Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

12 Aplikasi Pemotong Video di HP Terbaik 2022

5 min read

Aplikasi Pemotong Video

Saat ingin mengunggah video ke media sosial, kadang ada ukuran video yang tidak sesuai dengan ketentuan. Ada yang terlalu lebar atau justru kurang lebar. Untuk menyiasati hal ini, Anda hanya membutuhkan aplikasi pemotong video yang mampu crop video sesuai keinginan.

Rekomendasi Aplikasi Pemotong Video di HP

Saat ini tersedia banyak aplikasi editing video praktis yang bisa Anda manfaatkan untuk memperkecil atau memperbesar rasio video. Aplikasinya pun bisa Anda dapatkan secara gratis melalui App Store atau Google Play Store. Seperti beberapa rekomendasi aplikasi untuk memotong video berikut ini.

1. AndroVid

Aplikasi Pemotong Video Androvid

Buat Anda yang bertanya aplikasi apa yang bisa memotong video? AndroVid adalah salah satu aplikasi paling recommended yang bisa Anda pilih. Download aplikasinya di Google Play Store dan gunakan untuk memotong video ke berbagai ukuran yang Anda inginkan.

Pilih fitur trim dan potong video sesuai keinginan. Desain antarmuka aplikasi ini berbentuk landscape. Jadi bagi Anda yang terbiasa mengedit video secara portrait mungkin kurang nyaman menggunakannya. Tapi, tak perlu khawatir. Karena cara menggunakannya sangatlah mudah.

Selain memotong video, pengguna aplikasi AndroVid juga bisa melakukan editing video lainnya. Mulai dari menggabungkan beberapa video, menambah suara atau latar belakang musik, serta menambahkan teks ke dalam video.

Baca juga: 19 Aplikasi Perekam Layar di HP dan PC Terbaik

2. InShot

Aplikasi Pemotong Video

Hampir sama dengan AndroVid, aplikasi ini tidak hanya berfungsi untuk memotong video, tapi juga editing video lainnya. Tampilan antarmukanya lebih user friendly, karena berbentuk portrait dengan fitur-fitur yang intuitif. Pemula yang baru pertama kali mengedit video pasti bisa menggunakannya.

Download aplikasi InShot di App Store atau Google Play Store dan langsung import video yang ingin Anda ubah. Jika ingin memotong video, tinggal tekan fitur crop dan pilih ukuran video yang Anda inginkan. Nantinya ada beberapa pilihan rasio video dari berbagai media sosial.

Mulai dari video square untuk feed Instagram, video landscape untuk YouTube, hingga full video portrait untuk TikTok atau reel Instagram. Jadi, tak perlu bingung cek Google lagi untuk mencari tahu ukuran video di masing-masing media sosial. Langsung klik ukurannya di aplikasi InShot.

Anda juga bebas menyimpan video ke dalam resolusi yang cukup beragam, mulai dari 720-2610 pixel. Sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kapasitas ukuran video untuk berbagai unggahan. Sayangnya, aplikasi ini hanya ada di HP dan belum tersedia di di laptop atau PC.

3. CapCut

Aplikasi Pemotong Video

Aplikasi ini yang satu ini sangatlah populer, terutama bagi para pengguna TikTok dan Instagram. Banyak pengguna media sosial yang menggunakannya untuk editing video sederhana, termasuk memotong video. Baik itu memperkecil atau memperbesar ukuran video.

Bagaimana cara memangkas video? Cukup klik fitur crop atau pangkas dan pilih ukuran yang Anda inginkan. Di CapCut juga tersedia beberapa pilihan format ukuran video, seperti 9:16, 1:1, dll. Dengan begitu, video akan terpotong otomatis mengikuti format ukuran tersebut.

Jika sudah selesai, tekan tanda centang dan simpan video tersebut. Yang paling unik dari aplikasi ini yaitu banyaknya pilihan filter dan efek video unik untuk mempercantik video. Mulai dari filter kecantikan, stiker atau gif lucu, serta animasi untuk mengubah transisi atau memberi efek tertentu.

Di aplikasi ini juga terdapat perpustakaan musik dan lagu-lagu dengan hak cipta eksklusif sebagai backsound video. Anda pun tak perlu susah payah mengunduh lagu sendiri dari aplikasi lainnya.

4. Easy Video Cutter

Aplikasi Pemotong Video

Meskipun namanya cutter, namun aplikasi ini tidak hanya berguna untuk memotong ukuran video. Tapi juga melakukan berbagai pengeditan lainnya. Mulai dari merge video, mute video, speed video, rotate video, hingga menambahkan gif san extract MP3.

Untuk mengubah ukuran video sendiri sangatlah mudah. Anda bisa langsung pilih fitur compress video atau cut video. Anda pun bisa langsung mengubah ukuran video secara cepat dan praktis, bahkan hanya dalam hitungan detik. Jika tertarik menggunakannya, langsung unduh di Play Store.

Baca juga: 13 Aplikasi Cari Jodoh Lokal dan Luar Negeri, Jomblo Harus Coba!

5. VideoShow

Aplikasi Pemotong Video

Rekomendasi aplikasi pemotong video di Android selanjutnya adalah VideoShow. Popularitasnya pun sangatlah tinggi, terbukti dari banyaknya pengguna aplikasi ini yang mencapai lebih dari 2 juta pengguna di Google Play Store.

Selain fitur crop videonya yang sangat praktis, Anda pun bisa mengedit video dengan fitur-fitur sederhana seperti aplikasi video editor lainnya. Aplikasi ini sendiri terdiri dari dua versi, yaitu gratis dan premium.

Jika menggunakan versi gratis, maka hasil video Anda akan tampil watermark VideoShow di dalamnya. Jika ingin menghilangkan tanda tersebut, maka pengguna harus upgrade aplikasi ke versi premium dan membayar sejumlah biaya langganan.

6. KineMaster

Aplikasi Pemotong Video

Lanjut ke rekomendasi yang keenam, ada aplikasi KineMaster yang mampu crop video dan editing dasar hanya dengan menggunakan smartphone Android. Jika ingin memotong ukuran video, pengguna bisa langsung pilih fitur cutting dan potong video ke dalam ukuran yang Anda inginkan.

Sementara jika ingin mengubah durasi video, pengguna bisa pilih trim tools dan lakukan trimming pada bagian video yang ingin dibuang. Fitur pengeditan lainnya juga tersedia, seperti menggabungkan beberapa video, menyisipkan teks, filter, dan efek animasi.

Akan tetapi, sama halnya dengan VideoShow, hasil video yang Anda buat juga terdapat watermark-nya jika menggunakan KineMaster versi gratis. Jika menginginkan hasil video tanpa watermark, maka Anda perlu beralih ke aplikasi versi premium dengan biaya langganan mulai dari Rp53.000 per bulan.

7. Cute CUT

Salah satu fitur utama dalam aplikasi ini yaitu memotong video menjadi berbagai ukuran yang Anda inginkan. Namun, karena namanya “CUT” bukan berarti aplikasi ini hanya untuk cut video. Pengguna juga bisa menggunakannya untuk melakukan pengeditan dasar lainnya.

Tampilan pengeditan video di aplikasi ini berbentuk multiple layer, sehingga cukup mudah untuk mengoperasikannya. Selain menggabungkan beberapa video atau menambahkan efek dan animasi transisi yang menarik, Anda juga bisa mengatur tingkat kecerahan video.

Jadi, tak perlu khawatir jika footage yang Anda rekam terlihat kurang cerah. Tinggal atur tata cahayanya lewat aplikasi Cute CUT. Namun, Anda juga harus puas dengan hasil pengeditan yang cenderung simpel. Bukan colouring video secara kompleks seperti pada aplikasi premium lainnya.

Baca juga: 12 Aplikasi Edit Video Instagram Terbaik untuk Android dan iOS

8. VivaVideo

VivaVideo menjadi salah satu aplikasi pemotong video terbaik, karena cara menggunakannya yang sangat mudah, terutama untuk pemula. Jika ingin memotong ukuran video, Anda bisa langsung memilih fitur cut atau ikon yang berbentuk gunting. Lalu potong video sesuai keinginan.

Selain memotong video, tentu saja Anda bisa melakukan pengeditan dasar lainnya, seperti menggabungkan video dan menambahkan musik. Desain antarmukanya sangatlah intuitif, sehingga memudahkan siapapun yang menggunakannya.

Tak heran, jumlah unduhan aplikasi video ini telah mencapai 100 kali di Google Play Store. Ratingnya pun cukup bagus, yaitu mencapai 4,5.

Aplikasi ini juga tersedia dalam dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Jika menggunakan versi gratis, maka fitur-fiturnya cukup terbatas dan terdapat watermark pada hasil video. Sementara jika ingin menghilangkan watermark dan mendapatkan fitur lanjutan, beralihlah ke aplikasi VivaVideo Pro.

9. VN Video VlogNow

VN Video Editor VlogNow, Aplikasi video editor yang satu ini juga cukup populer saat ini. Jika ingin memotong ukuran video, pilih fitur crop, lalu pilih format ukuran sesuai keinginan. Di aplikasi ini juga tersedia beberapa pilihan ukuran video di beberapa media sosial, seperti Instagram, TikTok, Facebook, YouTube, dll.

Banyak content creator di TikTok dan Instagram yang menggunakan aplikasi ini untuk menghasilkan berbagai konten video dengan filter kekinian. Khususnya untuk menambahkan animasi transisi unik untuk menambah efek dramatis. Begitu juga dengan pilihan animasi teksnya yang cukup beragam.

Menariknya lagi, aplikasi VN menyediakan beberapa template video yang bisa memudahkan Anda dalam membuat video. Dengan template yang tersedia, pengguna tak perlu susah payah memilih filter, efek transisi, hingga animasi teks yang menarik. Tinggal mengganti dari template yang tersedia.

Perlu Anda perhatikan juga bahwa editor video yang satu ini termasuk aplikasi online. Sehingga Anda harus terhubung dengan jaringan internet ketika menggunakannya, termasuk ketika rendering video sebelum mengekspornya ke file manager.

10. FilmoraGo

Jumlah unduhan aplikasi FilmoraGo di Google Play Store juga cukup banyak, mencapai lebih dari 200.000 kali. Aplikasi ini juga pernah menjadi salah aplikasi editor pilihan Google Play Store. Ratingnya juga cukup bagus, yaitu 4,5 dari ratusan ribu ulasan yang masuk.

Hal ini tidak terlepas dari cara menggunakannya yang sangat mudah dan praktis. Untuk memotong video, Anda bisa langsung mengubah ukuran hanya dengan satu kali klik. Pilih fitur cut untuk crop video dan pilih ukuran video yang Anda inginkan.

Untuk pengeditan dasar lainnya juga cukup praktis. Mulai dari trimming video, menyisipkan efek animasi, serta menambahkan musik atau recorder. Anda juga bisa menyimpan hasil video berkualitas tinggi atau HD, sehingga tak perlu takut hasil video blur untuk konten media sosial.

11. YouCut

YouCut juga termasuk aplikasi video editor terbaik yang bisa Anda andalkan untuk memotong ukuran video ke berbagai format konten media sosial. Download aplikasinya di Google Play Store dan langsung gunakan secara gratis untuk menikmati fitur-fitur pengeditan dasar.

Untuk memotong video, pilih fitur cut dan sesuaikan ukuran dengan keinginan. Jangan salah pilih fitur trim, karena fitur tersebut bukan untuk memotong ukuran video. Tapi memotong durasi video agar menjadi lebih pendek.

Fitur pengeditan lainnya yang tak kalah menarik, yaitu menambahkan musik ke dalam video, hingga menyisipkan frames untuk mempercantik tampilan video. Menarik sekali, bukan? Anda bisa membuat berbagai video kekinian dengan cepat dan mudah hanya dalam satu aplikasi.

12. Video Cutter

Sesuai namanya, aplikasi ini memang dikhususkan untuk memotong video ke berbagai ukuran yang Anda inginkan. Pilihan format ukuran videonya pun beragam dan bisa Anda sesuaikan dengan jenis media sosial untuk mengunggah video tersebut.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur-fitur pengeditan dasar lainnya, seperti menggabungkan beberapa video. Namun, aplikasi ini kurang recommended jika Anda ingin melakukan pengeditan lebih lanjut, seperti menambah filter atau efek animasi tertentu.Saat ini tersedia banyak aplikasi pemotong video yang mampu mengubah ukuran video sesuai keinginan. Beberapa di antaranya juga menawarkan fitur-fitur menarik yang bisa Anda gunakan untuk mengedit konten video. Sekarang Anda tinggal memilih salah satu yang terbaik sesuai kebutuhan.

Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.