Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

6 Cara Mengecek Nomor Telkomsel Milik Sendiri dengan Mudah

3 min read

Cara Mengecek Nomor Telkomsel

Pengguna Telkomsel di Indonesia memang cukup banyak, tapi beberapa dari mereka belum mengetahui cara mengecek nomor Telkomsel mereka. Padahal cara mengetahui nomor sendiri tentu saja tidak sulit.

Telkomsel adalah salah satu provider atau GSM yang sangat populer di Indonesia. Nama yang merupakan singkatan dari Telekomunikasi Seluler tersebut telah mengeluarkan beberapa kartu GSM dengan nama yang berbeda seperti simPATI, HALO, Loop, dan Kartu AS.

Cara Mengecek Nomor Telkomsel

Hampir seluruh provider termasuk Telkomsel memiliki seri nomor sebanyak 11 hingga 12 digit saja. Karena itu, biasanya para pengguna kartu GSM akan mengetahui nomor yang sedang mereka gunakan. Sayangnya, ada beberapa orang yang merasa kesulitan untuk menghapal nomor tersebut.

Jika Anda merupakan pengguna kartu Telkomsel dan tidak mengetahui nomor Anda sendiri, maka Anda tidak perlu bingung karena Telkomsel menyediakan beberapa cara untuk cek nomor yang bisa Anda coba.

Tentu saja cara-cara tersebut tidak sulit dan bisa Anda lakukan sendiri. Berikut beberapa cara cek nomor Telkomsel pribadi yang mudah dan tidak ribet:

Baca juga:

1. Melalui Panggilan *808#

Cara Mengecek Nomor Telkomsel

Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengecek nomor adalah dengan menekan kombinasi angka dan karakter yaitu *808#. Anda bisa segera mengetahui nomor Telkomsel Anda dengan melakukan dial-up pada angka tersebut.

Seperti saat Anda hendak menelpon seseorang, Anda hanya perlu memasukkan angka tersebut pada bagian menu panggilan. Jika Anda masih bingung, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu panggilan yang terdapat pada handphone Anda
  2. Pada menu tersebut, tekan *808#
  3. Pilih opsi “Call/Panggil
  4. Seperti saat mengecek pulsa, pihak Telkomsel akan memberikan informasi nomor Anda melalui pop up notifikasi. Agar Anda tidak lupa, Anda bisa menyimpan nomor tersebut dengan menggunakan fitur tangkapan layar atau screenshot pada ponsel Anda.
  5. Meski begitu, informasi mengenai nomor Telkomsel juga akan Anda dapatkan melalui SMS otomatis dari pihak Telkomsel.

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menekan *808# untuk mengecek nomor yaitu pastikan bahwa Anda memiliki pulsa pada kartu Anda. Melakukan pengecekan dengan menggunakan cara di atas tentunya membutuhkan pulsa sebesar Rp 100 per sekali dial up sebagai biaya.

2. Menggunakan Aplikasi MyTelkomsel

MyTelkomsel

Cara yang lebih mudah untuk mengetahui nomor Telkomsel yaitu dengan menggunakan bantuan dari aplikasi MyTelkomsel. Aplikasi yang satu ini akan membantu Anda dalam mengetahui informasi kartu Anda termasuk nomor.

Jika Anda belum memiliki aplikasi tersebut, tentu saja Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu melalui AppStore atau PlayStore secara gratis. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengecek nomor:

  1. Pastikan Anda sudah mengunduh dan menginstall aplikasi MyTelkomsel
  2. Lakukan registrasi sebagai langkah awal
  3. Setelah melakukan registrasi, aplikasi tersebut akan menampilkan berbagai menu serta pilihan layanan untuk Anda
  4. Untuk mengetahui nomor yang sedang Anda gunakan, Anda hanya perlu masuk ke bagian menu informasi. Pada menu tersebut akan tampil berbagai informasi mengenai kartu Anda termasuk nomor.

Jika Anda telah mengunduh aplikasi MyTelkomsel dan melakukan registrasi, maka ke depannya Anda hanya perlu membuka aplikasi tersebut untuk mengetahui nomor milik Anda. Aplikasi tersebut akan memunculkan nomor Anda pada tampilan utama tanpa Anda perlu melakukan apapun.

3. Dengan Bantuan Operator

Dengan Bantuan Operator

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan saat hendak mengecek nomor Telkomsel yaitu dengan cara meminta bantuan operator. Anda bisa meminta bantuan operator atau customer service dengan melalui panggilan telepon.

Jika Anda masih bingung atau belum pernah menghubungi operator Telkomsel secara langsung, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Buka menu panggilan yang ada pada handphone Anda
  2. Ketik angka 188 jika Anda merupakan pengguna kartu Telkomsel jenis simPATI, Loop, atau Kartu AS
  3. Jika Anda merupakan pengguna kartu Telkomsel jenis HALO, maka Anda bisa menghubungi call center di nomor lain yaitu 133
  4. Sedangkan jika Anda tengah berada di luar negeri, Anda bisa menghubungi operator di nomor +628110000333
  5. Tekan opsi “Call/Panggil” pada handphone Anda.

Dengan menghubungi operator, maka Anda akan langsung mendengarkan informasi mengenai nomor pada kartu yang sedang Anda gunakan dari pihak Telkomsel.

4. Melalui Asisten Virtual

Jika Anda enggan untuk melakukan panggilan telepon dengan operator, Anda bisa meminta bantuan seorang asisten virtual bernama Veronika untuk dapat mengetahui nomor Telkomsel Anda. Anda bisa menghubungi Veronika melalui pesan singkat atau chat.

Tidak perlu khawatir, layanan asisten virtual bernama Veronika ini dapat Anda akses melalui berbagai aplikasi, di antaranya:

  • Melalui aplikasi MyTelkomsel.
  • Melalui aplikasi WhatsApp di tsel.me/wa2.
  • Melalui situs web yaitu www.telkomsel.com.
  • Melalui aplikasi Telegram di tsel.me/telegramVA2.
  • Melalui aplikasi LINE di tsel.me/lineVA2.
  • Melalui aplikasi Facebook Messenger di tsel.me/fbV2.

Asisten Virtual yang disediakan oleh Telkomsel akan membantu Anda untuk mengetahui informasi produk dan layanan dari Telkomsel. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengecekan seperti mengecek Telkomsel poin, kuota, nomor, tagihan pulsa, hingga melakukan pembelian pulsa.

5. Melalui SMS

Selain cara-cara di atas, Anda tentu saja dapat mengetahui informasi nomor Telkomsel Anda melalui layanan pesan singkat atau SMS. Anda hanya perlu mengirim SMS ke nomor orang lain untuk melakukan pengecekan.

Seperti mengirim SMS pada umumnya, mengirim SMS untuk mengetahui nomor tentu saja membutuhkan biaya. Anda akan diminta untuk membayar sekitar Rp 350 per SMS. Karena itu, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki pulsa pada kartu Anda.

Anda akan segera mengetahui nomor Telkomsel Anda setelah mengirim pesan singkat atau SMS ke nomor orang lain. Nomor Anda akan tampil dan terlihat langsung pada menu SMS di handphone Anda.

Jika nomor Anda tidak tampil pada halaman SMS di handphone Anda, maka Anda bisa mengecek nomor Anda melalui handphone orang yang Anda kirim pesan tersebut.

6. Melalui Panggilan Telepon

Jika cara sebelumnya yaitu dengan mengirim pesan singkat atau SMS, cara yang satu ini yaitu dengan melakukan panggilan telepon. Anda bisa mengetahui nomor milik Anda dengan melakukan panggilan telepon pada nomor orang lain.

Dengan melakukan panggilan telepon tersebut, Anda bisa mengetahui nomor Anda dengan mengecek handphone orang yang Anda telepon sebelumnya. Nomor Anda akan tampil pada layar orang yang Anda telepon tersebut.

Untuk dapat melakukan cara yang satu ini, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki cukup pulsa pada kartu Anda. Hal tersebut karena untuk melakukan panggilan, Anda akan membutuhkan biaya berupa pulsa.

Meskipun nantinya orang yang Anda panggil tidak menjawab atau mematikan telepon Anda, tapi tetap saja Anda akan membutuhkan pulsa untuk melakukan dial-up nomor orang lain.

Jika nomor Telkomsel Anda merupakan nomor yang Anda daftarkan untuk aplikasi WhatsApp, maka mengecek nomor akan menjadi lebih mudah. Anda hanya perlu membuka profil Anda pada menu “Setting/Pengaturan”.

Bagaimana? Cara mengecek nomor Telkomsel cukup mudah dan simpel bukan? Anda bisa memilih satu dari beberapa cara yang menjadi rekomendasi di atas untuk Anda coba. Pilih yang paling Anda inginkan serta menurut Anda paling mudah.

Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.