Download Resetter Epson L310 + Cara Resetnya

Download Resetter Epson L310

Sebagai pengguna Epson L310 tentu kita pernah mengalami masalah. Masalah tersebut umumnya disebabkan oleh software printer. Untuk mengatasi berbagai masalah ini Anda dapat menggunakan resetter Epson L310 berikut link download dan juga tutorial cara resetnya yang benar.

Resetter memang dikhususkan untuk mengatasi masalah pada printer Epson. Sehingga jika muncul masalah kecil dapat Anda bereskan sendiri tanpa membutuhkan teknisi. Di bawah Anda dapat mendownload resetter Epson L310 dan membaca petunjuk penggunaannya.

Review Printer Epson L310

Ada banyak sekali tipe printer yang telah dikeluar oleh Epson. Tipe tersebut mulai dari L3110, L120, L360, L220 dan juga tentunya L310.  Printer dengan tipe demikian memang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Printer Epson L310 memang memiliki kualitas yang mumpuni. Karena pengguna dapat melakukan scanning, copy dan juga printing. Selain itu harga yang cukup bersahabat juga menjadi pertimbangan tersendiri mengapa banyak orang memilih printer ini.

Epson L310 pertama kali diperkenalkan adalah pada tahun 2015. Ini merupakan pengembangan dari generasi sebelumnya yaitu tipe L300. Printer-printer Epson memang dikenal sangat mumpuni untuk digunakan di kelasnya masing-masing.

Baca juga: Download Resetter Epson L1110 + Tutorial Cara Resetnya

Merawat Printer Dengan Resetter Epson L310

Resetter Epson L310 bukan hanya digunakan untuk memperbaiki error saja. Anda dapat menggunakannya untuk merawat dan memelihara printer. Walaupun memang kebanyakan orang hanya menggunakan resetter ketika mengalami masalah atau error saja.

Resetter printer ini digunakan untuk menghapus data memori yang terdapat pada printer. Setiap jenis printer tentu saja memiliki data dan sistem sendiri. Data-data tersebut terkadang menimbulkan masalah ketika kita menggunakan atau ingin mencetak.

Nah resetter ini berfungsi untuk menghapus data-data yang bermasalah tersebut. Sehingga printer Epson dapat kembali normal dan bisa digunakan kembali. Pengguna bisa melakukannya sendiri tanpa harus membawa printer kepada teknisi.

Menggunakan resetter juga tidak harus ketika printer sudah mengalami kerusakan. Justru pengguna dapat menjadikan resetter Epson L310 untuk merawat kondisi software printer.

Download Resetter Epson L310

Printer Epson Anda mengalami masalah pada software-nya? Selesaikan kendala tersebut dengan resetter Epson L310. Silakan download file resetter-nya dengan mengklik link di bawah ini:

Catatan:  Sebelum mengunduh file Resetter Epson L310, Terlebih dahulu matikan Antivirus / Windows Defender baik pada komputer maupun browser kalian (Jangan khawatir, karena file ini bukan virus).

Baca juga: Review Set Top Box Matrix Apple, Jangan Salah Pilih!

Cara Melakukan Reset Epson L310 Dengan Aplikasi

Jika Anda telah download resetter Epson L310 di atas, sekarang saatnya untuk melakukan reset. Untuk step by step-nya dapat Anda ikuti petunjuk di bawah ini:

  • Pertama – tama download file Resetter Epson L310 melalu link yang ada diatas.
  • Buka file resetter printer yang sudah di-download
  • Klik file yang berextensi .exe hingga aplikasi resetter terbuka > Klik Select.
Download Resetter Epson L310
  • Langkah selanjutnya Anda perlu memilih tipe printer yang akan di-reset.
  • Akan muncul jendela baru, pada ‘model name’, silakan pilih L310 dan untuk ‘Port’ pilih saja ‘Autoselection’.
  • Pilih lagi ‘Particular adjustment mode’ pada menu.
  • Silakan cari pilihan ‘Waste ink pad counter’ di bagian ‘Maintenance’ dan klik ‘Oke’.
Cara Melakukan Reset Epson L310 Dengan Aplikasi
  • Akan muncul jendela baru, silakan centang bagian ‘Main pad counter’.
  • Klik pilihan ‘Check’ kemudian ‘Initialize’.
  • Langkah terakhir Anda perlu mematikan printer kemudian menyalakannya kembali.
Cara Melakukan Reset Epson L310 Dengan Aplikasi

Cara Reset Epson L310 Secara Manual

Seharusnya setelah Anda melakukan resetter Epson L310 di atas maka printer sudah dapat digunakan. Akan tetapi jika mengalami kegagalan Anda dapat menggunakan cara reset Epson secara manual:

  1. Langkah pertama Silakan nyalakan printer Epson yang Anda miliki
  2. Jika head printer bergerak, tunggu hingga berhenti.
  3. Tekan tombol resume dan tombol daya selama 5 detik secara bersamaan kemudian lepaskan.
  4. Tekan kembali kedua tombol tersebut selama 3 detik saja.
  5. Diamkan printer Epson L310 selama 5 detik kemudian nyalakan kembali.

Baca juga: Rekomendasi 4 Set Top Box Untuk TV Tabung

Kapan Anda Harus Melakukan Reset Printer Epson L310?

Sebenarnya kapan saja Anda dapat melakukan reset printer Epson. Akan tetapi ada beberapa momen di mana Anda benar-benar harus melakukan reset. Berikut adalah waktu yang tepat untuk menggunakan resetter Epson L310:

1. Terjadi Masalah di Bagian Cartridge

Sering kita temui pemasangan cartridge yang salah atau bahkan mengalami kerusakan. Hal ini dapat menyebabkan printer gagal dalam mencetak berkas. Jika masalah yang ada tidak terlalu parah Anda dapat menyelesaikannya dengan resetter Epson L310.

2. Lampu Indikator Pada Tombol Stop dan Power Berkedip

Anda menemukan lampu indikator tombol stop dan power menyala serta berkedip bersamaan? Hal ini menunjukkan jika printer harus di-reset. Walaupun memang untuk beberapa kasus penyebabnya tidak dapat diketahui dengan pasti.

3. Mengalami Habis Tinta

Jika kita lalai atau lupa dalam mengisi tinta, printer juga akan mengirim kode error. Kendala semacam ini memang terbilang ringan dan bisa Anda atasi dengan resetter Epson L310. Setelah itu Silakan Anda isi tinta printer hingga penuh.

4. Kertas Terperangkap

Kertas yang terperangkap atau paper jam pada printer juga dapat menimbulkan masalah. Kendala ini sering terjadi saat pengguna salah memasukan kertas. Nah dengan melakukan reset maka printer Anda dapat bekerja dengan normal kembali.

5. Muncul Kode Error ‘Disarankan Pemeriksaan Nozzle’

Pabrik printer telah membuat sistem untuk membatasi nozzle. Sehingga jika printer Epson Anda sudah melampaui batas penggunaannya maka pesan error pun akan muncul. Untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan reset.

6. Muncul Kode Eror ‘Service Required’

‘Layanan diperlukan’ atau ‘Service required’ juga menjadi kode di mana Anda perlu melakukan perbaikan dengan resetter Epson L310. Kode ini muncul disebabkan oleh usia printer yang sudah melewati batasnya.

Reset Printer Epson L310 Gagal?

Anda sudah melakukan semua tahapan di atas namun masih gagal? Barangkali ada faktor lain yang menyebabkan hal itu terjadi. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan reset ulang:

1. Periksa Sensor

Di dalam printer Epson terdapat dua sensor yaitu sensor pita dan sensor AS. Sebelum melakukan reset printer silakan Anda cek terlebih dahulu bagian ini. Jika terdapat kotoran maka segeralah untuk membersihkannya dengan berhati-hati.

2. Periksa Cartridge

Cartridge pada printer juga bisa menjadi masalah. Bersihkanlah bagian tersebut hingga tidak ada kotoran. Kotoran sekecil apa pun sebaiknya dibuang agar tidak mengganggu proses pencetakan nantinya.

3. Periksa Roller

Roller menjadi bagian yang sangat krusial supaya kertas dapat keluar masuk. Jika terdapat kertas menyangkut atau benda asing lain di dalamnya akan menimbulkan masalah. Bersihkan bagian ini terlebih dahulu kemudian melakukan reset printer Epson.

4. Cabut Kabel Listrik

Untuk membantu proses penghapusan data yang error pengguna dapat mencabut kabel listrik printer. Biarkan printer tanpa suplai listrik selama 5 menit atau lebih. Jika sudah Anda dapat menghubungkan kembali printer kemudian lakukan reset printer kembali.

5. Periksa Kabel Fleksibel

Di dalam printer Epson L310 terdapat kabel fleksibel yang menghubungkan antara scanner dan juga motherboard. Di dalam beberapa kasus kabel ini dapat putus dan menyebabkan printer tidak dapat bekerja. Pengguna perlu memeriksakan printer jika proses resetting mengalami kegagalan.

Akhir Kata

Masalah atau error kecil pada printer dapat diatasi dengan resetter Epson L310. Selain masalah software, printer juga berpotensi mengalami kerusakan pada hardware. Anda dapat melakukan pemeriksaan secara detail pada bagian-bagian yang telah disebutkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.