Daftar Kode Remot TV Sharp Lengkap (LED + Tabung)

Kode Remot TV Sharp

Sharp merupakan salah satu merk TV yang digandrungi oleh masyarakat Namun, rusaknya remot kontrol original, membuat unit tidak dapat berfungsi dengan baik. Anda jangan khawatir, ada kode remot TV Sharp untuk mengembalikan fungsinya.

TV Sharp sendiri merupakan produk elektronik asal Jepang yang sudah teruji kualitasnya. Di dalam negeri terdapat 4 jenis yaitu, slim, LCD, LED, dan tabung. Bahkan jenis yang terakhir masih dicari karena awet dan tahan banting.

Pilihan Kode Remot TV Sharp 

Masalah klise juga sering dialami oleh pemiliknya, yaitu rusaknya remot kontrol bawaan pabrik sehingga tidak dapat berfungsi dengan benar. Bahkan ada pula yang hilang.

Ada dua pilihan solusi, yaitu membeli remot originalnya atau perangkat berjenis universal yang dapat digunakan untuk berbagai merk TV. Namun, masalahnya, amat jarang pabrikan yang menjual hanya remotenya saja.

Kalau demikian, maka pilihan terbaik adalah membeli remot universal. DI pasaran tersedia berbagai merk yang dapat Anda pilih. Namun, yang banyak dicari adalah remot universal bermerk Joker.

Pasalnya, remot Joker ini tersedia untuk segala jenis dan merk TV, termasuk sharp. Anda hanya perlu mengetahui kode remot TV Sharp Joker agar perangkat tersebut berfungsi kembali.

Baca juga: Kode Remot TV Polytron Lengkap (LED dan Tabung)

Daftar Kode Remot TV Sharp Semua Tipe Terlengkap

Biasanya kode remot TV Sharp ni terdiri dari kombinasi tiga angka. Baik itu dari Produsen Remot Universal Chunghop maupun Joker tidak hanya menyediakan satu kombinasi saja, tetapi tersedia dalam beberapa pilihan. 

Karena, tidak semua kode tersebut cocok dalam sekali pengaturan. Jika itu terjadi, maka Anda harus melakukan setting awal kembali menggunakan kode yang lain dan memang untuk TV Sharp.

NoMerkJenisKode Remot
1SharpTabung003, 018, 135, 136, 137, 371,  016, 025, 
2SharpLCD136,  018, 135, 137, 003,

Kode Remot TV Sharp Lainnya:

  • 002, 013, 111, 0039, 0093, 0165, 10178, 10019, 10748.
  • ADC – 0002 0006.
  • ADMIRAL – 0020 0226 0001.
  • ADVENT – 0176 0922.
  • ADVENTURA – 0174.
  • AIKO – 0058.
  • AIWA – 0195 0196 0227 0269.
  • AMTRON – 0053.
  • AKAI – 0105 0002 0077 0254.

Cara Men-Setting dan Mengatur Kode Remot TV Sharp

Kode Remot TV Sharp

Manual:

  1. Tekan lama tombol Set. Tahan
  2. Pencetlah tombol Power bersamaan dengan tombol set hingga pada remot terlihat  lampu  indikator pada TV terlihat kedap-kedip
  3. Jika terlihat sinar yang artinya TV sudah merespon. Lepaskanlah tekanan pada tombol Set dan Power
  4. Masukkanlah kode remot TV Sharp. Caranya, tekanlah satu demi satu  tombol angka pada remote universal tersebut.
  5. Setelah angka yang terakhir dimasukkan, jika kodenya benar, maka lampu indikator akan padam.
  6. Cobalah untuk menyalakan nit dengan remot universal tersebut. Jika  TV on, maka kode tersebut berfungsi dengan baik. Jika tidak, cobalah dengan kode yang berbeda. Caranya dengan mengulangi langkah awal.

Autoscan (Otomatis):

  1. Tekanlah tombol Set. Tahan  hingga lampu indikator menyala terang.
  2. Setelah yakin menyala, lepaskanlah tekanan pada tombol tersebut. Lampu akan terlihat  berkedip-kedip. Hal Ini menandakan proses autoscan sedang berjalan.
  3. Kemudian, pencetlah tombol volume naik. Amati perubahan suara pada TV. Jika semakin keras, maka berarti kode telah terpasang. Jika belum, gantilah dengan menekan tombol volume menurun sampai terdengar keras kecilnya suara.
  4. Akhiri proses autoscan dengan cara menekan tombol Set lama hingga prosesnya berakhir. 

Anda dapat mencoba apakah remot ini berfungsi sesuai dengan fitur yang ada. Sebab, bisa jadi perangkat tersebut tidak sesuai, misalnya tombol-tombol yang tidak bekerja dengan seharusnya. 

Misalkan saat menekan tombol volume naik,  respon dari TV Sharp bisa jadi malahan memindahkan saluran atau mencari chanel. Jika terjadi, maka Anda harus mengatur ulang kode remot TV Sharp yang tadi telah Anda gunakan.

Cobalah terus sampai semua tombol pada remot universal berfungsi dengan baik. Jika telah mencoba semua kombinasi kode yang ada, namun, tidak ada satupun yang sesuai, pilih saja yang mendekati semua fungsinya.

Baca juga: Kode Remot TV LG Lengkap Semua Tipe (LED + Tabung)

Tips Memilih Remot Universal

Diakui bahwa tidak semua remot universal yang tersedia di pasar pasti cocok dengan TV Sharp Anda. Oleh karenanya, pengguna wajib memilih dengan teliti, hingga tidak sia-sia membelinya.

1. Produksi Terbaru

Pilihlah remot universal produks terbaru. Dengan demikian akan memiliki fitur yang sama lengkapnya bahkan lebih dari TV Anda. Biasanya pabrikan terbaru dilengkapi dengan fungsi yang lebih update.

2. Kompatibel dengan TV

Ini adalah hal terpenting untuk memilih jenisnya. Jangan sampai membeli yang tidak mensupport TV Anda. Bacalah lembar panduan yang diberikan oleh produsen remot tersebut. Biasanya tertera merk TV apa saja yang disupportnya.

Jangan memaksakan diri membeli remot yang paling mahal dan paling bagus, padahal belum tentu kompatibel dengan TV Anda. Jika memang remot yang sesuai dengan unit adalah yang standar, janganlah ragu untuk memilihnya.

3. Tombol

Periksa dengan keadaan remot dengan teliti,apakah semua tombolnya lengkap dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena setiap remot universal memiliki spesifikasi yang telah ditentukan oleh pabrikan.

Pilih juga repot yang lembut ketika di tekan. Pasalnya, banyak yang tombolnya sulit dan keras untuk berfungsi. Anda harus ingat bahwa yang menggunakannya bukan hanya Anda saja, melainkan seluruh anggota keluarga. 

4. Ukuran Remot

Pilihlahlah remot yang berukuran standar, dengan dimensi sesuai dengan besarnya genggaman tangan. remot yang terlalu besar akan menyulitkan penggunanya. Jika terlalu kecil, akan mudah slip dari tangan, serta susah untuk menekan tombolnya.

5. Harga

Remot yang berkualitas seringkali memiliki harga yang sedikit mahal. Jika memang produk tersebut yang Anda butuhkan, jangan ragu untuk membelinya. Dibandingkan dengan yang berharga murah, tetapi tidak memenuhi kebutuhan Anda.

Baca juga: 3 Cara Mencari Email Yang Lupa Dengan Mudah dan Cepat

Penyebab Remot Tidak Berfungsi

Dari langkah yang diberikan di atas , Anda bisa jadi merasakan bahwa TV tidak merespon dengan baik ketika di atur ulang menggunakan remot universal. Penyebabnya banyak, bisa jadi beberapa faktornya di bawah ini

1. Kode Remot TV Sharp Tidak Cocok

Anda dapat mencoba satu persatu semua kombinasi angka yang telah diberikan. Karena terdapat kemungkinan, kode tersebut tidak sesuai dengan remot dna frekuensi TV Sharp. jangan takut remot universal Anda rusak

2. Baterai Remot Habis 

Sudah menjadi kebiasaan, bila remot tidak berfungsi dengan baik, maka yang akan diperiksa adalah baterainya terlebih dahulu, Cobalah menggantinya dengan baterai yang baru.Ganti keduanya langsung, jangan hanya salah satu.

3. Kumparan Besi

Perhatikan ujung baterai terdapat kumparan besi. Jika sudah berkarat, mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru. Jika masih baik, kedua cara di atas dapat memberikan hasil yang maksimal.

4. Sensor Remot Rusak

Jika ketiga cara di atas sudah dicoba semua, dan tidak berhasil. Maka kemungkinan terakhir adalah alat sensor yang terdapat pada remot telah rusak. Jika itu yang terjadi, terpaksa Anda harus membeli remot baru.

5. Bersihkan Debu

Bisa jadi remot yang tidak bekerja dengan baik karena adanya debu yang menempel pada sela-sela tombol dan baterai. Bersihkan menggunakan kuas atau lap kering. Jangan gunakan kain basah, untuk menghindarinya perkaratan pada besi.

Dengan langkah-langkah yang diberikan diatas, serta penggunaan kode remot TV Sharp yang tepat, maka unit Anda akan berfungsi seperti sedia kala, JAdi, mulai sekarang jangan panik, jika remot original Sharp rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.