Javasiana.com Beyond Blogging!!!

5 Cara Root HP Android Paling Mudah (Semua Tipe)

6 min read

Cara Root HP Android

Rooting adalah proses yang memungkinkan pengguna smartphone/hp, tablet ataupun smart tv untuk mengubah, mengedit maupun memodifikasi semua yang ada pada sistem. Dan disini anda akan menerima informasi lengkap tentang cara root Hp Android dengan dan Tanpa PC.

Meskipun dengan root hp, Anda bisa mengendalikan hp dan mendapatkan akses untuk menjelajahi isi hp. Namun bukan berarti proses ini tidak memiliki resiko. Maka dari itu, melakukan root hp dengan cara yang benar sangat diperlukan disini. Tentunya dengan memperhatikan panduan dan langkah-langkah yang seharusnya.

Sebelum itu jika anda masih Ragu dan Tidak Ingin mengambil Resiko dari Proses Root Android Baca Artikel Berikutnya Tentang Cara Mendapatkan Akses Root Tanpa Harus Root Android

Apa Itu Root HP ?

Menurut wikipedia bahasa Indonesia dijelaskan mengenai apa itu root hp. Disana diterangkan bahwa yang dimaksud dengan root pada hp adalah sebuah proses untuk mengizinkan pengguna ponsel pintar/hp, tablet, dan peranti lain yang berjalan pada sistem operasi android untuk mendapatkan kontrol yang lebih tinggi pada berbagai subsistem android.

Dengan kata lain, proses root ini dilakukan untuk mendapatkan akses yang lebih besar untuk mengganti aplikasi sistem, menjalankan aplikasi khusus yang biasanya membutuhkan izin administrator maupun menjalankan operasi lainnya. Yang sebelumnya memang dibatasi oleh pabrik perangkat lunak.

Maka dari itu, dengan root hp ini, Anda bisa mengakses dan menjelajahi hp Anda. Termasuk dengan mengedit hingga memodifikasi semua yang ada pada sistem hp tersebut. Jika dari penjelasan tersebut, kini Anda mulai paham apa itu root hp, maka mungkin Anda juga sudah mulai tertarik untuk melakukan proses root hp.

Tapi tahukah Anda bagiamana cara root hp yang benar ? Karena pada umumnya, dengan cara yang sembarangan, bisa menimbulkan resiko yang lumayan besar pada hp Anda. Cara root pada hp ini bisa dilakukan dengan 2 cara. Yaitu dengan bantuan aplikasi maupun dengan menggunakan PC.

Fungsi Root Hp

Sebelum mengetahui cara melakukan proses root pada hp, pastinya Anda terlebih dahulu akan mencari tahu apa itu fungsi root hp. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, bahwa fungsi utama dari root adalah memungkinkan pengguna untuk mendapatkan akses untuk mengubah, mengedit hingga memodifikasi segala sesuatu yang ada pada sistem di hp android.

Namun ternyata, fungsinya bukan sebatas itu saja. Berikut beberapa fungsi root hp lainnya. Diantaranya,

Baca juga: Cara Multiplayer PPSSPP di Android

1.Bisa Memindahkan Data Dari Memori Internal Ke Memori Eksternal

Salah satu fungsi root hp adalah bisa memindahkan data dari memori internal ke memori eksternal. Karena jika memori internal terlalu penuh, kemampuan hp menjadi lambat dan susah untuk dibuka. Terutama bagi para gamer yang memang memerlukan space memory yang besar untuk menyimpan aplikasi gamenya.

Maka dari itu, diperlukan sebuah memori ekternal untuk menyimpan semua aplikasi tersebut. Nah, proses root inilah yang bisa memudahkan proses pemindahan data tersebut. Jadi Anda tak perlu memindahkannya secara manual.

2. Batere Menjadi lebih Hemat

Dengan melakukan cara root hp, penggunaaan batere menjadi bisa lebih hemat. Anda bisa membandingkannya dari sebelum dan sesudah melakukan root. Maka, disinilah proses root pada hp diperlukan. Untuk menjadikan penggunaan batere menjadi lebih hemat.

3. Mengoptimasi RAM

Salah satu fungsi root hp ini yaitu bisa mengoptimasi RAM menjadi lebih luas. Jika biasanya Anda mengoptimasi RAM dengan aplikasi khusus untuk membersihkan RAM agar lebih luas. Itupun hanya bisa dilakukan secara manual. Maka berbeda halnya jika Anda melakukan root hp. Karena tanpa disadari Anda telah mengoptimasi RAM menjadi lebih luas.

4. Bisa Menginstall Aplikasi Apapun

Ada beberapa aplikasi yang membutuhkan akses tertentu dalam pengunduhannya. Namun dengan proses root, anda bisa menginstall aplikasi apapun. Baik itu aplikasi biasa maupun yang memiliki support root sekalipun.

5. Dapat Menghapus Aplikasi Bawaan Yang tidak Terpakai

Seringkali memori internal hp menjadi lebih cepat penuh, karena adanya aplikasi bawaan hp yang sebenarnya tidak anda butuhkan/tidak terpakai. Nah, dengan cara root hp ini, Anda bisa menghapus aplikasi bawaan yang tidak terpakai tersebut dengan lebih mudah.

6. Membuat Tampilan Android Menjadi lebih Menarik

Fungsi root hp lainnya yaitu bisa membuat tampilan hp android Anda menjadi lebih menarik. Karena dengan adanya proses root ini, memudahkan Anda untuk mengatur font, ikon hingga membuat logo yang menarik untuk hp android Anda.

7. Bisa Membackup Data Dengan Aman 

Jika sebelum proses root, Anda hanya bisa membackup data dengan cara memindahkan data dan kontak saja. maka dengan proses root, Anda bisa membackup data secara keseluruhan. Diantaranya data, kontak serta  data lain yang sebelumnya sulit dipindahkan jika menggunakan cara backup secara manual. 

Lebih Lengkap: Kelebihan dan Kekurangan Root Hp Android Yang Harus Diketahui

Cara Root HP Android Dengan Aplikasi Tanpa PC

Cara Root HP Android
Sumber gambar : https://inwepo.co/

Cara root hp android yang pertama bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan root pada hp android ini. Diantaranya aplikasi king root, frama root dan lainnya. Namun kali ini akan dibahas mengenai proses root hp android dengan aplikasi king root. Adapun cara-caranya yaitu sebagai berikut, 

1. Download aplikasi King Root. Anda bisa menggunakan bantuan google menemukan website yang menyediakan tautan untuk mendownloadnya.

2. Setelah itu install Aplikasi, buka aplikasi king root dan klik menu try root yang ada pada aplikasi tersebut. Jangan lupa untuk mengaktifkan Koneksi Internet karena internet dibutuhkan dalam proses rooting.

Cara Root HP Android dengan Aplikasi KingRoot

3. Menu try root tersebut dimaksudkan untuk melakukan proses rooting pada hp android yang Anda miliki.

4. Tunggu beberapa saat, hingga proses rooting selesai.

5. Proses rooting berakhir jika Anda mendapatkan notifikasi.

6. Baru setelah notifikasi telah Anda terima, Anda bisa keluar dari aplikasi king root.

7. Untuk memastikan, apakah proses rooting benar-benar berhasil, Anda bisa kembali membuka aplikasi king root.

8. Di halaman utama aplikasi, anda bisa mengklik tab menu. Letaknya berada di bagian kiri atas.

Cara Root HP Android dengan Aplikasi KingRoot
Cara Root HP Android dengan Aplikasi KingRoot

Jika pada tab menu tersebut, Anda mendapatkan pemberitahuan dengan kalimat root successfully. Maka dengan demikian, proses root pada hp Anda telah berjalan sukses.

Sebenarnya ada beberapa Aplikasi Root Hp Android Lainnya yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan proses root Hp dan beberapa diantaranya akan dijelaskan dibawah ini, Barangkali anda merasa Aplikasi KingRoot tidak berjalan di Ponsel anda saat ini.

Framaroot

FramaRoo adalah aplikasi yang berbeda dan memiliki fungsi yang sama yakni untuk melakukan proses Rooting terhadap Android. Dan langkah-langkah yang dibutuhkan pun bisa dibilan tidak cukup sulit.

Anda bisa mengikuti beberapa panduan dibawah ini jika anda merasa panduan sebelumnya tidak berhasil atau terlalu sulit untuk dilakukan.

  • Download dan Install Aplikasi Framaroot, anda bisa menemukannya di beberapa sumber website.
  • Lalu, buka aplikasinya.
  • Setelah itu anda akan melihat Teks Select an Action to execute after root.
  • Disana anda akan melihat dua opsi salah satunya adalah SuperSu.
  • Jika anda sudah memilih Klik Gandalf.
  • Dengan begitu proses Rooting akan berjalan dan anda tinggal menunggu hasilnya saja.
  • Jika proses sudah selesai dan berhasil, restart HP Android Anda.
  • Setelah itu, maka akan muncul aplikasi SuperSu di Beranda.
  • Aplikasi SuperSu disini dimaksudkan untuk membina izin Root pada Aandroid.
  • Selesai.

360 Root

Aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk Rooting adalah 360 Root hanya saja saya tidak terlalu merekomendasikan anda menggunakan aplikais tersebut karena mungkin nantinya ada kesalahan yang terjadi mengingat aplikasi ini menggunakan Bahasa Asing yang tidak bisa anda mengerti.

Tapi itu tidak masalah jika anda mengikuti semua panduan yang saya tuliskan dibawah ini.

  • Seperti biasanya untuk melakukan prores rooting dengan aplikasi 360 anda perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu lalu lalu install aplikasi tersebut.
  • Jika instalasinya berhasil, buka aplikasinya dan tekan tombol utama yang kamu temukan di tampilan awal aplikasi.
  • Dan anda akan melihat tombol selanjutnya, silahkan Klik root lalu tunggu sampai proses rooting berhasil.
  • Jika anda menemukan notifikasi perizinan disana anda bisa menolaknya dan akan muncul tampilan persentase Rooting yang anda lakukan.
  • Selesai.

Kingo Root

Aplikasi terakhir yang bisa dijadikan solusi atau pilihan jika anda ingin menghubah fungsi sitem ponsel anda menjadi Root disini ialah Kingo Root. Jangan menganggap aplikasi ini sama dengan aplikasi sebelumnya yang saya tawarkan yah.

Karena jelas dari Aplikasi KingRoot dan Kingo Root berbeda hanya saja karena kedua nama aplikasi hampir sama jadinya ada banyak orang yang berfikir kedua aplikasi ini memiliki fungsi yang sama. Berikut ini adalah tutorial cara menggunakan aplikasi tersebut.

  • Download dan Install Aplikasi Kingo Root di www.kingoapp.com.
  • Lalu Buka aplikasinya.
  • Untuk memulai proses Rooting.
  • Tap pada opsi One Click Root.
  • Dan tunggu sampai ada notifikasi yang menyatakan Rooting yang anda lakukan berhasil.

Setidaknya anda akan melihat Notifikasi Root Berhasil dengan bacaan” Root Succeded “

Informasi lebih lengkap tentang Aplikasi Root bisa anda dapatkan dengan membaca artikel Rekomendasi Aplikasi Root HP Android Terbaik.

Cara Root HP Dengan PC

Cara Root HP Android
                      Sumber gambar : https://dewailmu.id

Selain bisa menggunakan bantuan aplikasi, cara untuk melakukan root pada hp lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan PC. Cara ini juga bisa anda lakukan dengan menggunakan software tertentu. Kali ini akan dibahas mengenai cara  root hp dengan PC, namun dengan bantuan software root genius.

Dan sebelum mengarahkan anda ke tutorialnya ada beberapa persiapan yang harus dilakukan agar Rooting berjalan dengan baik nantinya yakni.

  1. Pastikan baterai ponsel terisi minimal 50% paling baik adalah 100% Full Terisi ada banyak kagus gagal akibat daya ponsel.
  2. Aaktifkan ModeUSB Debugging di Ponsel, Pergi ke Menu Setting > Cari Opsi Builder Number dan Tap Beberapa kali sampai muncul keterangan Opsi Pengembang telah aktif > Kembali ke pengaturan > Temukan Opsi Pengembang > Lalu centang Mode Debungging USB.
  3. Izinkan instalasi dari Sumber Tidak Dikenal.
  4. Siapkan Internet yang Baik dan Kabel USB.

Jika semua persiapan diatas sudah dilakukan berikut adalah cara root hp android dengan Software Root Genius di PC :

  1. Dengan menggunakan browser, anda bisa mengunduh root genius di laman https://www.rootgenius.com.
  2. Setelah terinstall, anda bisa langsung membuka aplikasi ini.
  3. Langkah selanjutnya, anda tinggal mengkoneksikan hp android dengan PC melalui kabel data. 
  4. Tunggu beberapa saat hingga terdapat notifikasi sambungan/konektivitas dari root genius.
  5. Centang di kolom saya menerima persetujuan pengguna.
  6.  Klik menu root it.
  7. Tunggu beberapa saat hingga proses root selesai.
  8. Setelah ada notifikasi yang menyatakan proses rooting selesai, maka Anda bisa mencabut kabel data yang menghubungkan hp dengan PC.
  9. Buka hp android Anda, dan jika terdapat aplikasi kinguser, maka cara root hp dengan PC ini telah berhasil.

Cara Cek Status Root Hp Android

Selanjutnya jika semua langkah sudah anda lakukan dengan benar dan anda masih belum yakin apakah Android anda sudah di Root atau masih belum anda bisa melakukan pengecekan status sistem android untuk mengetahuinya.

Lnagkah-langkahnya tidak semurit yang anda bayangkan, anda hanya perlu mengikuti beberapa panduan yang saya berikan kepada anda berikut ini.

  • Download dan Install Aplikasi Root Checker anda bisa mengunduh aplikasi ini di Playstore.
  • Buka aplikasi dan klik Verifikasi Root.
  • Tunggu prosesnya dan jika HP Android anda berhasil di Root akan muncul Keterangan ” Congratulations! Root access is properly installed on this device! “

Demikian beberapa penjelasan mengenai cara root hp yang benar. Semoga bisa membantu Anda dalam melakukan proses root pada hp dengan benar. Karena meskipun metodenya berbeda, yaitu dengan aplikasi maupun melalui PC.

Namun langkahnya sangat mudah untuk Anda ikuti. Sehingga Anda bisa melakukannya sendiri di rumah, tanpa harus meminta bantuan orang lain.

Untuk artikel selanjutnya jika anda merasa ponsel yang sudah di Root mengalami beberapa Gejala Kerusakan Silahkan Ikuti Panduan Berikutnya Tentang Cara Unroot HP Android Semua Tipe

Javasiana.com
Javasiana.com Beyond Blogging!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.