Kelebihan dan Kekurangan Root Hp Android

Sebelum melakukan proses Root Alangkah baiknya jika anda membaca artikel berikut tentang Kelebihan dan Kekurangan Root Hp Android lengkap! Sebagai pertimbangan.

Kebutuhan alat canggih untuk berkomunikasi dan melakukan berbagai Kegiatan seperti Smartphone sangat diminati Masyarakat Digital di Dunia.

Dan kali ini mungkin anda mengetahui beberapa informasi yang mengatakan Bahwa “Root Android” Mungkin bisa meningkatkan Kinerja Ponsel.

Tidak ada yang salah dengan pemahaman anda, Bahkan dengan menggunakan Hp Android yang telah di Root anda dapat menikmati lebih banyak Akses dari Sistem Android itu sendiri.

Artikel ini ditujukan untuk anda yang ingin Me Root Hp Anda tapi masih ragu dan ingin mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa didapat. Dan dibawah ini adalah informasinya!

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Root HP Android Terbaik, dan Cara Menggunakannya

Kelebihan Root Hp Android

Saat memberi saran kepada seseorang, Cenderung orang tersebut akan memberi anda pertimbangan positifnya terlebih dahulu sebelum memberi orang tersebut beberapa alasan yang bertolak belakang.

Mengingat ada banyak sekali manfaat juga kekurangan setelah Proses Root Hp dilakukan maka anda perlu pertimbangan yang sangat matang, dan berikut adalah kelebihan root android.

1. Dapat Meringankan Penggunaan Ram

Pada pada dasarnya terdapat beberapa aplikasi yang tidak bisa di Kontrol. Dan setiap saat selalu menghabiskan Slod Ram yang ada.

Hanya dengan melakukan proses Root sajalah, Akhirnya pengguna memiliki cara mereka sendiri untuk memblokir izin “Auto Start” beberapa aplikasi yang tidak terlalu berguna dan meningkatkan performa android setiap saat.

2. Menghapus Aplikasi Bawaan

Kelebihan dan Kekurangan Root Hp Android

Kerjasama sebuah Brand Android dengan beberapa aplikasi adalah hal yang umum, Dan hari ini anda menyadari bahwa saat membeli ponsel baru didalamnya sudah terinstall banyak sekali aplikasi.

Jika dilihat dari segi Fungsi, Sebenarnya aplikasi tersebut tidak terlalu bermanfaat dan hanya menjadi pajangan saja. Menghapus aplikasi tersebut merupakan cara terbaik untuk menghemat Ruang Penyimpanan.

Dan untuk menghapus aplikasi tersebut proses Rooting di butuhkan dengan begitu Aplikasi bawaan yang sebelumnya tidak bisa di Uninstall sekarang anda bisa menghapus aplikasi tersebut sesuai dengan keinginan.

3. Ponsel Lebih Ngebut

Dengan banyak pertimbangan mengingat Hp yang anda gunakan saat ini memiliki performa yang kurang baik. Anda bisa menggunakan Root Android sebagai salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat ponsel ngebut.

Proses ini nantinya akan membersihkan beberapa aplikasi Default, Cache Aplikasi, Memblokir akses Auto Start aplikasi dan meningkatkan performanya dengan Maksmal.

4. Lebih Hemat Baterai

Kelebihan Root Hp Android

Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang membuat konsumsi Baterai meningkat. Hanya Beberapa jam saja anda akan merasa penurunan performa baterai secara signifikan.

Akibat banyaknya aplikasi yang menyedot konsumsi secara berlebihan dan dilakukan setiap saat.

Dengan rooting Hp, Akhirnya anda bisa membatasi penggunaan Baterai terhadap beberapa aplikasi dan membuat baterai lebih tahan lama.

Tentu saja anda perlu mempelajari bagaimana menjaga Baterai agar tetap sehat terlepas dari manfaat yang bisa didapat dengan Nge Root Android.

5. Memblokir Iklan

Pada saat memainkan sebuah permainan atau menjalankan aplikasi untuk beberapa kegiatan. Anda mungkin melihat banyaknya Iklan yang muncul dan lebih menyebalkan lagi jika anda menemui Iklan Pop Up dengan konten yang tidak sesuai.

Aplikasi AdBlock Plus adalah solusi terbaik untuk memblokir segala jenis Iklan yang muncul di Hp Android dan untuk menjalankan aplikasi ini anda perlu Melakukan proses Rooting terlebih dahulu.

6. Storage Kosong Lebih Banyak

Saat menginstall aplikasi atau Sedang mengunduh beberapa file anda mungkin kesal dengan munculnya Notifikasi “Ruang Penyimpanan Hampir Habis”.

Beberapa aplikasi dan Games secara default menempatkan Data Besar aplikasi di Penyimpanan Internal secara permanen agar saat game dijalankan Performanya berjalan lebih optimal.

Mengingat terbatasnya Slod Internal Hp Anda, Maka cara satu satunya yang bisa dilakukan ialah memindahkan beberapa Data ke Slod Penyimpanan Eksternal. Dan tidak semua aplikasi mengizinkannya.

Itulah kenapa Root Android dibutuhkan untuk membuka izin dan mengosongkan Slod / Ruang Penyimpanan agar performa ponsel jauh lebih baik dari performa sebelumnya.

7. Kustomisasi Rom

Salah satu cara yang bisa dimanfaatkan jika anda melihat Penyimpanan Internal di Hp Android anda sangat terbatas ialah dengan mengikuti prosedur dan panduan Kustomisasi Rom.

Kustomisasi Rom ini dimaksudkan untuk memodifikasi tema & tampilan Hp, mulai dari Warna, Keyboard, Font dan berbagai hal lainnya.

Selain itu fungsi utama yang bisa didapat dengan melakukan Kustomisasi Rom ialah memungkinkan pengguna menambah kapasitas Penyimpanan Internal dengan mengubah Fungsi Slod Eksternal.

8. Bebas Install dan Menggunakan Aplikasi

Beberapa aplikasi secara tidak langsung membutuhkan akses Root untuk performa maksimal. Seperti menghilangkan watermark, membuat aplikasi berjalan dengan fungsi yang sudah di modifikasi dan hal lain yang tidak bisa disebut satu persatu.

Dan dengan mengizinkan ponsel di Root anda memiliki kuasa penuh terhadap aplikasi dan menghilangkan beberapa batasan yang dibuat perusahaan dari Hp tersebut.

9. Meningkatkan Performa Processor

Dengan root android anda bisa melakukan tindakan Overclock yang artinya memaksa suatu komponen bekerja lebih keras dari seharusnya. Over berarti ‘lebih’, dan clock mengisyaratkan kecepatan frekuensi inti prosesor.

Dengan begitu Ponsel anda yang sebelumnya memiliki processor yang rendah tetap bisa melakukan tugasnya lebih baik dengan kemampuan Overclock.

10. Melegakan Ram

Dengan memanfaatkan Aplikasi Greenify anda bisa membuat performa Ponsel lebih stabil. Ram (Random Acces Memory) mengambil peranan yang penting dalam menjaga stabilitas ponsel.

Ram yang terus bertambah seiring dengan banyaknya aplikasi membuat kinerja ponsel melambat. Oleh karena itu Greenify hadir untuk melegakan Ram Ponsel dan membuat kinerja ponsel yang lebih baik.

11. BackUp Data Lebih Maksimal

Dengan kemampuan proses Rooting android dan mengizinkan akses permission ponsel anda bisa mencadangkan semua data ponsel. Mulai dari data yang tersimpan manual maupun otomatis.

Aplikasi yang bisa saja error kapan saja dengan begitu BackUp file akan membantu anda mengamankan beberapa data penting yang ada didalamnya.

12. Unlock 4G LTE

Beberapa ponsel yang tidak memiliki jaringan dengan Internet 4G terjebak dengan kuota yang mahal dan internet yang lambat. Dan beberapa cara masih bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi lalu mengubah internet 3g menjadi 4g dengan root android.

13. Unlock 4G GSM Card

Bagi pengguna Android Smartfren mungkin mereka menyadari bahwa Slod kartu yang bisa digunakan untuk internet dan mendapat internet dengan jaringan 4G adalah jenis Slod CDMA dan hanya support untuk slod smartfren.

Dan untuk mengubah Fungsi GSM anda perlu menggunakan aplikasi untuk proses tersebut dan kebanyakan membutuhkan Akses Root.

Dan dari Pertimbangan diatas Jika anda sudah bertekad untuk Nge Root Android? Anda bisa membaca Tutorial Berikut Tentang Cara Root HP Android

Kekurangan Root Android

Begitu banyak manfaat dan kelebihan yang bisa didapat dengan mengikuti proses Root Android tidak menghilangkan beberapa resiko dan kekurangan dari Hp yang sudah di Root, Untuk itu anda perlu mempertimbangkannya dengan beberapa kekurangan dari Android yang sudah di Root dibawah ini.

1. Garansi Resmi Hilang

Umumnya setiap brand ponsel melarang tindakan Rooting karena dapat merusak performanya. Untuk itu jika anda memiliki ponsel baru dan masih dalam masa Garansi.

Lebih baik jika anda menunda proses ini sampai masa Garansi Resmi habis untuk mencegah kerusakan yang bisa terjadi.

2. Rentan Terkena Virus dan Malware

Kelebihan dan Kekurangan Root Hp Android

Ponsel yang anda beli sebelumnya sudah diberi pengaman dari sistem yang sudah di Install dan karena proses Rooting mungkin beberapa keamanan dan izin aplikasi disini akan diabaikan.

Mengingat fungsi Root yang sebenarnya yakni membuat pengguna bisa mengakses penuh ponsel tersebut.

3. Kerusakan Pada Sitem dan Hardware

Resiko terbesar yang bisa didapat jika anda nekat melakukan rooting ialah mengakibatkan beberapa fungsi sistem dan Hardware rusak.

Ada banyak kasus yang sudah terjadi beberapa kerusakan membuat ponsel Mati total dan beberapa kasus ponsel Bootloop terjadi secara tidak terduga.

Banyak kasus lainnya terjadi karena ada kesalahan pada saat Rooting Android dan membuat proses Root tidak berjalan dengan lancar lalu mengakibatkan kerusakan.

4. Hp Restart Sendiri

Sudah banyak kasus Restart Hp yang terjadi setelah pengguna melakukan rooting untuk waktu yang cukup lama juga tidak memperhatikan kerusakan yang sudah terjadi sebelum root dilakukan.

Karena pemakainan yang berlebihan pada ponsel dan melebihi Kapasitas akhirnya ponsel sering Restart sendiri dan hal ini bisa berakibat ke hal yang lebih serius dengan Resiko Hp Bootloop dan Mati Total.

5. Ponsel Lebih Cepat Panas

Overlock jika dilakukan berlebihan akan membuat ponsel lebih cepat panas, Konsumsi baterai berlebihan akibat processor yang dipaksa bekerja lebih dari seharusnya dan menghantarkan suhu panas yang membuat ponsel dalam keadaan yang tidak baik.

Jika anda tidak menginginkan hal seperti ini terjadi anda bisa mengurangi penggunan fitur dari Ponsel yang sudah di Root.

Baca juga: Cara Mendapatkan Akses Root Tanpa Harus Root Android Terlebih Dahulu

6. Tidak Menerima Update OS Terbaru

Sistem android ( OS ) setiap saat akan diperbarui mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesatnya. Dan pada dasarnya ponsel lama akan berhenti berfungsi saat pembaruan ini mulai dilakukan lagi dan lagi.

Dengan begitu yang bisa menyelamatkan ponsel tersebut ialah Update OS yang bisa dilakukan dengan mengikuti panduan dari Sistem.

Hanya saja untuk pengguna Android yang sudah di Root mereka tidak menerima Update Otomatis OS dan akhirnya mereka harus puas dengan keadaan yang terjadi.

Demikian adalah Kelebihan dan Kekurangan jika anda melakukan proses Root, ada banyak kelebihan yang bisa didapat tapi mengingat resiko yang bisa didapat jauh lebih baik jika anda menghindari proses ini untuk Android yang masih baru.

Gunakan ponsel yang sudah lama dipakai untuk mengurangi kerugian yang bisa saja terjadi saat proses rooting dilakukan.

Baca juga: Cara Unroot HP Android Semua Tipe Terbaru