidak memadai atau tidak mau ribet. Anda dapat menggunakan cara memasukan voucher XL melalui telepon secara manual.

Cara ini memiliki risiko gagal lebih sedikit karena tidak memerlukan akses internet. Namun pengguna tidak akan mendapatkan bonus kuota seperti ketika Anda menggunakan myXL. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Gosok bagian silver voucher hingga Anda dapat melihat kode angka dengan jelas. Bisa menggunakan koin atau benda lain yang berbahan logam namun tidak tajam. Biasanya ada 16 digit kode unik yang hanya bisa digunakan sekali.
  2. Buka icon telepon dan masukan kode *817* lalu ketik seluruh angka yang merupakan kode unik, kemudian tambahkan pagar (#) diakhir dan klik tombol Yes/Ok. Contoh: *817*1848150667225867#
  3. Akan muncul pilihan apakah Anda akan melakukan registrasi melalui aplikasi myXL atau melanjutkan melalui telepon. Pilih nomor dua untuk melanjutkan, lalu tunggu beberapa saat. Jika sukses akan ada tulisan ‘permintaan sedang diproses’.
  4. Tunggu hingga sms pemberitahuan datang, jika sudah aktif Anda dapat langsung menggunakannya. Jika sms tidak kunjung datang juga Anda dapat mengecek kuota terlebih dahulu, jika kuota bertambah artinya prosesnya sudah sukses. Terkadang sms pemberitahuan datang terlambat.

Cara ini cukup sederhana karena tidak memerlukan aplikasi apapun, namun Anda harus teliti karena memerlukan kode-kode tertentu.

Baca juga:

Penyebab Gagalnya Proses Aktivasi

Penyebab Gagalnya Proses Aktivasi

Tidak setiap proses aktivasi berjalan lancar, terkadang justru berakhir kegagalan. Ada beberapa alasan mengapa cara memasukan voucher XL yang Anda lakukan tidak berhasil.

1. Kesalahan Memasukan Kode

Kesalahan ini yang paling umum, kurang, lebih atau bahkan salah memasukan angka. Meskipun perbedaannya hanya satu angka tetapi hal tersebut akan berpengaruh. 

Oleh karena itu, ketika Anda hendak memasukan voucher XL secara manual Anda perlu memeriksanya berkali-kali agar tidak ada kesalahan ketika proses aktivasi.

2. Jaringan Tidak Stabil

Jaringan sangat berpengaruh, baik saat mengaktifkan voucher melalui Aplikasi myXL maupun melalui telepon. Ketika hendak menggunakan myXL Anda harus mengaktifkan data terlebih dahulu karena jika tidak aplikasi tersebut tidak akan jalan.

Meskipun kuota Anda habis itu tidak jadi masalah sebab yang diperlukan myXL hanya jaringannya. Sedangkan melalui telepon dengan mengetik kode, Anda tidak perlu mengaktifkan data namun harus memastikan jaringan stabil agar dapat mengakses kode.

3. Terbiasa Membeli Kuota Dengan Pulsa

Alasan ini yang mungkin tidak banyak orang tahu. Jika Anda sudah memastikan bahwa ke 16 angka voucher sudah benar dan sudah memeriksa jaringan yang ternyata stabil namun masih gagal. 

Anda harus mengingat apakah sebelumnya Anda selalu mengaktifkan kuota dengan membeli paket di *123# termasuk diskon yang sering ditawarkan. Jika iya, kemungkinan kartu Anda tidak dapat menggunakan voucher kuota.

Jika ingin menggunakan voucher kuota, mungkin Anda harus membeli kartu baru.

Voucher kuota dengan berbagai besaran GB memang dianggap lebih efisien karena harganya tetap, tidak berubah dan cenderung lebih murah. Apalagi voucher quota tinggal pakai dan tidak  ada risiko kehilangan seperti ketika membeli paket menggunakan pulsa.

Cara memasukan voucher XL yang telah dijelaskan sebelumnya dapat membantu Anda ketika memutuskan untuk menggunakan voucher kuota. Anda dapat memilih salah satu cara atau mencobanya satu persatu.

Tinggalkan komentar