Download Resetter Printer HP + Cara Resetnya Yang Benar

Download Resetter Printer HP

Printer adalah suatu perangkat yang dipakai untuk mencetak segala jenis dokumen bahkan foto. Beragam merk ataupun jenis printer beredar di pasaran, salah satunya yaitu Printer HP. Untuk Anda yang membeli printer baru sangat disarankan untuk segera download resetter printer HP.

Printer merk HP, adalah salah satu printer yang paling banyak dipakai di Indonesia. Karena beragam fitur yang ditawarkan serta kualitasnya yang sangat bagus. Desain printer HP juga sangat menarik namun tetap terlihat sederhana dibanding merk printer lainnya.

Apa Penyebab Printer HP Bermasalah?

Sama seperti printer pada umumnya printer HP juga sering bermasalah, seperti masalah pada tintanya, cartridge, printer yang tidak terdeteksi serta lainnya. Salah satu pilihan yang paling sering dipakai buat memperbaiki beragam masalah tersebut yaitu dengan mereset printer.

Biasanya proses reset akan membantu mengembalikan fungsi printer dengan harapan printer tidak akan mengalami error ataupun masalah yang sudah terselesaikan. Tentu saja reset printer HP tidak bisa sembarangan agar tidak timbul masalah lainnya.

Untuk itulah sebelum memulai reset printer, Anda dapat memeriksa beberapa bagian printer supaya dapat mengetahui penyebab utama terjadinya error. Juga mencari tahu kenapa lampu tinta atau indikator kertas menyala dan terus berkedip, berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

  • Tabung Tinta: Periksalah tinta pada tabung printer, jika habis segera lakukan pengisian.
  • Cartridge: Periksalah cartridge printer Hp, pastikan tidak ada kotoran yang menempel serta pastikan posisinya agar terpasang dengan benar.
  • Roller: Periksa apakah ada kertas yang terjepit atau paper jam pada roller printer.
  • Kabel: Lakukan pengecekan kabel penghubung antara komputer dengan printer, pastikan sudah terpasang dengan benar.

Baca juga: 5 Cara Sharing Printer Yang Mudah dan Praktis

Download Resetter Printer HP

Resetter Printer HP

Jika sudah melakukan pemeriksaan seperti di atas, tetapi printer masih tidak berfungsi. Disarankan untuk melakukan reset secara total, baik dengan cara manual atau dengan cara download resetter printer HPterlebih dulu. Silakan klik link di bawah ini jika Anda membutuhkan resetter:

  • Nama File: Resetter Printer HP
  • Versi: 2.0
  • Ukuran File: 3 MB
  • Sistem Operasi: Windows XP, Windows 7, Windows 8/8.1, Windows 10 dan Windows 11 (32 bit & 64 bit)
  • Link Download:

Cara Reset Printer HP

Jika ingin melakukan reset printer HP, pastikan printer dalam kondisi tidak menyala. Anda dapat mematikan printer dengan cara menekan tombol power pada printer HP. Anda juga dapat mencabut kabel USB serta power yang sebelumnya terhubung langsung pada laptop atau PC.

  1. Sebelumnya, taruhlah kertas pada printer HP, hal ini perlu dilakukan buat mengetest kualitas tinta ketika proses reset printer selesai.
  2. Kemudian bukalah penutup printer serta penutup cartridge printer, biasanya terletak di ujung kiri printer.
  3. Lalu, tariklah dudukan printer secara manual dengan perlahan ke bagian tengah printer.
  4. Tahap berikutnya, lepas catridge printer HP yang ditandai lampu indikator menyala dan berkedip, kemudian pasang kembali pada tempatnya di bagian tengah.
  5. Kemudian sambungkan kembali kabel USB serta power pada printer.
  6. Lalu tekanlah tombol silang (x) ataupun tombol cancel, tahanlah untuk beberapa detik.
  7. Kemudian tekan lalu tahan tombol power untuk beberapa detik.
  8. Guna memastikan jika proses reset telah berjalan baik, Anda perlu menekan serta menahan tombol-tombol di atas selama kurang lebih 5-10 detik. Bisa juga dengan memastikan jika indikator printer terus menyala dan berkedip.
  9. Saat proses reset berhasil, Anda akan memperoleh informasi dokumen yang mau dicetak. Informasi ini menjadi tanda bagaimana data cartridge serta kualitas tinta printer HP.

Tapi Anda perlu memperhatikan informasi yang tercetak jika hasilnya yang keluar kurang bagus, Anda harus melakukan reset ulang atau bisa juga dengan download resetter printer HP. Tapi kalau hasilnya sudah baik Anda tidak perlu melakukan proses reset kembali.

Baca juga: Download Driver Epson L300 + Cara Instalasinya

Tips Cara Merawat Printer HP Agar Tetap Awet

Selain melakukan reset printer dengan download resetter printer HP, pelajari juga cara merawat printer HP agar tetap awet. Karena kebanyakan orang tidak tahu cara merawat printer agar tetap awet. Banyak orang berpikir, jika masalah perawatan serta memperbaiki printer cukup memanggil service printer.

Padahal jika ingin printer tetap awet sebagai pemilik dan pemakainya harus mengetahui beragam faktor penyebab kerusakan pada printer. Cara merawat printer juga tidaklah sulit, berikut beberapa tips merawat printer HP agar awet :

1. Menjaga Kebersihan Printer

Anda wajib menjaga kebersihan printer agar printer dapat awet dan tahan lama. Jika sudah selesai memakai printer serta tidak berencana untuk memakainya lagi dalam waktu dekat. Anda bisa menutupnya menggunakan kain lembut ataupun penutup printer. HP.

Apalagi pada bagian tempat kertas, menjadi salah satu bagian yang mudah dimasuki kotoran dan debu. Kotoran dan debu yang masuk dan menumpuk, dapat mengganjal kertas. Bahkan kotoran dan debu dapat masuk serta menempel di printer head.

2. Rutin Clean Head

Proses clean head menjadi salah satu cara yang sering dilakukan untuk merawat printer HP. Hal ini perlu dilakukan supaya printer head tidak tertutup serta dapat menyerap tinta dengan bagus. Sehingga dapat disalurkan ke atas kertas secara maksimal.

Sistem clean head biasanya sudah disediakan oleh setiap printer, jika bingung cukup dengan membaca buku manual printer yang biasa diberikan saat pertama kali membelinya. Walaupun demikian, jangan sering menggunakan clean head, hanya perlu sekitar 1-2 minggu setiap kali.

Baca juga: Download Driver Epson L110 Original

3. Gunakanlah Secara Rutin

Printer harus rutin dipakai agar tetap awet daripada printer yang tidak sering digunakan. Printer yang dipakai dengan rutin akan memiliki kondisi mesin jauh lebih optimal. Tapi pastikan untuk menggunakan printer sewajarnya saja dan jangan berlebihan.

Hampir seluruh printer memiliki kecenderungan lebih mudah rusak. Ketika printer jarang dipakai, tinta dapat kering dan hal ini akan mengganggu kinerja printer. Printer head mengalami penurunan karena dapat kekurangan tinta cair untuk pencetakan di atas kertas.

4. Matikan Saat Tidak Dipakai

Sama seperti mesin lainnya, printer juga memerlukan waktu buat beristirahat. Jadi jika Anda belum memiliki rencana untuk memakainya sebaiknya matikan printer. Sehingga mesin printer dapat sedikit beristirahat sebelum memulai mencetak dokumen yang diperlukan.

Masa beristirahat inilah yang membuat printer tetap awet, Anda juga harus teliti saat mematikan printer, tidak bisa mematikannya dengan sembarangan. Jangan langsung mencabut kabel adaptor yang terhubung saluran listrik, tapi tekanlah tombol on/off printer sampai semua lampu pada printer mati.

5. Jangan Mencetak Secara Berlebihan

Sering kali para pemilik printer melupakan bagian ini, yaitu melakukan pencetakan dokumen secara berlebihan. Hal ini membuat printer bekerja dengan keras dan membuatnya jadi tidak tahan lama. Printer head memiliki batas waktu untuk mencetak, jika tidak akan menimbulkan kerusakan.

Apalagi jika Anda memaksa printer mencetak dokumen dalam jumlah banyak dan cepat, printer head akan mengalami kelelahan. Sehingga membuat kinerja printer HP akan menurun. Untuk menghindarinya, saat mencetak yang banyak lakukanlah dengan cara bertahap.

Akhir Kata

Itulah cara download resetter printer HP serta tutorial lengkap cara meresetnya. Jadi tidak perlu sering-sering memanggil jasa service printer HP agar printer dapat tetap mencetak dokumen dengan optimal. Karena penggunaan dan perawatan yang tepat akan membuat printer tetap awet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.