Javasiana.com Beyond Blogging!!!

500+ Preset Lightroom Gratis Ala Selebgram 2021

4 min read

Preset Lightroom Gratis

Bingung dengan settingan yang ada di aplikasi Adobe Lightroom? Gak usah pusing-pusing download aja preset lightroom gratis ala selebgram disini.

Buat kamu yang suka dengan dunia fotografer dan aktifitas yang berhubungan dengan editing mungkin kamu sudah kenal dengan salah satu aplikasi yang biasa digunakan untuk mengedit foto dengan fokus utamanya pada pencahayaan yang lebih indah dan menarik untuk diterapkan dengan mengunakan aplikasi edit foto paling populer saat ini Adobe Lightroom.

Dengan menggunakan aplikasi ini setidaknya anda perlu mempelajari bagaimana anda memberikan pencahayaan yang pas di foto dengan beberapa perpaduan warna dan efek yang ada di dalam fitur aplikasi tersebut.

Memang cukup mudah untuk menggunakan aplikasi ini anda hanya perlu menggeser angka kekiri atau kekanan untuk nilai plus atau juga mengarahkan kurva sampai akhirnya menemukan komposisi yang pas untuk foto yang ingin kamu edit.

Hanya saja tidak semua orang mungkin mengerti dan akhirnya mereka asal saja memberikan nomor dan warna yang ada di foto tanpa memperhatikan apakah foto yang diedit tersebut menjadi lebih baik atau malah sebaliknya.

Untuk itu saya ada solusi buat kamu yang terjebak dalam kondisi ini dimana mungkin solusi ini menjadi solusi jitu buat kamu yang pusing dengan beberapa settingan yang tidak kamu pahami di aplikasi Lightroom yakni dengan beberapa tautan download preset lightroom gratis yang bisa kamu dapatkan.

Tapi sebelum mengarah kesana beberapa informasi tentang Preset Lightroom dan penjelasannya mungkin akan sangat berguna bagi anda yang belum tahu apa itu preset lightroom sebelumnya.

Apa itu Preset Lightroom?

Preset Lightroom adalah file yang berisikan sekumpulan atau perpaduan rumus yang menjadi satu dengan berbagai settingan seperti pengaturan Cahaya, Warna, Exposure, Saturation, Ketajaman dan masih banyak lagi yang bisa diterapkan di aplikasi lightroom.

Related Post: Download Lightroom Mod Apk Full Preset Terbaru (Premium Unlocked)

Dengan begitu anda akan melihat lebih banyak preset yang bisa digunakan praktis dan anda tidak perlu mencari settingan yang pas untuk foto kamu. Tinggal pilih preset mana yang kamu inginkan dan terapkan di foto yang ingin kamu edit.

File preset sendiri khususnya untuk aplikasi Lightroom terbagi menjadi tiga ekstensi mulai dari format .lrtemplate, Xmp dan terakhir Dng yang bisa kamu ekspor ke dalam aplikasi lightroom dengan beberapa perangkat.

Karena aplikasi ini sendiri tersedia untuk digunakan di perangkat yang memang banyak digunakan oleh editor profesional sampai editor baru yang masih dalam tahap pembelajaran atau hanya iseng saja mengedit foto ala-ala selebgram dengan aplikasi lightroom.

Jenis-Jenis Preset Lightroom

Seperti yang sudah saya singgung diatas setidaknya ada tiga jenis format preset lightroom yang biasa dibagikan entah itu merupakan versi gratisan atau berbayar. Dimana yang kita ketahui ada banyak orang yang memanfaatkan pengetahuan mereka tentang aplikasi lightroom dan preset yang berhasil mereka buat untuk dijual kepada orang yang tertarik dengan hasil preset mereka.

Dan dibawah ini beberapa jenis preset berdasarkan format lengkap dengan beberapa penjelasannya.

1. Preset Lightroom Format .lrtemplate

Preset jenis .lrtemplate adalah preset yang dibuat khusus untuk pengguna adobe lightroom versi windows atau macOS. Format preset ini merupakan awal dari software lightroom sebelum akhirnya dirilis versi mobile.

Preset ini hanya akan berfungsi jika kamu menggunakan Software Lightroom untuk versi PC, Komputer, Laptop dan sejenisnya.

2. Preset Lightroom Format .dng

Selanjutnya adalah Jenis preset dengan format (.dng) sebuah format gambar mentah lossless raw image format Non-Free yang ditulis Adobe dan digunakan untuk hasil fotografi digital.

Dengan format .dng didalam aplikasi adobe lightroom kalian bisa menerapkan editing pada foto sekaligus menyimpan pengaturan yang sebelumnya diterapkan. Dengan begitu kamu bisa menerapkan pengaturan yang sama pada foto lain dengan sekali klik saja.

3. Jenis preset berformat .xmp

Preset jeni baru Lightroom format .xmp menjadi rekomendasi lainnya yang bisa kamu terapkan dan akhirnya dengan Preset jenis baru ini sebuah pengaturan dari foto yang sudah disimpan bisa kamu terapkan dengan lebih mudah bahkan kamu juga bisa membagikan hasil preset ini kepada orang lain dengan lebih mudah.

Preset jenis baru ini dapat di temui saat menggunakan aplikasi adobe lightroom mobile terbaru. Dengan begitu setiap kali anda mengedit foto dengan settingan yang berbeda maka Adobe Lightroom akan menyimpan pengaturan ini dalam format .xmp yang tersimpan di folder data android di ponsel kamu.

Akhirnya dengan beberapa format diatas para editor lightroom ini menemukan berbagai cara yang bisa mereka lakukan untuk membagikan hasil settingan mereka kepada beberapa orang termasuk anda.

Untuk itu dibawah ini adalah beberapa koleksi preset lightroom yang bisa kamu download dengan tautan unduhan yang sudah dipersiapkan.

Download Preset Lightroom CC Gratis Ala Selebgram

Ada dua jenis preset dan format yang akan saya bagikan disini beberapa diantaranya milik seorang youtuber yang selalu membagikan tips dan trik bagaimana mengedit foto dengan aplikasi lightroom kalian juga bisa mengunjungi channel milikinya yakni jesen Zain jika anda ingin belajar lebih dalam lagi tentang aplikasi lightroom.

Baca juga: Kumpulan Rumus Lightroom Selebgram Paling Keren 2021

Preset yang dibagikan dengan berbagai tema mulai dari tema alam, out door, in door dan berbagai preset lainnya. Khusus buat yang pengguna IOS/Apple kamu bisa download preset dengan format .dng dan buat yang pake andoid bisa download preset dengan format (.xmp)

50+ Preset Lightroom Jesen Zain

Nama FilePreset Lightroom By Jesen Zain
Format File(.dng) dan (.xmp)
Ukuran100 Mb dan 1 Mb
PembuatJesen Zain

500+ Preset Lightroom Endah Dwi Ningsih

Nama FilePreset Lightroom By Dwi Ningsih
Format File.xmp
Ukuran1,5 Mb
PembuatEndah Dwi Ningsih

Cara Download Preset lightroom

Setidaknya disini anda bisa mengakses halaman dan unduhan preset lightroom gratis dengan lebih mudah disini tanpa password dengan format zip, namun terkadang masih saja ada beberapa orang yang kesulitan dengan tautan download yang sudah disediakan.

Buat yang merasa sulit atau akses downloadnya tidak berjalan dengan baik kalian bisa ikutin beberapa panduan berikut:

  1. Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang cukup baik dan jangan lupa untuk mengecek jumlah kuota untuk berjaga-jaga agar unduhan bisa berjalan dengan lancar.
  2. Klik pada tombol download diatas.
  3. Dan kamu akan diarahkan untuk menuju ke laman tempat kamu bisa mengunduh presetnya.
  4. Klik download dan lihat notifikasi unduhan yang muncul.
  5. Dengan begitu unduhan akan segera berjalan.
  6. Tunggu sampai unduhan benar-benar selesai selanjutnya ikuti panduan cara menggunakan preset ini di aplikasi adobe lightroom cc versi mobile..

Jika unduhan selesai, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memindahkan file preset ke folder data aplikasi lightroom dan jika kamu masih kebingungan informasi dibawah ini akan sangat membantu kamu.

Cara Menggunakan Preset .xmp di Alikasi Lightroom

Menggunakan aplikasi lightroom untuk mengatur pencahayaan, keseimbangan dan percampuran warna membutuhkan konsentrasi dan ketelitian. Tidak mudah melakukan semua itu jika anda belum terbiasa.

Baca juga: Cara Edit Foto di Lightroom Keren Ala Selebgram

Untuk itulah mungkin alasan kenapa ada banyak orang yang tertarik menggunakan file preset karena dirasa lebih mudah untuk diterapkan dan disesuaikan. Hanya saja menggunakan preset lightroom juga perlu tindakan dan untuk beberapa orang awam mereka membutuhkan navigasi yang mereka inginkan.

Dan dibawah adalah langkah-langkah yang bisa anda ikuti.

1. Download Preset

Ada banyak sekali preset diluar sana yang bisa kamu download dan jika kamu merasa membutuhkannya akan mudah menemukannya di platforms youtube atau juga melalui tautan download lightroom mod yang saya berikan diatas.

Nantinya akan ada dua format yang mungkin bisa kalian dapatkan yakni format XMP  atau DNG. Khusus buat pengguna IOS atau Apple file preset yang support hanya format DNG saja.

2. Ekstrak File

Kebanyakan file preset yang dibagikan dalam format .zip atau yang sudah dikompess dan dijadikan satu dalam satu kesatuan. Dan tugas kamu disini ialah mengekstrak file tersebut mungkin bisa dengan aplikasi Zip Archive atau lainnya.

3. Buka Folder Copy File XMP dan Paste

Setelah file berhasil di ekstrak selanjutnya masuk ke folder hasil ekstrak lalu salin semua file XMP disana.

  • Akses penyimpana internal > Android > Data > Folder dengan nama “com.adobe.lrmoblie” > Files > carouselDocuments > 0000000….. > Profiles >Settings > UserStyles > Paste dan tunggu prosesnya.
  • Jika file berhasil dipindahkan langkah selanjutnya ialah pastikan tab Lightroom tidak terbuka dan silahkan jalankan ulang aplikasi lightroom mod apk.

4. Sesuaikan

Untuk melihat koleksi preset anda, silahkan buka ulang aplikasi lightroom buat project foto terbaru yang ingin di edit dan anda akan menemukan beberapa fitur editing disana. Temukan preset lalu klik tombol anak panah bawah >  Scrool kebawah dan Pilih Custom presetnya disana.

Untuk menerapkan preset kalian tinggal pilih salah satu dan selanjutnya kamu bisa mengatur beberapa settingan seperti pencahayaan jika dirasa kurang pas dengan foto anda.

Penutup

Itulah tadi beberapa informasi tentang preset adobe lightroom gratis yang bisa kalian download dengan melihat beberapa tautan diatas. Pastikan anda membaca panduan bagaimana menggunakan preset ini sebelumnya agar file preset dapat bekerja sesuai dengan keinginan.

Avatar
Javasiana.com Beyond Blogging!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.