27 Rekomendasi Game 8 Bit Ringan Terbaik 2022, Seru Dimainkan!

27 Rekomendasi Game 8 Bit Ringan Terbaik 2022, Seru Dimainkan!

Game 8 bit adalah game yang menggunakan tampilan pixel dan terlihat ada bintik-bintik putihnya. Apa yang dimaksud dengan 8 bit? 8-bit ini sendiri merupakan perangkat keras atau perangkat lunak komputer yang dapat mentransfer 8 bit data dalam waktu bersamaan.

Kembali lagi ke game 8 bit, biasanya tampilan game ini terlihat jadul dan sedikit burik. Meski begitu, game satu ini punya banyak kelebihan. Mulai dari hemat kuota internet dan tempat penyimpanan data, hingga sebagai media nostalgia game-game jadul di Nintendo atau PS 1 dan 2. 

Rekomendasi Game 8 Bit Terbaik

Ingin segera bermain game-game burik yang populer? Ketahui terlebih dahulu game apa saja yang 8 bit? Berikut daftar rekomendasi game 8 bit terbaik sepanjang masa yang bisa Anda mainkan.

1. Minecraft

Minecraft

Inilah game 8 bit paling populer yang identik dengan karakter berbentuk kotak-kotak. Game ini sendiri termasuk permainan berbasis open world dengan jumlah pemain hingga 125 juta lebih pengguna dari seluruh dunia,

Minecraft termasuk permainan sandbox yang memungkinkan pemain membangun dan menjelajahi dunia sesuka hati. Pemain juga dapat mengatur blok-blok sesuai keinginannya dengan kombinasi beberapa bentuk, alat, dll. Mulai dari struktur bangunan sederhana hingga yang rumit sekalipun.

Tentu permainan ini dapat melatih kreativitas sekaligus konsentrasi para pemainnya.Tak heran, jika game besutan Swedia Mojang Studios ini memiliki banyak penggemar, terutama anak-anak. Notch”

2. Super Mario Bros

Super Mario Bros

Anda pasti sudah tidak asing dengan game Super Mario Bros. Permainan video buatan Nintendo ini menampilkan seorang lelaki bernama Mario yang menjelajahi tempat-tempat baru sambil mengumpulkan kekuatan dan menyelesaikan tantangan.

Game jadul ini masih mengandalkan tampilan 8 bit dengan gambar kotak-kotak dan warna yang cenderung burik. Meski begitu, game ini tetap seru dimainkan untuk mengisi waktu luang. Tingkat kesulitannya juga tidak terlalu tinggi, sehingga pemain bisa naik level lebih cepat.

Pemain harus menjalankan Mario maju ke depan dan menghadapi berbagai rintangan yang ada. Mulai dari menginjak monster, membunuh hewan mematikan, dll. Selain itu, pemain juga perlu memperbanyak koin sebagai tambahan kekuatan melawan musuh.

3. Super Barnie World

Super Barnie World

Konsepnya hampir mirip dengan Super Mario Bros, dimana mengusung game arcade yang memungkinkan pemain melewati serangkaian petualangan. Tujuannya juga sama, yaitu memperbanyak koin dan menghadapi semua rintangan.

Yang membedakan hanya beberapa karakternya saja. Misalnya, pada Super Barnie World terdapat beberapa karakter perintang dalam bentuk siput, kura-kura, hingga ikan terbang. Ada juga rintangan berupa kolam api, sungai penuh dengan hewan buas, dll.

Dari segi tampilan juga sama, yaitu masih mengandalkan desain 8 bit yang terlihat jadul. Bermain game ini juga bisa menjadi sarana nostalgia bermain Super Mario Bros di Nintendo dulu.

4. Harvest Moon: Back to Nature

Lanjut ke rekomendasi game burik selanjutnya, ada Harvest Moon yang sudah lebih dari 30 tahun menemani para gamer sejak PS1. Jumlah penggemarnya jua banyak dari berbagai kalangan usia, dari anak-anak hingga orang dewasa yang gabut mengisi waktu luang.

Sesuai namanya, Harvest Moon merupakan sebuah permainan dengan visi back to nature. Game ini mengusung konsep simulasi perkebunan yang memungkinkan pemainnya melakukan berbagai aktivitas perkebunan. Mulai dari menanam, menyiram, hingga memupuk tanaman.

Dari hasil tanaman itulah pemain dapat mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Namun, tugas pemain bukan fokus pada tanaman saja. Ia juga harus melewati berbagai rintangan yang ada dalam permainan, seperti munculnya hujan, badai, dll.

5. Hyper Light Drifter

Hyper Light Drifter

Jika ingin menikmati permainan dengan grafis 8 bit yang mendebarkan, coba mainkan game yang satu ini. Dalam game ini, pemain mempunyai misi mulia untuk melindungi dan menyelamatkan dunianya dari kegelapan yang telah menyerangnya selama ratusan tahun.

Tantangan menyelamatkan dunia itu pun bertambah berat dengan banyaknya musuh. Jalur-jalur untuk menyelamatkan diri juga cukup rumit dan perlu strategi khusus. Karena itulah, game ini termasuk rekomendasi yang bagus untuk mengasah kemampuan menyusun strategi.

Meki begitu, suasana yang cukup menegangkan itu justru semakin menambah keseruan bermain. Tampilannya yang 8 bit juga menambah kesan unik tersendiri, seolah bernostalgia dengan game petualangan tradisional.

Baca juga: 20+ Aplikasi Sadap WA Viral Terbaik

6. Slayin

Satu lagi rekomendasi game simulasi dengan tampilan 8 bit yang tak boleh Anda lewatkan. Slayin merupakan game RPG berbasis strategi yang Anda mainkan dengan mudah melalui HP Android. Sebagai game strategi, tentu pemain harus punya kewaspadaan tinggi dalam menjalankan misinya.

Dalam game ini, tugas pemain sebenarnya sangatlah sederhana. Pemain hanya perlu memilih satu dari 3 hero yang tersedia, yaitu antara Knight, Knave, dan Wizard. Kemudian, pemain melakukan perjalanan panjang dan harus menghadapi monster dan berbagai rintangan yang ada.

Tidak hanya itu, pemain juga harus meraih item equip dan spell jika ingin memenangkan pertandingan. Mainkan game ini untuk meningkatkan konsentrasi dan kemampuan berpikir sekaligus menghilangkan penat akibat padatnya aktivitas.

7. Alladin

Alladin

Permainan yang rilis akhir tahun 90-an ini merupakan hasil pengembangan developer asal Amerika, yaitu Virgin Games USA. Berawal dari film Alladin yang mendapat sambutan hangat, akhirnya versi game-nya pun dibuat. Jika pernah menonton filmnya, coba mainkan juga game Alladin ini.

Game bergenre platform ini sendiri terkenal dengan tingkat kesulitannya yang cukup tinggi, salah satunya karena memiliki banyak rintangan. Hal ini menjadikan banyak pemain kesulitan naik level, apalagi menyelesaikan permainan. Namun, karena itu juga banyak yang penasaran memainkannya.

8. Undertale

Undertale

Undertale termasuk game RPG yang mengharuskan pemain mengendalikan manusia yang terjatuh terjerembab ke dunia monster. Dunia itu sendiri berada di bawah tanah dan pemain harus bisa keluar dari jebakan tersebut. Misi penyelamatan itulah yang harus pemain selesaikan jika ingin menang.

9. Grand Prix Story 2

Grand Prix Story 2

Grand Prix Story 2 adalah sebuah game balapan buatan Kairosoft yang menggunakan tampilan pixel khas permainan klasik tempo dulu. Balapan dalam game ini menggunakan mobil jenis Formula 1 dengan sejumlah fitur menarik yang menjadikan lomba balapan semakin seru.

Dalam game ini juga terdapat bengkel yang memungkinkan permain memperoleh berbagai item baru untuk menambah kekuatan tertentu. Dengan memperbanyak item tersebut, karir pembalap yang Anda mainkan pun bertambah bagus dan berpeluang menang.

10. Tetris Blitz

Tetris Blitz adalah salah satu permainan gimbot yang populer pada masanya. Namun, game ini juga hadir dalam versi Android yang tak kalah menarik dari versi awalnya dulu. Game tersebut menggunakan tampilan 8 bit yang mengingatkan grafis klasik ala game jadul.

Meskipun mengandalkan grafis 8 bit, namun game ini terlihat lebih futuristik dengan sentuhan warna yang menarik dan beberapa detail grafis modern. Dari segi game-nya sendiri, permainan ini menggunakan kontrol lebih inovatif, intuitif, dan terasa sangat nyaman.

Baca juga: 15 Aplikasi Download Foto dan Video Instagram Terbaik

11. Kung Fu Remix

Dalam permainan ini, gamer harus bergerak maju dan mengalahkan orang lain yang menjadi rintangan. Nantinya pemain juga melewati jembatan panjang yang terbagi dalam lima tahap. Tiap tahap tersebut pemain mempunyai misi untuk membunuh beberapa bos berbeda.

Bos pertama menggunakan tongkat. Lalu bos kedua memakai bumerang dan bos ketiga merupakan petinju berbadan gemuk. Lanjut ke bos keempat yang merupakan penyihir dan bos terakhir adalah seorang juara karate.

12. The Escapist 2

The Escapist termasuk game RPG yang mendulang kesuksesan di versi pertamanya. Kini hadir lagi dengan versi kedua yang tentunya lebih seru dan atraktif. Dari segi tampilan masih menggunakan grafis 8 bit yang terlihat klasik dengan adanya bintik-bintik putih.

Konsep gameplay-nya sendiri memungkinkan pemain mendapat beberapa jenis resources sebagai alat dalam menyelesaikan strategi dan kabur dari penjara. Sekilas mirip dengan gameplay pada versi pertama, namun ada beberapa tambahan fitur yang lebih menarik.

Salah satunya yaitu adanya fitur multiplayer yang memungkinkan pemain bermain dengan banyak pemain lainnya. Ada juga fitur split screen untuk mendukung fitur multiplayer. Tentunya The Escapist bisa menjadi salah satu game terbaik untuk mengisi waktu mabar Anda bersama teman-teman.

13. Galaxian and Galaga

Game yang rilis sejak tahun 1979 ini mengharuskan pemain mengontrol pesawat ruang angkasa dan melancarkan tembakan ke semua musuhnya. Termasuk game arcade yang sangat legend dan kini banyak bapak-bapak yang memainkannya untuk nostalgia.

14. OK Golf

OK Golf

Sesuai namanya, game ini merupakan game bertema permainan golf. OK Golf pertama kali rilis di iOS pada bulan Februari 2017, lalu menyusul versi Android-nya pada bulan Mei 2017. Keduanya sama-sama mengandalkan tampilan 8 bit yang unik dan menghasilkan vibes game klasik.

Karena merupakan permainan golf, maka aturan main pada game ini juga mengikuti aturan permainan olahraga golf di dunia nyata. Sekilas terlihat simpel, namun game online yang satu ini juga membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi agar pemain dapat menyelesaikan setiap level.

15. Terraria

Hampir mirip dengan Minecraft, karena sama-sama game sandbox yang menggunakan tampilan grafis pixel. Permainan ini juga dapat memberikan pengalaman bermain yang cukup berkesan. Salah satunya adalah gameplay yang mengharuskan pemain untuk tetap bertahan hidup.

Dalam permainan ini, gamer juga dapat membangun tempat tinggal dan melakukan berbagai aktivitas layaknya berada di kehidupan nyata. Game hasil developer bernama Re-Logic ini juga menghadirkan jenis-jenis item yang lebih banyak, terutama dalam hal senjata untuk melawan musuh.

Baca juga: 10 Game Google Doodle Populer

16. Voxel Invaders

Voxel Invaders juga termasuk game Android dengan tampilan grafis 8 bit. Permainan ini menggunakan genre arcade shooter dengan gaya retro yang sangat identik dengan game-game jadul ala Nintendo. Cara permainannya juga mudah dan sangatlah sederhana.

Pemain cukup memindahkan pesawat ruang angkasa, lalu mengontrolnya hanya dengan satu jari. Dari situ, Anda sudah bisa menembak musuh secara otomatis. Di dalam game ini juga terdapat beberapa pilihan senjata dengan syarat mengumpulkan power-ups dalam batas-batas tertentu.

17. Pixel Dreamer

Pixel Dreamer adalah rekomendasi game 8 bit yang baru rilis tahun 2020 kemarin. Meskipun termasuk game baru, namun game ini masih mengandalkan grafis pixel ala game-game jadul. Game besutan VinPix ini pun mendapat sambutan hangat, terutama karena plot ceritanya yang menarik.

Sesuai namanya, permainan ini berhubungan dengan alam mimpi, di mana pemain akan berada di sebuah dunia mimpi dan harus menghadapi monster-monster mengerikan yang ada di alam mimpi tersebut.

Tentunya, pemain tidak akan melawan para monster dengan tangan kosong. Ada beberapa senjata yang tersedia untuk mendukung aksinya itu. Salah satu senjata yang dapat pemain gunakan yaitu panah dan pedang.

Monster-monster yang harus pemain lawan juga beragam, dari yang bentuknya sederhana hingga cukup aneh dan rumit. Pemain harus menghadapinya dengan mengikuti alur linear hingga akhirnya berhasil dari alam mimpinya tersebut.

18. Contra

Contra merupakan game buatan Konami yang telah dirilis sejak tahun 1987. Contra termasuk game klasik yang terdiri dari banyak versi hingga 9 chapter lebih.

Dalam game ini terdapat 3 nyawa yang dapat Anda mainkan untuk menyelesaikan semua tahapan permainan. Di dalamnya juga terdapat beberapa kode cheat khusus untuk meningkatkan keseruan bermain. Mulai dari meningkatkan jumlah nyawa yang hidup, dll.

19. Papers, Please

Game ini sangatlah menarik, karena berasal dari film dokumenter distopia yang bercerita tentang negara Arstotzka. Dalam ceritanya, negara tersebut bermusuhan dengan negara tetangganya, sehingga mengalami banyak konflik.

Tugas Anda sebagai pemain game ini yaitu berperan menjadi petugas imigrasi yang berada di pos pemeriksaan di titik perbatasan. Di sana, Anda harus mengecek semua paspor imigran dan memberikan salah satu dari dua pilihan, yaitu memperbolehkan atau menolaknya masuk.

Game ini sangat bagus untuk melatih konsentrasi dan kemampuan berpikir. Cocok untuk kamu yang menggemari game-game simulasi, khususnya dalam menyelesaikan teka-teki dalam suatu permainan.

20. PewDiePie: Legend of Brofist

Game burik berikutnya mempunyai latar yang sangat unik, yaitu memainkan dunia PewDiePie, seorang gamer terkenal asal Swedia. Mengapa begitu? Karena pembuatnya adalah PewDiePie sendiri. Ia pun menjadikan dirinya sebagai karakter utama dalam game buatannya.

Game platformer ini juga menonjolkan narasi-narasi konyol khas PewDiePie dalam keseluruhan ceritanya, seperti skenario penculikan. Namun, ciri khas itu juga yang menjadikan game bergenre aksi petualangan ini semakin menarik.

Game 2D yang rilis tahun 2015 ini berada di bawah naungan Outerminds Inc, Kanada. Anda bisa memainkannya di PC maupun mobile.

Baca juga: 25 Game iOS / iPhone Offline dan Online Terbaik

21. Guardian Tales

Guardian Tales termasuk game RPG hasil developer Kong Studio yang terbit tahun 2020 kemarin. Memiliki alur cerita unik yang menempatkan pemain pada sebuah misi untuk mengalahkan berbagai monster. Adanya upgrade senjata dan armor pada tiap karakter juga menambah keseruan bermain.

Dengan upgrade kekuatan tersebut, pemain dapat lebih kuat dan melakukan perjalanan lebih jauh. Namun, tantangan yang harus pemain hadapi juga lebih sulit dan rumit. Para musuh memiliki kekuatan lebih kuat dan pemain harus menghadapi semuanya jika ingin menang.

22. My Heroes: SEA

Rekomendasi game pixel selanjutnya juga masih dalam genre RPG yang merupakan hasil besutan R2Games. Dalam game ini, pemain akan menjelajahi dunia dengan alur cerita lebih kompleks dan detail-detail plot yang cukup mengerikan.

Karakter utama serta party akan masuk dunia yang berisi berbagai monster mengerikan. Di dalamnya juga terdapat banyak dungeon yang harus Anda selesaikan dengan cara bertarung melawan monster-monster tadi.

Pasalnya karakter utama bersama dengan party-nya akan memasuki dunia yang dihuni oleh beragam monster mengerikan. Banyak dungeon yang harus pemain selesaikan dengan bertarung dengan monster.

Permainan ini punya lima job, yaitu Fighter, Archer, Priest, Ninja, dan Mage. Setiap job tersebut mempunyai kekuatan tersendiri yang dapat membantu pemain dalam melawan musuh. Anda juga dapat meng-upgrade semua hero dan armor untuk memaksimalkan pertarungan.

23. Stardew Valley

Stardew Valley adalah game dengan karakter utama seorang pemuda desa dengan yang bertugas mengelola lahan pertanian milik kakeknya. Dengan mengumpulkan peralatan dan sejumlah koin, pemain harus mengembangkan lahan tersebut agar lebih maju dan berkembang.

Selain menggarap lahan pertanian, pemain juga berkecimpung dalam beberapa kegiatan lainnya, seperti memasak, memancing dan beternak hewan. Game berkonsep farming simulator inipun menggunakan grafis 8 bit yang menjadikannya terlihat lebih unik.

Tidak hanya bekerja terus-terusan, karakter game ini juga dapat berinteraksi dengan karakter-karakter lainnya, termasuk menjalin hubungan asmara hingga menikah. Hampir mirip dengan Harvest Moon, namun dengan fitur, item, dan tantangan yang lebih beragam.

24. Graveyard Keeper

Sesuai namanya, game ini mengambil alur cerita seorang tokoh yang berperan sebagai penjaga kuburan. Game simulasi ini cukup menarik, di mana pemain dapat melakukan beberapa kegiatan di lingkungan kuburan, seperti mengatur tanah kuburan hingga mengubur orang yang telah meninggal.

Pemain juga dapat mengelola bisnis dan memperluas usahanya dengan mengumpulkan bahan-bahan di sekitarnya. Selain menjadi wadah mengasah kreativitas, permainan ini juga bisa Anda jadikan ajang uji nyali, terutama karena tampilan kuburannya yang bernuansa mencekam.

25. Sword of Xolan

Sword of Xolan

Sword of Xolan juga mengusung tampilan pixel art style yang menghadirkan cerita unik. Nama game ini sendiri berasal dari nama pemeran utamanya, yaitu Xolan. Ia merupakan pemuda pemberani yang mempunyai misi mulia untuk mengembalikan kedamaian.

Dalam melancarkan misinya tersebut, Xolan mendapat dukungan banyak fitur menarik, seperti 30 card improvisation dan 30 level handcrafted adventure. Ada juga fitur 9 level time based challenge dan 3 end of act bosses yang membuat Anda semakin bersemangat bermain.

Baca juga: 27 Game Android Terbaik dan Terlaris

26. Dark Raider

Satu lagi game petualangan yang menggunakan tampilan pixel. Game yang baru terbit tahun 2020 kemarin ini mendapat sambutan positif dari para gamer di berbagai negara. Salah satunya karena alur cerita yang menarik dan kejutan-kejutan tak terduga di setiap level permainan.

Dark Raider mempunyai karakter utama seorang pahlawan yang memiliki misi untuk menyelamatkan dunia. Hampir mirip dengan Xolan, namun Dark Raider memiliki beberapa keistimewaan tersendiri. Ada berbagai tipe musuh yang harus pemain hadapi untuk melancarkan misi menjaga kedamaian.

27. Owl Boy

Owl Boy merupakan game buatan D-Pad Studio yang rilis tahun 2017. Hadir dengan genre petualangan dan tampilan grafis 8 bit klasik yang dulunya tersedia di PS4, Nintendo Switch, dan PC. Kini Anda bisa memainkannya lebih mudah melalui HP kesayangan.

Tidak berbeda jauh dengan game adventure pada umumnya, Owl Boy menempatkan pemain untuk menjelajahi dunia bersama burung hantu sebagai pemandunya. Jadi tidak heran kenapa namanya Owl Boy, ya?

Yang menarik, burung hantu tersebut memiliki kekuatan khusus yang dapat membantu pemuda dalam menyelesaikan berbagai rintangan. Salah satu misinya dalam mengarungi petualangan itu yaitu menghadapi bos terakhir yang bernama Captain Molstorm.

Jadi, tak perlu bingung menjawab game 8 bit itu apa? Singkatnya, game 8 bit adalah game yang memiliki tampilan jadul dan sedikit burik. Mainkan salah satu atau beberapa rekomendasi game di atas sesuai selera. Mulai dari yang berbasis website PC, hingga cukup download di Android.

Ingat, tetap mainkan game sewajarnya agar kesehatan mata tetap terjaga. Apalagi, game dengan tampilan burik ini lebih rentan menimbulkan sakit mata. Jangan sampai karena mengejar level game menjadikan Anda menderita sakit mata.

Tinggalkan komentar