BerandaTutorialKomuter & LaptopCara Membersihkan Keyboard Laptop Yang Kotor Paling Mudah

Cara Membersihkan Keyboard Laptop Yang Kotor Paling Mudah

Keyboard laptop yang kotor dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan macet pada saat digunakan. Cek artikel ini untuk mengetahui cara membersihkan keyboard laptop dengan berbagai macam alat bantu.

Laptop merupakan salah satu alat yang banyak digunakan oleh para pekerja. Selain fungsinya yang lengkap, laptop cenderung digandrungi karena dapat dibawa dan digunakan di mana saja.

Contohnya saja, jika anda pergi ke salah satu café atau restoran cepat saji yang menyediakan WiFi gratis, anda pastikan akan menemukan minimal satu pengunjung yang menggunakan laptop

Tapi, apakah anda tahu bahwa kebersihan laptop perlu dijaga? Salah satu bagian yang perlu dibersihkan adalah keyboard.

Disini kami rangkumkan alasan, alat, dan cara membersihkan keyboard laptop. Tips-tips di bawah ini bisa anda terapkan mulai dari rumah saja.

Baca juga: Kelebihan MacBook Pro dari Laptop Lainnya

Alasan Penting Membersihkan Keyboard Laptop

1. Menjaga Kesehatan

Tahukah anda pentingnya membersihkan keyboard laptop yang anda gunakan? Pasalnya keyboard laptop yang kotor dapat menyimpan berbagai macam kuman dan bakteri. Hiyy, jangan sampe ya keyboard laptop anda menjadi sarang dan sumber penyakit. 

2. Menjaga Performa Keyboard Agar Tidak Macek

Selain menjaga kesehatan penggunanya, membersihkan keyboard laptop juga bisa dapat menjaga kesehatan laptop. Pasalnya kotoran dan debu yang masuk melalui celah-celah keyboard dapat mempengaruhi kerja mesin. 

Debu yang menye linap dari keyboard ini akan menyelimuti bagian-bagian penting pada laptop. Semakin banyak debu yang menumpuk maka kinerja mesin akan semakin berat.

Selain itu, hal ini tentunya akan membuat mesin semakin cepat panas.

Selain itu keyboard yang kotor juga menyebabkan beberapa fungsi keyboard yang terasa lebih keras saat ditekan, beberapa kasus Macet akibat menumpukknya kotoran di sela keyboard juga sering terjadi, untuk itulah kenapa anda juga perlu memperhatikan hal sederhana berikut.

Alat yang digunakan untuk membersihkan Keyboard Laptop Yang Kotor

Ada banyak alat yang dapat digunakan untuk membersihkan keyboard laptop. Berikut alat-alat yang bisa anda pilih dan “cara membersihkan keyboard laptop” :

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik dan Gratis

A. Cotton bud

Siapa yang tidak tahu cotton bud? Salah satu alat yang biasa digunakan untuk membersihkan telinga ini juga bisa digunakan untuk membersihkan keyboard.

Harganya relatif murah dan dapat ditemukan di mana saja. Alat ini dapat membantu menyeka sela-sela keyboard.

Alat Untuk Membersihkan Keyboard Laptop
Sumber: Instagram.com/ecofox_

B. Lap silk fiber

Terbayang tidak bentuk lap silk fiber seperti apa? Mudahnya seperti lap pembersih kacamata ya. Alat ini bisa menjadi pilihan dalam membantu mengelap permukaan keyboard. Teksturnya yang halus dinilai tidak akan meninggalkan partikel-partikel kecil pada keyboard.

Alat Untuk Membersihkan Keyboard Laptop
Sumber: Instagram.com/kayshashop_

C. Mini Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner ini khusus untuk menyedot debu pada keyboard. Ukurannya yang sangat ini cocok untuk menjangkau bagian terkecil dari sela-sela keyboard. Anda bisa mendapatkan alat ini mulai dari harga 10.000 di beberapa platform e-commerce terkenal di Indonesia.

Alat Untuk Membersihkan Keyboard Laptop
Sumber: Instagram.com/keyboard_vacuum_cleaner

D. Kuas halus

Anda juga bisa menggunakan kuas yang halus. Kuas dengan bulu halus relative aman untuk membersihkan sela-sela keyboard. Kuas berbulu halus bisa anda temui pada kuas make up. Harganya bervariatif mulai dari Rp 10.000.

Sumber: Instagram.com/brushstorelima

E. Hair Dryer

Hair dryer juga bisa digunakan sebagai alat pendorong debu untuk keluar dari keyboard bagian dalam. Jika anda menggunakan alat ini, pastikan kondisi laptop tidak dalam kondisi baru selesai dipakai dan kondisi mesin sudah dingin.

Sumber: Instagram.com/romanasimbera.cello

Baca juga: Cara Uninstall Aplikasi di Laptop / PC Plus Gambar

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

1. Pastikan Laptop dalam Keadaan Tidak Menyala

Pertama anda harus memastikan bahwa laptop dalam kondisi tidak menyala (off).  Akan lebih baik lagi, jika laptop keyboard laptop yang akan dibersihkan tidak baru saja digunakan. Hal ini meghjndari potensi kerusakan yang disebabkan kondisi panas dari mesin laptop.

Anda juga bisa mencabut baterai laptop terlebih dahulu jika baterai laptop bisa dicabut. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan terpencetnya tombol power on ketika membersihkan keyboard laptop. 

2. Posisikan Laptop Secara Terbalik

Selanjutnya, anda perlu memposisikan laptop anda terbalik. Anda bisa membuka laptop 30 derajat antara layar dan keyboard. Selanjutnya posisikan seperti bentuk segitiga. Hal ini membantu untuk mengeluarkan serpihan kotoran atau debu yang masuk ke dalam sela-sela keyboard. 

Anda bisa membolak balikan posisi keyboard laptop secara perlahan dan berulang untuk mengeluarkan debu secara manual. Hindari mengguncang laptop. Hindari mengetuk mengetuk dari bagian bawah (mesin) laptop. Hal ini berpotensi menyebabkan patah pada komponen yang berukuran kecil. 

3. Tekan tombol Keyboard seperti Mengetik

Anda juga bisa melakukan gerakan mengetik pada keyboard laptop yang sudah diposisikan secara terbalik. Hal ini bisa sedikit membantu menggerakan kotoran yang berada di bawah tuts keyboard yang anda tekan.  Tekan tuts-tuts keyboard sewajarnya saja ya, jangan terlalu keras.

4. Gunakan Alat Bantu

Cara membersihkan keyboard laptop lainnya bisa juga menggunakan alat bantu. Alat bantu ini bersifat tentatif. Terdapat beberapa alat bantu yang dapat dipilih. Penggunaan alat bantu ini pun bisa dikombinasikan pada saat laptop dalam posisi terbalik.

Anda bisa memilih cottonbud untuk menyisir debu yang masih menempel pada sisi samping luar tombol keyboard. Anda juga bisa menggunakan alat bantu hairdryer untuk mendorong debu ketika laptop berada pada posisi segitiga.

Jika dirasa cukup, anda bisa mengubah laptop anda ke posisi semula. Gunakan lah lap silk fiber untuk membersihkan tuts keyboard bagian atas. Hal ini bertujuan untuk membersihkan bekas minyak yang mungkin saja menempel. Anda bisa mengelapnya satu per satu. 

Selanjutnya, anda bisa menggunakan keyboard cleaner jika memilikinya. Tentu saja ini akan membantu penghisapan debu dari sela-sela keyboard. 

Namun, tidak perlu khawatir jika anda tidak memilikinya. Tahap pembersihan pertama sudah cukup untuk membersihkan debu yang terselip ke dalam keyboard. 

5. Lepas tombol-tombol keyboard

Cara selanjutnya direkomendasikan hanya untuk bagi para pengguna yang sudah terbiasa dan paham mengenai cara melepas keyboard. Ketika anda bisa melepas tiap tuts pada keyboard, anda bisa mengelap debu yang berada di dalamnya menggunakan lap silk fiber.

Jika anda tidak berpengalaman, tahap ini lebih baik dilewati saja. Anda bisa menggunakan jasa professional jika tetap ingin melakukan pembersihan secara keseluruhan. Hal ini untuk menghindari kemungkinan malfungsi ketika mencabut tuts keyboard.

6. Gunakan Keypad Protector

Setelah membersihkan keyboard laptop, anda disarankan menggunakan keyboard protector. Keyboard protector berfungsi sebagai pelindung dari goresan dan debu. Adapun keyboard protector yang disarankan berbahan silicon yang mengcover seluruh area.

Selain untuk mencegah debu masuk ke dalam sela-sela keyboard, protector ini  berbahan juga dapat mencegah cipratan air yg mungkin saja tumpah ketika anda bekerja di depan laprtop.

7. Cuci Tangan Anda

Setelah selesai membersihkan laptop keyboard anda, jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan sabun. Ada banyak bakteri dan kuman yang mungkin saja menyelinap di tangan anda. Pastikan anda mencuci tangan anda sampai bersih dan keringkan menggunakan tissue.

Nah sudah tau kan, bagaimana cara membersihkan keyboard laptop? Coba diingat lagi, kapan ya terakhir kali mereka dibersihkan? Yuk, bersihkan keyboard laptop anda agar terhindar dari kuman dan debu yang tidak diinginkan.

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Rekomendasi :