Download Resetter Epson L220 Gratis + Cara Resetnya

Download Resetter Epson L220

Setiap printer pasti pernah mengalami masalah salah satu cara yang terbukti ampuh yaitu dengan melakukan reset ulang. Reset printer akan mengembalikan printer ke setting awal agar dapat mencetak kembali secara normal. Salah satu cara reset printer adalah dengan download Resetter Epson L220.

Beberapa peringatan sering kali menandakan jika ada masalah pada penampungan tinta printer Anda. Tapi jika Anda mengecek dan ternyata penampungan tinta penuh dapat dipastikan jika ada masalah pada sistem printer sehingga salah membaca penampungan.

Cara Memeriksa Epson L220

Jika Anda memiliki printer Epson yang mengalami masalah, pastikan untuk segera mencari tahu penyebabnya. Segera lakukan pemeriksaan untuk mencari penyebab printer tidak dapat mencetak atau mengeluarkan tinta. Berikut beberapa langkah untuk memeriksa printer Epson L220 :

  1. Periksalah level tinta pada tabung printer, kalau rendah, segera tambahkan ataupun isi ulang.
  2. Pastikan jika cartridge printer berkondisi baik. Jangan sampai ada kotoran menempel, lalu periksalah posisinya buat memastikan sudah terpasang dengan benar.
  3. Cek apakah rol printer tidak dalam kondisi tersumbat kertas.
  4. Periksalah kabel penghubung printer ke komputer sudah terpasang dengan benar.
  5. Jika sudah memeriksanya serta berada dalam kondisi yang baik, namun printer tidak berfungsi, perlu dilakukan reset secara total. Ini untuk menghapus segala data yang tersimpan di dalam IC Counter (EEPROM) printer.

Baca juga: Download Resetter Printer HP + Cara Resetnya Yang Benar

Download Resetter Epson L220

Download Resetter Epson L220

Saat ingin mereset printer Anda bisa melakukannya secara manual atau dengan memakai software. Tapi jika ingin mereset menggunakan software, Anda harus download Resetter Epson L220 terlebih dahulu. Silakan klik link berikut untuk download resetter Epson dengan mudah:

  • Nama File: Resetter Printer Epson L220
  • Versi: 2.0
  • Ukuran File: 3 MB
  • Sistem Operasi: Windows XP, Windows 7, Windows 8/8.1, Windows 10 dan Windows 11 (32 bit & 64 bit)
  • Link Download:

Cara Reset Printer Epson L220 Secara Manual

Banyak pemiliki printer Epson L220 yang memutuskan untuk mereset ulang, yaitu untuk mengembalikan semua pengaturan ke setingan semula. Reset printer juga digunakan untuk membersihkan seluruh data atau mengembalikan konfigurasi ke pengaturan semula.

Bisa juga digunakan untuk membersihkan batas maksimum dokumen tercetak menjadi nol kembali. Bisa juga untuk melakukan setting ulang ink pad counter, dan pengaturan lainnya. Untuk mereset printer Epson L220 cara paling mudah dengan cara manual tanpa memakai aplikasi atau software :

  1. Hal yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah mematikan printer terlebih dulu.
  2. Kemudian cabutlah kabel power printer tersebut lalu tunggulah 5 menit kemudian.
  3. Selanjutnya Anda dapat colok kembali kabel powernya.
  4. Lalu Anda dapat menyalakan kembali printer Epson yang dipakai.
  5. Kalau sudah, Anda bisa menekan tombol resume lalu tahanlah selama 5 detik.
  6. Kemudian Anda perlu melepaskannya.
  7. Selanjutnya silakan tekan kembali tombol resume tapi cukup Anda tahan selama 3 detik saja.
  8. Kalau sudah silakan Anda lepaskan lagi.
  9. Kemudian, jika ingin mengetes proses reset sudah berhasil ataupun belum cobalah untuk mencetak dokumen.
  10. Kalau berhasil, proses reset manual selesai dan berhasil.

Baca juga: 5 Cara Sharing Printer Yang Mudah dan Praktis

Cara Reset Printer Epson L220 dengan Software

Seringkali printer Epson L220 mengalami error dan hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu meresetnya. Anda dapat mereset printer dengan dua cara, salah satunya dengan memakai software yang perlu di download dulu. Berikut cara melakukan reset printer Epson L220 dengan software :

  1. Download software resetter terlebih dulu, lalu install softwarenya dan pilihlah Particukar Adjusment Mode.
  2. Silakan memilih sesuai tipe printer yaitu L220, software resetter biasanya support terhadap beberapa printer.
  3. Lalu pilih port, lihatlah pada device manager port printer mana yang terhubung.
  4. Kemudian pilih Waste ink di counter, lalu tekan tombol OK.
  5. Selanjutnya ceklist di Main pad counter klik Check. Kemudian akan tampil informasi lalu tekan saja OK.
  6. Lalu di Main pad counter klik Initialize
  7. Kemudian akan muncul perintah buat mematikan printer. Lalu matikan printer serta tekan OK.
  8. Selanjutnya hidupkanlah lagi printernya.
  9. Jika sudah selesai, silahkan coba mencetak dokumen untuk memastikan apakah proses reset berhasil atau tidak.

Baca juga: Download Driver Epson L300 + Cara Instalasinya

Tips Merawat Printer Epson L220

Selain melakukandownload resetter printer Epson L220 untuk mengatasi beberapa masalah error. Printer juga harus dirawat agar tetap awet, berikut ini beberapa cara merawat printer Epson L220 secara umum dan bisa dipraktekan pada semua seri baik yang lama ataupun seri baru:

1. Rutin Membersihkan Printer

Hal penting dalam merawat printer yaitu rutin membersihkan body printer.  Memang perawatan ini tidak berhubungan langsung dengan performa printer namun penting dilakukan. Karena sering kali tersisa serpihan kertas saat mencetak dokumen, jika tidak dibersihkan dapat menimbulkan masalah.

2. Mengecek Tabung Tinta

Tips merawat printer L220 ini sangat penting dilakukan karena berhubungan langsung dengan fungsi serta hasil print. Anda hanya perlu mengecek isi tinta pada tabung tinta. Jangan biarkan tinta habis, minimal harus masih ada sisa sekitar 5 sampai 10 ml.

Jika sudah hampir habis ataupun tersisa hanya 5 sampai 10 ml, segera lakukan pengisian ulang tinta menurut warnanya. Kalau sampai lupa mengecek tinta serta terlanjur kosong, akan membuat catridge kosong sehingga suplai tinta menuju print head tidak ada, dan menjadi kering serta buntu.

3. Rutin Memeriksa Tinta pada Catridge

Tinta pada catridge merupakan tinta yang langsung berhubungan dengan print head. Sehingga saat mencetak dokumen, catridge inilah yang mengisi tinta menuju print head. Kalau sampai catridge kosong suplai tinta menuju print head bisa terganggu bahkan membuat print head menjadi kering serta buntu.

Pastikan untuk melakukan pengecekan catrige setiap 6 bulan bagi printer yang tidak terlalu sering digunakan serta setiap 3 bulan buat printer yang sering digunakan. Saat catridge mulai kosong segera isi menggunakan suntikan hingga tintanya penuh lalu pasang kembali ke posisi semula.

4. Bersihkanlah Tempat Pembuangan Tinta

Sampah tinta saat mencetak dokumen biasanya akan dibuang serta dikumpulkan di tempat yang telah disediakan yaitu tabung pembuangan tinta. Lama kelamaan, sampah yang terkumpul akan membuat tabung pembuangan penuh dan perlu segera dibuang.

Karena kalau tidak dibuang, sampah tinta dapat meluap serta membanjiri komponen penting di sekitarnya seperti sensor hingga power supply. Jadi pastikan untuk rutin membersihkan serta membuang sampah pada tabung pembuangan tinta.

5. Rutin Clean Head

Proses clean head menjadi tips merawat printer Epson agar awet. Hal ini perlu dilakukan agar printer head tidak tersumbat sehingga bisa menyerap tinta dengan bagus. Lalu dapat disalurkan ke atas kertas secara maksimal. Sistem clean head biasanya juga sudah disediakan di semua merk printer.

Dengan rutin melakukan pemeriksaan serta perawatan seperti di atas, Anda dapat meminimalisir timbulnya kerusakan ataupun masalah pada printer epson L220. Selain itu dengan download resetter printer Epson L220 juga bisa memperbaiki bermacam masalah pada sebuah printer.

Akhir Kata

Saat printer sudah tereset dengan benar, tidak akan muncul kedip lampu pada indikator. Hal itu berarti Anda sudah dapat memakainya kembali seperti biasanya. Itulah beberapa panduan lengkap cara download resetter Epson L220 dan reset printer secara manual atau dengan software.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.