BerandaSmartphone5+ Cara Unroot HP Android Semua Tipe Terbaru 2021

5+ Cara Unroot HP Android Semua Tipe Terbaru 2021

Ingin mengembalikan Hp yang sudah di Root seperti sebelumnya? Berikut adalah beberapa cara unroot hp android yang bisa anda lakukan dan terbukti bekerja!

Setelah menyelesaikan proses Rooting terkadang muncul beberapa masalah mungkin saja terjadi setelah berbulan bulan tanpa anda sadari Ponsel yang digunakan mulai bermasalah dan ingin mengembalikan fungsi semua ponsel.

Beberapa waktu lalu anda sudah mempelajari artikel lainnya tentang Cara Root Hp Android dan mungkin mengabaikan beberapa resiko yang harus ditanggung di masa depan saat rooting sudah diterapkan.

Banyak yang mendapat keuntungan dan tidak sedikit yang merasa proses root hanya membuat ponsel mendapat lebih banyak masalah lagi lalu mereka memutuskan untuk mengembalikan sistem ponsel ke keadaan semula.

Untuk itu melalui artikel ini saya akan membahas beberapa cara unroot Hp Android yang bisa diterapkan untuk mencegah hal hal yang tidak di inginkan terjadi secara berkelanjutan.

Apa itu Unroot?

Pada dasarnya Unroot adalah proses yang bertolak belakang dengan Rooting, Jika rooting membuat pengguna memiliki akses penuh terhadap sistem. Unroot adalah proses mengembalikan ponsel yang sudah di Root ke keadaan semulanya.

Namun beberapa keadaan tidak dapat di pulihkan begitu saja, karena saat memutuskan untuk Root Hp Android. Seharusnya anda menyadari kemungkinan terburuk yang akan terjadi.

Bisa saja Performa optimal yang anda harapkan sebelum rooting diterapkan menjadi masalah anda sendiri dan penyebab Hp mengalami lebih banyak error.

Alasan Kenapa Anda Perlu Unroot Hp!

Banyak sekali manfaat ketika proses Rooting diselesaikan, Namun penyesalan selalu datang di Akhir anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di Masa depan.

Begitu juga dengan orang orang yang sudah salah dan beranggapan Root adalah satu satunya cara agar Ponsel mereka memiliki fungsi yang lebih optimal dan lengkap.

Dan dibawah ini saya akan jelaskan kepada anda kenapa anda perlu Unroot Hp Android sebelum masalah lainnya terjadi.

a. Sistem Sering Error

Ada banyak sekali faktor yang bisa anda sadari sendiri setelah beberapa waktu menjalankan Hp yang sudah di Root. Salah satunya ialah muncul error pada saat membuka beberapa aplikasi.

Padahal sebelumnya baik baik saja, aplikasi yang tiba tiba berhenti tanpa tahu penyebab pastinya meski anda sudah install ulang aplikasi ternyata masalah ini belum juga terpecahkan.

Untuk itulah kenapa anda perlu menerapkan lengkah ini dan mencegah segala kemungkinan yang lebih buruk seperti,

b. Bootloop

Sebelum terlambat dan akhirnya ponsel dalam keadaan Bootloop anda perlu Unroot Hp sebelum keadaannya lebih parah.

Jika anda menemui tanda tanda error baik itu dari sistem maupun Hardware segera lakukan proses Unroot dan mengembalikan fungsi Android ke keadaan Normal.

c. Garansi Kembali

Jika anda khawatir nantinya keadaan ponsel anda tiba tiba rusak di masa depan, mengingat ponsel yang di root adalah barang baru yang anda beli dengan harga yang cukup mahal.

Maka untuk mengembalikan Garansi anda perlu menerapkan proses kebalikan ini, meski tidak semua merek menjamin bisa mengembalikannya. Saya rasa Unroot adalah cara terbaik untuk menghindari kerusakan.

d. Tidak Dapat Update OS

Hp yang sudah di Root tidak mendapat pembaruan sistem dengan begitu performa ponsel kamu mungkin terbatas mengingat beberapa aplikasi sudah meningkatkan beberapa syarat untuk OS Android agar aplikasi berjalan Optimal.

Itulah kenapa mendapat pembaruan sistem sangat penting dan menjadi salah satu alasan kenapa anda perlu Unroot hp.

e. Hp Panas dan Sering Restart Sendiri

Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang merupakan penyebab utama kenapa ponsel anda mendapati suhu yang panas. Selain itu Rooting yang membuat sistem bekerja lebih dari seharunya akan memperparah keadaan.

Itulah alasan kenapa anda perlu mengikuti panduan berikut meski begitu jika anda masih kurang pertimbangan anda bisa membaca artikel berikutnya tentang >>> Kelebihan dan Kekurangan Root Hp Android Yang Harus Diketahui!

5 Cara Unroot Hp Android Semua Tipe

Ada banyak masalah yang bisa terjadi setelah proses Rooting! Dan beberapa merk Hp memiliki masalah dan resiko sendiri termasuk dengan tutorial Root juga Unroot yang bisa dilakukan.

Metode unroot dibawah ini bisa saja tidak bekerja dengan baik untuk beberapa Hp, untuk itu sudah saya siapkan beberapa metode berikut yang bisa anda coba satu persatu dan anda terapkan untuk unroot hp android dengan berbagai merk seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Sony, Asus, Lenovo, Vivo dan banyak merk Hp lainnya.

#1 Cara Unroot Menggunakan Aplikasi SuperSu

SuperSu merupakan aplikasi yang memberi anda layanan root dengan cara yang lebih sederhana “One Click Rooting” untuk android, dengan aplikasi ini jugalan anda bisa mengembalikan ponsel ke keadaan semula.

Jika anda memutuskan menggunakan SuperSu untuk unroot hp, maka berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama anda harus mengunduh aplikasi SuperSu dan dibawah ini saya sudah menyiapkan tautan download aplikasinya.
SuperSu
SuperSu V2.82
  • Install dan Jalankan aplikasi.
  • Buka menu pengaturan (Settings) dan disana anda akan menemukan beberapa opsi menu lain.
Cara Unroot Hp dengan SuperSu
Pilih Settings
  • Pilih Opsi Unroot Penuh untuk menghapus fungsi Root yang sudah di terapkan secara permanen.
Cara Unroot Hp dengan SuperSu
Pilih Unroot Penuh
  • Tunggu beberapa saat sampai akhirnya Hp anda akan menjalankan proses Restart dengan sendirinya.

Setelah Hp kembali menyala dapat dipastikan cara unroot Hp pertama dengan menggunakan SuperSu berhasil dan saat ini Hp anda sudah kembali dengan sistem normal sebelum anda melakukan proses rooting.

#2 Menggunakan Aplikasi KingRoot

KingRoot adalah aplikasi yang sangat populer untuk kategori aplikasi yang memberi layanan manajemen root untuk Android.

Hampi semua jenis Hp bisa menggunakan aplikasi ini Untuk menyelesaikan proses Rooting dan membuka semua akses Permission.

Selain untuk proses Nge Root anda juga dapat menggunakan KingRoot sebagai salah satu cara unroot hp dan berikut tutorial yang bisa anda ikuti.

  • Terlebih dahulu download dan install aplikasinya melalui situs resminya.
  • Lalu, Jalankan aplikasi dan masuk ke menu pengaturan.
  • Disana anda akan menemukan Opsi lainnya seperti Perbarui, Daftar Putih dan Copot Root.
Cara Unroot Hp dengan KingRoot
Pilih Copot KingRoot
  • Jika anda setuju dan benar benar ingin unroot Hp anda saat itu juga, Klik pada menu Copot Root (Remove Root).
Cara Unroot Hp dengan KingRoot
Klik Lanjutkan
  • Dengan begitu akan muncuk jendela notifikasi Unroot Hp.
  • Klik lanjutkan dan tunggu proses Unroot berhasil.
  • Setelah semuanya selesai, Silahkan restart Hp.

Dan akhirnya Hp anda akan berjalan tanpa fungsi Root dan sudah kembali normal seperti sebelumnya.

#3 Cara Unroot Hp Menggunakan Magisk

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Magisk juga aplikasi manajemen root untuk Android dan sudah dibuktikan memiliki tingkat keberhasilan tinggi lebih baik dari tingkat kegagalannya.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini juga anda bisa Unroot Hp dengan mudah, Magisk memiliki beragam fitur root yang sangat baik dan menguntungkan.

Misalnya memilah aplikasi yang butuh akses root dan hanya memberikan akses tertentu juga dapat digunakan untuk rooting total.

Menggunakan aplikasi ini untuk rooting dan sewaktu waktu ingin membatalkan adalah cara yang mudah dan berikut langkah-langkahnya.

  • Download dan Install Magisk.
  • Jika sudah, Buka aplikasi Magisk dan cari Opsi Uninstall.
  • Klik Uninstall maka akan muncul beberapa pilihan lain.
  • Sebelum membuat keputusan, anda bisa membaca beberapa catatan dibawah!

Note:

  1. Uninstall APP: Menghapus akses Root Tapi tidak menghapus modul Magisk yang terinstal.
  2. Restore Image: Hanya mengembalikan berkas Boot.img kembali ke keadaan semula.
  3. Complete Uninstall: Untuk Menghilangkan semua Fungsi dan menghapus semua Akses Root HP sampai bersih.
  • Jika anda sudah memilih diantara ketiganya, maka unroot akan segera di proses.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai.

Terakhir, silahkan restart hp agar semua proses ini berjalan dengan tahap akhir yang sempurna.

#4 Menggunakan Kingo Root Untuk Unroot Hp di PC

Kingo Root merupakan aplikasi Rooting yang bekerja di sistem Android juga di versi PC.

Jika anda menggunakan aplikasi ini sebelumnya untuk Nge Root Hp, maka akan lebih baik jika anda menggunakan cara yang sama untuk mengembalikan sistem Root dengan Kingo Root.

Berikut langkah – langkahnya:

  • Langkah pertama, Silahkan Unduh dan install aplikasi Kingo Root di Komputer, Anda bisa mendapatkan berkasnya di Google dan mungkin menemukan sumber terpercayanya.
  • Sambungkan ponsel ke Komputer melalui Kabel USB, Tapi sebelum itu pastikan Ponsel sudah Mengaktifkan Mode Debugging USB di Ponsel
  • Caranya Buka Menu Pengaturan > Developer > USB Debugging Mode.
  • Jalankan aplikasi Kingo Root yang ada di komputer
  • Lalu, tunggu beberapa saat sampai Kingoroot berhasil mendeteksi device android yang terhubung.
  • Setelah Device terdeteksi akan muncul keterangan Bahwa “Device Anda Sudah di Root” dan disana juga anda akan menemukan Opsi “Remove Root” untuk menghapus fungsi Root di Device yang terhubung tadi.
  • Klik Remove Root jika anda setuju menghilangkan fungsi Root.

Terakhir, tunggu prosesnya selesai selama kurang lebih 2 – 5 Menitan setelah itu anda bisa melihat bahwa Ponsel sudah di Unroot dan dalam keadaan semulanya.

#5 Reset HP

Menghapus semua data yang ada di Ponsel juga dapat menghilangkan Fungsi Root yang sudah diterapkan.

Namun kekurangan dari cara ini ialah tidak hanya Akses Root saja yang dihilangkan tapi beberapa file juga akan ikut terhapus.

Jika anda merasa tidak ada berkas yang penting atau bersedia melakukan Backup Data sebelum Reset dilakukan, Anda bisa menggunakan cara ini untuk Unroot Hp tanpa aplikasi.

Dan berikut panduannya:

  • Buka setelan Hp.
  • Temukan Menu Sistem.
  •  Disana seharusnya akan terlihat opsi cadangkan dan setelan ulang (Setiap Tipe Hp memiliki letak yang berbeda beda).
  • Pilih Reset ke setelan pabrik.

Jika suda dilakukan maka proses Reset akan dijalankan dan tinggal menunggu prosesnya selesai.

Catatan:

  1. Cara root satu ini dirkeomendasikan bagi pengguna yang sebelumnya melakukan proses Rooting menggunakan aplikasi manajemen root tertentu seperti KingRoot, Magisk dan sebagainya.
  2. Dan kurang cocok untuk pengguna root yang melakukan metode Flashing dan Recovery.

#6 Unroot Hp Menggunakan Metode Flash Ulang

Alternatif terakhir untuk menghapus fungsi Root ialah dengan menggunakan cara Flashing Hp, dan yang anda butuhkan disini adalah alat berupa Software dan Perangkat Komputer / PC, Laptop dan sejenisnya.

Flash adalah proses yang dilakukan pengguna untuk menginstall ulang Sistem Android dan mengembalikan semua fungsi ke keadaan semula. Dengan cara ini anda mungkin akan kehilangan beberapa Data penting di dalamnya.

Sekaligus menghapus akses root dari sistem, Cara ini dilakukan jika anda ingin menghilangkan Root Hp sekaligus membuat ponsel berjalan dengan performa yang lebih optimal.

Seperti membeli Ponsel baru dan hari itu adalah hari pertama anda menggunakannya.

Dengan data yang sudah hilang dan Sistem kembali ke setelan pabrik dipastikan Root yang anda terapkan sebelumnya sudah hilang dan jika anda masih belum pasti akan hal ini.

Panduan berikutnya akan menjelaskan kepada anda tentang …..

Cara Mengecek Akses Root Sudah Hilang atau Belum di Hp

Setelah mencoba berbagai cara yang sudah ditunjukkan diatas, mungkin ada salah satu dari cara yang berhasil tapi anda tidak yakin apakah proses tersebut benar benar menghilangkan Root yang sudah tertanam di Sistem atau malah sebaliknya.

Hal yang anda lakukan ternyata sia sia, untuk itu anda bisa melakukan pengecekan untuk memastikan root benar benar di hapus dengan cara berikut:

  • Download dan Install Root Checker di Google Playstore.
Cara Mengecek Akses Root Hp
  • Kemudian buka aplikasinya.
  • Disana anda akan menemukan tanda pagar (#) untuk memulai pengecekan.
Cara Mengecek Akses Root Hp
  • Setelah itu anda akan melihat Data Root Validator.
Cara Mengecek Akses Root Hp
  • Jika ponsel sudah di Unroot dan Fungsi Root sudah hilang maka akan muncul keterangan “Root Unavailable”.

Dengan begitu dapat dipastikan cara unroot hp yang anda lakukan sebelumnya berhasil diterapkan.

Ingin mendapatkan fitur root tanpa perlu root android? Emang bisa….. Baca artikel berikutnya tentang >>>> Cara Mendapatkan Akses Root Tanpa Harus Root Android Terlebih Dahulu

Akhir Kata

Demikianlah perjumpaan kita kali ini dengan pembahasan cara unroot Hp dari berbagai jenis dan merk.

Setidkanya cara diatas bisa diterapkan dan dipercaya karena berdasar pada pengalaman beberapa pengguna lainnya yang menginginkan hal yang sama dengan anda.

Selain itu proses ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama sampai proses unroot berhasil.

Dan Jika dari ke-6 cara yang sudah ditunjukkan diatas anda tidak berhasil meng – unroot Hp, Anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan dengan menggunakan Kolom kementar yang sudah disediakan dibawah!

Artikel Terkait:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Rekomendasi :