Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

Cara Membobol WiFi Tanpa Aplikasi di HP dan Laptop

7 min read

Cara Membobol WiFi Tanpa Aplikasi di HP dan Laptop

Apakah Anda sedang mengalami krisis kuota internet? Kali ini kita akan membahas cara membobol WiFi tanpa aplikasi jika diperlukan. Anda bisa melakukan hal ini jika Anda perlu menggunakan WiFi yang tidak diketahui passwordnya.

Mengenal WiFi

Sebelum membahas cara membobol WiFi tanpa aplikasi penting untuk mengenal WiFi dengan baik. Hal ini penting supaya Anda bisa menggunakan WiFi dengan lebih maksimal. Anda bisa menggunakan WiFi untuk keperluan internet Anda.

WiFi adalah koneksi nirkabel yang dapat dihubungkan dengan perangkat tertentu untuk mengakses internet. Anda juga bisa menggunakan jaringan ini untuk mengakses jaringan lokal yang terhubung dengan perangkat.

Istimewanya, jaringan WiFi dapat membantu Anda mengirimkan gambar atau video nirkabel tanpa terhubung secara fisik. Hal ini disebabkan oleh penggunaan gelombang radio. Gelombang frekuensi tersebut dapat mengirimkan informasi yang Anda butuhkan.

Fungsi WiFi

WiFi memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan manusia modern. WiFi dapat membantu menghubungkan jaringan internet yang bisa digunakan untuk belajar, mengisi waktu luang, dan sebagainya.

Supaya Anda bisa menggunakan fungsi WiFi, maka Anda perlu cara mengetahui password WiFi. Beberapa fungsi WiFi yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Berbagi File dengan Mudah

Anda bisa menggunakan WiFi untuk berbagai file dan data. Perangkat yang digunakan pada WiFi dapat memungkinkan untuk berbagi data. Anda bisa dengan mudah berbagi file tanpa menggunakan kabel.

Meskipun posisi Anda berjauhan, tetapi Anda bisa menggunakan WiFi untuk mengirim data. Sehingga memungkinkan Anda bisa mengirim data kantor atau data lainnya dengan mudah dan cepat.

2. Menghubungkan Perangkat ke Internet

Anda bisa menggunakan WiFi untuk menghubungkan perangkat dengan internet. Manfaat WiFi ini banyak membantu memudahkan pekerjaan yang membutuhkan jaringan internet. Sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menghubungkan perangkat HP ataupun laptop.

WiFi bisa membantu Anda untuk menghubungkan perangkat tanpa menggunakan kabel. Anda bisa menggunakan jaringan internet dengan mudah sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Menghubungkan Antar Perangkat

Jika Anda menggunakan berbagai perangkat yang perlu dihubungkan ke internet. Maka, WiFi bisa membantu memudahkan pekerjaan Anda. Anda bisa menghubungkan antar perangkat dengan cepat dan mudah. 

Anda juga bisa menggunakan berbagai perangkat yang bisa dihubungkan ke perangkat dalam waktu bersamaan. Asalkan perangkat tersebut didukung oleh perangkat wireless. Pastikan Anda memperhatikan hal tersebut supaya bisa menghubungkan jaringan internet.

4. Sebagai Modem di HP

Jika Anda mengetahui cara melihat password WiFi, maka Anda bisa menggunakan WiFi sebagai modem HP. Anda bisa dengan mudah menghubungkan jaringan internet ke HP Anda. Bahkan, HP Anda bisa digunakan sebagai model portable yang bisa memberikan hotspot.

Anda bisa menggunakan HP sebagai pusat jaringan internet yang bisa dibagikan ke perangkat lainnya. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam berbagi jaringan internet dengan perangkat lainnya.

Jenis Teknologi WiFi yang Digunakan Saat Ini

Sebelum mengetahui cara membobol WiFi tanpa aplikasi, maka Anda perlu mengetahui jenis WiFi yang digunakan saat ini. Teknologi tersebut bisa memudahkan pekerjaan Anda yang berhubungan dengan jaringan internet.

Beberapa jenis teknologi WiFi yang banyak digunakan saat ini, sebagai berikut:

1. IEEE 802.11a

WiFi ini dibuat pada tahun 1999 yang bekerja dengan kekuatan pita 5GHz. Biasanya jenis ini dapat digunakan untuk menghubungkan lebih dari satu perangkat. Kekuatan yang dimiliki dapat membantu menjaga agar internet tidak mengalami gangguan.

Penggunaan WiFi jenis ini dapat berfungsi cepat. Memiliki kecepatan maksimum mencapai 54Mbps. Tetapi, kelemahannya WiFi jenis ini dapat mengalami gangguan pada objek yang berada di jalur sinyal yang menyebabkan jangkauannya buruk. 

2. IEEE 802.11b

Jenis WiFi ini telah dibuat pada tahun 1999. Anda bisa menggunakan WiFi ini dengan kecepatan maksimum 11Mbps. WiFi ini menjadi salah satu yang membuat penggunaan WiFi semakin populer.

3. IEEE 802.11g

Jenis ini dirancang pada tahun 2003 yang berfungsi untuk meningkatkan kecepatan data internet menjadi maksimum. Anda bisa mempertahankan penggunaan kecepatan internet 2.4GHz. WiFi jenis ini memiliki kemampuan adopsi standar penggunaan WiFi secara luas.

4. IEEE 802.11n

Pada tahun 2009, WiFi jenis ini mulai dikembangkan. Pengembangan WiFi ini diadopsi dari jenis WiFi 802.11n yang lambat. Bahkan, penggunaannya dapat dimanfaatkan untuk multi-channel. Anda bisa menggunakan WiFi ini untuk kecepatan maksimum.

Cara Kerja WiFi

Anda perlu mengetahui cara kerja WiFi supaya bisa dimanfaatkan dengan baik. Hal ini penting untuk mengetahui kemampuan WiFi dalam menjangkau sinyal internet. Terdapat cara kerja khusus yang perlu Anda ketahui.

WiFi dapat digunakan untuk mencapai jangkauan perangkat WiFi dengan menggunakan gelombang radio. Setiap frekuensi yang disampaikan dibagi menjadi beberapa saluran. Saluran tersebut dapat digunakan oleh perangkat nirkabel yang menyebarkan sinyal.

Sinyal yang dibagikan disesuaikan dengan kebutuhan perangkat. Sehingga perangkat mendapatkan sinyal yang sesuai dan tidak terganggu. WiFi standar dapat mencapai jangkauan internet mencapai 100 meter di udara terbuka. 

Kinerja WiFi dapat terganggu jika terdapat bangunan atau material tertentu yang dapat memantulkan sinyal. Sehingga jaringan tidak dapat dijangkau oleh WiFi karena jangkauannya terlalu sempit.

Kekuatan antena dan frekuensi siaran jaringan WiFi dapat mempengaruhi jangkauan sinyal internet. Frekuensi jaringan yang lebih tinggi dan rentang yang lebih efektif dapat memaksimalkan kekuatan jaringan sinyal.

Baca juga:

Cara Membobol WiFi Tanpa Aplikasi

Setelah mengetahui kinerja WiFi, maka kita akan membahas cara membobol WiFi tanpa aplikasi. Hal ini penting untuk diketahui supaya bisa membantu ketika terjadi kondisi darurat. Misalnya Anda lupa password WiFi atau Anda memerlukan WiFi gratis.

Bagaimana cara mendapatkan WiFi gratis? Jika Anda ingin mendapatkan WiFi gratis, maka Anda bisa menggunakan cara membobol WiFi. Hal ini bisa Anda lakukan dalam kondisi darurat saja.

Beberapa cara membobol WiFi tanpa aplikasi yang bisa Anda lakukan, sebagai berikut:

1. Membobol Password WiFi dengan CMD

Cara Membobol WiFi Tanpa Aplikasi

Cara bobol password WiFi bisa Anda lakukan dengan menggunakan CMD (Command Prompt). Anda bisa menggunakan cara ini untuk menyambungkan perangkat komputer atau laptop dengan WiFi.

Terdapat beberapa cara membobol WiFi tanpa aplikasi dengan menggunakan CMD, sebagai berikut:

  1. Silakan untuk menyalakan WiFi terlebih dahulu, supaya Anda bisa menemukan perangkat hotspot terdekat.
  2. Selanjutnya, Anda perlu menekan tombol Windows + R yang bisa digunakan untuk menjalankan CMD (Command Request). 
  3. Anda perlu mengetik CMD dengan huruf besar dan kecil dan tekan OK.
  4. Jika sudah, akan muncul halaman CMD dengan latar belakang hitam.
  5. Selanjutnya, Anda bisa mengetik perintah secara langsung. Ketik netsh wlan show profile dan tekan enter.
  6. Setelah itu, akan muncul berbagai pilihan jaringan WiFi yang terhubung dengan perangkat laptop Anda.
  7. Anda perlu mengetik perintah netsh wlan display dan tambahkan nama profil jaringan diakhiri dengan key=clear.
  8. Selanjutnya, Anda bisa mengetahui password WiFi yang Anda butuhkan.
  9. Anda bisa menghubungkan perangkat laptop dengan WiFi yang Anda inginkan.

Cara di atas dapat dilakukan supaya Anda bisa mengetahui password WiFi dengan mudah. Cara membobol WiFi tanpa aplikasi tersebut dapat digunakan jika Anda ingin mendapatkan WiFi gratis.

2. Akses Menu Network and Internet

Cara Membobol WiFi Tanpa Aplikasi

Anda bisa menggunakan cara membobol WiFi tanpa aplikasi yang lain yaitu dengan mengakses menu Network and Internet. Cara ini dapat dilakukan untuk menyambungkan perangkat laptop.

Beberapa cara membobol WiFi dengan laptop yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

  1. Silakan untuk menekan menu Start atau Anda bisa klik kanan pada laptop Anda untuk menemukan simbol nirkabel.
  2. Selanjutnya, Anda perlu membuka menu Open Network dan Sharing Center.
  3. Jika sudah silahkan untuk membuka menu Network and Internet. 
  4. Buka opsi Network and Sharing Center untuk menemukan jaringan yang terhubung.
  5. Selanjutnya, Anda bisa melihat jendela baru untuk melihat menu Kelola Jaringan Nirkabel untuk melihat password WiFi yang Anda butuhkan.
  6. Untuk mengetahui password tersebut Anda perlu mengklik tab baru. Silakan pilih opsi Wireless.
  7. Selanjutnya, pilih tab Security yang berada di sebelah kanan.
  8. Maka, Anda akan melihat kode bobol WiFi berupa password yang berbentuk garis putus-putus. Anda bisa melihat password dengan menekan show characters. Maka Anda bisa mengetahui password WiFi tersebut.
  9. Jika sudah, maka Anda bisa menghubungkan perangkat dengan jaringan yang terhubung dengan laptop Anda.

Cara membobol WiFi tanpa aplikasi di atas dapat Anda lakukan dengan mudah. Pastikan Anda melakukan langkah-langkahnya dengan benar. Sehingga, Anda bisa menggunakan jaringan WiFi tersebut.

3. Cara Membobol WiFi Indihome dengan Konfigurasi IP Address

Cara Membobol WiFi Tanpa Aplikasi

Cara membobol WiFi tanpa aplikasi selanjutnya yaitu dengan menggunakan konfigurasi IP Address. Anda bisa membobol WiFi dengan mudah menggunakan router modem. Misalnya Anda ingin mengetahui password Indihome supaya bisa diakses.

Anda bisa melakukan hal ini untuk mengaktifkan jaringan WiFi di perangkat laptop dan HP. Beberapa cara cara membobol WiFi tetangga lewat HP tanpa aplikasi, sebagai berikut:

  1. Silakan untuk mengaktifkan WiFi yang ada pada perangkat laptop dan HP Anda.
  2. Selanjutnya, Anda bisa langsung melihat hotspot atau titik akses yang aktif di sekitar Anda.
  3. Jika sudah, silakan untuk menghubungkan perangkat dengan jaringan yang Anda inginkan.
  4. Selanjutnya akan muncul notifikasi untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi. Selain itu, akan muncul notifikasi Mode Modify Network Configuration.
  5. Silakan untuk mengubah alamat IP Address tersebut menjadi http//:192.168.1.254 pada bagian kolom alamat.
  6. Selanjutnya Anda perlu memasukkan nama pengguna dengan nama ADMIN atau USER. Jika Anda menggunakan nama pengguna Admin, maka passwordnya ADMIN. Jika Anda menggunakan nama pengguna USER, maka passwordnya USER.
  7. Silakan untuk masuk ke bagian pengaturan untuk menemukan nama pengguna dan kata sandi yang sebenarnya.
  8. Selanjutnya, Anda sudah bisa menghubungkan perangkat ke WiFi dengan menggunakan cara membobol WiFi tanpa aplikasi.

Anda bisa mencoba cara membobol WiFi tanpa aplikasi di atas supaya mendapatkan WiFi gratis. Jadi, Anda bisa menggunakan hotspot internet yang ada disekitar Anda.

Kenapa Cara Membobol WiFi Tanpa Aplikasi Gagal?

Meskipun Anda sudah mengetahui cara membobol WiFi tanpa aplikasi, namun terdapat berbagai kendala yang bisa terjadi. Anda perlu mengetahui hal tersebut supaya bisa mengantisipasi dan menangani kondisi tersebut.

Beberapa penyebab yang bisa membuat cara membobol WiFi tanpa aplikasi gagal dilakukan, sebagai berikut:

1. Sistem Keamanan yang Sudah Diupgrade

Kondisi yang bisa menyebabkan Anda tidak bisa membobol WiFi yaitu sistem keamanan yang sudah diupgrade. Kondisi ini bisa menyebabkan Anda sulit menyambungkan perangkat Anda dengan WiFi disekitar Anda.

Salah satu cara untuk mengamankan WiFi adalah dengan memperbaikinya. Selain itu, rutin ganti password WiFi bisa menyebabkan Anda gagal membobol jaringan WiFi tersebut. Hal ini bisa membuat Anda tidak bisa terhubung dengan perangkat tanpa mengetahui password.

2. Koneksi Internet Tidak Stabil

Kendala lainnya yang menyebabkan Anda tidak bisa menggunakan cara membobol WiFi tanpa aplikasi adalah koneksi internet. Koneksi internet yang tidak stabil menyebabkan WiFi tidak dapat dihubungkan dengan perangkat Anda.

Supaya proses membobol WiFi tanpa menggunakan aplikasi bobol WiFi lancar. Maka, Anda harus memastikan bahwa jaringan WiFi lancar. Aksi Anda bisa berjalan lancar dengan jaringan WiFi yang lancar.

3. Memerlukan Root

Jika Anda gagal mencoba membobol WiFi dengan menggunakan HP. Maka, hal ini bisa disebabkan karena perangkat Anda tidak didukung oleh root. Terdapat beberapa WiFi yang hanya bisa diakses dengan menggunakan root.

Sebelum Anda menggunakan cara membobol WiFi dengan HP, pastikan bahwa HP Anda memiliki root. Hal ini akan memudahkan Anda untuk membobol WiFi dengan menggunakan HP. Jika sudah memiliki root, maka Anda bisa mencoba mendapatkan WiFi gratis.

Risiko Membobol WiFi

Meskipun kita membahas mengenai cara membobol WiFi tanpa aplikasi, maka Anda perlu mengetahui risiko yang bisa Anda dapatkan. Hal ini penting supaya Anda tidak menggunakan informasi ini dengan bijaksana.

Pastikan Anda menggunakan informasi ini untuk keperluan yang mendesak. Jika memungkinkan, lebih baik Anda meminta password WiFi secara baik-baik dengan pemiliknya. Anda bisa mendapatkan WiFi gratis dengan cara yang aman.

Risiko yang akan Anda dapatkan sangat besar, jika pemiliknya melaporkan aksi Anda. Sehingga Anda harus berhati-hati dalam melakukan hal ini supaya tidak membahayakan diri Anda sendiri. Aksi membobol WiFi bisa membuat Anda terkena masalah hukum.

Beberapa risiko pembobolan WiFi yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Terkena Sanksi Pidana

Terdapat berbagai risiko yang Anda dapatkan termasuk masuk penjara. Perbuatan membobol WiFi tergolong perbuatan yang melanggar hukum. Anda bisa mendapatkan sanksi pidana yang akan merugikan Anda.

Ancaman pidana yang bisa Anda dapatkan diatur pada peraturan Undang-Undang No. 36 Tahun 1999. Jika tidak ingin terkena masalah, maka Anda harus menghindari perbuatan ini. Hal ini bisa membuat Anda masuk penjara, jadi bijaksanalah dalam bertindak.

2. Perangkat Terserang Virus

Selain itu, pembobolan WiFi dapat memberikan resiko perangkat terserang virus. Hal ini sangat membahayakan perangkat Anda. Sehingga jangan mencoba melakukan hal ini jika tidak ingin perangkat terserang virus.

Virus yang menyerang perangkat Anda akan memberikan efek berbahaya bagi perangkat Anda. Jadi, Anda perlu mempertimbangkan kondisi tersebut sebelum beraksi. Pastikan Anda bisa mendapatkan WiFi gratis secara aman.

Penutup

Demikianlah, pembahasan mengenai cara membobol WiFi tanpa aplikasi yang perlu Anda ketahui. Apakah Anda tertarik untuk mencoba? atau justru sebaliknya?

Pastikan Anda menggunakan informasi ini dengan bijaksana. Anda bisa mendapatkan masalah besar jika salah menggunakannya untuk hal yang buruk. Yuk, bijaksana dalam bertindak dan semoga informasi ini bermanfaat!

Javasiana.com Pecandu teknologi, Suka berbagi tips dan trik bermanfaat untuk anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.