Pengertian VPN

Pengertian VPN: Apa itu VPN?

VPN adalah layanan koneksi yang memberikan akses ke website secara aman dan private, dengan menggunakan server dan menyembunyikan pertukaran data yang sedang berlangsung.


Fungsi VPN di masa ini bukan hanya sekedar mengkoneksikan jaringan antar gedung perkantoran ataupun dengan  rumah saja.

Namun kini, fungsi VPN adalah sebagai sarana yang bisa digunakan untuk mendapatkan akses internet yang aman dan private ( pribadi ).

Bukan itu saja, fungsi lain dari VPN adalah untuk mengakses jaringan secara berkelanjutan. VPN sendiri merupakan singkatan dari Virtual Private Network.

Dimana VPN mengkoneksikan PC, laptop hingga android dan tablet ke tempat yang terhubung dengan internet, hanya dengan menggunakan server.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian VPN yang sebenarnya ialah sebuah alat yang memberi layanan kepada penggunanya untuk menjelajah lebih aman dan private.

Cara Kerja VPN Adalah Dibaratkan Mengakses Internet Melalui Lorong Khusus

Maksudnya jika biasanya internet diakses melalui jalur utama yang disediakan provider. Sementara PVN meneruskan koneksi yang anda lakukan dengan internet yang mengarah ke situs lain.

Dengan kata lain, jika anda mengakses internet dengan VPN server, maka yang terdeteksi adalah anda menggunakan internet dari jaringan VPN, bukan melalui jaringan utama.

Namun PVN tidak bisa terkoneksi secara enkripsi jika tidak menggunakan VPN server.

Maka dari itu, fungsi VPN server adalah menjadi media yang membantu VPN dalam mengkoneksikan internet dari tempat yang memang telah terkoneksi dengan internet ke PC, laptop, tablet maupun android. 

Secara singkat, cara kerja VPN server adalah mengamankan data yang dihasilkan dari adanya pertukaran data dari perangkat PC maupun android ke aplikasi internet.

Cara mengamankan data yang dilakukan VPN ini dengan cara melakukan enkripsi sehingga data tidak akan telihat oleh orang lain. 

Baca juga: Pengertian, Jenis, Dan Fungsi Firewall

Manfaat VPN Adalah Dapat Mengamankan Data, Apakah Hanya Itu Saja ?

Seperti yang telah dijelaskan pada pengertian dan fungsi VPN sebelumnya bahwa yang dapat dilakukan oleh VPN ialah melakukan enkripsi pada data, sehingga data menjadi lebih aman.

Tapi, apakah manfaatnya  hanya itu saja ? Tentu saja tidak, karena ada beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh dalam penggunaan VPN ini. diantaranya :

1.Adanya Akses Remote Control

Yang dimaksud akses remote control pada AVP server adalah melakukan remote terhadap komputer ataupun laptop di tempat-tempat lain yang sekiranya terdapat jaringan internet.

Dengan akses ini, akan memudahkan anda dalam menyimpan data-data penting pada laptop ataupun PC. Meskipun anda berada di tempat lain, selain rumah ataupun kantor.

2. Mempercepat Proses Download

Karena dengan menggunakan VPN server adalah memungkinkan anda terhubung dengan jaringan publik dengan adanya tunel yang ada pada VPN server ini.

Sehingga tidak akan ada intervensi dari jaringan publik yang lainnya, dari  selain yang anda gunakan. Hal ini pula lah yang membuat proses download yang anda lakukan menjadi sangat cepat, karena tidak adanya intervensi ataupun gangguan dari pihak lain.

3. Melindungi Data Pribadi Saat Menggunakan Wifi Di Tempat Umum

Pada masa ini, banyak tempat umum, baik itu mall, café, tempat makan, dan yang lainnya menawarkan wifi gratis pada setiap pengunjung.

Tapi tahukah anda, penggunaan wifi di tempat umum ini menjadi lebih rawan terhadap aktivitas hacker dan peretasan ?

Data diri seperti alamat email, username hingga password menjadi hal yang paling banyak diretas. Apalagi jika menggunakan aplikasi tertentu, seperti wireshark dan semacamnya.

Maka dari itu, salah satu manfaat VPN server adalah melindungi data pribadi saat menggunakan wifi di tempat umum.

Related Post: Download Quark VPN Mod Apk

4. Menyembunyikan Lokasi Tempat Anda Berada

Dengan menggunakan VPN, yang terdeteksi hanyalah lokasi tempat VPN server berada, dan bukan lokasi tempat anda berada.

Misalnya anda bisa mengakses VPN server yang berada di Amerika Serikat, sementara anda berada di Indonesia. Maka yang terdeteksi adalah Amerika Serikat, bukan negara tempat anda berada, yaitu Indonesia.

5. Bisa Mengakses Website Yang Sebelumnya Tidak Bisa Diakses

Salah satu manfaat lain dari VPN adalah bisa mengakses website yang sebelumnya terblok/tidak dapat diakses. Alasannya bisa bermacam-macam.

Misalnya  situs website tersebut diblokir pemerintah, adanya error system, dan lain-lain. Dengan VPN server ini, anda bisa mengakses situs-situs website yang terblok tersebut dengan mudah.

6. Mengakses Internet Di Tempat Yang Terdampak Geolocation Block

Yang dimaksud dengan geolocation block adalah pemblokiran yang dilakukan suatu website terhadap tempat/negara tertentu. Ataupun sebaliknya, pemblokiran terhadap situs tertentu yang dilakukan pemerintah.

Misalnya google yang diblokir oleh negara Tiongkok. Dengan adanya kebijakan tersebut, otomatis warga Tiongkok tidak bisa mengakses google, kecuali dengan menggunakan VPN.

7. Identitas IP Address Tidak Terdeteksi

Yang dimaksud dengan IP address adalah deretan angka yang digunakan oleh semua perangkat komputer agar selalu terkoneksi dengan internet.

Nah, salah satu manfaat dari penggunaan VPN adalah memungkinkan IP address anda tidak terdeteksi oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

8. Mengubah IP Address

Selain agar IP address tidak bisa terdeteksi, ada juga manfaat lain dari penggunaan VPN ini. Diantaranya bisa memudahkan anda untuk mengubah IP address anda sesuai dengan negara, dimana VPN server tersebut berada.

9. Menghemat Biaya

Menghemat biaya ini lebih diartikan, anda hanya perlu membayar biaya bulanan dan tahunan saja. dibandingkan jika anda harus menyimpan PVN server yang harus anda letakkan di setiap negara.

Dengan kata lain, hanya dengan satu VPN server saja, anda sudah bisa memperoleh manfaat yang sama seperti anda menyimpan beberapa VPN server di setiap negara yang berbeda.

Baca juga: Modem Adalah: Pengertian, Macam Jenis, Fungsi dan Daftarnya

Situs-Situs Penyedia VPN Gratis

Untuk mendapatkan VPN secara garatis, anda bisa menggunakan beberapa situs yang memang menyediakan layanan ini untuk digunakan dalam perangkat desktop.

Dan tentu saja, situs ini bisa anda akses secara gratis. Apa saja situs penyedia VPN gratis ini ? simak ulasannya berikut ini. Diantaranya :

1. Tunnel Bar

Salah satu situs yang menyediakan layanan VPN adalah tunnel bar. Situs ini terbilang sederhana dan mudah digunakan.

Selain menyediakan versi premium. Situs ini juga menyediakan VPN gratis. Dimana anda bisa menggunakan layanan gratis yang disediakan hingga  500 MB penggunaan.

2. Hotspot Shield

Pada awalnya, hotspot shield sebenarnya menyediakan layanan VPN secara premium saja. Namun belakangan ini, situs ini juga menyediakan layanan VPN secara gratis. Hotspot shield juga merupakan salah satu situs VPN yang paling populer saat ini.

Dengan layanan gratis ini juga, anda bisa menggunakannya untuk mengakses website yang terblok. Selain itu, layanan ini juga bisa  mencegah anda melakukan  pengaksesan terhadap situs yang mengandung malware. 

3. Hide.me

Situs Hide.me merupakan aplikasi penyedia internet yang berbasis di Malaysia. Meskipun begitu, aplikasi ini telah memiliki server di berbagai negara di dunia.

Untuk layanan gratisnya, perusahaan ini memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk mengakses internet hingga 3GB, dalam setiap bulannya.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa pengertian VPN adalah sarana untuk membuat koneksi internet menjadi lebih mudah, serta bisa melakukan enkripsi terhadap setiap pertukaran data yang berlangsung.

Jadi, apakah anda tertarik untuk menggunakan VPN ? atau anda telah lebih dulu menggunakan VPN sebelumnya ?

Ada banyak sekali aplikasi dan alat bawaan yang tersedia diluar sana bagi anda yang ingin menikmati VPN. Saya harap dengan membaca pengertian VPN diatas bisa bermanfaat untuk pengetahuan anda.