Review Printer Canon IP2770 Lengkap Kelebihan dan Kekurangannya

Review Printer Canon IP2770

Printer Canon IP2770 atau PIXMA IP2770 dirilis pada tahun 2010 dan laris hingga sekarang. Salah satu faktornya adalah karena harga yang terjangkau serta hasil cetak bagus. Menurut review Canon IP2770, Anda bisa memiliki printer dengan kualitas cetak 4800 x 1200 dpi serta droplet ink 2pl.

Walaupun didesain sebagai printer rumahan, faktanya printer ini laris untuk usaha percetakan. Apa saja kelebihan dan kekurangan printer Canon IP2770? Berikut ulasan lengkap dan detailnya agar Anda bisa menentukan pilihan printer terbaik.

Printer Canon IP2770

Review Printer Canon IP2770

Printer Canon IP2770 merupakan salah satu printer dengan harga terjangkau tapi berkualitas cetak profesional. Printer ini sering dibandingkan dengan Canon G1010 karena resolusi cetaknya yang sama.

Walaupun sering dibandingkan, kedua printer ini memiliki spesifikasi yang berbeda, dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kelebihan dan kekurangan inilah yang dapat dijadikan pertimbangan buat Anda. Berikut perbandingan kedua printer ini:

Canon IP2770 :

  • Harga Printer : 742.500
  • Tidak Ink Tank Mesin
  • Resolusi Cetak : 4800 x 1200dpi
  • Kecepatan Cetak Mono : 7.0ipm
  • Kecepatan Cetak Warna : 4.8ipm
  • Berat : 3.4kg

Canon G1010

  • Harga Printer : Rp. 1.760.000
  • Ada Ink Tank System    
  • Resolusi Cetak : 4800 x 1200dpi
  • Kecepatan Cetak Mono : 8.8ipm
  • Kecepatan Cetak Warna : 5ipm
  • Berat : 4.8kg

Baca juga: Review Canon Pixma MP287, Printer Mutifungsi yang Paling Dicari

Apakah Bisa di Gunakan Untuk Mencetak Full Colour?

Bukannya printer Canon IP2770 tidak bisa mencetak full colour, tetapi jika Anda pakai buat mencetak full colour akan jadi lebih cepat rusak. Walaupun printer ini memiliki tagline “Mencetak foto berkualitas tinggi seperti profesional” pada kenyataannya head printer bisa cepat rusak dan cukup lemah.

Sehingga direkomendasi untuk memakai printer ini untuk mencetak teks serta sedikit foto saja. Kurangi menggunakannya untuk mencetak full colour. Jika penggunaannya tepat, printer ini bisa awet dan menurut beberapa pengalaman pengguna, satu head printer dapat mencetak sampai 10 ribu lembar.

Review Printer Canon IP2770

Jika kita review printer Canon IP2770 dari sisi keawetannya, ternyata printer ini bisa dipakai selama bertahun-tahun. Tapi ada perbedaan antara teori dengan prakteknya. Salah satunya adalah jangan pernah memakai kualitas high. Jika sekali saja Anda mencetak dengan kualitas high, print head bisa dipastikan tidak tahan lama.

Buat Anda yang baru membeli printer Canon IP2770, pakailah dengan kualitas standar. Untuk waktu yang lumayan lama, bahkan hingga modal sudah kembali. Cartridge printer tipe ini sangatlah lemah, jika Anda sering memakai kualitas high, head print akan menjadi panas bahkan aus.

Review printer Canon IP2770 lainnya adalah head cleaning hanya bisa untuk 5 kali penggunaan. Berdasarkan beberapa review pengguna, kalau sudah head cleaning sebanyak 5 kali, dapat dipastikan hasilnya cetak akan bergaris. Kalau Anda lakukan head cleaning bulan ini, 1-2 bulan selanjutnya head print akan tidak normal lagi.

Ini dikarenakan saat head cleaning ataupun deep cleaning, print head akan panas bahkan aus. Inilah yang membuat hasil cetak menjadi bergaris. Selain itu, cartridge printer Canon IP2770 walaupun tidak pernah dipakai tetap akan rusak sendiri.

Apakah Printer ini Bisa Menggunakan Tinta Art Paper?

Tinta Art Paper merupakan jenis tinta berbasis minyak untuk cetak foto. Banyak usaha foto yang memakainya karena hasilnya tidak akan pudar dan luntur karena cuaca. Printer Canon IP2770 tidak dapat memakai tinta jenis ini karena ada busa di dalam cartridgenya sehingga akan menyerap tinta dan mengering.

Baca juga: Download Driver Canon MP258 Full Series dan Cara Instalasinya

Tips Menggunakan Printer Canon IP2770

Tips agar print head awet yaitu memberi jeda, buat batasan pada satu waktu cetaklah 25 lembar, lalu istirahatkan untuk sejenak. Supaya print head menjadi tidak panas, pastikan untuk mencetak minimal 1 lembar di setiap harinya.

Canon IP2770 merupakan salah satu printer yang awet jika Anda paham serta dapat menerapkan cara mengisi tinta yang benar. Atau dengan memasang infus kualitas terbaik pada catridge, printer Canon IP2770 dapat bertahan sampai satu tahun atau lebih.

Kelebihan Printer Canon iP2770

Canon IP2770 mempunyai ukuran yang terbilang ringkas, serasi dan pas jadi tidak akan memenuhi ruangan. Selain itu, performa printer tipe ini tergolong sangatlah baik dengan speed cetak yang cepat serta hasil yang profesional.

Review printer Canon IP2770 mempunyai speed cetak sampai 7 ipm untuk hitam putih dan 4,8 ipm untuk tinta warna. Printer ini bahkan bisa mencetak tanpa batasan foto 4 x 6 dan kecepatan cetaknya hingga  55 detik. Tapi selain itu ada beberapa kelebihan lain dari Printer Canon IP2770 sebagai berikut:

1. Kualitas Performa yang Bagus

Printer ini dapat mencetak foto indah serta gambar menggunakan pilihan Printing Borderless, sehingga hasil cetakan tanpa ada marginnya. Printer ini bersifat fade-resistant, sehingga cartridge yang dipakai memberikan hasil cetak berkualitas tinggi, membantu printer mencetak lebih banyak bahkan bisa tahan lama.

2. Konektivitas yang Mudah

Canon IP2770 mudah sekali untuk dihubungkan pada device baru sehingga memudahkan kegiatan mencetak. Untuk bisa mendapatkan driver Printer IP 2770 juga tidak sulit. Bisa dengan menggunakan CD Driver bawaan, atau Anda juga dapat mendownloadnya pada website resmi Canon.

3. Harga yang Murah dan Hemat Listrik

Printer tipe ini sangatlah hemat, karena hanya diperlukan 11 Watt saja saat printer ini digunakan. Serta memerlukan 0,7 watt ketika dalam mode siaga. Bahkan harganya di pasaran hanya di bawah 1 jutaan, padahal hasil cetakannya sangat profesional

4. Menggunakan Print Head FINE™

Printer ini menggunakan teknologi print head FINE™ sehingga mampu mencetak gambar dengan sangat jelas bahkan detail sekelas profesional. Tetesan tinta yang stabil, bahkan kualitas serta daya tahan sangat baik sudah diformulasikan supaya menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

5. Mampu Mencetak Ukuran A4 dengan Borderless

Mampu mencetak foto dan gambar indah hingga ukuran A4 serta menggunakan fungsi pencetakan borderless. Sehingga sangat cocok untuk mengisi album foto, presentasi bisnis dengan profesional, harga menu serta masih banyak lainnya.

6. USB 2.0 Berkecepatan Tinggi

Canon IP2770 juga mempunyai kecepatan USB sangat baik. Sehingga bisa dipastikan jika transfer data bisa dengan kecepatan penuh, konsisten dan mudah antara perangkat Anda dengan printer Canon IP2770 tanpa adanya jeda waktu ataupun keterlambatan.

Baca juga: Review Epson L3110, Apa Saja Keunggulan dan Kekurangannya?

Review Kekurangan Printer Canon iP2770

Review printer Canon iP2770 selanjutnya adalah terkait kekurangan pada mesin cetak ini. Biasanya catridge milik printer Canon iP2770 kurang awet, bahkan sering muncul permasalahan sekitar 3 bulan pemakaian.

Padahal harga catridge printer Canon iP2770 cukup mahal. Saat masalahnya tidak bisa diatasi, Anda perlu membeli catridge seharga 220.000 untuk black serta 270.000 untuk yang colour.

Kualitas printer Canon tipe ini memiliki kecepatan mencetak yang sangat baik. Tapi biaya operasional saat menggantikan catridge perlu diperhatikan. Untuk Anda yang mencari printer buat keperluan pribadi seperti cetak dokumen ataupun foto, printer ini sangat direkomendasikan.

Tapi jika Anda mencari printer untuk usaha warnet, Anda tahu jika printer Canon IP2770 memiliki beberapa kekurangan di atas. Namun Anda yang tetap ingin menggunakannya ini memang bisa menjadi solusi untuk anggaran yang terbatas. Demikian review printer Canon IP2770, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.