Apa itu Frekuensi Pada Saluran Televisi? Berikut Jawabannya

Apa itu Frekuensi Pada Saluran Televisi

Dahulu channel saluran TV di Indonesia tidak sebanyak era sekarang ini. Selain itu dari segi kekuatan frekuensi semakin hari bertambah maju. Apa itu frekuensi yang berhubungan dengan saluran TV akan dibahas kali ini.

Frekuensi secara umum memiliki makna yang cukup luas. Akan tetapi pembahasan kali ini seputar dunia pertelevisian. Sekarang ini perkembangan dunia digital semakin berkembang pesat. Berikut penjelasan Apa itu frekuensi dan contohnya.

Apa Itu Frekuensi ?

Mendapat pertanyaan seputar Apa itu frekuensi perlu penjabaran yang cukup luas agar Anda dapat memahami dengan mudah. Jika mendengar namanya tentu banyak orang akan beranggapan bahwa hal ini berhubungan dengan listrik. 

Jawaban tersebut tidak sepenuhnya salah, frekuensi memang secara tidak langsung berhubungan dengan ilmu listrik. Seperti halnya saat Anda menonton saluran TV secara tidak langsung membutuhkan gelombang listrik. 

Adanya frekuensi membantu Anda untuk menemukan channel TV yang Anda inginkan dengan mudah dan cepat. Untuk pengaturan awal, besar frekuensi dapat langsung dimasukkan. Berikut penjelasannya seputar Apa itu frekuensi.

Secara umum dapat dikatakan frekuensi adalah banyaknya sesuatu yang akan terjadi di setiap detiknya atau disebut juga getaran atau gelombang. Sebagian orang mengartikan sebagai jumlah gelombang yang terjadi pada satu detik.

Baca juga: Kode Remot TV Akari LED dan Tabung Jadul Terlengkap

Satuan Yang Digunakan Adalah

Satuan yang dipakai untuk menghitung frekuensi adalah Hertz disingkat menjadi Hz. Nama satuan berasal dari seorang fisikawan asal Jerman, yakni Heinrich Rudolf Hertz (1857-1894). 

Secara umum pembahasan Apa itu frekuensi akan cukup luas. Namun maksud dari frekuensi saluran TV adalah sama seperti alamat channel yang harus ditemukan oleh para penontonnya.

Channel TV di Indonesia cukup banyak, diantaranya nama yang cukup besar yakni Indosiar, MNC TV, Trans TV, SCTV dan beberapa channel besar lainnya. Dari setiap channel tersebut tentu memiliki frekuensi yang berbeda-beda.

Pelanggan dapat dengan mudah mencari frekuensi saluran TV yang diinginkan jika sebelumnya telah mengetahui besar frekuensi yang dimiliki setiap channel. Untuk mengetahuinya Anda dapat mencari informasi di internet atau mencari secara acak.

Kemudahan tersebut di era sekarang ini menjadikan semua orang dapat mengakses dengan mudah bahkan dari smartphone Anda. Caranya cukup mudah, yakni menyambungkan frekuensi yang diinginkan untuk mencari channel tujuan.

Mengenal Apa itu Frekuensi Indosiar

Indosiar adalah salah satu saluran TV besar yang ada di Indonesia. Channel ini cukup banyak menarik perhatian para penontonnya dengan berbagai konten menarik dan menghibur. Di tahun 2022 ini, frekuensi Indosiar semakin banyak.

Membahas Apa itu frekuensi Indosiar, yakni nomer saluran yang dapat dimasuki untuk dapat menonton berbagai tayangan menarik. Berikut update terbaru nomor frekuensi Indosiar Mhz di Satelit Telkom 4, K-Vision, Nex Parabola, Matrix Garuda. 

Baca juga: Kode Remot TV Samsung Tabung, LED / LCD Lengkap

1. Frekuensi Indosiar HD Telkom 4.

Frekuensi Indosiar HD Telkom 4 menggunakan provider emtek, satelitnya Telkom 4. Posisinya 108.0°E. Transponder 4015 H 7400. Frekuensinya adalah 4015 Mhz. 

2. Frekuensi Indosiar SD Telkom 4.

Frekuensi Indosiar SD Telkom 4 menggunakan provider emtek. Nama satelitnya Telkom 4. Posisinya 108.0°E. Transponder 4121 H 12250. Frekuensinya adalah 4121 Mhz. 

3. Frekuensi Indosiar K-Vision.

Frekuensi Indosiar K-Vision menggunakan provider K-Vision. Nama satelitnya Telkom 4. Posisinya 108.0°E. Transponder 4060 H 31.000. Frekuensinya adalah 4060 Mhz.

4. Frekuensi Indosiar Nex Parabola dan Matrix Garuda.

Frekuensi Indosiar Nex Parabola dan Matrix Garuda menggunakan provider Nex Parabola & Matrix Garuda. Nama satelitnya Telkom 4. Posisinya 108.0°E. Transponder 4180 H 29800. Frekuensinya adalah 4180 Mhz.

Mengenal Frekuensi Trans TV

Trans TV adalah salah satu channel saluran TV yang cukup terkenal di Indonesia. Kualitas dari satelit Telkom 4 untuk frekuensi Trans7 memberikan berbagai pilihan diantaranya SD dan HD. 

Trans TV berada di frekuensi 3906 MHz dengan besar Symbol Rate sebesar 6250 kS/s. Besar frekuensi sekarang ini sering berubah sedikit, untuk itu jika kurang tepat maka Anda dapat mencari besar frekuensi secara manual.

Frekuensi SCTV

SCTV memiliki dua saluran frekuensi digital yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, yakni kualitas HD dan SD. Frekuensi tersebut kini telah ada di satelit Telkom. Hal itu sebagai upaya agar penonton dapat menikmati tayangan SCTV dengan jelas.

Secara khusus SCTV menghadirkan dua setting frekuensi kualitas Standar Deviation (SD) atau MPEG-2 dan Hight Deviation (HD) atau MPEG-4. 

Untuk frekuensi Telkom 4 juga dapat dinikmati menggunakan semua macam receiver (DSR), termasuk yang hanya mendukung MPEG-2. Informasi secara luas seputar Apa itu frekuensi SCTV sebagai berikut.

1. SCTV SD

Satelit yang digunakan adalah Telkom 4 (108.0 E), dengan frekuensi 4015. Dari segi polarisasi menggunakan horizontal dengan Symbol.rate sebesar 6250. SID sebesar 0001 dengan system DVB-S MPEG-2 setara dengan kualitas SD.

2. SCTV HD

SCTV HD menggunakan satelit Telkom 4 (108.0 E), dengan besar frekuensi 4121. Polarisasi secara horizontal dan Symbol.rate sebesar 12250. SID sebesar 001, dengan system DVD-S2 mpeg-4 setara dengan kualitas HD.

3. SCTV HD. 

SCTV HD yang satunya juga menggunakan satelit Telkom 4 (108.0 E), namun memiliki beda frekuensi yakni 3720.  Untuk polarisasi secara horizontal dengan Symbol.rate sebesar 32727. Untuk SID yakni 2221, system DVB-S2 MPEG-4.

Secara khusus SCTV memiliki 3 frekuensi yang berbeda-beda.  Anda dapat memilih sesuai kebutuhan alat yang dapat mendukung di rumah. Frekuensi ini membantu untuk menemukan channel TV SCTV dengan cepat.

Baca juga: Kode Remot TV China Lengkap + Cara Settingnya

Frekuensi MNC TV

Pembahasan selanjutnya terkait Apa itu frekuensi MNC TV menarik untuk dibahas, karena channel satu ini termasuk yang cukup besar di Indonesia. Berbagai program menarik hadir memanjakan penontonnya. Sebagaimana TV adalah media hiburan masyarakat.

Frekuensi MNC TV berada di satelit Telkom 4 maupun 3s, palapa D, chinasat, dan satelit lainnya. Akan tetapi besar frekuensi terkadang dapat bereser atau kurang akurat. Untuk itu Anda harus memastikan kembali secara tepat. 

Channel MNC TV memiliki dua kualitas yakni frekuensi MNC TV Mpeg 2 dan MPEG 4. Untuk satelit yang digunakan adalah satelit palapa D. Menariknya satelit palapa D ini mampu menyampaikan besar frekuensi sebesar 113° bujur timur. 

Pada satelit palapa D juga menyediakan frekuensi MNC TV MPEG-2, MPEG-4, HD, dan Mhz. Menariknya kini MNC TV kini juga menyiarkan saluran di frekuensi satelit Telkom 4 dan 3S.

Kedua satelit di atas mengusung teknologi digital atau biasa disebut dengan istilah UHF. Dengan begitu kualitas tayangan jangan diragukan lagi, karena jelas lebih jernih dan jelas dibanding sebelumnya.

Frekuensi MNC TV adalah 03861 dengan kode audio sebesar 12, kode Symbol Rate 30999. Untuk kode PCR yakni 22, dengan polaritas secara vertikal. 

Apa itu frekuensi telah terjawab, yakni seperti halnya titik tujuan yang ingin dituju. Tujuan tersebut berupa channel saluran TV yang bisa ditonton baik dari TV digital maupun konvensional. Anda dapat mencoba secara acak frekuensi yang tertangkap diatas Sekian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.