Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

7+ Cara Cek Nomor 3 Milik Sendiri dengan Mudah

3 min read

Cara Cek Nomor 3

Kehidupan modern yang serba mudah membuat banyak orang lebih sering melupakan hal-hal yang berkaitan dengan angka. Salah satunya adalah nomor HP. Untungnya, saat ini ada kemudahan yang bisa didapatkan dengan pengecekan dari provider. Bagi pengguna 3, berikut cara cek nomor 3 (Tri) paling mudah.

Cara Cek Nomor 3 Menggunakan USSD

USSD merupakan layanan yang diberikan tiap provider untuk memudahkan pelanggan. Layanan ini juga tidak akan mengurangi pulsa. Mengecek nomor 3 juga bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan cara ini. Berikut cara cek nomor Tri 2022 yang bisa dilakukan menggunakan USSD.

1. Call di Nomor Khusus

Call di Nomor Khusus

Tersedia nomor khusus yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan untuk kartu 3 di *998# dan *111*1#. Cara penggunaan nomor ini sangat mudah. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pertama buka menu untuk panggilan telepon di ponsel
  2. Masukan pilihan nomor khusus *998# atau juga bisa *111*1#
  3. Lanjutkan dengan menekan Call atau OK
  4. Selanjutnya nomor 3 akan muncul di layar ponsel

2. Cek Melalui Dial Up Numbers

Cara cek nomor 3 juga bisa dilakukan dengan menggunakan dial up dari 3. Caranya juga sama mudahnya. Berikut langkah yang perlu dilakukan. 

  1. Pertama buka menu panggilan untuk telepon
  2. Lalu tekan kode *123*2*1*1#
  3. Lanjutkan dengan tekan Call atau OK
  4. Selanjutnya akan bisa menemukan nomor 3 milik Anda

Baca juga:

Cara Cek Nomor 3 Lewat SMS

Cara Cek Nomor 3 Lewat SMS

Untuk mengecek nomor 3 (Tri) anda yang mungkin sudah lupa bisa juga lewat SMS manual di perangkat masing – masing. Adapun langkah-langkahnya sendiri akan dijelaskan sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi perpesanan.
  2. Kemudian Ketik Info (spasi) data.
  3. Lalu Kirim ke nomor 234.

Dengan catatan, jika anda menggunakan dual sim pada perangkat. Pastikan untuk mengirim menggunakan nomor telepon 3 entah pada nomor sim 1 atau sim 2 anda bisa menyesuaikannya.

Cara Cek Menggunakan Call Center

Cara mudah lainnya untuk cek nomor 3 bisa dilakukan dengan menggunakan layanan Call Center. Untuk menggunakan cara ini Anda perlu melakukan panggilan ke Call Center 3. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Masuk di menu panggilan telepon yang ada di ponsel
  2. Lanjutkan dengan menekan nomor 111
  3. Tunggu hingga operator Call Center melayani Anda
  4. Setelah tersambung dengan operator silahkan tanyakan nomor Anda

Cara Cek Nomor 3 Menggunakan Aplikasi

Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi dari 3, Bima Tri untuk cek nomor Anda. Bukan hanya info kartu, Anda juga bisa menemukan berbagai informasi lainnya seperti kuota, info pulsa dan sebagainya. Cara cek nomor 3 lewat aplikasi ini sangat simpel. Berikut langkah yang harus dilakukan. 

  1. Pertama Anda harus mengunduh aplikasi Bima Tri dan menginstalnya di HP
  2. Lanjutkan dengan melakukan registrasi
  3. Setelah selesai, Anda bisa mencari informasi soal kartu di Profil Anda

Cara Cek Info Lain di Nomor 3

Selain cara cek nomor 3 diatas, ada beberapa informasi lain yang bisa didapatkan dengan menggunakan dial up, Call Center dan aplikasi Bima Tri. Berikut informasi apa saja yang bisa di cek terkait nomor 3 Anda.

1. Cara Cek Registrasi

Cara cek registrasi 3 bisa dilakukan dengan mudah melalui SMS. Anda bisa cek NIK yang terdaftar dengan SMS ke nomor 4444. Dengan cara ini bisa diketahui nomor 3 Anda terdaftar atas nama siapa. JIka ingin Unreg nomor yang masih aktif bisa juga dilakukan dengan cara mudah.

Untuk Unreg Anda bisa melakukan SMS ke nomor yang sama, 4444. Format yang harus diikuti adalah UNREG#Nomor NIK#. Selain melalui SMS, untuk Unreg nomor 3 juga bisa dilakukan melalui website resminya di https://registrasi.tri.co.id/unreg.

2. Cara Cek Kuota

Ada 4 cara yang bisa dilakukan untuk cek kuota 3, yaitu lewat dial up, SMS dan aplikasi. Semua cara ini cukup mudah dilakukan. Berikut langkah yang perlu dilakukan.

Melalui Dial Up

Berikut tahapan untuk cek kuota dengan menggunakan dial up.

  1. Pertama buka menu Panggilan di ponsel
  2. Lalu lakukan dial di nomor *111#
  3. Pilih menu Cek Kuota
  4. Lalu lanjutkan dengan tekan pilihan Kuota Data
  5. Pilih paket data yang Anda gunakan
  6. Lanjutkan pilihan Status & Info
  7. Lalu pilih menu Cek Kuota
  8. Silahkan tunggu sesaat sampai keluar notifikasi yang memberikan info kuota nomor Anda

Melalui SMS

Untuk cek kuota kartu 3 bisa dilakukan melalui SMS. Untuk cek nomor 3 lewat SMS ini bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Berikut tahapan yang harus dilakukan.

  1. Pertama buka menu SMS di ponsel
  2. Ketik info spasi data pada kolom SMS
  3. Kirimkan SMS ini ke nomor 234
  4. Tunggu sesaat sampai Anda mendapatkan notifikasi di ponsel

Melalui Aplikasi

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, pertama Anda harus download dulu aplikasinya. Setelah masukan data-data yang diperlukan untuk bisa login. Saat sudah bisa login dengan nomor 3 yang digunakan, Anda akan dapat menemukan info terkait sisa kuota di sana.

3. Cara Cek Pulsa Dengan Dial Up

Cara cek pulsa 3 paling mudah adalah dengan menggunakan dial up. Caranya mudah dengan cara menghubungi *111#. Selanjutnya pilih menu Cek Pulsa. Lalu sistem akan menampilkan sisa pulsa yang Anda miliki di layar ponsel.

4. Cara Cek Masa Aktif Kartu

Sebagai pengguna nomor 3, ada kalanya Anda juga perlu untuk mengecek masa aktif kartu. Cara cek nomor 3 masih aktif atau tidak cukup mudah untuk dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa melakukan pengecekan melalui USSD atau kirim SMS.

Menggunakan USSD

Cara cek masa aktif kartu ini sangat mudah dilakukan dengan menggunakan dial up ke kode *111*1#. Dengan dial ke kode ini nantinya akan ditampilkan data tentang masa aktif kartu yang Anda gunakan. Cara ini paling cepat dan mudah untuk dilakukan.

Menggunakan SMS

Cara cek masa aktif kartu 3 dengan cara menggunakan SMS juga sama mudahnya. Anda perlu mengirimkan SMS ke nomor 234. Untuk format SMS yang harus dikirimkan adalah INFO spasi DATA. Tunggu sesaat sampai Anda mendapatkan notifikasi yang berisi masa aktif dan info lainnya.

5. Cara Beli Paket Data Dengan Pulsa

Selain cara cek nomor 3 , Anda juga juga beli paket data dari pulsa. Pembelian paket data ini bisa juga dilakukan dengan menggunakan dial up. Cara berguna untuk diketahui karena bisa digunakan pada saat urgent. Berikut cara yang perlu dilakukan untuk pembelian pulsa.

  1. Pertama masuk pada menu Panggilan di ponsel
  2. Lalu ketik kode *111*1#
  3. Pilih paket sesuai dengan tawaran yang tersedia dengan menuliskan nomornya
  4. Lalu akan ada permintaan konfirmasi terkait pembelian paket yang dipilih
  5. Lakukan konfirmasi dengan ketik 1
  6. Lalu tunggu sesaat sampai ada konfirmasi lewat SMS bahwa pembelian paket sudah berhasil

6. Cara Berhenti Berlangganan Paket Data

Bagi Anda yang berlangganan paket data tertentu dan ingin berhenti berlangganan paket data ini bisa dilakukan dengan cara kirim ke layanan 234. Langkahnya cukup mudah seperti berikut ini.

  1. Pertama buka aplikasi SMS
  2. Lalu lanjutkan dengan kirim SMS dengan format Stop spasi Data
  3. Kiriman ke nomor 234
  4. Tunggu sesaat sampai Anda menerima notifikasi penghentian paket data yang digunakan

Bagi pengguna nomor 3, sebaiknya mengetahui cara cek nomor 3 ini. Cara ini akan berguna sewaktu-waktu diperlukan. Kode dial up dan nomor-nomor khusus yang disediakan sebagai bagian layanan 3 ini memang dibuat untuk memberikan kemudahan pada penggunanya.

Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.