Download Resetter Epson L360 Lengkap Dengan Cara Resetnya

Resetter Epson L360

Epson L360 merupakan salah satu jenis printer yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Dalam penggunaannya printer ini berpotensi mengalami kendala sehingga membutuhkan resetter Epson L360. Dengan cara ini Anda dapat mengembalikan kondisi komputer seperti sedia kala.

Epson sendiri memang telah mengeluarkan berbagai jenis printer. Mulai dari tipe L210, L310, L220, L1110 dan lain sebagainnya. Khusus di artikel ini, kita akan membahas terkait bagaimana cara reset printer Epson tipe L360.

Apa Fungsi Resetter Epson L360?

Untuk Anda yang menggunakan Epson L360 barangkali pernah mengalami berbagai masalah. Mulai dari masalah tinta yang tidak keluar hingga software yang mengalami masalah. Sebenarnya persoalan tersebut dapat diatasi sendiri.

Salah satu cara tersebut adalah dengan menggunakan resetter Epson L360. Cara ini dapat membantu pengguna di dalam memperbaiki kerusakan software printer. Penggunaannya juga mudah dan dapat dilakukan tanpa membutuhkan teknisi.

Resetter sendiri berfungsi untuk mengembalikan kondisi printer seperti sedia kala. Cara kerjanya adalah dengan mengosongkan memori pencetak yang error. Nantinya printer dapat kembali bekerja secara normal.

Secara umum, proses resetting dilakukan saat printer berada dalam kondisi bermasalah. Tanda awal yang dapat diamati adalah ketika lampu LED berkedip atau blinking. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pencetakan sehingga akan memunculkan masalah seperti ‘waste ink full’.

Baca juga: Download Resetter Epson L220 + Panduan Resetnya

Penyebab Software Printer Epson Error

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan printer mengalami masalah. Salah satunya adalah berasal dari perangkat lunak. Biasanya kerusakan pada perangkat lunak tersebut akan memunculkan notifikasi berikut:

  1. Fatal error
  2. It is nearly time to reset the ink levels
  3. It is time to reset the ink levels
  4. Service required
  5. Ink waste is full
  6. The ink pad is at the end of its service life.

Tidak perlu khawatir jika software atau perangkat lunak printer mengalami kendala demikian. Anda dapat menyelesaikannya dengan resetter Epson L360. Cara penggunaannya sangat cepat, mudah dan bisa dikerjakan kan oleh semua orang.

Download Resetter Epson L360

Sebelum menuju ke pembahasan cara reset printer epson L360, terlebih dahulu anda perlu mengunduh file Resetternya. Adapun dibawah ini adalah informasi terkait file yang dibagikan beserta dengan tautan unduhan untuk mendapatkan file epson anda.

  • Nama File: Resetter Epson L220
  • Ukuran File: 2 MB
  • Format File: Rar
  • Mendukung: Windows 7, 8, 8.1, 10, 11 (32bit/64bit)
  • File Upload: Mediafire.com
  • Tautan File:

Catatan: Sebelum mengunduh file Resetter Epson L360, Terlebih dahulu matikan Antivirus / Windows Defender baik pada komputer maupun browser kalian (Jangan khawatir, karena file ini bukan virus).

Bagaimana Cara Reset Printer Epson L360 Dengan Resetter?

Setelah kita mengetahui apa fungsi resetter dan juga apa saja masalahnya, selanjutnya adalah bagaimana cara melakukan resetting printer tersebut? Untuk cara pertama ini kita akan menggunakan software khusus, silakan ikuti tahapannya berikut ini:

  • Langkah pertama tentu Anda perlu mendownload software resetter pada link di bawah.
  • Buka file tersebut kemudian lakukan klik file yang berekstensi .exe pada komputer.
  • Jika software sudah berhasil dibuka, nanti akan muncul ‘Software Epson adjustment program’, klik saja pilihan ‘Select’.
Resetter Epson L360
  • Cari dan pilih printer sesuai dengan serinya yang ingin di-reset. Anda dapat menemukannya di kolom ‘Model name’.
  • Pada ‘Autoselection’ biarkan saja demikian.
  • Klik ‘Oke’ kemudian klik ‘Particular adjustment mode’ yang berada di sisi kanan aplikasi.
  • Nanti akan muncul jendela baru kemudian pilih menu ‘Waste ink pad counter’ dan klik ‘Oke’.
Resetter Epson L360
  • Di tahap berikutnya Anda perlu mencentang ‘Platen pad counter dan juga ‘Main pad counter’ kemudian pilih ‘Initialize’.
  • Resetter Epson L360 akan berjalan dan tunggu hingga selesai.
  • Langkah terakhir silakan matikan printer L360 kemudian menyalakannya kembali.

Baca juga: Download Resetter Epson L210 + Cara Penggunaannya

Solusi Jika Resetter Epson L360 Gagal?

Anda telah mengikuti cara reset printer Epson dengan baik namun masih gagal? Barangkali ada faktor tertentu yang menyebabkan demikian sehingga gagal saat ingin mencetak file. Maka silakan perhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Cabut Kabel

Sebelum melakukan reset printer Epson, cobalah untuk mencabut kabel listrik dalam 3 menit. Ini biasa dilakukan oleh pengguna printer Epson ketika mereka ingin melakukan reset. Tidak ada salahnya Anda mengikuti tips ini dan barangkali akan berhasil.

2. Cek Cartridge

Seringkali cartridge yang kotor menjadi masalah bagi printer. Cobalah untuk melakuan cek dan jika didapati ada kotoran maka segeralah untuk dibersihkan.

3. Cek Sensor Pita dan Sensor AS

Jika terdapat kotoran atau benda asing pada sensor AS dan pita, ini juga bisa menyebabkan masalah. Membersihkan secara hati-hati dapat menjadi solusi untuk permasalahan ini. Tapi ingat lakukan dengan perlahan jangan sampai merusak sensor.

4. Cek Roller Printer

Pengecekan pada roller printer juga perlu untuk Anda lakukan. Biasanya terdapat benda asing atau kertas yang menyangkut pada roller. Akibatnya akan menimbulkan masalah dan kendala saat melakukan pencetakan.

5. Cek Kabel Fleksibel

Kabel fleksibel yang menghubungkan mainboard dan scanner juga bisa mengalami putus. Kerusakan semacam ini perlu untuk Anda serahkan kepada teknisi yang berpengalaman. Namun perhatikan juga jika perbaikan ini dapat menghilangkan garansi pada printer Epson Anda.

Sedikit tips dan trik di atas dapat Anda lakukan sebelum melakukan resetter Epson L360. Pastikan untuk mengikuti tutorial di atas dengan teliti dan benar. Jika printer masih mengalami kendala yang sama barangkali Anda perlu membawanya kepada teknisi.

Baca juga: Download Resetter Epson L3110 + Cara Reset Printer

Cara Reset Printer Epson L360 Secara Manual

Selain cara diatas, Anda juga dapat menggunakan cara reset printer Epson L360 secara manual. Cara yang dilakukan juga terbilang sama mudahnya dan bisa lakukan sendiri. Berikut step by step reset printer Epson manual:

  1. Langkah pertama silakan cabut kabel listrik printer selama 3 hingga 5 menit.
  2. Jika sudah dilakukan sekarang hubungkan kembali kabel power tersebut.
  3. Tunggu hingga printer hidup dengan sempurna kemudian tekan tombol resume dan power kemudian tahan selama 5 detik.
  4. Tekan kembali kedua tombol tesebut dan tahan selama 3 detik
  5. Tunggu proses reset printer Epson Anda hingga selesai.

Masalah Hardware Pada Printer Epson L360

Selain masalah pada perangkat lunak, printer Epson juga berpotensi  mengalami masalah hardware. Sebenarnya ini bisa terjadi pada semua merek dan jenis printer. Berikut adalah beberapa masalah dan solusi jika printer Anda mengalami masalah hardware:

1. Masalah Pada Tabung Tinta

Jika tabung tinta tidak terisi semua atau salah satunya, maka dapat menyebabkan masalah. Ini termasuk kendala kecil dan dapat Anda selesaikan dengan mengisi tinta. Namun jika suplai tinta macet atau terjepit ini yang bisa menjadi masalah serius dan harus dibawa ke teknisi.

2. Terdapat Penghalang Pada Pergerakan Cartridge

Gangguan pada pergerakan cartridge tentu saja dapat menjadi masalah. Perhatikan pada bagian bawah print, jangan sampai terdapat penghalang seperti bekas kertas atau benda asing lainnya. Hal ini memang menjadi masalah yang tidak terlalu serius namun tetap harus diperhatikan.

3. Masalah Pada Bagian Cartridge

Sudah umum diketahui jika cartridge memang sering menjadi masalah. Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang menyebabkan masalah tersebut. Namun seringnya adalah kotoran yang menumpuk sehingga perlu untuk Anda bersihkan secara rutin.

Akhir Kata

Download resetter Epson L360 untuk mengatasi masalah pada perangkat printer. Cara penggunaannya juga sudah dijelaskan di atas dan Anda hanya perlu mengikutinya dengan teliti. Selain itu perhatikan juga komponen lain yang memiliki potensi timbulnya masalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.