Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

4+ Cara Membuat NFT di Android dengan Mudah (Lengkap)

3 min read

Cara Membuat NFT di Android

Saat ini, NFT menjadi trend semenjak ada pemuda bernama Ghozali Everyday yang berhasil mendapatkan miliaran rupiah dari hasil bermain NFT dengan foto selfienya. Oleh sebab itu, banyak orang yang ingin mengetahui cara membuat NFT di Android. 

NFT adalah Non Fungible Token yang merupakan investasi jenis baru dalam bentuk digital. Transaksi dari investasi ini nantinya dari teknologi bermana blockchain ethereum. Banyak para seniman dan kreator yang menjual karya di NFT agar menjadi aset yang menghasilkan. 

Cara Membuat NFT di Android

Cara Membuat NFT di Android 

Adanya berita viral mengenai Ghozali Everyday membuat banyak orang ingin mencoba belajar cara main NFT untuk pemula. Namun, HP yang dimilikinya adalah Android sehingga akan muncul pertanyaan apakah NFT bisa diakses di Android? 

Ternyata NFT juga bisa dibuat dari Android. Lalu, bagaimana cara membuat NFT di Android? 

Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk membuat NFT. Salah satunya adalah OpenSea sama seperti platform yang dipakai oleh Ghozali untuk membuat NFT. Untuk membuat NFT, Anda harus mengetahui beberapa istilah dalam NFT. 

Pastikan Anda sudah membuat aset NFT yang merupakan karya terbaik yang unik kemudian ubah aset tersebut menjadi NFT. Contoh aset yang sering ada dalam NFT adalah foto, video, lukisan, musik, dsb. 

Jangan lupa untuk memiliki dompet kripto yang digunakan untuk transaksi dan pembayaran. Nama proses pengubahan dari aset karya ke NFT ini disebut juga dengan cara minting NFT. 

Jadi, ini menjadi hal yang perlu dilakukan agar bisa menjual NFT di berbagai aplikasi lainnya. 

Berikut adalah cara membuat NFT di Android secara lengkapnya. 

1. Siapkan Aset Digital

Aset Digital

Langkah pertama untuk cara membuat NFT di Android adalah menyiapkan aset digital. Hal tersebut penting karena produk inilah yang nantinya akan Anda jual. Karya NFT ini bisa berupa gif, foto, musik, lukisan, dsb. 

Perhatikan juga orisinalitas dari aset tersebut agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Jangan juga menggunakan data pribadi atau produk yang ilegal karena ini bisa berbahaya secara hukum dan membuat Anda dirugikan nantinya. 

Aset digital adalah karya dalam bentuk digital atau soft file sehingga bisa dijual di OpenSea. 

2. Siapkan Dompet Digital

Siapkan Dompet Digital

Langkah berikutnya untuk cara membuat NFT dan menjualnya adalah menyiapkan dompet digital terlebih dahulu. 

Hal ini penting karena orang yang membeli aset Anda akan melakukan transaksi dan menyimpannya di dompet digital yang tersambung dengan marketplace. 

Jadi, ini merupakan syarat wajib untuk membuat NFT sehingga hasil dari penjualan NFT bisa masuk ke rekening dompet digital yang Anda gunakan. 

Selanjutnya, pastikan Anda punya aset kripto agar bisa melakukan transaksi jual beli NFT di berbagai aplikasi tersedia. 

3. Cara Minting NFT di OpenSea

OpenSea adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengubah aset menjadi NFT agar bisa dijual secara luas. File tersebut nantinya akan disimpan dalam bentuk digital yaitu di blockchain yang Anda miliki. 

OpenSea adalah platform marketplace yang terbesar sehingga jika menggunakan aplikasi ini, karya Anda bisa dengan cepat tersebar dan banyak target konsumen yang bisa didapatkan. Lalu, bagaimana cara membuat NFT di Android menggunakan OpenSea? 

Simak tutorialnya berikut ini. 

4. Tutorial Cara Membuat NFT di OpenSea

Tutorial Cara Membuat NFT di OpenSea

Berikut adalah cara membuat NFT di Android melalui beberapa langkah lengkap berikut ini: 

  1. Buka website OpenSea lewat browser yang dimiliki. 
  2. Selanjutnya, buatlah akun terlebih dahulu. Untuk membuatnya, Anda perlu menghubungkan OpenSea ke dompet kripto Anda contohnya MetaMask. 
  3. Jika belum punya crypto wallet ini, daftarkan dulu diri Anda agar bisa mendaftar ke OpenSea. 
  4. Setelah menyambungkan crypto wallet ke OpenSea, isi juga data diri agar membuat profil akun OpenSea. 
  5. Kemudian lakukan verifikasi dengan menggunakan kode yang dikirim melalui email. 
  6. Setelah berhasil masuk dan membuat akun, silahkan pilih menu Account. 
  7. Selanjutnya, klik My Collection. 
  8. Lalu pilih opsi Create a Collection. 
  9. Kemudian pilih karya Anda yang sudah dalam bentuk file untuk diunggah menjadi NFT. 
  10. Jangan lupa untuk memberikan nama aset tersebut agar menarik. 
  11. Isi juga deskripsi produk NFT yang sesuai dengan produk tersebut. 
  12. Jika sudah, klik Create dan tunggu beberapa saat sampai pihak NFT menyetujui aset digital untuk ditampilkan. Jika sudah disetujui, otomatis NFT akan muncul dan dibagikan di OpenSea sehingga orang bisa membeli karya Anda. 

Cara jual NFT di OpenSea lebih banyak dipilih karena platform ini termasuk marketplace NFT terbesar di seluruh dunia.

Baca juga:

4 Aplikasi Membuat NFT di HP Android Gratis 

Bagaimana membuat NFT sendiri? Ada banyak aplikasi lain yang digunakan untuk membuat karya NFT sendiri. Berikut adalah beberapa aplikasi membuat NFT gratis yang bisa Anda pakai. 

1. SuperMe

SuperMe

Aplikasi pertama ini sebenarnya bukan aplikasi membuat NFT tetapi adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat avatar yang lucu. Jadi, ini bisa menjadi karya untuk dijual di NFT. Anda bisa membuat berbagai karakter avatar yang unik dan mengcustomnya sesuai selera. 

Mulai dari wajah, mulut, hidung, sampai dengan baju yang dikenakan. Setelah berhasil membuatnya, jual avatar tersebut sebagai NFT. Banyak orang yang sudah menggunakan aplikasi ini untuk latihan membuat karakter NFT. 

2. 8bit Painter

8bit Painter

Aplikasi berikutnya yang digunakan untuk NFT yaitu membuat karya gambar dengan pixel art terbaik. Banyak kreator yang menggunakan aplikasi ini untuk membuat tema gambar secara gratis. 

Jika Anda punya kemampuan dalam desain dan suka menggambar, manfaatkan aplikasi ini untuk membuat aset digital untuk dijual di NFT. Anda bisa mulai membuatnya dengan berbagai ukuran mulai dari 16 x 16 dan ada juga yang besar 160 x 160. 

3. Pixel Studio: Pixel Art Editor

Pixel Studio Pixel Art Editor

Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk cara membuat NFT gratis adalah Pixel Studio. Cara kerjanya sama dengan 8bit Painter yaitu untuk menghasilkan gambar secara digital. 

Perbedaannya, aplikasi ini sering dibuat untuk cara buat animasi NFT dengan menggambar dengan gaya anime karena beberapa fiturnya yang mendukung. 

Namun, ada pula yang menggunakannya untuk tema gambar tertentu. Meski gratis, aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap sehingga cocok sekali untuk menghasilkan karya terbaik dan menjualnya menjadi NFT. 

Karya yang dibuat dari NFT ini haruslah unik dan berbeda jadi Anda harus mengasah kreatifitas untuk menghasilkan karya terbaik. 

4. Mega Voxel

Mega Voxel

Aplikasi terakhir yang bisa digunakan untuk membuat NFT adalah Mega Voxel. Kelebihannya adalah bisa membuat NFT 3D karena kualitas pixel art 3D. 

Akhir Kata

Demikian cara membuat NFT di Android sampai dengan aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat karya NFT. Silahkan pilih mana yang terbaik sesuai dengan kemampuan Anda dalam berkarya. Selamat mencoba dan berkarya!

Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.