Harga dan Cara Pasang STB untuk TV Analog

Harga dan Cara Pasang STB untuk TV Analog

Migrasi televisi analog ke televisi digital sangat dianjurkan oleh pemerintah melalui Menteri Kominfo. Tujuannya tidak lain dan tak bukan adalah untuk menyediakan informasi yang berkualitas tinggi hingga ke pelosok negeri.

Merubah TV analog menjadi TV digital saat ini tidak perlu dengan membeli TV series terbaru, memasang STB dapat menjadi solusi yang mudah untuk masalah tersebut. Sebelumnya, Anda dapat mengecek harga dan cara pasang STB yang tepat untuk TV analog Anda. 

Merek STB apa saja yang telah lolos standar Kominfo? Berikut daftarnya! 

Apa itu Set top box?

Ketika berbicara tentang TV digital, orang awam mengetahui bahwa tayangan yang ditampilkan oleh TV tersebut memiliki kualitas yang sangat baik atau Ultra High Definition

Kemampuan dari TV digital tersebut karena antena penangkap sinyal atau saluran siaran akan menampilkan grafik dalam bentuk bit-bit data. 

Untuk membantu televisi analog mengubah bentuk tampilan televisi lama menjadi bit-bit data tersebut dibutuhkan suatu alat yang disebut dengan STB atau set top box.

Baca juga: Mengenal STB dan Cara Kerjanya

Harga dan Cara Pasang STB Sesuai Standar Kominfo 

Karena kebutuhannya dalam membantu migrasi standar televisi yang ada di dalam negeri, STB sebenarnya dapat dibeli melalui toko online atau toko elektronik terdekat. Namun perlu diketahui bahwa STB yang dipilih sebaiknya memiliki sertifikasi Kominfo agar terjamin kualitasnya. 

Daftar harga  STB 

1. Nexmedia (NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD)

STB dengan merek Nexmedia dibanderol pada harga terendah Rp216.00-an. Khusus pada daerah Jabodetabek, jumlah sinyal atau saluran penayangan yang mampu diterima oleh Nexmedia bisa mencapai 30-an sinyal.

Pada instalasinya, STB Nexmedia membutuhkan komponen tambahan seperti adaptor DC 12 volt, konektor kabel HDMI atau kabel RCA sesuai input pada TV, serta scan otomatis ulang di menu instalasi juga diperlukan bila perlu. 

2. Polytron (PDV 600T2) 

Dipasarkan dengan harga Rp160.000-300.000, STB Polytron menyediakan fitur DVB-T2 receiver, HDMI Output, hingga USB Input. Daya yang digunakan berupa daya AC dengan jumlah sebesar 100-240V atau 50-60 Hz. 

Sehingga daya penggunaan maksimal adalah sebesar 6 watt. USB multimedia yang dapat kompatibel sangat beragam mulai dari berbagai format movie, music, foto, video, dan PVR.  

3. Ichiko (8000HD)

STB Ichiko memiliki harga pasaran mulai Rp180.000. memiliki fitur berupa full HD 1080P, memori 32 Mbit, dapat digunakan dengan Wi-Fi, hingga support IP TV. Uniknya Ichiko menyertakan youtube dan tiktok sebagai program utama yang sesuai dengan masa kini.

Baca juga: 4 Cara Menangkap Siaran TV Digital Dengan STB Mudah

Cara Pasang STB

Memasang STB ke TV analog terbilang mudah, langkah-langkah yang dapat Anda lakukan diantaranya adalah: 

  1. Perhatikan panel serta port pada bagian belakang STB, sedangkan pada televisi perhatikan panel bagian belakang TV. 
  2. Sambungkan kabel penghubung antena  dari perangkat televisiSTB yang Anda miliki kemudian dapat langsung dihubungkan ke televisi menggunakan kabel Audio Video ataupun HDMI .
  3. Apabila semua kabel telah yakin terhubung, tekanlah tombol on pada STB dan TV. Remot khusus untuk STB dapat Anda gunakan untuk mengoperasikan saluran pada STB.
  4. Pada menu saluran otomatis dan tunggu hingga pencarian saluran TV dan radio digital selesai. 
  5. Hasil dari pencarian akan muncul pada layer televisi apabila instalasi telah berhasil.

Baca juga: 5 Alasan Harus Pakai TV Digital di Era Modern

Harga dan cara pasang STB yang terdapat pada pembahasan di atas menjadi solusi yang mudah dan terjangkau untuk ikut serta dalam migrasi TV digital. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.