Kode Remot TV Polytron Lengkap (LED dan Tabung)

Kode Remot TV Polytron

Merk Polytron terkenal dan dicari oleh masyarakat. Selain harganya terjangkau, daya tahannya pun cukup tinggi. Selain itu pula, jika remotnya rusak, dapat digantikan dengan universal asal mengetahui kode Remot TV Polytron.

Hal ini termasuk salah satu keuntungan menggunakan merek ini. Pasalnya tidak semua jenis TV dapat menggunakan remot universal jika rusak. Namun, tidak dengan merek ini.

Syaratnya hanya satu, Anda harus mengetahui jenis TV yang akan diganti original remotnya dengan universal. Apakah jenis tabung, flat screen, LED atau LCD. Karena, setiap model memiliki kode remot TV  yang berbeda.

Tanpa remot TV yang dapat bekerja dengan baik, bisa jadi Anda mengalami kesulitan untuk melakukan penggantian saluran TV dari jarak jauh, Tidak hanya itu, juga untuk memprogram, serta menyala dan mematikan fungsinya.

Pengaturan Kode Remot TV Polytron

Kode Remot TV Polytron

Pertama tentu saja harus memastikan jenis TV yang akan diganti remot pabrikannya. Kemudian dapatkanlah perangkat universalnya yang banyak ditemui di penjual kaki lima. Jika tidak ada manualnya, seperti biasa gunakanlah kode remot TV Polytron dibawah ini.

Kode tersebut berlaku untuk berbagai merk TV LG atau model remot seperti LCD, tabung, joker, chunghop, bazzoke, cinemax led, crystaline, chung he, chunghop, visero, voltan, slim dan lain sebagainya.

Baca juga: Kode Remot TV LG Lengkap Semua Tipe (LED + Tabung)

Kode Remot TV Polytron Jenis LED dan LCD

Kode untuk TV Polytron LED dan LCD adalah sebagai berikut 017, 253, 043,,024, 151, 053 152, 253, 147, 120 150.

3 digit angka di atas dapat digunakan untuk semua ukuran TV LED dan LCD yang ada, 19 inch, 21, 22, 23, 24 inch, atau 32 inch. Pilihan kodenya cukup banyak, artinya jika satu kombinasi tersebut tidak cocok, silahkan gunakan yang lainnya.

Kode Remot TV LG Model Tabung

Model TV Polytron jenis ini merupakan varian yang lama. Sekarang amat jarang rumah tangga yang masih memilikinya. Namun, jangan khawatir jika TV Anda masih berjenis ini, tetap ada kode remot TV Polytron yang dapat digunakan.

Kode 3 digitnya adalah sebagai berikut :  , 017, 253, 024, 147, 253, 043, 120 150, 151, 053 152.

Untuk mengetahui apakah kombinasi tersebut sesuai dengan remot universal yang Anda gunakan, cobalah satu persatu, Jika tidak, gunakan kombinasi yang lainnya. Karena sering kali, setiap perangkat membutuhkan angka yang berbeda.

Anda dapat juga menggunakan kode remot TV Polytron yang disertakan dalam buku manual. Dengan catatan  panduan tersebut diberikan oleh produsen remot tersebut. Jika ada, tentu akan lebih memudahkan.

Baca juga: 3 Cara Mencari Email Yang Lupa Dengan Mudah dan Cepat

Langkah Input Kode Remot TV Polytron

Terdapat dua cara untuk memasukan kode remot TV Polytron, yaitu dengan pengaturan manual dan otomatis. Anda dapat menggunakan salah satu dari keduanya. 

1. Pengaturan Manual

Setelah memastikan jenis TV yang Anda miliki, maka saatnya untuk mengatur remot universalnya. Ikutilah langkah-langkah di bawah ini untuk men-settingnya.

  1. Tekanlah tombol Set pada remot tersebut hingga lampu indikator pada TV menyala.
  2. Setelah menyala yang artinya TV dalam keadaan on, masukkanlah 3 digit kode remot TV Polytron tersebut. Caranya, tekanlah satu-persatu tombol angka pada perangkat tadi.
  3. Setelah yakin bahwa kode tersebut sudah terinput, maka selanjutnya adalah mengarahkannya pada layar kaca. Tekanlah salah satu tombol. Boleh apa saja.
  4. Jika TV menyala, maka berarti kode tersebut sesuai dengan jenisnya. Jika belum berhasil, cobalah dengan kode yang lainnya dan ulangilah dari langkah awal.

2. Setting Kode Remot Secara Otomatis

Metode kedua ini adalah melakukan pengaturan secara otomatis. Anda dapat melakukannya jika ternyata semua kode tersebut tidak ada yang cocok dengan TV. Artinya, unit tersebut tidak berfungsi.

  1. Tekanlah tombol Set pada remot. Tahan
  2. Pencetlah tombol Power sampai sampai lampu penanda  TV menyala.
  3. Pada saat sudah menyala, arahkan remot tersebut pada unit. 
  4. Tekanlah tombol yang digunakan untuk mengatur volume naik. Jika belum terjadi perubahan, gantilah dengan menekan tombol volume turun. Tandanya berhasil adalah adanya perubahan suara pada TV sesuai dengan tombol yang ditekan.
  5. Selesaikan proses pengaturan dengan menekan tombol power kembali dan mematikan lampu indikator TV.

3. Setting TV Polytron Menggunakan Remot Chunghop

Salah satu merek remot TV universal adalah Chunghop. Banyak yang mengatakan bahwa kualitasnya lebih baik dibandingkan dengan yang lainnya. Merk ini tersedia dalam berbagai type, yaitu Chunghop RM-168GS, RM-168B, dan RM -109E.

Pengaturan Dengan Menggunakan Kode

  1. Langkah pertama adalah menekan tombol Set pada unit. Tunggu sampai lampu indikator TV menyala. Jika tidak memberikan respon, tekan pula tombol Power bersamaan.
  2. Jika sudah menyala, masukan kode remot TV Polytron dengan menekan tombolnya satu persatu
  3. Perhatikanlah keadaan lampu indikator. Jika setelah memasukan kode tersebut penandanya mati, maka tahapan ini sudah benar. Jika belum, maka ulangi lagi  dengan menggunakan kode tiga kombinasi yang lainnya sampai berhasil.

Dengan Tanpa  Menggunakan Kode

  1. Nyalakan TV hingga terlihat layarnya yang berwarna biru
  2. Arahkan remot ke sensor yang ada pada bagian depan
  3. Tekan tombol Set beberapa lama, sampai Anda melihat lampu LED pada ujung remot terus menyala, walaupun tombol dilepas.
  4. Setelah lampunya menyalah, gunakan tombol volume naik, pencet. Jika terjadi perubahan keras suara, berarti unit TV merespon. 
  5. Gunakan tombol volume menurun, jika naik tidak berfungsi.  Hentikan saat Anda melihat tampilan pengaturan volume pada layar.
  6. Jika hal itu sudah terlihat, matikan unit dengan menekan tombol power. Cobalah menyalakan TV dan mengatur saluran sesuai dengan keinginan Anda.

Baca juga: 3 Cara Mengetahui Email Sudah Dibaca Oleh Penerima

Penyebab Remot TV Polytron Tidak Berfungsi

Mungkin saja setelah mencoba semua kode di atas, ternyata hasilnya mengecewakan alias TV tidak memberikan reaksi. Namun, jangan kecewa dulu, sekarang saatnya memeriksa apakah remotnya bekerja dengan baik.

Salah satu penyebab kode remot TV tidak bekerja, adalah perangkat pengendalinya tidak memancarkan sinyal transmisi dengan baik. Oleh karena itu, periksa juga keadaannya.

1. Baterai Lemah

Baterai merupakan sumber listrik yang digunakan sebagai sumber energi agar remot dapat bekerja dengan baik. Periksa kondisinya terlebih dahulu. Gantilah dengan spare part yang baru. 

Baterai lemah tidak dapat mengeluarkan arus listrik pada kumparan besinya. Jangan hanya mengganti salah satunya, tetapi gantilah sebanyak baterai yang dibutuhkan. Disarankan Anda menggantinya dengan merk yang sama, agar kualitasnya sama.

2. Kumparan Besi

Pada ujung baterai terlihat lingkaran besi yang menghubungkan sparepart dengan casing remot. Jika terlihat berkarat, tentu solusinya adalah menggantinya dengan remot universal yang baru. Sebab karat akan membuat kumparan tidak berfungsi.

Jika ternyata masih bagus, bersihkanlah bagian dalam remot dari kotoran-kotoran kecil yang mungkin menempel tetapi tidak terlihat. Jangan bersihkan dengan kain basah, cukup menggunakan kain kering.

3. Unit Remot Rusak

Untuk memastikan apakah unitnya yang rusak atau tidak, adalah dengan melita cahaya sensor pada ujungnya. Sorot bagian sensor tersebut dengan lampu, bisa menggunakan senter atau HP. Jika tidak terlihat cahaya, maka bisa dipastikan rusak.

Jika ketiga cara diatas sudah dilakukan, dan remot masih tidak berfungsi, maka satu-satunya cara adalah membeli perangkat yang baru. Anda dapat memilih, membeli remot original atau jenis universal lagi.

Kini, Anda tidak perlu khawatir dengan jika remot original rusak. Cukup cari perangkat baru berjenis universal yang harganya lebih ekonomis dan lakukan pengaturan  menggunakan kode remot TV Polytron, maka unit akan bekerja kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.